alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d26698c0cb175e358b456e/mural-bukan-sekedar-coretan-dinding
MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!
.-=Asalamualaikum, WR WB=-.

Selamat dateng agan/wati semua di trit gua yg (masih) newbie dan sederhana iniemoticon-Shakehand2

Kali ini gua mau bahas & sharing tentang seni jalanan beraliran MURAL, sebuah karya seni sederhana yg 'kurang' mendapat tempat dan atau bahkan bisa dibilang luput dari, baik pemerintah maupun masyarakat. Sekali lagi, gua cuma mau SHARING ya gan bukan menggurui atau sok paling 'art' banget. Ada baiknya sebelon baca trit ini, agan/wati puter dulu dah salah satu lagunya bang Iwan Fals - CORETAN DINDING.

Spoiler for MURAL:

MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!

PENGERTIAN
(Wikipediyah)
Mural adalah cara menggambar atau
melukis di atas media dinding , tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Berbeda dengan grafitu yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau
cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.

Pendapat gua ttg Mural
Mural itu seni menurut paling simpel, paling sederhana, paling 'merakyat' dan gak butuh keahlian khusus dalam dunia art itu sendiri seperti kebanyakan cabang2 seni lainnya (grafiti, melukis, memahat, dsb). Maksudnya, orang yg cuman modal batu bata nyoret2 atau bikin gambar bulet dan garis2 di tembok aja udah bisa dibilang Mural. Tapi agan/wati semua jangan salah paham dulu. Meskipun sederhana banget dan gak ribet, bukan berarti Mural itu murahan lho. Dan konteks Mural yg 'sederhana' itulah, dewasa ini sering dijadikan saluran buat menuangkan hal sesederhana apapun itu ke sebuah media yg sederhana pula seperti tembok, gerobak, papan bekas, dll buat mencurahkan isi hati dan pikiran seseorang. Dan tak jarang Mural malah dijadikan 'alat' kritik untuk pemerintah dan instansi2 lain yg kurang memperhatikan nasib bangsanya sendiri. Oh ya, gua kuliah di salah satu kampus swasta di daerah Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Dan di kampus gua, MURAL udah mulai intens dijadiin ukm dan sampe sekarang masih aktif melakukan MURAL dimana2, baik di suatu pameran seni maupun di jalanan.

Spoiler for MURAL 1:

MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!
Spoiler for MURAL 2:

MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!
Spoiler for MURAL 3:

MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!
Spoiler for MURAL 4:

MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!
Spoiler for MURAL 5:

MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!
Spoiler for MURAL 6:

MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!
Spoiler for MURAL 7:

MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!
MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!

Jangan lupa, sedekah cendolnya gan.emoticon-Malu
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Sundulemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Blue Guy Cendol (L)








Sumber:
-google
-instagram
-koleksi pribadi
asdasdas, mantra berhasil, pertamax diamankanemoticon-Cool, rapihin lagi gan tritnye
Quote:Original Posted By luckyas
asdasdas, mantra berhasil, pertamax diamankanemoticon-Cool



selamat gan emoticon-Toastemoticon-Shakehand2
beda yak mural sama Grafty MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!
Atiker motor yg terakhir menimbulkan pemahaman ganda
katanya unik unik ya gan,,,,
biasanya kata kata yang ditulisin kreatif kreatif ganemoticon-2 Jempol
tapi seharusnya jangan merusak pemandangan mata
tempat gue bnyak gan muraly, kdang gambar m tulisany inspiratif, emoticon-Traveller
Kurang kreativ tuh mural nya,cuma tulisan doang kata grafity emoticon-Big Grin
Keren sih Mural itu..
Dulu pertama lihat di dinding di jogja.
Asal tulisan atau gambar yang dibuat yang baik aja, jadi liatnya juga hepi emoticon-Toast
KUTUNGGU JANDAMU mural yang ini masuk ngga gan? emoticon-Cool
Asal sesuai tempatnya sih oke2 aja
Agak sedikit mirip vandalisme ya gan? Cm lebih ada maknanya.. Cmiiw..
ini karya seniman bali, muralnya juga ada yang masuk salah satu mural terbaik dunia emoticon-Matabelo

MURAL, Bukan Sekedar Coretan Dinding!
Yang paling w suka baca kalo lagi jalan-jalan bree...emoticon-Cool
bagusan grafiti :cih
mejeng aja gan
tulisannya nyeleneh nyeleeneh ya gan
simpel tapi langsung ngenaemoticon-Sundul Up
Yup gan, mural itu lebih dr sekedar corat coret dinding. Kesannya lebih berseni seperti graffiti. Cmn lebih detail. Kl di jakarta banyak tuh gambar2 mural di kolong2 jembatan tol.