alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d0371fdc06bdf2488b456c/cover-album-musik-terbaik-sepanjang-masa
Cool 
Cover Album Musik Terbaik Sepanjang Masa
halo abang-abang kakak-kakak adik-adik dan semua penyimak kaskus emoticon-Malu (S)
apa kabarnya nih? semoga semuanya sehat2 ya emoticon-siul ( maaf SKSD dikit emoticon-Malu )
berhubung belakangan ini saya bosen ama thread tentang LGBT mulu, akhirnya saya iseng2 deh bikin thread lagi emoticon-Peace
kali ini tema yang saya tulis adalah tentang album cover musik jaman dulu emoticon-Metal
kenapa saya milih yang jadul2? soalnya kan jaman sekarang udah canggih2, ga kayak dulu yang alat2nya masih terbatas untuk menghasilkan karya2 dengan ide yang tanpa batas itu emoticon-Belo
daripada saya ngoceh ga karuan, yuk kita lihat album2 fenomenal jaman dulu yang karya seninya sudah diakui bertahun2 lamanya... emoticon-heart
let's starts froooom....


1. Master of Puppets
Spoiler for Cover:


Quote:Album metallica ini dibuat oleh Don Brautigam, illustrator dari kota New York.
Yang mesti agan inget, jaman dulu belum secanggih sekarang, kalo sekarang mau design bisa menggunakan berbagai macam applikasi.
Don menggunakan cat acrylic pada papan dan mengkombinasikannya dengan airbrush sehingga menghasilkan fokus gambar yang lembut.
Mungkin menurut kita gambarnya biasa aja, tapi kalau dilihat dari kacamata seni, hasil gambar ini sangat berkualitas.
Terbukti hasil lukisan ini laku dijual seharga $35,000 pada bulan November 1998.


2. Back In Black
Spoiler for Cover Versi Awal:

Quote:Album ini sengaja dibuat berwarna hitam dan hanya menampilkan logo AC/DC untuk mengenang Bon Scott yang meninggal 5 bulan sebelum album itu dirilis.
Versi awal album ini, tulisan AC/DC nya dalam bentuk garis outline, nah kalo versi yang terbaru sudah dalam bentuk full warna putih kayak yang di bawah ini gan…
Spoiler for Cover versi baru:



3. Hotel California
Spoiler for Cover:

Quote:Judul album eagles ini memang Hotel California, tapi sebenarnya hotel yang jadi album cover band ini adalah Beverly Hills hotel, atau yang lbh dikenal dengan sebutan Pink Palace. Hotel ini sering didatangi sama bintang2 hollywood.
Spoiler for Beverly Hotel:

Fotonya sendiri diambil oleh fotografer Alexander dan John Kosh yang saat itu sedang duduk di mobil pengangkut cherry sekitar 60 kaki dari atas Sunset Boulevard supaya bisa dapatin foto hotel tersebut waktu sunset dari pepohonan.
Mereka memotret menggunakan film Ektachrome kecepatan tinggi pada saat cahaya matahari mulai memudar . Hasilnya menyebabkan foto tersebut memiliki banyak graininess (titik2 kasar).


4. 1984
Spoiler for Cover:

Quote:Album cover milik Van Halen ini dibuat oleh designer bernama Margo Nahas.
Nahas awalnya diminta untuk membuat gambar 4 wanita yg sedang menari, tapi ide tersebut ditolak.
Akhirnya konsep diubah dengan menggunakan foto anak kecil. Model anak kecil tersebut adalah anak dari teman baik Nahas.
Pada saat difoto, anak tsb memegang rokok permen, bukan rokok beneran gan emoticon-Big Grin


5. Destroyer
Spoiler for Cover:

Quote:Kalo denger nama band Kiss, pasti langsung terbayang image band berpakaian hitam2 dan make up hitam putih yang mencolok. Yap, di album mereka yang berjudul destroyer, terlihat jelas bagaimana image band tersebut.
Album ini dilukis oleh artis lukis bergenre fantasy yang bernama Ken Kelly.
Berawal dari ketertarikan Simmon dengan hasil karya Kelly, simmon pun mengajak Kelly berkerjasama dalam proses pembuatan art covernya.


6. Elvis Presley
Spoiler for Cover:

Quote:Kurang lengkap daftar ini kalo belum masukin salah satu album iconic dari Elvis Presley. Foto elvis yang sedang main gitar ini diambil oleh fotografer lokal bernama William V pada saat elvis perform konser di Tampa tahun 1955.
Spoiler for Foto Asli:

Jadi album yang melegenda ini ternyata hanya bermodalkan satu foto konser saja emoticon-Big Grin


7. Bat Out of Hell
Spoiler for Cover:

Quote:Album cover meat loaf ini dibuat oleh Richard Corben yang memang karyanya berbau sci-fi dan fantasy. Judul album ini pun terkesan horror, walaupun sang penyanyi sendiri tidak mempunyai tampilan nyeremin emoticon-Big Grin
Spoiler for Meat Loaf:

Tapi akhirnya gambarpun disesuaikan dengan judulnya, yaitu sesosok laki2 yang keluar dari neraka.


8. Alladin Sane
Spoiler for Cover:

Quote:David bowie terkenal dengan karakternya yang berbeda2, salah satunya adalah dalam album cover ini, dimana dia dimake up dengan gambar petir di wajahnya. Dan portrait ini menjadi ciri khas david bowie, hingga akhir hayatnya. Fotografer di balik foto fenomenal tersebut adalah Brian Duffy.
Spoiler for Foto portrait:

Percaya atau tidak, ternyata gambar petir itu tercetus karena melihat logo rice cooker di dapur studio rekaman. Dan warna merah mengkilat tersebut ternyata adalah warna dari lipstick.


9. Enema of the State
Spoiler for Cover:

Quote:Yap, remaja jaman dulu pasti sangat hapal dengan wanita di album cover blink 182 ini. Dia adalah Janine Lindemulder, model dan bintang dewasa yang menjadi bintang icon album ini. Dan fotografernya adalah David Goldman.
Ternyata tadinya album ini mau diberi judul "Turn Your Head and Cough", maka Goldman membuat ide foto dengan menggunakan sarung tangan dokter. Tapi ternyata ujung2nya album ini berubah judul menjadi enema of state emoticon-Big Grin


10. Goodbye Yellow Brick Road
Spoiler for Cover:

Quote:Album Elton john ini dibuat oleh David Larkham dan Ian Beck.
Awal mula ide pun muncul ketika david membayangkan Elton berjalan di jalan berbatu bata kuning (yellow brick road), lalu akhirnya disepakati untuk membuat gambar Elton melangkah ke dalam poster di dinding yang ada jalan berbatu bata kuningnya.


11. The Bends
Spoiler for Cover:

Quote:Ternyata album cover ini dibuat oleh Donwood pada saat lagi miskin berat gan.. 
Dia mempunyai manekin CPR dan memfilmkannya dengan kamera video kuno.
Pantes bentuknya begitu ya gan. Tapi biarpun covernya sederhana, isi albumnya luar biasa keren emoticon-Big Grin


12. Black Sabbath
Spoiler for Cover:

Quote:Walaupun kelihatannya seperti lukisan, kenyataannya album cover ini adalah hasil foto dari Keith MacMillan yang menggunakan teknik foto ‘false colour photography’.
Teknik ini menyebabkan warna hijau jadi kelihatan agak pink, begitu juga warna2 lainnya jadi berubah warna.
Foto ini sndr di ambil di depan rumah di daerah Inggris. Sedangkan wanita yang ada di foto itu adalah real, bukan penampakan emoticon-Big Grin
Spoiler for Foto asli rumahnya:



13. Nevermind
Spoiler for Cover:

Quote:Album cover yang sangat tak asing ini didesign oleh Robert Fisher dan Kirk Weddle.
Dan tentunya berkat si bayi kecil fenomenal yang merupakan icon album ini. Pada usia 4 bulan Elden adalah salah satu dari sekian bayi yang ikut audisi album cover nirvana.
Spoiler for Si bayi nyelem:

Si designer menceritakan bahwa pada saat dia menunjukkan gambar bayi, kurt mengatakan dia butuh sesuatu yang lebih. Lalu si designer pun menyarankan banyak ide tapi Kurt berkali2 sambil bercanda menyarankan harus ada kail ikan.
Berhari2 sang designer memikirkan apa yang bisa dibuat dengan kail ikan. Walaupun kurt tidak pernah memberikan alasan rasionalnya, akhirnya sang designer mengasumsikan bahwa bayi telanjang melambangkan kepolosannya, air melambangkan dunia yang asing, dan kail ikan dengan dollar adalah uang yang membuat kreatifitasnya bisa masuk ke dalam dunia usaha music rock.


14. The Velvet Underground & Nico, aka "The Banana Album"
Spoiler for Cover:

Quote:Di design oleh Andy Warhol, album ini menampilkan gambar pisang. Waktu awal2 album ini direlease, bagian pisangnya ada kulit berupa sticker yang bisa dikupas dan setelah dikupas akan muncul gambar pisang dalam warna daging.
Tapi pada jaman itu bikin album begitu butuh alat khusus dan biayanya juga lumayan. Menurut sang vokalis, tujuan kupas2 pisang ini adalah menampilkan sesuatu yang erotis.
Di release yang berikutnya, albumnya udah ga pake sticker2an lagi.
Jadi skrg album keluaran pertama itu jadi barang langka dan antik yang diburu kolektor.


15. Who's Next
Spoiler for Cover:

Quote:Album cover band The Who ini di design oleh John Kosh dan Ethan Russell. Makna dari foto ini menurut sang fotografer adalah: Kadang-kadang Anda tidak bisa pergi ketika Anda perlu.
Di foto itu kita bisa liat para member band ceritanya abis buang air kecil di tembok betonnya (ada tanda air di temboknya).
Beton tersebut berada di kota pertambangan inggris kuno.
Mungkin itu maksudnya ya gan, kadang2 saat kebelet, anda ga bisa ke WC, jadi di tembok beton pun tak apalah emoticon-Big Grin


16. London Calling
Spoiler for Cover:

Quote:Foto tsb di ambil di Palladium New York tanggal 20 Sept 1979. 3 bulan sblm release album. Sang fotografer Pennie Smith tidak terlalu peduli dengan hasil fotonya, karena ngeblur. Jadi album cover ini terjadi karena ketidaksengajaan, sang fotografer tidak tahu kalo simonon mau banting gitarnya.
Tapi ternyata berkat campur tangan Ray Lowry yang menambahkan efek tulisan pink hijau (meniru album elvis Presley), album ini masuk dalam daftar cover album terbaik.


17. Wish You Were Here
Spoiler for Cover:

Quote:Storm Thorgerson adalah orang yang berada di balik ide album cover ini. Nampaknya storm mengambil ide ini diluar dari lirik rekaman album tersebut.
Maka storm membuat cover yang berisikan gambaran salesmen yang tidak berjiwa.
Ada dua laki2 dalam setelan jas yang saling berjabat tangan, dan salah satunya terbakar api.
Pada saat pemotretan, kebetulan angin lagi kencang sehingga stuntman yang terbakar api kehilangan bulu alis dan kumisnya.
Spoiler for stuntman kebakar:

Inti keseluruhan cover ini adalah mengenai kekosongan dan kehampaan yang tampak juga dalam lagu “Welcome to the Machine" and "Have a Cigar”.


18. Houses of the Holy
Spoiler for Cover:

Quote:Ini adalah album cover milik Led zeppelin yang ke 5. Cover album Led Zeppelin ini menampilkan gambar anak2 berambut emas yang lagi merangkak dalam format gambar surreal. Album cover ini adalah gagasan dari Aubrey Powell dan storm Thorgerson yang merupakan legendaris desainer album Hipgnosis (dia juga yang membuat album cover pink Floyd)
Spoiler for Foto anak:

Proses pembuatan foto ini melibatkan anak2 yang badannya disemprot cat warna silver dari atas sampai bawah, lalu mereka merangkak di bebatuan di daerah irlandia. Foto tersebut di ambil selama seminggu setiap jam 4 pagi. Mereka mengambil beberapa gambar multi- eksposur dari Stefan dan Sam (kedua anak yang ada di gambar) untuk menciptakan citra yang lebih matang.


19. In the Court of the Crimson King
Spoiler for Cover:

Quote:Mungkin buat beberapa orang, album cover milik band King Crimson ini agak aneh dan nyeremin. Tapi percayakah agan kalau album cover ini dinyatakan sebagai album cover yang artistic?
Gambar album ini dilukis oleh Barry Godber yang menampilkan the 'Schizoid Man. Schizoid sendiri merupakan istilah penyakit mental untuk orang yang punya kepribadian ganda.


20. Aqualung
Spoiler for Cover:

Quote:Album cover milik Jethro Tull ini menggunakan lukisan cat air untuk menggambar karakter Aqualung. Dibuat oleh artist Burton Silverman yang diminta oleh manager Jethro setelah dia melihat hasil karyanya di majalah Time. Ide covernya sendiri berasal dari hasil foto seorang gelandangan di jalanan.

21. Revolver
Spoiler for Cover:

Quote:Yap, album the beatles memang banyak menghasilkan cover terbaik. Untuk album revolver diciptakan oleh bassist kelahiran Jerman dan artis Klaus Voormann, salah satu teman lama The Beatles dari waktu mereka di Hamburg selama awal 1960-an.
Untuk membuat cover Revolver, Voormann menggunakan foto pribadi yang dimiliki sndr oleh anggota band, yang "menunjukkan sisi manis mereka".


22. Led Zeppelin
Spoiler for Cover:

Quote:Album cover led zeppelin ini dipilih sendiri oleh Page, yang menampilkan gambar hitam putih Hindenburg Airship.
Spoiler for gamabr asli hindenburg:

Gambar ini sndr merupakan asal nama band ini. Ketika page, beck, keith moon dan john berdiskusi soal nama band, moon sambil becanda bilang, “It would probably go over like a lead balloon “ dan john merespon, "a lead zeppelin!".


23. Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band
Spoiler for Cover:

Quote:Kehebatan dari cover album ini adalah banyaknya orang2 yang kita kenal berkumpul dalam satu foto.
Menurut Peter Blake si designer album ini : "In my mind I was making a piece of art rather than an album cover. It was almost a piece of theater design."
Spoiler for foto pada saat sesi pemotretan:

Setiap member memberi daftar orang2 yang mereka puja. John langsung memilih Adolf Hitler and M. Gandhi. Begitu juga Lewis Carroll yang dipilih oleh John.
Fred Astaire dipilih oleh Paul.
George, "the mystic Beatle," tentunya memilih 4 guru indian.
Bob Dylan juga terpilih karena empat2nya memuja Dylan.
Keempat anggota the beatles juga sama2 memilih Mae West untuk ada di dalam cover, mereka masing2 menulis surat dan menandatanganinya yang akhirnya disetujui oleh Mae.
Ada juga pilihan yang aneh, yaitu Sonny Liston, petinju yang dua kali dikalahkan Muhammad Ali.


24. The Dark Side of the Moon
Spoiler for Cover:

Quote:Orang yang ada di balik cover album pink Floyd ini adalah Storm Thorgerson dan Aubrey Powell dan didesign oleh Hipgnosis and George Hardie. Mereka memang sudah terkenal dalam hal bikin design grafis dan storm sendiri jugalah yang membuat cover pink Floyd “Wish You Were Here”.
Richard wright (organis) minta design grafis yang simple sama mereka, lalu Powell tanpa sengaja ngeliat buku jadul yang didalamnya ada foto prisma pada sepotong lembaran musik dan sinar matahari yang masuk melalui jendela kaca. Dari situlah awal inspirasi membuat album covernya.
Ternyata cover album keren ini terinspirasi dari buku lama gan emoticon-Big Grin


25. Abbey Road
Spoiler for Cover:

Quote:Album cover milik the beatles ini menduduki peringkat pertama sebagai cover album terbaik. Saking iconicnya, setelah bertahun2 pun banyak orang maupun musisi meniru posenya. Foto tersebut di ambil pada tgl 8 Agustus 1969 diluar EMI studio di jalan Abbey. Sang fotografer Iain Macmillan, hanya diberikan waktu 10 menit karena motonya di tengah lalu lintas. Setelah album tsb rilis, plat mobil VW bettle yang putih itu (ada keliatan di album cover) jadi sering dicuri orang. Akhirnya tahun 1986, mobil itu terjual dalam pelelangan sebesar £2,530 dan di tahun 2001 dipajang di museum di Jerman. Padahal hanya karena ga sengaja masuk di dalam foto, tapi sampe mobilnya ikutan jadi barang bersejarah. emoticon-Big Grin

Sebenarnya masih banyak lagi sih gan album cover yang bagus2, kira2 dari agan sendiri gimana? emoticon-siul

yang jelas album cover para musisi diatas telah menjadi inspirasi bagi pemusik pendatang baru, selain itu kita dapat mengambil hikmah bahwaaaa....

IDE itu MAHAL
kreatifitas bisa datang dari mana saja emoticon-rose


pertamax emoticon-Cool

keren keren emang gan,kaya ane emoticon-Cool
------ kali aja jadi HT butuh update-an --------


cerdas dg bantuan teknologi yg masih minim.
Wow keren keren semuanya emoticon-Wow
keren keren gan, numpang pekiwan ane gan Cover Album Musik Terbaik Sepanjang Masa
keren tuh nevermind nirvana sama black sabbathnya. abbey road ktnya jadi kayak semacam ramalan buat salah satu personal the beatles ya emoticon-Matabelo
ane suka acoustic cover







Cover Album Musik Terbaik Sepanjang Masa
wih blink masuk emoticon-Hammer2
calon ht nih thread

cover greatest hits the doors gak dimasukin gan?


Spoiler for lizard king:
calon HT nih emoticon-Kaskus Banget

paling keren menurut ane Nirvana, itu sadis juga bayi baru umur segitu udah dilelepin
emoticon-Hammer2
ane suka van hallen emoticon-Kiss
carmina topacio gan
dengerin deh
covernya mantep
Ane suka bat out of hell gan, secara ane demen sama meatloaf emoticon-Toast
ane cuma sedikit yang tau
emoticon-Matabelo
joy division gak masuk gan emoticon-Mad (S)
Spoiler for :

Sonic Youth
Spoiler for :
covernya appetite for destruction-nya gnr juga gak kalah keren sih buat ane. yg bagian dalem tapi ya, bukan cover luarnya.
Keren2 emoticon-Matabelo
Yang item doang plus tulisan termasuk juga emoticon-Hammer (S)
gembok trit nya dulu ya gan emoticon-Cool
×