alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a63ed15c7798e2058b456c/dokter-bedah-saraf-yakin-lengan-iron-man-bali-berfungsi
Dokter Bedah Saraf Yakin Lengan 'Iron Man' Bali Berfungsi
Quote:Original Posted By Baratayudha17...

Dokter Bedah Saraf Yakin Lengan 'Iron Man' Bali Berfungsi
VIVA.co.id - Seorang dokter ahli bedah saraf pada Brain Spine Center, dr Muhammad Sofyanto, meyakini lengan robot kreasi I Wayan Sumardana benar-benar berfungsi. Menurutnya, dalam dunia kedokteran, alat semacam itu juga sering digunakan.

“Kami biasa menggunakan untuk membantu pasien yang lumpuh. Biasanya memang ada alat yang ditempelkan di bagian kepala, dan fungsinya membaca perintah dari otak,” kata Sofyanto kepada VIVA.co.id di Surabaya pada Jumat, 22 Januari 2016.

Bahkan, Sofyanto menjelaskan, pada tahun 2007, dia pernah bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya untuk mengembangkan alat semacam itu. “Makanya saya sejak awal memang tidak meragukan alat itu,” kata Sofyanto.  

Sofyanto melihat kadar kelumpuhan yang dialami I Wayan Sumardana alias Tawan masih belum menyeluruh. Sebab, berdasarkan rekaman video yang dilihatnya, Tawan masih bisa menggerakkan jemarinya.

“Coba dilihat, beliau itu masih bisa menggerakkan jarinya untuk mengelas, dan melakukan pekerjaannya sehari-hari, bahkan sampai menemukan alat itu,” Sofyanto berargumentasi.

Sofyanto menduga, sebelumya Tawan memang pernah mengalami sebuah kecelakaan yang menyebabkan kelumpuhannya. Tepatnya, sejumlah saraf di antara leher, lengan, hingga jari, atau Plexus brachialis menjadi tertarik, karena patah leher.

“Itu jumlahnya ada delapan anyaman atau Plexus. Nah, saya menduga saraf yang tertarik itu adalah saraf nomor empat, lima, dan enam,” katanya. (Baca: Ini Syarat Lengan Robot ‘Iron Man’ Bali agar Bisa Berfungsi)

Butuh pendampingan

Karena itu, Sofyanto meminta pemerintah maupun para pakar robotik agar melakukan pendampingan terhadap Tawan. Sebab, apabila hal itu tidak dilakukan, bukan tidak mungkin akan muncul kesalahan di masa mendatang. Misalnya, mengenai penyesuaian kadar listrik yang akan dihubungkan ke otak dan kepala.

“Karena Tawan menciptakan alat itu, dan mengaliri dengan listrik yang sesuai dengan penerimaan dari dalam tubuhnya. Hal itu belum tentu cocok dengan penerimaan tubuh orang lain,” ujar Sofyanto.


Disebut Hoax, 'Iron Man' Bali Siap Menanggung Dosa
Sofyanto menambahkan, pada dasarnya masyarakat maupun dunia akademik harus memahami bahwa Tawan menciptakan alat itu karena keterbatasannya dan sangat ingin mengatasi kelumpuhannya itu. Menurutnya, Tawan merupakan orang yang sangat cerdas.

“Dalam bahasa mediknya itu lateral thinking atau orang yang selalu memecahkan masalah dengan memaksimalkan kinerja otaknya. Padahal dia belum menerima ilmu secara akademis. Makanya, pemerintah harus memberikan pendampingan, minimal bisa dimasukkan ke Universitas Udayana,” katanya.

Diragukan

Analisis Sofyanto bertentangan dengan Syamsiar Kautsar, pakar robot sekaligus Dosen Pembimbing Teknik Otomasi pada Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Syamsiar melihat sejumlah kejanggalan pada perangkat robot kreasi Tawan, di antaranya, proses pembacaan sensor pada otak. Menurutnya, untuk membaca sensor pada otak manusia tidaklah semudah itu.

“Prosesnya tentulah akan sangat sulit, dan tidak bisa semudah itu,” kata Syamsiar kepada VIVA.co.id di Surabaya pada Jumat, 22 Januari 2016.

Selain itu, berdasarkan foto yang dilihatnya pada sejumlah media massa tentang lengan robot kreasi Tawan, siku penggerak pada tangan robot itu tidak ditemukan motor penggerak. Dia mengatakan, sejauh foto dan video yang dia amati, hanya menemukan gear box pada tangan robot itu.

“Kalau berdasarkan bidang yang selama ini saya pelajari, akan sangat sulit siku penggerak itu bisa berfungsi tanpa adanya motor,” ujarnya.


Crottt dimarih...:D

Sbnrnya ane udah muak bahas ini, tp baca berita ini darah ane naik lg, sbaiknya Pak dokter sarap buang lisensinya ke got kl tyt nih alat ga workemoticon-DP

Ane bukan Dokter, tp ane tau buat gerakan spt yg dilakukan nih manusia kaleng butuh alat EEG lebih dr sekedar bando dikepala yg dibacain jampe2emoticon-DP

Lateral thinking??? Ga skalian kalajengking...emoticon-Cape d...
Ini penjelasan mengenai titik elektroda EEG...
Quote:Original Posted By aquarium90
Mampir sbg pembanding. Biar ga beli kucing dlm karung.

Binus vs Tawan - Dalam Tinjauan Penelitian EEG
Dokternya gegabah. Belum memeriksa sudah berani menympulkan.
dokternya lagi sarkasme tingkat tinggi emoticon-Ngakak (S)
udah mending pak iron man diperiksa ke dokter, tangannya sehat apa ngga?
gitu aja koq repot emoticon-Traveller
kasihan juga sebenernya sama tawan, korban media juga emoticon-Big Grin
dokter ditanya soal komponen elektro ? wartawannya jenius amat yak emoticon-Ngakak
Wow Tsnya ngamok mencak2 emoticon-Ngakak..kasihan kali hidupmu nak, hidup penuh gelisah dan iri dengki emoticon-Najis (S)
Op warnet kisminer belagu maki2 dokter, emang lu siapa tong?
GOBLOK!!
Quote:Kami biasa menggunakan untuk membantu pasien yang lumpuh. Biasanya memang ada alat yang ditempelkan di bagian kepala, dan fungsinya membaca perintah dari otak,” kata Sofyanto
Nama alat nya apa pak dokter?
Quote:Original Posted By 8148744
Wow Tsnya ngamok mencak2 emoticon-Ngakak..kasihan kali hidupmu nak, hidup penuh gelisah dan iri dengki emoticon-Najis (S)
Op warnet kisminer belagu maki2 dokter, emang lu siapa tong?
GOBLOK!!


ID si Tawan detected emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By 8148744
Wow Tsnya ngamok mencak2 emoticon-Ngakak..kasihan kali hidupmu nak, hidup penuh gelisah dan iri dengki emoticon-Najis (S)
Op warnet kisminer belagu maki2 dokter, emang lu siapa tong?
GOBLOK!!


Emangnya lu siapa?apa dokter pst lbh hebat? Rendah diri ama idup luemoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By baratayudha17


Emangnya lu siapa?apa dokter pst lbh hebat? Rendah diri ama idup luemoticon-Embarrassment


Husshhh..

Jangan sembarangan ente. Di sini ada dokter yang bayar pajak 8 juta sehari.
Quote:Original Posted By victim.o.gip10


ID si Tawan detected emoticon-Big Grin


Hater goblok detected emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By baratayudha17


Emangnya lu siapa?apa dokter pst lbh hebat? Rendah diri ama idup luemoticon-Embarrassment


kalo lu hidup ga ada guna mending bunuh diri aja bray, dokter tsb bicara sesuai dengan kapasitas ilmu nya yang berhubungan sama syaraf, nah elu? seonggok TAI yang kerjaan nya cuma bisa bacot ga mutu emoticon-Wkwkwk
Jadi ane mesti percaya dokter bedah ini, atau ahli robot itu? emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By victim.o.gip10


Husshhh..

Jangan sembarangan ente. Di sini ada dokter yang bayar pajak 8 juta sehari.


Mau aja gw bahas itu eh ud disenggol duluan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By 8148744


Hater goblok detected emoticon-Big Grin



kalo lu hidup ga ada guna mending bunuh diri aja bray, dokter tsb bicara sesuai dengan kapasitas ilmu nya yang berhubungan sama syaraf, nah elu? seonggok TAI yang kerjaan nya cuma bisa bacot ga mutu emoticon-Wkwkwk


Apa manfaatnya ane jadi haters si Tawan?

Ane memang membenci penipu dan pembohong bray. Siapapun itu. Tapi tidak membenci orangnya hanya kelakuannya.
iki opo meneehhhemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By novi77


Mau aja gw bahas itu eh ud disenggol duluan emoticon-Ngakak


Sorry keduluan dikit bray emoticon-Big Grin

Ane jadi pengen lihat ulasan ulasan cerdas dokter legendaris itu soal explorasi san perkembangan dunia perminyakan. ;hammers
Quote:Original Posted By 8148744


Hater goblok detected emoticon-Big Grin

kalo lu hidup ga ada guna mending bunuh diri aja bray, dokter tsb bicara sesuai dengan kapasitas ilmu nya yang berhubungan sama syaraf, nah elu? seonggok TAI yang kerjaan nya cuma bisa bacot ga mutu emoticon-Wkwkwk

bacod ente ada yg mutu?cb dibaca, potong aja tuh burung timbang idup rendah diri gtuemoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By victim.o.gip10


Husshhh..

Jangan sembarangan ente. Di sini ada dokter yang bayar pajak 8 juta sehari.


Ada jg lowlife diatas ente gip lg kelojotan dan bhkn ga pnh pny keberanian mempertahankan pendapat yg benar dan ga menyesatkan, insult aja blm pinteremoticon-Big Grin
waktu si tawan tangan kirinya lumpuh, dia buat alatnya dengan 1 tangan ya? emoticon-Bingung (S)