alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a5913232e2e6b1608b456e/ini-hitungan-proyeksi-kereta-cepat-jakarta-bandung-bakal-tak-laku
Ini Hitungan Proyeksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Tak Laku
Ini Hitungan Proyeksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Tak Laku



Peneliti Institut Studi Transportasi (Instran) Darmaningtyas, menyatakan proyeksi penumpang kereta cepat Jakarta-Bandung berpotensi tak sesuai harapan. Bila ini terjadi, maka kereta cepat Jakarta-Bandung tak akan laku sehingga membebani keuangan negara.

Darmaningtyas menjelaskan, tarif kereta cepat Jakarta-Bandung sekitar Rp 200.000 per penumpang dibuat berdasarkan asumsi jumlah penumpang mencapai 44.000 per hari pada tahun pertama dan meningkat menjadi 68.000 penumpang pada 2030, selanjutnya 148.000 penumpang pada 2050.

Sementara itu, berdasarkan datanya, total ada 145.518 orang yang melintas Jakarta-Bandung per hari, 127.133 diantaranya menggunakan mobil pribadi, hanya 2.000-2.500 yang menggunakan kereta api Agro Parahyangan. Selain itu, tercatat sebanyak 13.000-14.000 menggunakan travel bus kecil, dan penumpang bus besar hanya kurang dari 1.000.

"Artinya, total pengguna angkutan umum kurang dari 20.000 per hari," tandasnya.

Dari hitungan itu saja, target penumpang kereta cepat yang 44.000 per hari agak mustahil tercapai. Darmaningtyas memperkirakan hanya sekitar 25 % dari 20.000 penumpang angkutan umum yang mau pindah ke kereta cepat.

"Sebab tarifnya terlalu tinggi bagi komuter. Sedangkan pengguna mobil pribadi belum tentu mau pindah ke kereta cepat," paparnya.

Pengguna mobil pribadi enggan berpindah ke kerena cepat karena transportasi dalam kota di Jakarta maupun Bandung masih buruk. Selain itu, mobil pribadi bisa 'point to point' dan jadwalnya fleksibel.

"Lalu siapa yang mau naik kereta cepat?" katanya.

Dari data 2014 PT Jasa Marga selaku pengelola tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), tercatat jumlah penumpang per hari Bandung-Jakarta rata-rata mencapai 51.626 orang. Sedangkan arah sebaliknya dari Jakarta-Bandung mencapai 1.639.435 orang.

Pada tahun 2013, jumlah penumpang Bandung-Jakarta 48.134 penumpang per hari, sedangkan Jakarta-Bandung mencapai 1.656.967 penumpang per hari


http://finance.detik.com/read/2015/0...bakal-tak-laku
44ribu penumpang perhari, ngimpii ! lumayan rame paling jumat ama minggu sore/malem
emoticon-Traveller
Klo gak laku sama penumpang manusia mgkn jurig,setan,dan makhluk astral lainnya yg terdeteksi ada di dalem kereta jg mau dimintain ongkos emoticon-Takut (S)
koq proyeksi ga tambah jumlah manusia nya?
200rb -_-

Pake kelas2 ga tuh? 200rb bisnis ato udah eksekutif?

Naik Primjas 50rb, 2 jam, 3 jam paling lama. Naik Parahyangan 150 udah eksekutif, enak banget.....pake travel 150 door to door.
Klo tidak laku tggal bilang itu bukan urusan saya emoticon-Big Grin
Kalau mau naik KA ke Bandung dari Jakarta, enakan juga naik Gopar, bisa menikmati pemandangan yang indah, keretanya sudah eksekutif pula.....

Hujan Lebat dan Konstruksi Buruk, Rel Kereta Cepat Cina Runtuh

Satu lagi masalah baru menghantam industri kereta api China. Saat para pekerja berupaya memperbaiki jalur baru kereta api berkecepatan tinggi yang runtuh di Cina Tengah, jalur itu kembali ambruk akibat hujan deras. Kemungkinan besar konstruksi buruk ikut berperan, kata media lokal.

Kementerian Kereta Api Cina telah diganggu oleh sejumlah skandal dan keputusan yang salah. Sebuah kecelakaan kereta api cepat pada Juli 2011 menewaskan 40 orang. Muncul kekhawatiran tentang keamanan atas pertumbuhan cepat jaringan kereta di negara itu serta rencana untuk mengekspor teknologi itu keluar.

Hujan deras pada Jumat lalu membuat runtuh bagian dari rel lintasan di kilometer 291 (mil ke 180). Jalu itu merupakan bagian dari jaringan rel kereta api cepat di China tengah, yang dibuka pada bulan Mei, kata Kantor Berita Xinhua, Senin (12/3), mengutip pihak berwenang lokal.

Tidak ada laporan tentang adanya korban cedera dari peristiwa itu, kata Xinhua. Kereta api di Provinsi Hubei akan menghubungkan ibukota Provinsi Wuhan dan Kota Yichang. Time-Weekly, sebuah surat kabar setengah resmi, pada awal Maret mengutip seorang "whistle-blower", Ni Hongjun, dan mengatakan bahwa ia telah mencoba memperingatkan Kementerian Kereta Api pada tahun 2010 bahwa jalur kereta api Wuhan-Yichang beresiko runtuh bila hujan lebat.

Dia mengatakan perusahaan konstruksi membangun jalur kereta api kecepatan tinggi dengan tanah sebagai pengganti kerikil. Metoda itu dianggap berisiko tinggi karena tanah dapat melunak ketika hujan lebat terjadi dan mengancam keamanan kereta api.

Kabinet China mengkritik Kementerian Kereta APi pada Desember lalu atas standar keamanan yang lemah dan penanganan yang buruk dari kecelakaan Juli 2010. Namun, kabinet juga tetap berkomitmen untuk merealisasi program kereta api cepat.

http://www.republika.co.id/berita/in...at-cina-runtuh
Moga ga kyk kota2 hantu aja. Diperkirakan bakal rame2 dibeli unitnya, kenyataan tetap kosong. Kecuali kl digratisin, bakal hidup kotanya.
200.000 emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By david_newcastle
200.000 emoticon-Cape d... (S)



begitulah
Laku itu pasti, terutama yg pergi sendiri atau berdua
Kursi nyaman, cepet sampe
Dibanding travel, mending kereta cepat
ini baru beroperasi kapan ya ? 2019 kan ?
Quote:Original Posted By mooniequeenie
200rb -_-

Pake kelas2 ga tuh? 200rb bisnis ato udah eksekutif?

Naik Primjas 50rb, 2 jam, 3 jam paling lama. Naik Parahyangan 150 udah eksekutif, enak banget.....pake travel 150 door to door.


kereta cepat khan untuk 2019, bisa dibayangin macetnya jakarta-bandung ditahun itu kemungkin lebih 3 jam nantinya
nah kereta cepat sesuai namanya khan menawarkan kecepatan, jd bagi yng g mau macet bisa memilih moda tsb
harga tiket 200rb juga nanti bakal terjangkau di 2019, sekarang aja umk sudah 3 jt an
dan kemungkinan pemerintah bakal mematikan parahyangan, supaya g bersaing sm kereta cepat
Quote:Original Posted By dwiatmaja


kereta cepat khan untuk 2019, bisa dibayangin macetnya jakarta-bandung ditahun itu kemungkin lebih 3 jam nantinya
nah kereta cepat sesuai namanya khan menawarkan kecepatan, jd bagi yng g mau macet bisa memilih moda tsb
harga tiket 200rb juga nanti bakal terjangkau di 2019, sekarang aja umk sudah 3 jt an
dan kemungkinan pemerintah bakal mematikan parahyangan, supaya g bersaing sm kereta cepat


bukannya pesimis gan ... klo angapannya 44000 itu jkt - bdg setiap hari .. artinya tuh orang kerja di jakarta .... nah klo harga tiket PP =400.000 x 21 hari kerja = 8.4 jt/ bulan buat transpor saja ...

dimana menurut ane dgn uang segitu si pekerja ude bisa sewa apartemen yg cukup mewah ... emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By dwiatmaja


kereta cepat khan untuk 2019, bisa dibayangin macetnya jakarta-bandung ditahun itu kemungkin lebih 3 jam nantinya
nah kereta cepat sesuai namanya khan menawarkan kecepatan, jd bagi yng g mau macet bisa memilih moda tsb
harga tiket 200rb juga nanti bakal terjangkau di 2019, sekarang aja umk sudah 3 jt an
dan kemungkinan pemerintah bakal mematikan parahyangan, supaya g bersaing sm kereta cepat


Orang JKT ke Bandung macet sampe 20 jam kaya waktu libur panjang, ke Puncak macet saban weekend masih dijabanin aja.....

Paling yang naik yang sesekali ke BDG, bukan yang tiap weekend ke sana. Kereta cepat mau sampe Jatinangor, paling2 sebagian kecil aja mahasiswa yang mau naik. Selama masih ada alternatif lain yang lebih murah, kayanya masih menang bis, travel, sama kereta.....

Tapi entahlah, kali2 ada strategi bisnis lain biar engga sepi2 amat
doakan aja bisa memenuhi , kalo ngga ya... udah emoticon-Big Grin
dgn adanya jalan TOL sudah berdampak terhadap kereta api Jakarta-Bandung sekarang. emang agak meragukan analisis kelayakannya emoticon-Malu (S)
yang penting kan gron brikingnya..selanjutnya terserah ..karena #bukanurusansaya emoticon-Malu (S)

emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By david_newcastle
bukannya pesimis gan ... klo angapannya 44000 itu jkt - bdg setiap hari .. artinya tuh orang kerja di jakarta .... nah klo harga tiket PP =400.000 x 21 hari kerja = 8.4 jt/ bulan buat transpor saja ...

dimana menurut ane dgn uang segitu si pekerja ude bisa sewa apartemen yg cukup mewah ... emoticon-Malu (S)


Tiap hari weekdays PP bdg jkt buat kerja? Super sekali tu org yg kerja d jkt