alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a5d6f89a0951b8698b4567/tangan-robot-iron-man-bali-dirusak-peneliti
Tangan Robot `Iron Man` Bali Dirusak Peneliti
Dream - Nahas dialami I Wayan Sumardana alias Tawan, manusia robot asal Bali yang dijuluki Iron Man. Sejak namanya melambung berkat temuan tangan robotnya, ia didatangi sejumlah peneliti. Tak sedikit yang bangga dengan karya Tawan. Namun, banyak juga yang meragukan. Ia pun mempersilakan pihak-pihak berkepentingan untuk meneliti alatnya.

Sayang, penelitian itu justru membawa petaka bagi Tawan. Betapa tidak, alat robotiknya justru rusak, tak bisa digunakan lagi.

"Alat saya rusak, terutama yang di kepala. Tidak bisa digunakan lagi," kata Tawan, Minggu kemarin 23 Januari 2016.

Kemarin siang, cerita Tawan, alat robotik yang dirakitnya dari barang rongsokan itu diteliti oleh beberapa ahli dari beberapa universitas di Bali yang berkunjung ke bengkel lasnya.

Ia pun mempersilakan mereka untuk melihat alat yang dibuatnya selama dua bulan sejak tangannya mengalami kelumpuhan pada enam bulan lalu itu. Tawan pun tak mempersoalkan tangan robotiknya untuk diteliti. Namun, usai diteliti alatnya justru tak bisa difungsikan lagi.

"Kesal saya nggak bisa dipakai lagi. Tadi diteliti sama ahli-ahli, malah rusak. Saya tidak bisa bekerja lagi," ucap Tawan.

Tawan kini tak bisa kembali bekerja akibat alatnya rusak. "Saya tidak bisa bekerja. Bagaimana nasib anak istri saya. Saya hancurin saja lama-lama alat ini," ujarnya. (Ism, Laporan: Berry Putra, Bali)

sumber : http://www.dream.co.id/news/tangan-robot-iron-man-bali-dirusak-peneliti-1601258.html

VS

Kena Hujan Saat Ditinggal Berobat, Lengan Robot Tawan Rusak

DENPASAR, KOMPAS.com - I Wayan Sumardana (31) alias Sutawan/Tawan terlihat bengong saat disambangi di bengkel tempat kerjanya, Sabtu (23/1/2016) sore lalu.

Duduk di atas besi bekas, pria tiga anak itu mengaku sedih dan stres lantaran tangan robot rancangannya rusak.

Lengan robot yang telah membantunya mencari nafkah selama empat bulan sebagai tukang las tidak bisa digunakan. Saat itu, wajah suami Ni Nengah Sudiartini itu tampak lesu.

Sembari menggigit tali, Tawan menyebut penyebab kerusakan tangan robot karena alat sensornya tak berfungsi sama sekali. Akibatnya, alat penggerak pendukung tangan robot juga bernasib sama.

Shockbreaker (kaki-kaki motor), gir, serta aki kering yang menjadi sumber energinya juga tak berfungsi.

Alat ini baru diketahui rusak seusai Tawan berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karangasem, Bali, Jumat (22/1/2016), sekitar pukul 15.00 WITA.

“Saat ditinggal, kemungkinan alatnya terkena hujan. Jadinya alat rusak, enggak seperti biasanya. Kemarin (Jumat) hujannya deras sekali," jelas pria asal Banjar Tauman, Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis, Karangasem, itu.

Saat ditinggal berobat, tangan robot rancangannya digantung di sekitar bengkel. Sesampai di bengkel dari rumah sakit, robot dalam keadaan basah.(Baca: Gubernur Bali Janji Bantu Pengobatan Tangan Tawan)

"Ketika saya ke luar rumah, jarang memberi penutup. Paling cuma saklarnya saja yang saya matikan," terang pria yang dijuluki Iron Man dari Bali ini.

Tawan menduga saat terkena air hujan terjadi korsleting sehingga alatnya tak bergerak sesuai fungsinya. Seandainya satu alat rusak, tambahnya, semuanya harus diatur ulang kembali.

"Satu rusak, alat lainnya harus disusun lagi, biar kembali normal seperti sebelumnya. Sekarang saya stres, tak bisa kerja karena alat rusak," sesal Tawan.

Walaupun rusak, dengan nada optimistis Tawan mengaku bisa merakitnya kembali. Ayah dari I Made Bintang Astro Putra (11), I Ketut Erlangga Putra (8), dan I Putu Titan Putra (6) ini berjanji secepatnya memperbaiki.

Kini, dia menunggu alat yang dibutuhkan untuk merancang kembali lengan robot tersebut.
Alat-alatnya masih dicarikan oleh tim dari Gubernur Bali I Made Mangku Pastika.

"Tadi sempat ke sini, menanyakan alat apa saja yang dibutuhkan. Sekarang masih menunggu alatnya. Mungkin masih dicarikan. Kalau sudah ada, saya langsung merakitnya. Mudah-mudahan bisa didapat," harapnya.

Lantaran robotnya rusak, kini Tawan tak bisa bisa beraktivitas. Tangan kiri yang mengalami kelumpuhan belum bisa bekerja seperti saat memakai robot.

Pekerjaannya sebagai tukang las dan buruh rongsokan akan kembali dilakukan setelah lengan robotnya kembali berfungsi.

Lengan robot buatan Tawan itu tengan menjadi sorotan terkait klaimnya bahwa cara kerjanya dikendalikan oleh pikirannya dengan sensor pembaca sinyal otak. Tak sedikit yang meragukan klaim Tawan.

Beberapa dosen dari Universitas Udayana (Unud) Bali pun mencoba menguji coba cara kerja alat tersebut. Tawan juga sebelumnya bersedia menjelaskan dan menguji alatnya dengan para pakar robot.(Baca: Tawan Siap Lengan Robotnya Diuji Para Pakar)

Di luar klaimnya bohong atau benar mengenai lengan robot yang dikendalikan pikiran, usaha Tawan mendapat apresiasi dari Gubernur Bali Mangku Pastika dan menjadi contoh bagi generasi muda agar tak mudah menyerah dengan keterbatasan.

sumber : http://regional.kompas.com/read/2016/01/24/23145831/Kena.Hujan.Saat.Ditinggal.Berobat.Lengan.Robot.Tawan.Rusak

terserah agan2 percaya berita yang mana.
yang pasti ane kasihan sama anak nya...
Bikin lebih susah drpd benerin...harusnya pak tawan bisa lah benerin lagi
kan bisa bikin lagi bro emoticon-Hammer2
Beginilah kalo otak udah delusional akut

Sama delusionalnya kayak doktrin yg ngajarin kalo ngafirin n halalin darah orang lain maka dapet tiket ke sorga
Penonton harap sabar sdng di rakit ulang tangan robotnya dan bahan²nya disediakan dr tim gubernur bali bukan dr barang rongsokan lagi
Quote:Original Posted By badmanreturn
Penonton harap sabar sdng di rakit ulang tangan robotnya dan bahan²nya disediakan dr tim gubernur bali bukan dr barang rongsokan lagi


ane sabar menunggu kejujuran pak tawan gan...
jadinya tuh tangan robot dirusak sama peneliti atau rusak karena hujan?
Quote:Original Posted By badmanreturn
Penonton harap sabar sdng di rakit ulang tangan robotnya dan bahan²nya disediakan dr tim gubernur bali bukan dr barang rongsokan lagi


Tawan kini tak bisa kembali bekerja akibat alatnya rusak. "Saya tidak bisa bekerja. Bagaimana nasib anak istri saya. Saya hancurin saja lama-lama alat ini," ujarnya. (Ism, Laporan: Berry Putra, Bali)


Nanti sudah sabar nunggu malah keluar lagi berita new update tangan bobot sudah di hancurin gan.
Iron Man jadi Ironi Man emoticon-Ngacir
dan terjadi lagi
entah sampai kapan
tadi hujan, sekarang peneliti
bentar lagi dirusak sama peneliti hujan
Nonton aja deh perkembangannya. Semoga jujur aja ya
dari rongsok bisa , kalo dari barang barang baru masa kaga bisa emoticon-Ngakak

mending besok besok bilang aja bisa bertelur kaya kakek sinin emoticon-Ngakak
ngga jadi ditawar 2 milyar donk...
gara2 port usb robot dipake ngecas hape punya penelitinya kali emoticon-Hammer (S)
KIrain rusak gara2 dipake berkelahi dengan Kapten Amerika.....
kebanyakan nyimeng kali tu orang, musti dipriksain ke dokter jiwa.

Pendukung Pak Tawan mana suaranya??
padahal dari awal juga emg ga berfungsi dasar setan si tawan, malah bilang dirusak peneliti emoticon-Mad, itu hitech apa rongsokan masa dipegang pegang doang udah rusak, kan kgk dibongkar, lucu lucu
Yg rusak itu hujan apa peneliti,,


Quote:Original Posted By ticotictoc
padahal dari awal juga emg ga berfungsi dasar setan si tawan, malah bilang dirusak peneliti emoticon-Mad, itu hitech apa rongsokan masa dipegang pegang doang udah rusak, kan kgk dibongkar, lucu lucu


gak seneng dia mainannya dipegang pegang bro
takut rusak, eh malah rusak beneran
sekarang pundung dia kayak anak yang mainannya rusak