alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a501c560e24b837e8b4567/definisi-parkir-dan-berhenti-ramai-dibahas-di-medsos-ini-penjelasan-polisi
Definisi Parkir dan Berhenti Ramai Dibahas di Medsos, Ini Penjelasan Polisi
Definisi Parkir dan Berhenti Ramai Dibahas di Medsos, Ini Penjelasan Polisi
Definisi Parkir dan Berhenti Ramai Dibahas di Medsos, Ini Penjelasan Polisi

Quote:
Definisi Parkir dan Berhenti Ramai Dibahas di Medsos, Ini Penjelasan Polisi

Perdebatan antara sopir taksi dengan polisi lalu lintas soal larangan parkir dan berhenti ramai dibahas di media sosial. Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya pun memberikan penjelasan terkait hal ini.

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, sesuai UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, parkir dan berhenti memiliki arti yang berbeda.

"Parkir itu suatu keadaan di mana kendaraan berhenti untuk beberapa saat, di mana pengemudinya meninggalkan kendaraannya, sedangkan berhenti adalah keadaan kendaraan berhenti untuk beberapa saat dan tidak ditinggalkan pengemudinya," jelas Budiyanto, Minggu (24/1/2016).

Penjelasan Budiyanto memang sejalan dengan UU LLAJ. Di Bab I tentang Ketentuan Umum, berhenti dan parkir memiliki arti masing-masing sebagai berikut:

15. Parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya.
16. Berhenti adalah keadaan kendaraan tidak bergerak untuk sementara dan tidak ditinggalkan pengemudinya.

Nah, menyoal tayangan di mana polisi lalu lintas menilang sopir taksi yang ditayangkan di sebuah stasiun televisi swasta, Budiyanto punya penjelasan lain. Jika mengacu pada UU LLAJ tersebut, si sopir taksi tentu benar.

Tetapi, Budiyanto memiliki pandangan tersendiri soal penindakan anggota yang kemudian menilang sopir taksi tadi. Menurut Budiyanto, situasi seperti sopir taksi tersebut seringkali disalahgunakan oleh pengemudi, khususnya sopir angkutan umum yang hendak ngetem mencari penumpang.

"Karena kadang situasi tersebut disalahgunakan oleh pengemudi, alasannya berhenti tetapi berhentinya lama sudah seperti parkir saja," ungkapnya.

Dalam situasi seperti itu, lanjutnya, polisi punya diskresi mulai dari memberikan teguran hingga mengusir pengemudi yang berhenti di rambu larangan parkir.

"Anggota punya diskresi untuk mengusir pengendara yang berhenti di rambu larangan parkir tadi, agar lalu lintas tidak macet," imbuhnya.

Tetapi, bila setelah diusir namun pengemudi tetap ngeyel, polisi bisa melakukan penegakan hukum. "Kalau tidak mengikuti perintah polisi sebagai aparat penegak hukum, bisa dikenakan Pasal 282 UU No 22 Tahun 2009 dengan ancaman kurungan 1 bulan penjara atau denda maksimal Rp 250 ribu," paparnya.

"Masyarakat yang merasa keberatan dengan tilang kalau punya argumentasi sendiri, silakan melakukan gugatan di pengadilan," tutupnya.




Quote:Kok terkesan masih ngeyel ya gan. Sudah jelas kasus kemaren itu nilang. Dukung si supir taksi untuk gugat polisi ke pengadilan.


sumber



Netizen pada suka Bully Polkis ya pdahal kalau dia kemalingan lapor nya ke Polkis emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By maulanaraptor43
Netizen pada suka Bully Polkis ya pdahal kalau dia kemalingan lapor nya ke Polkis emoticon-Hammer2


Trus lapor nya kmna gan?
ga usah diterusin lagi. udah babak belur polisinya.
kalau yang diharapkan adalah pernyataan maaf polisi bersangkutan, maka hal itu tak akan pernah terjadi.
setidaknya kepolisian sudah ditampol bolak-balik dan malu.
Quote:Original Posted By maulanaraptor43
Netizen pada suka Bully Polkis ya pdahal kalau dia kemalingan lapor nya ke Polkis emoticon-Hammer2


lah masak kalo kemalingan lapor ke bidan
emoticon-Cape deeehh
Kalau sopir angkot mah sering resex nya emoticon-Big Grin
Supir angkot kalau gk taxi, dgn alasan berhenti sdh jelas2 itu parkir mn bs dibilang berhenti lg tuh.
Krn bukan sementara tp udh berjam2

Tp gaya polkisnya membuat ane muak jd 11 12 aja
ini sesuai dengan pemahaman "Tukang Parkir" dipasar tradisonal gan, yg mana saat itu saya nganter "nyonyah" belanja sembako kepasar tapi saya tidak ikut turun dari kendaraan jadi MUNGKIN menurut sang tukang parkir saya cuman "BERHENTI " bukan "PARKIR" walaupun sampe 1 jam sehingga saya terbebas dari "uang parkir".
Kalau gitu ngelesnya
dalam kasus ini mah diusir aja belum, udah langsung ditilang.

Alasannya konyol karena kendaraan yang parkir di depan taxi (yang ini memang salah karena parkir) sudah kena tilang, jadi "sekalian".

Udah kesorot kamera, buat tampil di sinetron 86 tentang oknum polkiss yang baik (ya, polkiss baik hanya oknum!),
jadi tambah arogan dan gagah-gagahan deh untuk pencitraan palsu.

Salam polkiss. Mmuaach.. emoticon-Kiss





Bangcaad!! emoticon-Blue Guy Bata (L)

Itu sudah.
wkwk kok kopaja ama angkot kga di tilang ya padahal doi paling banyak ngetem emoticon-Ngakak
polsikisnya mavok kebanyakan minum aer kobokan emoticon-Betty
ntar brenti d lampu merah kena tilang gan emoticon-Hammer2
Artis yg tertukar. Acara 86 bakal ditinjau ulang. Besok2 supir taksinya ya polkis juga, nyamar. Klo pintar kek gini bisa mati kutu polkis sialan ini. Siap ke TkP lapan emam
Net tv 86 nya jg udah minta maaf tuh, intinya ngasih tau kalo harusnya nyuruh cabut, bukan nilang...
Polisi masih euforia aja emoticon-Embarrassment
Polisinya menjalankan aturan tanpa memahami panduan dasar hukumnya... Ya namanya juga sinetron.. emoticon-Malu
Gugat ke pengadilan, hakimnya temennya polkis emoticon-Ngakak (S)
Mau cari kambing eh ilang sapi ntar emoticon-Malu (S)

ini yg baru ketauan, diluar sana kayaknya byk lagi yg lbih parah gan emoticon-Cape d... (S)

salah = tilang = duit
gak ada tegur dulu apa gimana biar yg belum tau jadi tau emoticon-Hammer (S)

emoticon-Blue Guy Peace
Definisi Parkir dan Berhenti Ramai Dibahas di Medsos, Ini Penjelasan Polisi

emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
Quote:Original Posted By maulanaraptor43
Netizen pada suka Bully Polkis ya pdahal kalau dia kemalingan lapor nya ke Polkis emoticon-Hammer2


minta ampun gobloknya ente
Jangan parkir sembarangan
Quote:Original Posted By maulanaraptor43
Netizen pada suka Bully Polkis ya pdahal kalau dia kemalingan lapor nya ke Polkis emoticon-Hammer2


terus lapor siapa? yang mulia?
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Kapolrinya aja komentar pake mode suka-suka

berhenti lama = ngetem = parkir

emoticon-Ngakak


Besok dibikin rambu baru: N dicoret, dilarang ngetem. emoticon-Ngakak (S)