alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a519859a0951fc098b456c/breaking-news--4-bumn-ini-terancam-bangkrut
(Breaking News) 4 BUMN Ini Terancam Bangkrut
(Breaking News) 4 BUMN Ini Terancam Bangkrut



Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa terancam bangkrut gara-gara proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. 

Demikian analisa pengamat kebijakan publik Agus Pambagio saat jadi narasumber dalam diskusi polemik bertajuk 'Di Balik Proyek Kereta Cepat' di Bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1).

Empat BUMN dimaksudnya itu adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT KAI (Persero), PT Perkebunan Nusantara VIII, dan PT Jasa Marga (Persero). Mereka ini yang bekerja sama dengan investor Tiongkok dalam proyek senilai 5,5 miliar dolar AS tersebut. 

Ia khawatir perusahaan-perusahaan plat merah yang digandeng itu tidak akan mampu membayar sebesar Rp 78 triliun. 

"Coba lihat sekarang uang Wika (Wijaya Karya) berapa sih, kalau ditotal-total paling hanya sekitar Rp 5,5 triliun, apalagi PT KAI, Walini yang pendapatannya yang hanya menjual lahan, Jasa Marga yang duitnya habis untuk dipakai pembuatan jalan tol, ini kan pasti enggak bakal cukup kalau untuk membayar hutang itu," beber Agus. 

"Yang namanya utang ya tetap utang yang harus dicicil utang pokok plus bunganya jika telah jatuh tempo, apakah BUMN bisa membayar itu, dari hanya menjual tiket," lanjutnya.

Untuk diketahui, komposisi saham konsorsium keempat BUMN adalah PT Wijaya Karya 38 persen, PT Jasa Marga 12 persen, PTPN VIII 25 persen, dan PT KAI 25 persen. Sedangkan ekuitas konsorsium yang harus disiapkan sesuai permintaan perbankan Tiongkok sebagai pemberi pinjaman sebesar 25 persen atau Rp 19,5 triliun. Sisanya Rp 58,5 triliun adalah pinjaman konsorsium BUMN ke pemerintah Tiongkok dalam mata uang asing (Yuan dan dollar AS).[wid]


http://m.rmol.co/read/2016/01/23/233...ncam-Bangkrut-
Emg itung2an bisnis to bisnisnya gmn sih?? Brp penghasilan itu BUMN trus brp utangnya koq bs diprediksi bkl bangkrut emoticon-Bingung
PLN sm Pertamina gk iktan nyusul? ktnya rugi mulu
pelitikus lg emoticon-Kiss
lu gk prnh tidur ya
mak, gede banget itu investasinya. Suruh minjem 75% nya lagi ke Cina. Gila nih si mentri, dilihat sekilas aja gak feasible proyeknya. Ambisi tolol ini mah. Buang aja tuh si Rano Soewarno, penjual negara dia...
1 kaki Cina bakal nancep dalem ke Bumn kitaa, asyuu...
kalo kata megawati sih langsung jual, jawab jokowi disuruh mangap ya saya mangap, kasihan gan
bumn punyak'e mbahne kakekane
Semoga tidak bangkrut.

Amin.
Loh, Jasa Marga bukannya baru2 ini diisi komisaris dari "Profesional" ya...emoticon-Big Grin
bukan urusan sayaemoticon-Traveller
Quote:Original Posted By ryzkey2187
bukan urusan sayaemoticon-Traveller


Apalagi saya. emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By nizu21
pelitikus lg emoticon-Kiss
lu gk prnh tidur ya


doi bot kaskus gan, sengaja dilepas biar ningkatin traffic kaskus emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By adhyzone


doi bot kaskus gan, sengaja dilepas biar ningkatin traffic kaskus emoticon-Ngakak


pantesan. trit doi gk ada abis"nya emoticon-Hammer2
sampe skarang ane masih gagal paham buat apa kita punya kereta cepat jakarta-bandung. Kereta cepat jakarta-surabaya okelah, atau jakarta-semarang, jakarta-yogyakarta, bahkan jakarta-denpasar, bikin yg ekspress, itu baru butuh. Lumayan ngurangin beban bandara, karna sebagian penumpang pasti beralih ke kereta kalo tiketnya bersaing dgn wkt tempuh yg ga jauh beda. Jakarta-bandung mah ngapaiiiin... udah ada tol cipularang, naik mobil, travel, bis, cuma 2jam.. kereta juga udah ada. Gagal paham ane.
Quote:Original Posted By nizu21
pelitikus lg emoticon-Kiss
lu gk prnh tidur ya


Quote:Original Posted By adhyzone


doi bot kaskus gan, sengaja dilepas biar ningkatin traffic kaskus emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By nizu21


pantesan. trit doi gk ada abis"nya emoticon-Hammer2


kayaknya gua tempe nih oknum dibalik ID politikus. ntar kalo gua babar disini, kebakaran jenggot lagi tuh semvak emoticon-Betty (S)


Quote:Original Posted By nizu21


pantesan. trit doi gk ada abis"nya emoticon-Hammer2


liat aja postnya udah bejibun, padahal belum lama join, emoticon-Hammer (S)
-----------------------------------------------------------------------
bagi dong gan tools bot nya emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By tamimy






kayaknya gua tempe nih oknum dibalik ID politikus. ntar kalo gua babar disini, kebakaran jenggot lagi tuh semvak emoticon-Betty (S)




gemes bgt pngen ane tabokin bokongnya emoticon-Betty (S)
Quote:Original Posted By nizu21


gemes bgt pngen ane tabokin bokongnya emoticon-Betty (S)


mau ditusbol terus dipoto, apa ditusbol terus direkam gan?emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By tamimy


mau ditusbol terus dipoto, apa ditusbol terus direkam gan?emoticon-Ngakak (S)


tusbol?
fak emoticon-DP
Quote:Original Posted By adhyzone


liat aja postnya udah bejibun, padahal belum lama join, emoticon-Hammer (S)
-----------------------------------------------------------------------
bagi dong gan tools bot nya emoticon-Matabelo


minta ama mimin bray emoticon-Embarrassment
tapi kalo mau lebih gampang lagi, mending cobain kaskus plus aje gan. jangan ikut2an nge-bot junk juga emoticon-Big Grin