alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d1a5d254c07ac12b8b456b/potret-langka-gerilyawan-perempuan-kolombia
Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia
Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia
Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Spoiler for No Repost:


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Quote:
Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia
Kolombia. Itulah nama dari negara paling utara di Amerika Selatan. Bila mendengar nama Kolombia, maka orang kerap membayangkan suatu negara yang wilayahnya dipenuhi oleh konflik & geng narkotik. Bayangan yang tidak sepenuhnya salah karena dalam sejarahnya, Kolombia memang dilanda konflik bersenjata, bahkan hingga sekarang. Dan dalam konflik bersenjata di Kolombia tersebut, salah satu pihak yang cukup dominan selama berlangsungnya konflik adalah FARC.

FARC-EP atau lengkapnya Fuerzas Armadas Revolucionarias de Colombia - Ejercito del Pueblo (Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia - Tentara Rakyat) adalah kelompok bersenjata berhaluan komunis yang sudah aktif di Kolombia sejak tahun 1964. FARC dalam perjuangannya memiliki cita-cita mendirikan pemerintahan berhaluan komunis & memperjuangkan nasib para petani miskin di Kolombia. Selain berkonflik dengan pemerintah Kolombia, FARC juga bermusuhan dengan kelompok-kelompok paramiliter setempat yang berhaluan sayap kanan.

FARC terkenal bukan hanya karena mereka terlibat dalam perang sipil di Kolombia selama puluhan tahun, tapi juga karena keterlibatannya dalam aksi-aksi kriminal setempat seperti perdagangan narkotik & penculikan. Mereka juga terkenal karena memiliki koneksi dengan aneka kelompok & rezim sayap kiri di berbagai belahan dunia seperti IRA, Kuba, & Uni Soviet. Hingga sekarang, FARC diketahui masih aktif melakukan pemberontakan & masih menguasai wilayah-wilayah pelosok Kolombia bagian selatan.

Sejak lama FARC mengobarkan perang gerilya melawan pasukan pemerintah di Kolombia. Terutama kaum perempuannya dikenal paling sadis. Inilah potret langka kehidupan banal para serdadu perempuan di hutan rahasia Kolombia


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Quote:Quote:1. Kaum Hawa Bersenjata
Spoiler for 1:

Seorang perwira militer Kolombia pernah berkata, "jika kau ditangkap, berdoalah bukan oleh gerilyawan perempuan." Tidak sedikit kaum hawa yang bertempur untuk pemberontak kiri Kolombia, FARC. Salah satunya Juliana yang pernah diperkosa oleh ayah tirinya saat berusia 16 tahun. Ia lalu melarikan diri dan bergabung bersama FARC. Di gambar ini Juliana terlihat bermesraan dengan kekasihnya, Alexis


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Quote:Quote:2. Kehidupan Setelah Perang
Spoiler for 2:

Sepertiga dari sekitar 7000 gerilayawan FARC adalah perempuan. Mereka kerap ditugaskan untuk mengumpulkan data intelijen, melaporkan pergerakan pasukan pemerintah dan membaur bersama penduduk urban buat menjadi informan. Menyusul perundingan damai di Havana, sebagian bekas gerilyawan FARC mulai menyusun rencana hidup pasca perang. Juliana misalnya berniat terjun ke arena politik.


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Quote:Quote:3. Sadis dan Menakutkan
Spoiler for 3:

Gerilyawan perempuan ditakuti karena dikenal sadis dalam menginterogasi tawanan perang. "Mereka lebih ideologis ketimbang para pria. Mereka tanpa ampun," tutur seorang perwira militer Kolombia. Dulu FARC berjuang demi nasib para petani, kini kelompok yang diilhami ideologi Marxisme dan perjuangan Che Guevara itu membiayai perjuangannya lewat perdagangan obat bius.


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Quote:Quote:4. Lahir lalu Dirampas
Spoiler for WARNING 18++:

2014 silam BBC melaporkan bagaimana kelompok pemberontak Kolombia itu mewajibkan praktik aborsi buat gerilyawan perempuan yang hamil. Jika ada yang berhasil melahirkan, bayinya dirampas dan dibawa ke tempat lain. Laporan merujuk pada kesaksian sejumlah ibu yang berhasil melarikan diri dan kini kembali ke hutan demi mencari anak-anaknya yang hilang.


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Quote:Quote:5. Modern dan Terkoneksi
Spoiler for 5:

Yira Castro berperan sebagai mentor buat gerilyawan perempuan FARC. Sosoknya mewakili generasi baru tentara pemberontak, yakni modern dan terkoneksi dengan dunia luar. Castro banyak mewakili kelompoknya dalam perundingan damai di Havana, Kuba, yang telah berlangsung selama tiga tahun.


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Quote:Quote:6. Kesetaraan Gender
Spoiler for 6:

Banyak cerita yang menyebut perempuan dipaksa menjadi tentara atau direkrut saat remaja. Tapi potret dari dalam kamp persembunyian FARC ini tidak mengindikasikan ketimpangan gender semacam itu. Perempuan terkesan telah terbiasa berbagi tugas dengan pria. Mereka memanggul senjata, sementara lelaki memasak.


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Quote:Quote:7. Nomaden Hutan
Spoiler for 7:

Menu sarapan gerilayawan FARC tidak berbeda dengan hidangan yang lazim disantap kaum miskin di Amerika Selatan, yakni nasi, telur, sosis dan sayur kacang. Setiap regu hidup berpindah-pindah setiap harinya sembari membawa bahan pangan sendiri. "Di dalam FARC kami tidak pernah menyentuh uang," tutur seorang gerilayawan bernama Alexis, "kami mendapat semuanya, mulai dari obat-obatan hingga rokok."


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Quote:Quote:8. Perang Tanpa Pemenang
Spoiler for 8:

Juan Pablo, 41, komandan front ke-35 FARC telah berperang sejak 25 tahun. "Perang ini akan berakhir tanpa pemenang," ujarnya. Menurut perjanjian damai ia ditugaskan melucuti pasukannya sendiri. Perang saudara di Kolombia tercatat sebagai salah satu konflik paling berdarah di dunia. Konflik ideologi itu menyisakan 220.000 korban tewas, 40.000 orang hilang dan lebih dari lima juta pengungsi


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia
Quote:DW Indonesia
Re-Tawon


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia
Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia

* Klik cendol untuk memberi TS cendol emoticon-Cendol (S)


Potret Langka Gerilyawan Perempuan Kolombia
pertamax amankan dulu emoticon-army
Waw Pertamax keren gan
Nomor 4 emoticon-Wowcantik:
Wew emoticon-Matabelo
Sekarang udah ga langka lagi cuk
emoticon-Cool
Wooww ada yg lg mandi,ngintip ah emoticon-Genit
tetep aja ____emoticon-Mewek
wiiih sampe segitunya emoticon-Matabelo
ane belom baca, baru ngeliatin gambar dan beberapa kata FARC
demem cwewk lagi mandi tuh, kalau disergap dari belakang
serem nih farc..maen pancung..
wihhh sangar gan pasti mereka kuat kuat ya emoticon-Genit:
apa yang sedang terjadi emoticon-Entahlah

dunia terlalu kejam di setiap sudut benua ada yg dirampas sisi manusianya emoticon-Entahlah
kalo rame2 mah asyik2 aja ya.
perang tanpa pemenang

emoticon-Hammer2
wah hidup mereka keras ya emoticon-Matabelo
ngeri ngeri gimana gitu
veteran perangnya semoga sejahtera gak kek veteran indo tak berharga dimata masyarakat yang diperjuangkan oleh veteran dulu,,

edit : fuck you pantesan lo diperkosa, bayi mo lahir lo aborsi,

habis kalian semua emoticon-Angkat Beer
Serem bgt itu abis lahiran anaknya langsung dirampas, disatu pihak bisa bikin grupnya ketangkep pasukan pemerintah disisi lain kasihan jg buat ibunya. emoticon-Nohope