alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d01435de2cf265178b456a/yang-suka-musik-ska-silakan-merapat
Yang Suka Musik Ska Silakan Merapat
Yang Suka Musik Ska Silakan Merapat

Kenali lebih dekat dengan Laurel "The Godfather of Ska" Aitken, khusus buat gansis pecinta dan penikmat Jamaican Music.
Cekitrot......

Nama asli beliau ini ialah Lorenzo Aitken tetapi lebih dikenal dengan nama Laurel Aitken dengan julukannya “Godfather of Ska” kalau tidak salah dan hampir benar artinya Bapak baptis dari genre musik Ska. Aitken lahir di Kuba pada 22 April 1927. Dia pindah ke rumah asal sang Ayah tahun 1937. Dia memenangkan Kompetisi pencarian bakat terkemuka “Pennies From Heaven” ketika umurnya 15 tahun. Di tahun yang sama Aitken menjadi penyanyi calypso sebagai penyambut turis yang datang ke Jamaika dari atas kapal.

Lagu-lagu serta gaya bermusiknya terinspsirasi dari berbagai materi musik : Jump Blues khususnya Lous Jordan dan The young Nat King Cole, New Orleans R & B, calypso, dan mento gaya bermusik asli rakyat Jamaika. Rekaman pertamanya, “Roll, Jordan, Roll” dan “Boogie Rock” di garap Perusahaan Rekaman Karibia milik Stanley Motta, pemilik garasi dan pemasok listrik, kemudian diterbitkan kembali oleh label Kalypso, Disini mereka menunjukkan pengaruh shuffle dan boggie pada tradisional mento.

“Boogie in My Bones” dan “Little Sheila” adalah hits pertamanya yang Dicetak dalam Double Hit Single diproduksi oleh Chris Blackwell, pendiri Island Records. Aitken dan Blackwell adalah satu-satunya elemen Jamaika dalam rekaman tersebut. Meskipun mereka juga didukung oleh sekelompo musisi kulit putih Kanada. Single tersebut menduduki Top Chart selama tiga bulan, kemudian menjadi rekaman pertama Jamaika yang pernah dirilis di Inggris.

Di tahun 1959 Aitken mencetak hit lain "Judgment Day", awal produksi sang legendaris Duke Reid dan 1960 mengulangi kesuksesannya dengan "Boogie Rock." Ia telah menggarap rekamannya bersama para produser terkemuka termasuk Reid, Leslie Kong, dan Ken Khouri. Karena popularitas rekamannya di Inggris ia pindah , Aitken pindah ke London, tepatnya Indian Barat, Brixton. Di sana ia mulai rekaman untuk Blue Beat, label pertama Inggris dengan basis memenuhi selera imigran Jamaika.

Di sana ia mulai rekaman untuk Blue Beat, pertama label yang berbasis di Inggris untuk memenuhi selera imigran Jamaika. Single pertama Blue Beat adalah penerbitan ulang "Boogie Rock," dan tidak lama setelah itu, "Mary Lee" menjadi lagu pertama Aitken direkam secara khusus untuk label. Sebagai orang Jamaika terkemuka yang telah memilih untuk membuat rumahnya di Brixton, karena popularitas Aitken di antara imigran India Barat Inggris, segera ia menjadi seorang bintang, dan dengan bahagia kembali ke Jamaika.

Aitken merilis lebih dari 15 single untuk Blue beat. 1963 ia kembali ke Jamaika untuk launching singlenya, dan ia sering tampil bersama band besar Ska The Skatalites. Beberapa lagu, seperti "Weary Wanderer" dan "Zion," diproduksi oleh Reid, kemudian hit he hit "Bad Minded Woman," dirilis oleh label Inggris Aitken yang baru, Rio. Aitken tetap dibawah naungan Rio sampai 1966. Mengeluarkan sekitar 20 single dan juga rekaman untuk beberapa label kecil lainnya. Rio bangkrut dan Di akhir 60-an Aitken menandatangani kontrak baru dengan Pama family label (Nu Beat, Doctor Bird,dan yang lain).

Yang Suka Musik Ska Silakan MerapatYang Suka Musik Ska Silakan Merapat

Sebagian karena perusahaan rekaman membantu keterlambatanya membayar Tunjangan Anak atau Child support. Aturan ini menghasilkan beberapa hitsnya ysng besar di Inggris, banyak di antaranya ia tulis sendiri: "Fire in Mi Wire," "Pussy Price" (both early slack numbers), "Landlord and Tenants," "It's Too Late," "Jesse James," "Rise & Fall," "Woppi King," and "Skinhead Train," . Lagu-lagu tersebut merupakan karyanya yang paling bisa bertahan dan memperluas daya tariknya pada orang-orang kulit putih (kebanyakan skinhead dan mods).

Yang Suka Musik Ska Silakan Merapat

Yang Suka Musik Ska Silakan Merapat

Naiknya Bob Marley dan penekanan Rastafari baru yang relevan secara kebudayaan reggae membuat musik Aitken tampak agak usang di 70-an. Dia pindah ke Leicester, di luar London, dan sementara ia tampil sesekali, ia pensiun dari rekaman.

Namun,kebangkitan Two Tone ska akhir 70-an mebuat Aitken's style menjadi tren lagi dan the English Beat menulis ulang lirik "Pussy Price" untuk mereka sendiri menjadi "Ranking Full Stop" Aitken kembali ke studio rekaman dan muncul dengan "Rudy Got Married" yang menjadi single pertamanya di Inggris pada 1981.

Aitken kembali tur di Inggris selama tahun 80-an. dan bergabung dengan band bernama Potato 5 dalam sastu setengah tahun di bawah naungan Gaz's Rockin' Records. Pada tahun 1986 ia tampil bersama David Bowie di Film mod Absolute Beginners; selain itu UB40 merilis ulang single Aitken "Guilty" (direkam dengan nama Tiger) dalam album mereka Labour of Love, dan lebih lanjut meningkatkan penampilannya.

Aitken tampil bersama beberapa band ska third wave selama era 80-an dan 90-an dan meskipun aktivitas rekamannya turun secara substansial, ia melanjutkan tur di era baru, bahkan mendokumentasikan dan merilis sebuah pertunjukkan bertema Live at Club Ska, dikeluarkan pada tahun 2004. Setelah selama enam dekade rekaman dan penampilannya , riwayat Laurel Aitken sebagai Godfather of Ska berakhir pada tanggal 17 Juli 2005, ketika pada usia 87 sang penyanyi menderita serangan jantung. dan pergi untuk selamanya.
rock n roll dimana bre ? emoticon-Cool
numpang lewat emoticon-Traveller
ane suka keroncong emoticon-Traveller
Aliran SKA sudah tenggelam yah sekarang...
padahal musiknya energik
Ane suka ska sama rocksteady emoticon-Kaskus Radio
aduh gak suka ane emoticon-Mewek
Ane penikmat tembang nostalgia gan emoticon-Hammer2 tpi klo ska, ane lebih prefer ke ska lokal emoticon-Cool
Streetlight Manifesto gan, ska-punk, bener2 beda dari ska yang pernah ane denger sebelumnya. emoticon-Big Grin
Ada juga yang bilang genre SM cikal bakal 4th wave, bukan lagi 3rd wave emoticon-Embarrassment
tipe-x gan emoticon-Selamat
ane sukanya dangdut bre emoticon-Cool
Quote:Original Posted By hatabombastis
Ane suka ska sama rocksteady emoticon-Kaskus Radio


Same gan ane jg suka ska rocksteady
emoticon-Cool
musik ska pas bgt kalo lg berkendara gan. emoticon-Kaskus Radio asik
Quote:Original Posted By muhamadfarhan12
Ane penikmat tembang nostalgia gan emoticon-Hammer2 tpi klo ska, ane lebih prefer ke ska lokal emoticon-Cool


Yaps... support ur local scene.. ane jg gan emoticon-Cool
Ini cuma kenalan ama kakek laurel
Nyasar w bree...emoticon-Cool
W sukanye EDM distorting bree...emoticon-Cool
ane yang agak ngefolk aja gan, emoticon-Cool
Quote:Original Posted By ichone508
musik ska pas bgt kalo lg berkendara gan. emoticon-Kaskus Radio asik


Apalgi sambil mancing gan, kaya acara ma*tapancing mmc tv emoticon-Cool
wow asal mulanya ska emoticon-Matabelo
waktu smp ane suka dengerin tipe-x gan sama soundtracknya game tony hawk pro skater, cuma gw lupa nama band nya, judulnya superman kalo ga salah emoticon-Big Grin
lebih suka EDM gan emoticon-Hammer
ane ga begitu suka ama musik ska bree
Quote:Original Posted By tujuh.tiga
Aliran SKA sudah tenggelam yah sekarang...
padahal musiknya energik


Local gigs masih banyak gan, band2 lokal jg nikmat2.. ada juga acara Ska internasional yg udah 2x diselenggarakan di semarang tp mungkin tdk terekspos media2 nasional
×