alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a5a08a620881fb178b456c/kata-eks-gafatar-yang-dipulangkan-soal-kehidupannya-di-kalbar
Kata Eks Gafatar yang Dipulangkan soal Kehidupannya di Kalbar
Foto: Angling Adhitya P/detikcom
Semarang - Eks Gafatar yang tiba di Semarang mengaku ke Kalimantan bukan untuk mendalami kepercayaan tertentu, mereka murni ingin bercocok tanam bahkan rela jual rumah dan kendaraan demi modal sewa lahan dan penyokong kehidupan di Mempawah, Kalimantan Barat.
Salah satu pengungsi, Astari mengaku baru tiga bulan di Mempawah bersama anak dan suaminya. Warga asal Desa Kagungan, Wonosobo itu sudah izin baik-baik dengan keluarga untuk bertani di Kalimantan.
"Di sana itu ya cuma bertani. Tanam padi dan sayuran. Ini sudah waktunya panen tapi malah pulang," kata Astari di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (25/1/2016).
"Orang Mempawah itu baik-baik, tapi kenapa ada segelintir orang yang begitu (membakar camp)," imbuhnya.
Pengungsi lainnya, Ancep, warga Yogyakarta menjual motornya untuk berangkat ke Kalimantan sebulan lalu. Dia merasa gajinya sebagai cleaning service tidak mencukupi, oleh sebab itu ia memilih berangkat bersama anak dan istrinya ke Kalimantan.
"Cuma program pertanian, kami tidak melakukan kegiatan aneh di sana," pungkas Ancep.
Sementara itu Hustari, salah satu warga Yogyakarta yang ikut ke Kalimantan mengaku bukan diming-imingi soal kepercayaan, namun pengolahan lahan di Kalimantan. Ia berangkat dua bulan lalu setelah ditawari seseorang dari Jakarta.
"Ditawari menggarap tanah, nanti bayar sewa, kalau sudah nanti bisa dibeli lahannya. Tidak ada soal itu (Gafatar). Saya jual motor sama rumah," pungkas pria asal Banyumas tersebut.
"Orang Mempawah asli baik, mereka malah tanya kenapa kami pulang," tandasnya.
Saat ini para pengungsi eks Gafatar masih berada di ruang tunggu Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Mereka difasilitasi makanan sembari menunggu pengangkutan menuju wisma haji Donohudan, Boyolali. (alg/try)


sumber : m.detik.com/news/berita/3126128/kata-eks-gafatar-yang-dipulangkan-soal-kehidupannya-di-kalbar
Jd Gafatar ini aselinya apaan?
Kasiaan donk org2 ini, mereka jual tanah, rumah dgn niat mau bercocok tanam d kalimantan, malah d tuduh ikut aliran sesat.
Yg paling nyakitin emg org2 barbar yg sedikit2 suka main hakim, main bakar2 aja rumah org!