alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a6ac7b12e257e51c8b456a/ternyata-quotkampung-35-mortirquot-di-tasik-adalah-tempat-sejarah-kelam
Ternyata, "Kampung 35 Mortir" di Tasik adalah Tempat Sejarah Kelam
Senin, 25 Januari 2016 , 08:21:00

Ternyata, "Kampung 35 Mortir" di Tasik adalah Tempat Sejarah Kelam



Tim dari Polda Jawa Barat mengevakuasi mortir di Kampung Cisalam, Tasikmalaya. Foto: dok/Radar Tasikmalaya

TASIK - Penemuan 35 mortir di Kampung Cisalam RT 02 RW 01 Desa Pasirpanjang Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat sudah menggegerkan warga setempat bahkan, daerah di sekitarnya.

Namun usut punya usut...wilayah tersebut ternyata merupakan tempat bersejarah. 

Ya, Kampung Cisalam dan sekitarnya merupakan lokasi penyerangan dan pembakaran rumah warga oleh pasukan Darul Islam (DI) pada tahun 1953.

Hal ini diungkapkan oleh Kasman (70), saksi hidup sejarah kelam di daerah tersebut. Menurut dia, mortir yang ditemukan itu kemungkinan adalah sisa-sisa penyerangan DI. 

"Karena dulu kan kawasan ini wilayah penyerangan dan pembantaian oleh DI. Rumah-rumah dibakar dan banyak warga tewas menjadi korban," kenangnya seperti dikutip dari Radar Tasikmalaya, Minggu (24/1).

Dia menceritakan sekitar 200 meter dari lokasi penemuan mortir, dulu terdapat Pos Batalion 323. Menurutnya, sisa peninggalannya juga masih ada, seperti bangunan dan benteng-benteng pos.

Penyerangan DI itu dilakukan, kata dia, kemungkinan karena menganggap bahwa warga di lingkungan Pos Batalion itu adalah musuhnya. "Mungkin akibat ada pos, jadi warga menjadi target penyerangannya," ujar Kasman.

Namun meski menjadi tempat pembantaian oleh DI, kata Kasman, di daerahnya itu tidak pernah didirikan posko DI. (yfi/adk/jpnn)

http://m.jpnn.com/news.php?id=352622

boleh tanya apakah di/tii itu wahabi, sebab suka sekali melakukan kekerasan atas nama agama
emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty
ngerii ihh...
Quote:Original Posted By ozzoi
emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty
ngerii ihh...



betul, karena jaman dulu sudah ada gerakan sejenis isis
Sejarah indo itu penuh kekelaman dan pembantaian, tapi ditutupin, ciri khas moyang, spy kelihatan orang dulu lebih alim nan suci
Udah biasa itu maah...

emoticon-Cool
Quote:Original Posted By richardsep0
Sejarah indo itu penuh kekelaman dan pembantaian, tapi ditutupin, ciri khas moyang, spy kelihatan orang dulu lebih alim nan suci


Ya namanya sejarah dimanapun di dunia ini ada sisi kelamnya tong

Makanya baca sejarah coba liat revolusi perancis, revolusi tsar, civil war Amerika dll
Quote:Original Posted By 39.211


Ya namanya sejarah dimanapun di dunia ini ada sisi kelamnya tong

Makanya baca sejarah coba liat revolusi perancis, revolusi tsar, civil war Amerika dll


Pointnya "ditutup tutupin" bukan "ada tidak nya bagian kelam", tong

Kalau ditutup tutupin, generasi sekarang ga bisa belajar dari sejarah dan terus menerus mengulangin kesalahan yg sama seperti moyang nya

Bangsa lain maju karena belajar dari sejarah mereka , tong
Quote:Original Posted By richardsep0


Pointnya "ditutup tutupin" bukan "ada tidak nya bagian kelam", tong

Kalau ditutup tutupin, generasi sekarang ga bisa belajar dari sejarah dan terus menerus mengulangin kesalahan yg sama seperti moyang nya

Bangsa lain maju karena belajar dari sejarah mereka , tong


Lha apa yg ditutupin dari peristiwa di tii tong??
Mungkin ente aja yg ngga belajar sejarah atau kebanyakan ngeleki pas pelajaran sejarah makanya ngga tau penyerangan di di bandung, tragedi bulugir atau tragedi cibugel emoticon-Ngakak (S)
terus, 35 mortir itu sdh diamankan semua kah, skrg ama aparat keamanan setempat di sono??
DI/TII sekelompok orang gila yang ingin menegakkan khilaf ahhh emoticon-Betty (S)
mereka itu perwujudan ISIS jaman dulu
Quote:Original Posted By richardsep0


Pointnya "ditutup tutupin" bukan "ada tidak nya bagian kelam", tong

Kalau ditutup tutupin, generasi sekarang ga bisa belajar dari sejarah dan terus menerus mengulangin kesalahan yg sama seperti moyang nya

Bangsa lain maju karena belajar dari sejarah mereka , tong


bukan ditutup2in gan, lebih tepatnya tidak dibahas lebih lanjut. karena di mata pelajaran IPS SMP juga ada mengenai DI/TII. secara itu tragedi di masa pemerintahan Soekarno so pasti dibongkar semua sama pemerintah, kecuali kalo mau bahas petrus baru itu ditutup2in. emoticon-Blue Guy Peace

Quote:Original Posted By mahadewakunti
Senin, 25 Januari 2016 , 08:21:00

boleh tanya apakah di/tii itu wahabi, sebab suka sekali melakukan kekerasan atas nama agama


sejenis gan... mau bikin negara islam macam isis...
begundal2 macem gini emang bikin rusu doang dari dlu
mbah'e ngisis,-
untung gak dikiloin.
turut emoticon-Berduka (S) buat para korban
semoga bisa tenang dialam sana.
DI / TII muncul karena ulah seokarno, simatupang dan tentara eks knil
Quote:Original Posted By la.masina


bukan ditutup2in gan, lebih tepatnya tidak dibahas lebih lanjut. karena di mata pelajaran IPS SMP juga ada mengenai DI/TII. secara itu tragedi di masa pemerintahan Soekarno so pasti dibongkar semua sama pemerintah, kecuali kalo mau bahas petrus baru itu ditutup2in. emoticon-Blue Guy Peace



Nah sekarang sudah zaman reformasi pun, peristiwa orba ga dibuka" kan ? Ga masuk pelajaran anak sekolah pun

Jadi pemerintah harap siapa yg ngajar sejarah asli ke generasi kini ? Google ?

Dr zaman jadul, yg buat pembantaian massal selalu kaum yg itu" saja, ga dibahas sama saja menutupin
sejarah kelam indonesia, yg di jawa aja byk yg tdk ketahuan, apalg yg wilayah timur jauh sana
kirain 35 montir
Quote:Original Posted By richardsep0


Nah sekarang sudah zaman reformasi pun, peristiwa orba ga dibuka" kan ? Ga masuk pelajaran anak sekolah pun

Jadi pemerintah harap siapa yg ngajar sejarah asli ke generasi kini ? Google ?

Dr zaman jadul, yg buat pembantaian massal selalu kaum yg itu" saja, ga dibahas sama saja menutupin


Bukannya ga dibuka gan, cuma belom berani ngebuka aja penerusnya masih kuat emoticon-Malu (S)

By the way kan emang kebenaran itu pada akhirnya dipegang sama yang menang gan, yang menang ga pernah salah. jadi kalo lo ngerasa ga

bisa nemuin kesalahan mereka lo tau siapa sekarang posisinya yang menang emoticon-Cendol (S)
×