alexa-tracking

Rumput Fatimah, Amankan Untuk Ibu Melahirkan??

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56dcb08e96bde6af298b4567/rumput-fatimah-amankan-untuk-ibu-melahirkan
: 
Rumput Fatimah, Amankan Untuk Ibu Melahirkan??
Rumput Fatimah, Amankan Untuk Ibu Melahirkan??

Ni Trid Pertama Ane Gan / Sis, , moga manpaat yak


Rumput Fatimah adalah rumput yang asalnya dari wilayah Arab, mempunyai nama latin Labisa Pumila. Sedangkan di Arab dikenal dengan nama Kaf Mariyam yang artinya telapak kaki mariyam dan orang barat menyebutnya sebagai Mawar Jeriko. Rumput ini sangat popular sditempat asalnya, disebut juga tanaman sahabat wanita. Karena kepopuleran itu, rumput Fatimah sudah beredar diseluruh negara-negara kawasan Asia, termasuk di Indonesia pula.

Para jamaah haji biasanya membeli rumput fatimah ini sebagai oleh-oleh dari Tanah Suci. Tanaman ini walaupun kering sudah puluhan tahun disimpan, namun kalau direndam dalam air akan mekar kembali.

Mitos mengatakan, jika anda susah melahirkan, minum saja rumput fatimah.
Karena rumput fatimah dipercaya mampu melancarkan proses persalinan. Dengan cara meminumkan air rendaman rumput Fatimah kepada sang ibu. Dan Saking jarangnya yang punya rumput fatimah, tak sedikit ibu hamil yang bersusah payah mencari tanaman berkhasiat ini.

Padahal proses persalinan adalah proses untuk belajar bersabar bagi calon Orang Tua
Karena dalam proses persalinan seorang calon ibu harus bersabar saat merasakan kontraksi, menunggu terjadinya pembukaan. Kita tahu bahwa pembukaan 0 hingga 10 kadang berjalan dengan sangat lambat. Ketika merasakan kurang nyaman saat kontraksi, seorang ibu biasanya merasa waktu serasa lamban sekali bergerak. Dan akhirnya merasa ingin penderitaan ini segera berakhir.

Padahal sebenarnya saat ini adalah saat perjuangannnya si Janin agar bayinya dapat turun dan membuka jalan lahirnya. Dan yang dibutuhkan seorang ibu adalah, rileks dan mempercayai tubuh dan janinnya agar dapat melaksanakan tugasnya masing masing dengan baik, harmonis dan selaras.

Banyak hal yang coba dilakukan ketika berupaya untuk segera mengakhiri proses ini. Namun sayangnya banyak yang melakukan dengan Jalan Pintas salah satunya adalah minum rumput fatimah

Dan taukah ibu kandungan apa saja yg terdapat dalam rumput fatimah?

Rumput Fatimah memiliki kandungan senyawa fitokimia. Senyawa tersebut menyebabkan kontraksi di rahim ketika dikonsumsi. Kerja senyawa tersebut yaitu dengan dipecahnya pembuluh darah dan stress otot. Dan senyawa fitokimia juga dapat mengakibatkan pendarahan.

Dalam sumber yang berbeda, dinyatakan bahwa rumput Fatimah memiliki kandungan oksitoksin. Zat tersebut memang dapat melancarkan proses persalinan. Karena itulah, rumput Fatimah dipercaya mampu memperlancar persalinan sejak dulu.

Apa itu zat oksitoksin?
Oksitoksin adalah zat yang digunakan oleh tubuh untuk merangsang kontraksi rahim, sehingga dipercaya dapat mempercepat persalinan. Zat sejenis oksitoksin yang terkandung di dalam rumput fatimah sama seperti obat yang diberikan untuk menginduksi ibu hamil agar terjadi kontraksi

Tapi taukah ibu kandungan oksitoksin tersebut dosisnya tidak dapat diukur. Tumbuhan ini dipakai dengan cara akarnya direndam. Air rendaman inilah yang diminum. Semakin lama direndam, kadar oksitosin yang terlarut pun semakin pekat. Dosisnya bisa jadi berlipat-lipat. Pada obat-obat modern, masalah variasi ini tidak terjadi. Semua bahan aktifnya jelas. Dosisnya pun terukur.

Sehingga efeknya bisa jadi sangat berbahaya jika tak terkontrolnya zat oksitoksin yang terdapat pada rumput Fatimah saat dikonsumsi ibu. Apabila kita terlalu lama merendam rumput Fatimah, akan mengakibatkan kadar kandungan oksitoksin dalam air yang diminum ibu hamil akan menjadi tinggi. Kadar oksitoksin yang tinggi dalam tubuh ibu hamil, akan berbahaya saat proses persalinan berlangsung.

Dan minum rendaman akar rumput fatimah ini akan menimbulkan masalah. Jika mulut rahim belum terbuka, efek kuat kontraksi ini bisa BERBAHAYA bagi janin dan ibu juga.

Risikonya dapat menimbulkan pendarahan akibat kontraksi rahim sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh-pembuluh darah dan stres otot. Kontraksi yang ditimbulkan akan sangat tinggi, tanpa ada jeda waktu istirahat.
Yang sering terjadi, para ibu hamil sudah meminumnya dari rumah. Alhasil, kontraksinya benar-benar kencang. Tapi pembukaannya tidak sesuai dengan kontraksinya.
Efeknya berbeda beda, untuk ibu yang pembukaannya sudah hampir sempurna memang dapat membantu mempercepat kelahiran, namun bagi yang pembukaannya masih awal tentu tidak sesuai dengan kontraksi yang hebat tersebut. Terjadinya kontraksi yang kuat, sedangkan pembukaan yang kurang maksimal, jika tidak tahan akan kontraksi, ibu akan terus-terusan mengejan padahal pembukaan masih sedikit, sehingga besar kemungkinan rahim akan robek. Selain itu akan terjadi perdarahan setelah melahirkan, atau bahkan kematian pada janin.

Biasanya yang menyuruh untuk meminum rumput Fatimah ini adalah ibu atau nenek atau orang-orang senior yang notabenenya di anggap banyak pengalaman. Jadi ketika si ibu dan pasangannya kebingungan, maka informasi apapun yang diberikan yang motivasinya adalah agar lancar proses persalinannya pasti langsung di terima tanpa menanyakan efek samping dan bahayanya.
Namun ini adalah perbuatan yg salah

Jika memang benar-benar ingin menggunakan rumput fatimah ini untuk melancarkan proses persalinan, maka ada yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsinya
Rumput Fatimah ini hanya boleh dikonsumsi ketika sudah dekat waktu melahirkan, yakni ketika pembukaan sudah di atas 6, dan bukan pada saat pecahnya air ketuban. Jika Rumput Fatimah dikonsumsi sebelum pembukaan 6 akan terjadi kontraksi yang abnormal. Dan hal ini bisa jadi sangat berbahaya bagi ibu yang hendak melahirkan. Dampaknya adalah seperti yg telah disebutkan sebelumnya.

Dan meskipun pada beberapa kasus sangat membantu proses persalinan, sebaiknya tetap berhati-hati ketika hendak mengkonsumsi rumput fatimah ini. Upayakan berkonsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan terlebih dahulu tentang konsumsinya.
Dan jangan heran jika banyak dokter akan melarang penggunaannya karena dikhawatirkan akan berbahaya bagi sang ibu dan buah hati.

Mungkin sebaiknya hindari minum rumput Fatimah saat persalinan, biarkan persalinan berjalan dengan alami dan dengan sendirinya.

Dan tetap percaya bahwa tubuh kita dan sikecil bisa menjalankan persalinan dengan normal

Sumber : http://bungaasi.com/rumput-fatimah-u...bu-melahirkan/
wow saya malah baru tahu ada rumput itu. Walau memang berasal dari alam, kita tetap harus selektif karena tidak semua yg berasal dari alam langsung dapat diterima oleh tubuh dan harus diketahui apakah termasuk kategori berbahaya atau tidak. thanks for sharing
wah ane mau sekedar curcol ya sist, ini tetangga ane juga pernah dikasih rumput fatimah pas akhir2 kehamilan
akhirnya belum waktu lahir dah pengen brojol aja tuh si bebi, emaknya mules dahsyat, akhirnya malah kayak si ibu gak siap, pas ngeden dia ga kuat akhirnya kepala si beby kejepit setengah, setelah keluar sekarang kepala si bebi panjul emoticon-Berduka (S)
KASKUS Ads
image-url-apps
Mending jgn konsumsi yg dosisnya ga jelas gitu deh..

Menjelang persalinan orang2 tua emang suka nyuruh2 minum2 segala macem, telor ayam kampung mentah misalnya, padahal apapun yg mentah kemungkinan masih ada bakterinya..

Ada2 aja..
image-url-apps
Quote:


Sama sama sis,,
Yup betul, biarpun dari alam tetep kudu di teliti dulu
image-url-apps
Quote:



Yup itu dia, di artikel diatas juga di bahas kalo rumput ini bisa bikin kontraksi hebat

si kecil sampe sekarang palanya masih panjul sis? hehehe
image-url-apps
Quote:


yup itu dia, segala sesuatunya emang ga boleh srmbarangan
apalagi buat ibu yg mau melahirkan
image-url-apps
Saya mantengin ini tread ya, lahiran masih lama baru hamil 6 minggu tapi pengen normal..emoticon-Big Grin
image-url-apps
Kalau saran saya, hindari penggunaan rumput fatimah. Selama praktek, banyakan efek negatifnya.
Persalinan gk ad yg mudah. Itu memang prosesnya. Pengalaman banyak yg pake rumput ini karena dsuruh tetangga atau keluarga kalo hamil dah bulan tp gk bersalin2 juga. Itu salah.

Efek yg bahaya itu kl kontraksi terlalu sering, bahaya buat bayinya. Trus yg paling kami takuti rahim sobek karena kontraksi terlalu kuat.

Tolong ksh tau yg lain. HINDARI rumput fatimah.
image-url-apps
kemaren ane dikasih rumput fatimah ama tetangga yg baru plg umroh katanya bagus buat lancarin persalinan, untung ada info begini dr ts, jd tu rumput fatimah bakal ane anggurin deh, biarlah ni baby lahir sebagaimana mestinya emoticon-Big Grin
image-url-apps
udah lama dnger ni rumput...tapi baru tau bentuknyaemoticon-Sundul Up
Setau ane sih tuh rumput fatimah kudu diHINDARI sist, soalnya tuh kan termasuk obat herbal, jadi kita gak tau dosisnya gimana..

Ngomong2 kemarin ane juga pernah minum rebusan air dr rumput fatimah ini, cuma segelas kecil ane minum 2x doang soalnya kemarin udah HPL belum ngerasaain apa2 jua, habis minum itu ternyata tetep aja gak ngrasa apa2.. akhirnya caesar karena ternyata pinggul ane sempit sist, padahal emoticon-Baby Boy ane cuma 3.1kg aja dgn ukuran kepala yang gak gede juga..
image-url-apps
Quote:



Quote:



bener banget sis
takutnya ntar bukannya bagus malah kena efek samping
image-url-apps
Hati-hati ya sista, lebih baik hindari meminum nya bila memang tidak ada jaminan dosisnya. Di artikel disebutkan kalo boleh meminum air dari rumput fatimah bila ada pembukaan serviks di atas 6cm, tp kembali lagi, lebih baik jangan. Just. Don't. (:
jdi tambah tau dah ntu sis....
×