alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a6a0eb54c07abd028b4567/polisi-patroli-cegah-masyarakat-menonton-gerhana-1983
Polisi Patroli Cegah Masyarakat Menonton Gerhana 1983
Polisi Patroli Cegah Masyarakat Menonton Gerhana 1983

Polisi Patroli Cegah Masyarakat Menonton Gerhana 1983

Polisi Patroli Cegah Masyarakat Menonton Gerhana 1983

Jakarta - Pemerintah rupanya merasa imbauan larangan menonton gerhana matahari total 11 Juni 1983 tak cukup. Demi menjamin tak ada yang membandel, polisi pun dikerahkan untuk menghalau masyarakat agar masuk ke rumah pada saat gerhana.

Kepolisian bahkan menggelar patroli khusus untuk mengingatkan masyarakat agar tidak menonton gerhana secara langsung. Patroli dilanjutkan hingga hari terjadinya gerhana demi mencegah masyarakat keluar rumah dan menonton gerhana. "Yang jelas pihak kami akan mengadakan patroli keliling dan pengarahan kepada masyarakat lebih gencar," kata Komandan Wilayah 96 Yogyakarta Kolonel (Pol.) Soeharsono ketika itu.

Kepala Kepolisian Dserah Jawa Tengah ketika itu, Mayjen (Pol.) JFR Montolalu bahkan menduga ada upaya kaum subversif yang ingin memanfaatkan momen gerhana. Hal senada juga disampaikan oleh Panitia Gerhana Matahari Total. "Bisa jadi usaha (kaca mata gerhana) ditunggangi oleh unsur subversif dengan tujuan untuk membutakan bangsa kita," kata dokter Bambang dari tim kesehatan Panitia Gerhana Matahari Total.

Sebenarnya penugasan patroli gerhana ini juga bikin polisi cemas, karena mereka pun takut menjadi buta. "Masyarakat diperintah tidak keluar, lha, polisi kok justru boleh mondar-mandir?" kata Kabag Ops Koresta II Surabaya, Kapten (Pol.) Mulyono Paiman ketika itu kepada wartawan. Akhirnya, Mulyono memutuskan polisi tetap bertugas di jalan, tapi saat gerhana dimulai petugas harus masuk ke pos polisi agar tidak terkena sinar gerhana.

Benarkah mata bisa menjadi buta karena melihat gerhana matahari total? Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan gerhana jika melihatnya dengan tata cara yang aman, maka tidak berbahaya.

Thomas meluruskan imbauan keliru pada 1983 yang malah melarang melihat gerhana matahari total pada saat puncaknya. "Saat gerhana matahari totalnya, justru bisa melihat langsung, kita nikmati tanpa dihalangi kacamata atau filter," ujarnya.

Namun ia mengingatkan agar berhati-hati ketika melihat gerhana. Thomas menjelaskan, ketika matahari tertutup bulan dan langit menjadi gelap, maka pupil mata membesar. Ia mengingatkan, jangan terlalu asik melihat gerhana karena ketika bulan mulai bergerak, maka piringan matahari yang terang itu akan menyilaukan sekali padahal pupil mata sedang membesar. "Itu yang bisa merusak retina mata, embutakan itu pada saat peralihan dari gelap ke terang. Matahari walaupun cahaya sedikit itu pasti menyilaukan," ujarnya.

http://news.detik.com/berita/3126808...n-gerhana-1983

ajegile rezim soeharto sampai nyensor gerhana matahari segala , sungguh 32 tahun yang penuh kesia-siaan emoticon-Berduka (S)
kok sepi emoticon-Bingung (S)
berdasarkan instruksi bapak presiden, rakyat dilarang melihat mengintip ataupun melirik gerhana matahari. barang siapa yg melanggar akan ditangkap krn dicurigai sbg anggota partai terlarang & organisasi tanpa bentuk emoticon-Marah
Quote:Original Posted By fachrin.aulia
berdasarkan instruksi bapak presiden, rakyat dilarang melihat mengintip ataupun melirik gerhana matahari. barang siapa yg melanggar akan ditangkap krn dicurigai sbg anggota partai terlarang & organisasi tanpa bentuk emoticon-Marah


serem kali jaman soeharto yak sampai momen alam pun di curigai dapat mengganggu keamanan negara emoticon-Takut (S)

Baru kemaren nyokap ane cerita dulu dibohongin Pak Harto supaya ga nonton gerhana....
Heeem
Sungguh 32thn yang penuh kesia-sia an





emoticon-Ngacir
Ini kek larangan nabi nih.
Stelah lewat masa Nya baru tau Ternyata cm mitos bs buta.

Sungguh 1400taon++ Yg penuh kesia sia an emoticon-Angkat Beer
yang jadi pertanyaan adalah: Apakah Motif dibalik pelarangan melihat gerhana oleh presiden waktu itu? sampe melibatkan polisi untuk memastikan rakyat tidak melihat gerhana?
32++.. sia sia
Busyet, berita 8 hari setelah ane lahir.....
Dan sebagian orang2 yang suka sensor pada bilang kalau jaman orba lebih enak daripada sekarang emoticon-Ngakak
larangan kapan ya?
ini baru soal gerhana di jama orba..... belum masalah yg lain...

jaman orba...makin besar masalah, makin tinggi kemungkinan hidup kita tak ada jejaknya, meski cuma nama......
kalo jaman sekarang mah malah disaranin liat gerhana matahari langsung.
wong melek aja masih banyak yg ngebela membabi buta, apalagi kalo udah buta beneran. emoticon-Big Grin
jmana sekrang pasti pada selfie
ane rindu ketegasan orde baru masukin wahabon ke dalam kandang.

dukung jokowi mengembalikan stabilitas nasional. tangkap wahabi cikal teroris

wahabi adalah neokomunis
kan ini ada penjelasan nya mengapa di larang.
Quote:Namun ia mengingatkan agar berhati-hati ketika melihat gerhana. Thomas menjelaskan, ketika matahari tertutup bulan dan langit menjadi gelap, maka pupil mata membesar. Ia mengingatkan, jangan terlalu asik melihat gerhana karena ketika bulan mulai bergerak, maka piringan matahari yang terang itu akan menyilaukan sekali padahal pupil mata sedang membesar. "Itu yang bisa merusak retina mata, embutakan itu pada saat peralihan dari gelap ke terang. Matahari walaupun cahaya sedikit itu pasti menyilaukan," ujarnya.
masih wajar aja sih klo pada tahum 83
dulu kalo mau ngeliat gerhana harus pake baskom diisi aer gan emoticon-Hammer (S)
Kalo mau aman, lebih baik pake light filter aja gan emoticon-I Love Indonesia
×