alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d1200e1a997556738b456b/bukti-indonesia-pernah-menjadi-negara-maju-dan-terkaya-pada-zaman-kuno
icon-hot-thread
Bukti Indonesia Pernah Menjadi Negara Maju dan Terkaya pada Zaman Kuno
Bukti Indonesia Pernah Menjadi Negara Maju dan Terkaya pada Zaman Kuno

Quote:Alhamdulillah HT
Spoiler for HT:

emoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamat

emoticon-Hai selamat datang kembali di thread aneemoticon-Hai

Pembuka
Quote:Indonesia saat ini merupakan negara yang sedang berkembang. Meskipun memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun entah mengapa negara Indonesia belum mampu memaksimalkan sumber daya alamnya secara mandiri. Meskipun sebenarnya banyak orang Indonesia yang pintar, namun itu semua ternyata tidak cukup untuk membuat negara Indonesia kaya dan maju.

Namun tahukah Kamu ternyata negara Indonesia pernah menjadi negara kaya dan maju loh guys? Negara Indonesia pun pernah menjadi negara terkaya pada masa itu. Berikut ini adalah bukti kalau Indonesia pernah menjadi negara maju dan kaya pada masa kuno.


Main Thread
Quote:1. Indonesia pada Zaman Kuno Memiliki Pulau Emas (Sumatera)
Pulau emas adalah julukan bagi pulau Sumatera. Yah, pulau ini dahulunya merupakan pulau yang kaya akan hasil tambangnya berupa emas. Menurut sebuah manuskrip Yahudi Purba mengatakan bahwa bekalan emas yang digunakan untuk membangun negara kota kerajaan Nabi Sulaiman diambil dari kerajaan purba di timur. Nah, kerajaan ini dipercaya berada di daerah Sumatera loh. Bahkan menurut sumber kuno mengatakan bahwa di Sumatera terdapat gunung yang mengandung emas. Wah…jika emasnya saja setinggi gunung pastinya negara Indonesia sungguh kaya raya pada masa itu..
Spoiler for mulustrasi:

Selain emas, ternyata daerah ini juga kaya akan hasil tambangnya, seperti batu-bara dan timah hitam. Beberapa orang meyakini bahwa sebenarnya masih banyak pulau di Sumatera yang memiliki kandungan emas dan masih banyak yang belum diketahui. Bila pulau ini bisa ditemukan nih, bukan tidak mungkin kalau pulau Sumatera dapat dijuluki sebagai pulau emas kembali.
Pastinya Kamu tidak asing dengan kapur barus kan guys? Sumatera juga terkenal dengan hasil kapur barusnya. Yah, kapur barus pada masa dinasti ke 18 Fir’aun (sekitar 1.567 SM-1.339 SM) digunakan sebagai salah satu bahan pengawet mummy Fir’aun Mesir kuno. Nama kapur barus sendiri ternyata terinspirasi dari nama pelabuhan di Sumatra loh. Pelabuhan barus merupakan tempat asal kapur barus berada.


Quote:2. Indonesia Pernah Memiliki Pulau Padi (Jawa)
Pulau padi merupakan julukan bagi pulau Jawa. Yah, kesuburan tanah Jawa membuat segala macam tumbuhan bisa tumbuh dengan baik di daerah ini. Tidak terkecuali dengan tanaman padi. Bahkan pertanian padi pada masa kuno sampai sekarang pun merupakan mata pencaharian sebagian besar rakyat Indonesia. Tidak heran kalau negara Indonesia dijuliki negara agraris.
Spoiler for mulustrasi:

Adanya konsentrasi gunung berapi yang sangat tinggi menjadi penyebab pulau ini sangatlah subur. Apabila seluruh tanah yang ada di pulau ini dimanfaatkan secara maksimal, bisa dipastikan bahwa wilayah di dunia ini tidak ada yang menandingi kuantitas, kualitas, dan variasi tanaman yang dihasilkan dari pulau ini. Pulau jawa merupakan pulau dengan penduduk yang paling padat di Indonesia. Pada zaman dahulu kala, pulau ini dikenal dengan julukan Jawa Dwipa. Artinya dihiasi tujuh kerajaan, serta terdapat tambang emas dan perak yang melimpah.
Pada masa pemerintahan Majapahit, pulau Jawa pun dapat mengekspor lada, garam, kain,dan burung kakak tua. Bahkan mata uang negara Indonesia saat itu terbuat dari campuran perak, timah putih, timah hitam dan tembaga loh guys. Kerajaan Majapahit sendiri adalah kerajaan yang besar yang berhasil menyatukan Nusantara. Kerajaan ini menurut catatan kunjungan biarawan Roma pada tahun 1321 (Odorici da Pordenone) menyebutkan bahwa istana raja pada masa itu dipenuhi dengan perhiasan emas, perak, dan permata. Sungguh kerajaan yang benar-benar kaya.


Quote:3. Pulau Lumbung Energi Juga Pernah Dimiliki Indonesia (Kalimantan)
Pulau lumbung energi merupakan julukan bagi pulau Kalimantan. Sebab pulau ini terkenal akan hasil alamnya yang bisa menghasilkan energi. Sumber energinya di antaranya adalah batubara, minyak, gas, dan geothermal. Selain itu, hutan Kalimantan mengandung gambut yang dapat digunakan sebagai sumber energi yang baik untuk pembangkit listrik maupun pemanas sebagai ganti batu bara.
Spoiler for mulustrasi:

Kalimantan juga memiliki banyak cadangan uranium yang bisa digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir. Di samping itu, Kalimantan juga memiliki potensi hasil alam berupa kamfer, lilin dan sarang burung walet. Di pulau ini juga terdapat emas dan intan.


Quote:4. Indonesia Memiliki Teknologi Kuno yang Canggih
Perlu Kamu ketahui kalau Indonesia dulunya mempunyai teknologi yang canggih loh. Beberapa bukti-bukti membenarkan hal itu. Bukti-bukti tersebut di antaranya adalah

Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan candi yang dibangun oleh Raja Mataram sekitar 824 M. Candi ini pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia. Tidak mengherankan sih, sebab candi ini mempunyai arsitektur yang sangat rumit nan indah. Selain itu candi ini tidak memerlukan paku bumi untuk membuat kokoh pondasinya. Sulit dibayangkan bahwa orang zaman dahulu bisa membuat bangunan sesulit itu. Bahkan dengan kecanggihan teknologi sekarang pun tidak akan bisa mampu membangun candi menyerupai candi Borobudur.
Spoiler for Penampakan:

Candi borobudur merupakan candi yang mengadopsi konsep fraktal. Fraktal merupakan bentuk geometris yang memiliki elemen-elemen yang mirip dengan bentuknya secara keseluruhan. Candi ini terdiri dari stupa-stupa lain yang lebih kecil. Sungguh menakjubkan bahwa nenek moyang Indonesia sudah memiliki pengetahuan seperti itu.

Kapal Raksasa Jung Jawa. Sebelum Cheng Ho dan Columbus, ternyata para penjelajah Nusantara sudah melintasi sepertiga bola dunia loh. Meskipun sejak 500 tahun sebelum masehi, orang-orang China sudah mengembangkan beragam jenis kapal. Namun, menurut catatan perjalanan keagamaan I-Tsing (671-695 M) dari Kanton ke perguruan Nalanda di India Selatan disebutkan bahwa dia menggunakan kapal Sriwijaya. Selain itu bukti dari relief candi Borobudur membuktikan bahwa sejak dulu nenek moyang Indonesia telah menguasai teknik pembuatan kapal.
Spoiler for Penampakan:

penutup
Quote:Kagetkah Kamu dengan informasi tersebut? Yah, memang benar bahwa negara Indonesia merupakan negara yang pernah jaya pada masanya. Namun ingatlah, roda selalu berputar. Tidak selalu negara yang kaya dan maju akan selamanya menjadi negara yang kaya dan maju. Bisa jadi sewaktu-waktu mereka berada di bawah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


emoticon-Maaf Agan Terima kasih sudah berkunjung di thread aneemoticon-Maaf Agan

jangan lupa
Bukti Indonesia Pernah Menjadi Negara Maju dan Terkaya pada Zaman Kuno



SUMUR

Quote:Thread ane yang lain
6 Hal Mengerikan ini Akan Terjadi Jika Danau Toba Meletus Sekali Lagi HT
Fakta Ngeri Tentang Penjara Guantanamo, Lapas Paling Kejam di Dunia HT
Jenis Latihan Tempur Pasukan Elit Indonesia
Tips pernikahan buat yang bergaji Rp 2 juta-an/bulan
5 Senjata Beijing paling maut jaga Laut China Selatan, AS pun segan HT
5 Senjata Rahasia Nazi Yang Paling Mematikan


Bukti Indonesia Pernah Menjadi Negara Maju dan Terkaya pada Zaman Kuno
pertamax aman emoticon-Toast
keduluan emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By Feryvai.Patrick
Pertamax hanya untukTS emoticon-Cool

Bukti Indonesia Pernah Menjadi Negara Maju dan Terkaya pada Zaman Kuno



untuk ane yaa gan emoticon-Ngakak
Komen dulu baru baca

Edit: Ane terkejut gan. Pulau sulawesi ga masuk gan? Padahal disana terkenal kaya akan rempah rempah makanya penjajah masuk ke indonesia buat di angkut ke negaranya emoticon-Cool
Quote:Original Posted By agampayment



untuk ane yaa gan emoticon-Ngakak


cepet bener ente emoticon-Cape d...

jangan lupa

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star



terima kasih
emoticon-Angel
ah yg bnar gan emoticon-Traveller
ya gan ane terkejut emoticon-Betty
Keren ya ternyata Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Tapi sayang itu hanya dulu dan sekarang sudah berubah

Bukti Indonesia Pernah Menjadi Negara Maju dan Terkaya pada Zaman Kuno
idiiihhh... gagal pertamax... mana komeng pertamaxnya engga banget... emoticon-Hammer (S)
emoticon-Wakaka
Gunung Padang kaga dimasukin gan? emoticon-Malu (S)
emoticon-Rate 5 Star
Analisis yang baik gan.
emoticon-Kaskus Radio
Pulau emas keren gan emoticon-Rate 5 Star
sekarang banyak org kepinteran gan,,,
kalo skrg yg banyak itu 'kali emas'
coba aja liat di kali, byk emas hanyut disitu

emoticon-Big Grin
bangga sih gan..
tapi....

"Orang yang selalu membanggakan masa lalunya menandakan bahwa saat ini mereka bukanlah apa-apa"



Quote:Original Posted By pasiolo84



Ada benernya jg yg agan bilang..
Tp, kita juga/khususnya generasi muda jgn melupakan sejarah (yg pernah jd kebanggaan).. Meskipun itu sejarah kerajaan Nusantara yg masih jauh masanya dari era Bangsa Indonesia berdiri. Lagian sebagian wilayah bahkan pusat kerajaan2 Nusantara yg pernah berjaya itu skrg merupakan bagian Negara Indonesia..
Mungkin sekarang belum apa2, tp dengan belajar dari sejarah, mempelajari nya kembali, belajar dari kesalahan, bisa jadi kita mencapai era kejayaan kembali.

itu dulu gan, sekarang emoticon-Cape d...
sayang rakyatnya gak ber otak emas
Indonesia emang kaya koq , masalahnya ya begitu emoticon-Hammer (S)
emoticon-I Love Indonesia
indonesia keren
gembok dulu emoticon-army