alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56cf98e0642eb6d1288b4567/demi-keamanan-pembalap-mulai-2017-ada-pelindung-kokpit-di-mobil-formula-1
Cool 
icon-hot-thread
Demi Keamanan Pembalap, Mulai 2017 Ada Pelindung Kokpit di Mobil Formula 1
Demi Keamanan Pembalap, Mulai 2017 Ada Pelindung Kokpit di Mobil Formula 1
Quote:Quote:Demi Keamanan Pembalap, Mulai 2017 Ada Pelindung Kokpit di Mobil Formula 1
Sumber Gambar

Quote:Ada kabar menarik nih buat ente para penggemar balap mobil F1. Dan kemungkinan jumlah penggemarnya semakin bertambahemoticon-Ngakak (S) seiring masuknya pembalap kita Rio Haryanto untuk mengikuti ajang balap mobil paling wah di duniaemoticon-I Love Indonesia (S) Kabar menariknya apa? Masih seputar mobil F1 sih, tapi bukan mengenai pembalapnya gansis. Biar tidak bosan pemberitaannya perlu diselingi dengan hal menarik lainnyaemoticon-Big Grin

Ada sedikit bocoran info yang menarik nih setelah ane googling kesana kemariemoticon-Hammer (S) Buat ente penggemar balap mobil F1 sejati, tentunya masih ingat bukan mengenai kejadian tragis yang menimpa salah satu pembalap mobil F1, Jules Bianchi, yang tewas setelah terlibat kecelakaan hebat pada musim 2014 laluemoticon-Berduka (S) Dia sempat dirawat selama beberapa bulan, namun nyawanya tak tertolong. Dia meninggal pertengahan tahun lalu akibat luka yang dideritanya pada bagian kepalaemoticon-Berduka (S).

Agar kejadian tragis semacam itu tidak terulang kembali, pihak FIA selaku penyelenggara ajang balap mobil F1 bakal menerapkan aturan baru untuk musim 2017 mendatang. Salah satunya dengan menambah pelindung kepala di bagian kokpit mobil F1. Inspirasi itu muncul setelah ada penawaran desain kokpit dari salah satu pabrikan mobil ternama Mercedes Benz. Seperti apa sih beritanya? Langsung disimak saja:

Quote:Kokpit Mobil Formula 1 Tertutup, Tahun Depan
Quote:Demi Keamanan Pembalap, Mulai 2017 Ada Pelindung Kokpit di Mobil Formula 1
Sumber Gambar

Quote:Badan Otomotif Internasional, FIA, memutuskan untuk mengubah sejumlah peraturan soal keselamatan balapan Formula 1 pada musim 2017. salah satu aturan yang paling disoroti adalah penggunaan kokpit tertutup pada mobil F1.

Keputusan itu diambil FIA setelah menggelar sejumlah pertemuan pada Selasa kemarin di Genewa, Swiss. Dalam rapat yang dihadiri oleh Badan Strategis F1 dan Komisi F1 itu, sejumlah kecelakaan fatal yang membahayakan pembalap menjadi pembicaraan hangat.

Kecelakaan pembalap tim Marusia F1 Jules Bianchi pada Seri Grand Prix Jepang Juli tahun lalu merupakan salah satu contoh yang menjadi pembicaraan hangat. Bianchi mengalami kecelakaan mengerikan saat mobilnya meluncur keluar lintasan dengan cepat dan menghantam mobil derek. Bianchi sempat mengalami koma dan akhirnya tewas sembilan bulan kemudian.

Selain Bianchi, salah satu kecelakaan fatal yang menjadi pembicaraan adalah yang dialami oleh Felipe Massa pada Grand Prix Hungaria pada 2009 lalu. Massa saat itu mengalami kecelakaan setelah serpihan mobil Rubens Barrichelo yang menghantam dinding pembatas masuk ke kokpitnya dan menghantam helmnya.

Pada pertemuan itu, semua pihak akhirnya sepakat untuk menerapkan konsep 'Halo' dimana tak seluruh dari kokpit tertutup. Namun, FIA belum memutuskan seperti apa desainnya karena mereka masih melakukan ujicoba.

"Komisi F1 menyatakan akan memperkenalkan sejumlah bentuk perlindungan kokpit pada musim 2017. Semua pihak terkait akan bekerjasama untuk membuat hal ini terjadi, dengan konsep 'Halo' saat ini menjadi opsi yang dipilih," bunyi pernyataan FIA. "Pilihan lain, seperti kokpit transparan, akan menjadi terus dievaluasi."

Pembicaraan soal kokpit tertutup sebenarnya sudah menjadi perhatian sejumlah tim sejak beberapa tahun lalu. Namun, pembicaraan itu baru ditanggapi serius oleh FIA pada akhir 2015 lalu. Konsep "Halo" yang menjadi pilihan FIA itu awalnya dikembangkan oleh Mercedes-Benz pada pertengahan tahun lalu dan mengambil alih proyek itu. Selain Mercedez, sejumlah tim seperti Mclaren dan Ferarri juga mengembangkan konsep mobil dengan kokpit tertutup.

Namun, masih terdapat masalah yang menjadi kekhawatiran dalam menerapkan mobil dengan kokpit tertutup. Dua masalah yang paling krusial adalah soal penglihatan pembalap dan kekhawatiran bahwa kokpit tertutup akan menyulitkan pembalap untuk keluar dari mobilnya ketika terjadi kecelakaan. Sumber

Quote:F1 2017 Siapkan Pelindung Kokpit, Ban Dan Downforce BesarQuote:Demi Keamanan Pembalap, Mulai 2017 Ada Pelindung Kokpit di Mobil Formula 1
Sumber Gambar

Quote:Ajang balap jet darat paling bergengsi, Formula-1 musim 2017 mendatang akan mendapat beberapa perubahan yang cukup besar. Seperti yang telah diumumkan beberapa waktu lalu pada pertemuan di Geneva, Switzerland. Mulai musim 2017, balap Formula-1 akan mengadopsi aturan baru,antara lain; Pelindung kepala pada kokpit pengemudi, ban yang lebih lebar dan sayap depan serta belakang lebih lebar sehingga menambah downforce.

Aturan baru dari Federasi Otomotif Internasional atau FIA (Federation Internationale de l’Automobile) tersebut disusun untuk meningkatkan keselamatan dalam balap, terutama konsep pelindung cockpit yang masih diperdebatkan. Seperti dalam keterangan resminya FIA mengutarakan niatnya memperkenalkan beberapa bentuk pelindung kokpit.

Banyak pihak terkait bekerja sama untuk mewujudkan hal tersebut, dan konsep pelindung kokpit “HALO” dari Mercedes-Benz nampaknya banyak disukai. Namun ada beberapa pilihan lain seperti perlindungan kokpit trasnparan dan akan terus dievaluasi.

Isu pelindung kepala pada kokpit banyak dibahas setelah sebelumnya terjadi kecelakaan pembalap meninggal karena luka di kepala. Pada bulan Oktober 2014, pembalap Formula-1, Jules Bianchi mengalami tabrakan yang mengakibatkan cedera kepala dan akhirnya menyebabkan kematian pada bulan Juli 2015. Selanjutnya hanya dalam waktu satu bulan setelah kematian Bianchi, pembalap IndyCar, Justin Wilson mengalami luka kepala dari puing kecelakaan di Pocono Raceway dan meninggal pada hari berikutnya.

Lalu aturan baru untuk Formula-1 pada perubahan bodywork yang berfokus untuk meningkatkan daya downforce untuk menurunkan waktu lap sehingga membuat mobil lebih mengasyikkan. Panjang mobil akan meningkat 200mm menjadi 2000mm; sayap depan lebih lebar 150mm menjadi 1800mm dan sayap belakang lebih lebar 250 menjadi 950mm. Posisi duduk lebih rendah 150mm dengan ketinggian 800mm.

Ban juga akan lebih lebar, dengan rincian untuk ban depan saat ini memiliki lebar 245mm akan menjadi 305mm dan ban belakang saat ini 325mm akan lebih lebar menjadi 405mm. Pihak FIA, tim dan pemasok ban akan melanjutkan diskusi terkait solusi terbaik untuk pengujian ban baru sesuai aturan 2017. Sumber

Quote:Seperti ini nih gansis, konsep 'Halo-Style' Cockpit yang ditawarkan oleh Mercedes-Benz, demi perlindungan kepala si pembalap saat terjadi kecelakaan.
Spoiler for Penampakan 'Halo-Style' Cockpit:

Videonya nih gansis
Quote:
youtube-thumbnail

Quote:Menurut kabar terakhir, boss F1 sudah menyetujui penggunaan pelindung kokpit tersebut gansis. Saat ini mereka sedang berupaya mencari penyempurnaan desain pelindung kokpit tersebut, agar tetap nyaman ketika digunakan untuk membalapemoticon-Recommended Seller. Semoga dengan adanya pelindung kokpit tadi dapat lebih mengamankan pembalap dari kecelakaan fatalemoticon-Matabelo Menurut ente gimana nih, dengan adanya pelindung kokpit tersebut?
Spoiler for Sumber Referensi Berita:


Quote:Mampir ke trit ane yg lain:

Quote:TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA
NANTIKAN TRIT ANE BERIKUTNYA

Silahkan komengnya gansisemoticon-Cool
jd aman tuh ye... emoticon-army
ape gak ganggu penglihatan pembalap kalo bentuk nye gitu
Barusan kemarin ane nonton videonya di youtube gan, tapi emang keren sih secara desain mobilnya, lebih ramping juga
kerenn kok gan... tapi apa gk ganggu aktifitas jdinya ?
knape kg full rollbar sekalian..
F1 sama motoGP sama sama nambah regulasi baru
makin ketat nih persainganemoticon-2 Jempol
visor nya ky ny gk nyaman gt

lama gk nongkrong di page one , hahahahaha
Quote:Original Posted By ninecoboss
jd aman tuh ye... emoticon-army

iya gan...demi keamanan si pembalapemoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By supermen.
ape gak ganggu penglihatan pembalap kalo bentuk nye gitu

desainnya masih disempurnakan lagi ganemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By aziz.bejrot96
Barusan kemarin ane nonton videonya di youtube gan, tapi emang keren sih secara desain mobilnya, lebih ramping juga

makasih gan...bantu kasih emoticon-Rate 5 Star ya ganemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By agampayment
kerenn kok gan... tapi apa gk ganggu aktifitas jdinya ?

agak sedikit ganggu sih, tapi desainnya masih disempurnakan lagiemoticon-Big Grin
nyimak gan
semoga om rio bisa merasakannya emoticon-Cool
kesannya malah mengganggu pandanganDemi Keamanan Pembalap, Mulai 2017 Ada Pelindung Kokpit di Mobil Formula 1
Liat ke depan jadi kebagi dua dong emoticon-Hammer (S)
Kirain di kasih penutup kaya mobil endurance emoticon-EEK!
Tapi apa kagak ngurangi view-nye pembalapnye neh bree...emoticon-Cool
keren tapi gagal fokus ada blackberry ama petronas di situemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By pocongtenggelam
Liat ke depan jadi kebagi dua dong emoticon-Hammer (S)
Kirain di kasih penutup kaya mobil endurance emoticon-EEK!

masih disempurnakan desainnya ganemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By sandbox466
Tapi apa kagak ngurangi view-nye pembalapnye neh bree...emoticon-Cool

belum fix seperti itu desainnya, masih dicarikan alternatif desainemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By iamfreakyguy
keren tapi gagal fokus ada blackberry ama petronas di situemoticon-Big Grin

iya nih gan....petronas bayar sponsor berapa nih ke mercedes-benz nya?emoticon-Bingung kapan pertamina bisa bermanuver seperti petronasemoticon-Cape d... (S)
Udh aja di jadiin full semua nanggung gtu emoticon-Hammer (S)
Jadi sangar tampilan nya gan... Makin keren aja dah.... Mudah2an om Rio aman2 aja dah n sukses di musim perdana minimal konsisten dpt poin lah...
kayanya sama aja ,cuma model aja jadi beda aman ndaknya masih tanda tanya emoticon-Bingung (S)