alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d327501ee5df2c248b4569/kantong-plastik-berbayar-menyelamatkan-lingkungan-atau-pungli-terselubung
Kantong plastik berbayar: Menyelamatkan lingkungan atau Pungli terselubung
Sekarang kita dihadapkan pada surat edaran KLHK No. S.1230/PSLB3-PS/2016 tanggal 17 februari 2016. Yang mewajibkan membayar Rp. 200 per kantong plastik di rutel modern. Dengan alasan merusak lingkungan karena plastik tidak akan terurai dalam waktu 80 tahun, 100 tahun atau 1000 tahun (makin gencar promonya, waktunya makin tinggi).
Untuk menanggulangi hal tersebut pemerintah sebelumnya sejak tahun 2011 telah mewajibkan SNI kantong plastik ritel modern menggunakan KANTONG PLASTIK RAMAH LINGKUNGAN yang diklaim akan terurai dalam waktu 2 tahun, ini berarti 40x sampai 500x lebih cepat daripada yang dikhawatirkan.

Tetapi sekarang kantong plastik ramah lingkungan dilarang diganti dengan kantong plastik berbayar seharga Rp. 200 dengan alih-alih menyelamatkan lingkungan.

Apakah kantong plastik merusak lingkungan? Jika dilihat di tempat pembuangan sampah, sungai-sungai yang penuh sampah, sampah yang mengapung di laut, sampah di pantai, memang banyak sampah plastik, tapi bukan berupa sampah kantong plastik, sampah plastik terbanyak berasal dari kemasan plastik seperti botol plastik (berupa bahan plastik tebal), sampah dari kantong plastik berada pada komposisi yang jauh lebih sedikit, sebagian besar pun sebagai wadah pembuangan sampah-sampah yang hampir semuanya berasal dari kantong plastik TIDAK RAMAH LINGKUNGAN seperti kantong plastik hitam yang tidak dikenakan biaya Rp. 200 rupiah oleh pemerintah.

Jika pemerintah serius ingin menyelamatkan lingkungan dari plastik, tentunya kebijakan yang dibuat bukan menjadikan kantong plastik ramah lingkungan menjadi berbayar, tetapi regulasinya tentu pada penggunaan sampah plastik yang mempunyai andil besar dalam kerusakan lingkungan, seperti penggunaan botol plastik menjadi botol ramah lingkungan.

Sebagai catatan, waktu terurainya plastik yang menyebutkan 80 tahun, 100 tahun atau 1000 tahun diatas tidak valid atau tidak berhubungan dengan tema yang disosialisasikan, waktu 80 tahun sampai 1000 tahun adalah waktu untuk terurainya KEMASAN PLASTIK seperti botol plastik, plastik kemasan sabun, shampoo, minyak rambut, plastik kosmetik, mainan plastik dan plastik tebal lainnya, bukan kantong plastik.
Tetapi pemerintah tidak memikirkan hal ini, mereka hanya berpikir kalau persoalan sampah plastik HANYA berasal dari kantok plastik yang sejak 2011 telah harus ramah lingkungan.


Hal ini terkadang membuat kita berpikir ini semacam pungutan liar berkedok resmi dari pemerintah untuk menarik uang rakyat, ini bukan pertama kalinya pemerintah rezim sekarang melakukan hal seperti ini pada rakyatnya, seperti kebijakan sebelumnya yang juga mengandung kontroversi tentang penarikan Rp. 200 per liter BBM dengan dalih untuk bahan bakar terbarukan.

Spoiler for Tumpukan Sampah:

Apakah pemerintah benar-benar berniat menyelematkan lingkungan, atau hanya akal-akalan untuk menarik uang dari rakyat?
Spoiler for Tidak usah dibuka:
pertamak
trus gmn dong gan..
emoticon-Sorry
emg duit jualan plastik nya msuk kmana sih gan?
emang ente tau duitnya masuk ke mana?
Nah iya tuh duit yg 200 perak itu masuk kmn sih gan emoticon-Bingung
Harusnya 5000 per kantong gan
Pungli, paling duit masuk ke kantong owner. Kalau mau nyelametin lingkungan np gak buat kantong dri kertas daur ulang aja. emoticon-Cool
setidaknya meminimalisir gan....

itulah orang indonesia, sering mencari kesalahan yg lain untuk dijadikan pembenaran emoticon-Smilie

mslh plastik,orang nyari plastik2 yg lbh besar dan komen "tuh liat plastik disana bla bla bla"

mslh pencurian,orang akan "tuh liat para koruptor,knp didiemin aja bla bla...."

dll dll dll...... emoticon-Smilie
bacaan brat ni gan,susah di cerna emoticon-Toast
ane pahami dulu emoticon-Cool
Gak akan ngaruh kalo cuma 200 perak doang mah. Mending mahal sekalian jadi orang juga mikir 2x.
Quote:Original Posted By aditn0t
emang ente tau duitnya masuk ke mana?

Kalo ente tau ga?
Setau ane uangnya hanya masuk ke kas negara tanpa diketahui akan digunakan kemananya.
Bayar bunga hutang kali gan. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By aliennn

Kalo ente tau ga?
Setau ane uangnya hanya masuk ke kas negara tanpa diketahui akan digunakan kemananya.
Bayar bunga hutang kali gan. emoticon-Big Grin


kalo ane gak tau gan.
Oh jadi ke situ
jelas pungli lah,,, emoticon-Ngacir
5 tahun akan sia sia penuh pungli resmi sana sini emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By aliennn

Kalo ente tau ga?
Setau ane uangnya hanya masuk ke kas negara tanpa diketahui akan digunakan kemananya.
Bayar bunga hutang kali gan. emoticon-Big Grin


Ternyata dugaannya baru berdasarkan "setau ane"
Nih gan "setau ane" tuh duit buat beli kuda ama pemerintah emoticon-Christmas
emg uang 200 rupiah itu masuk ke negara gan? emoticon-Bingung
kalo beneran pungli jd miris gan
Quote:Original Posted By abangijokuning
setidaknya meminimalisir gan....

itulah orang indonesia, sering mencari kesalahan yg lain untuk dijadikan pembenaran emoticon-Smilie

mslh plastik,orang nyari plastik2 yg lbh besar dan komen "tuh liat plastik disana bla bla bla"

mslh pencurian,orang akan "tuh liat para koruptor,knp didiemin aja bla bla...."

dll dll dll...... emoticon-Smilie

Bukan gitu gan, tindakan pemerintah sia-sia jika itu dimaksudkan untuk menyelamatkan lingkungan.
Ane bukannya mencari-cari kesalahan, tetapi yg dilakukan pemerintah yg mempunyai banyak pakar-pakar dibaliknya, pemerintah hanya melakukan hal yang tidak berguna.
Seperti yg agan bilang, ada masalah plastik yang lebih besar, kenapa mengurus plastik yg kecil?
Ini cakupannya pemerintah pusat lho gan, kapasitasnya negara, kalo sebatas pemda sih ga masalah gan.
Tapi yg dilakukan pemerintah hanya sebatas pemda, atau kapasitas pemerintah sekarang hanya sebatas pemda?
kalo banyak orang berpikir 200 itu masuk pungli atau ke pemerintah atau ke si owner toko,

maka semestinya orang2 jadi males bayar plastik di toko2..
jadi bawa plastik atau tempat tentengan sendiri..

ada sisi positifnya juga sih menurut aneemoticon-Stick Out Tongue