alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a4e1cd94786829418b4573/ka-cepat-bisa-jadi-skandal-baru-pengadaan-proyek-infrastruktur
KA cepat bisa jadi skandal baru pengadaan proyek infrastruktur
KA cepat bisa jadi skandal baru pengadaan proyek infrastruktur


Direktur Eksekutif WALHI Jawa Barat, Dadang Ramdhan menyebut proyek kereta cepat (High Speed Train) Jakarta-Bandung sebagai skandal baru setelah kasus 'Papa minta saham'. Dia menyebut banyak hal-hal yang dilanggar dan luput dari perhatian pemerintah.

"Jadi ini saya melihatnya skandal baru, skandal baru dalam pengadaan proyek infrastruktur, kalau ada papa minta saham, kalau ini 'papa minta cepat'. Satu level skandal karena luar biasa, regulasi dilanggar, daerah ditekan, lingkungan mau dirusak, kemudian rakyat dijual," ujar Dadang di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (23/1).

Dadang mengklaim pihaknya telah melakukan survei ke beberapa lokasi yang berkaitan dengan proyek kereta cepat. Dari hasil survey tersebut, kata dia, mayoritas masyarakat saat ini tidak membutuhkan kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Jadi begini, kereta cepat ini bukan kebutuhan, saya melakukan survei kecil-kecilan soal kereta cepat, warga Bandung tidak butuh, warga Purwakarta tidak butuh, kemudian warga biasa di Jakarta juga tidak butuh, yang butuh ini sebenarnya siapa? Dengan moda transport yang ada dengan kereta api biasa dan juga dengan bisa atau travel saya kira bagi warga Bandung sudah cukup untuk ke Jakarta," jelas dia.

Dadang menambahkan Peraturan Presiden nomor 107 tahun 2015 tentang percepatan penyelenggaraan prasarana dan sarana kereta cepat antara Jakarta dan Bandung begitu dipaksakan.

"Ini jelas-jelas sangat dipaksakan, presiden senang bikin perpres, mau (waduk) Jatigede cepat (pakai) Perpres, mau kereta cepat dibangun perpres lagi dan banyak perpres lain," tegas Dadang.

Selain itu, kata Dadang, pemerintah tidak bisa menyamakan daerah di Pulau Jawa seperti kota Beijing atau Tokyo. Alasannya, struktur tanah dan kondisi lingkungan masih tidak dimungkinkan untuk dilintasi kereta cepat.

"Pulau Jawa dengan Beijing, Tokyo, itu beda. Kita memiliki struktur morfogeologi yang memang sangat rentan, bayangkan nanti akan menerobos terowongan dengan kecepatan 150 km per jam, 30 menit sampai Bandung, bagaimana dampak yang akan terjadi?," pungkas dia.


http://m.merdeka.com/uang/ka-cepat-b...astruktur.html


KA Cepat Jakarta-Bandung yang berjarak sekitar 150 km, dengan 6 stasiun pemberhentian. Logis sebagai KA Cepat nggak?

Klaim pemerintah perjalanan Jakarta-Bandung ditempuh selama 30 menit.

Menurut ilmu fisika dasar kelas 1 SMP : kecepatan rerata dinyatakan dengan v = s/t.

Kecepatan maksimum KCBC diklaim 300 km/jam.

Jika v = 300 km/jam dan s = 150 km, maka waktu tempuh kereta t = s/v = 150 km/300 km/jam = 1/2 jam = 30 menit.

Jika ada 6 stasiun perhentian dan masing-masing stasiun berhenti selama 4 menit saja, maka waktu yang diperlukan untuk berhenti adalah 6 stasiun x 4 menit/stasiun = 24 menit.

Sehingga jika tanpa mempertimbangkan percepatan dalam gerak lurus berubah beraturan (GLBB), artinya ketika mulai bergerak KCBC langsung kecepatan penuh hingga berhenti, maka waktu yang diperlukan dari stasiun Bandung menuju stasiun Jakarta adalah:

Waktu di jalan + Waktu di perhentian stasiun = 30 menit + 24 menit = 54 menit atau hampir mendekati satu jam untuk perjalanan dari Bandung ke Jakarta.

Masih layak disebut kereta cepat? Pake travel Baraya atau Cipaganti saja cuma butuh waktu sekitar 2 jam atau setengahnya.

Saya koq ndak begitu yakin kereta cepat ini akan digemari kecuali pada awal-awal beroperasi. Itu pun karena karakter masyarakat Indonesia yang demen euforia. Suka coba hal baru, menggebu-gebu, kemudian biasa saja, bahkan melupakan. Persis seperti ketika euforia memilih presiden yang menandatangani prasasti typo KCBC ini.

*Catatan: KCBC = Kereta Cepat Buatan Cina.
Smakin banyak pihak Mempertanyakan #keretacepat Jakarta - Bandung
Smakin menimbulkan pertanyaan , Ada apa dengan proyek ini?
Quote:Original Posted By politicus
Smakin banyak pihak Mempertanyakan #keretacepat Jakarta - Bandung
Smakin menimbulkan pertanyaan , Ada apa dengan proyek ini?


ada kereta kuda emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
skandal opo toh, emang make apbn?
Indikasi Proyek #KeretaCepat Bermasalah. Makin banyak diungkap...
Sebaiknya KPK dan DPR segera bertindak!

Kereta cepat 6 pemberhentian stasiun? Asumsilit apa lagi ini hahahahahahahahahahahahahahahahaha. Kereta biasa saja ga ada yg pemberhentian lbh dr 3 stasiun untuk 1 wilayah tujuan ini 6 stasiun hahahahahhaha. Gobloknya memang luaaar biar pengamat goblok numpang tenar di buat oleh wartawan goblok di media online di muat lagi sm kaskuser goblok di bp hahahahah
sudah waktunya komnas perlindungan anak turun tangan nh emoticon-Mad
Quote:Original Posted By politicus
Indikasi Proyek #KeretaCepat Bermasalah. Makin banyak diungkap...
Sebaiknya KPK dan DPR segera bertindak!


Trus menurut ente masalah pengadaannya dimane bray, solusinya gmn?? emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By ghostnewbie
skandal opo toh, emang make apbn?


Minta saham pripot make apbn?
Quote:Original Posted By setan..gila
Kereta cepat 6 pemberhentian stasiun? Asumsilit apa lagi ini hahahahahahahahahahahahahahahahaha. Kereta biasa saja ga ada yg pemberhentian lbh dr 3 stasiun untuk 1 wilayah tujuan ini 6 stasiun hahahahahhaha. Gobloknya memang luaaar biar pengamat goblok numpang tenar di buat oleh wartawan goblok di media online di muat lagi sm kaskuser goblok di bp hahahahah



Jakarta-Bandung Cuma 35 Menit, http://bisnis.liputan6.com/read/2418...t-kereta-cepat
Quote:Original Posted By politicus



Jakarta-Bandung Cuma 35 Menit, http://bisnis.liputan6.com/read/2418...t-kereta-cepat


Berapa stasiun blok? Hahahahahaha 6 ya hahahahahha. Goblok.
Quote:Original Posted By Losername
Minta saham pripot make apbn?


beda kasus bree, ni ngomongin pengadaan proyek, baca post tsnya
Quote:Original Posted By ghostnewbie


beda kasus bree, ni ngomongin pengadaan proyek, baca post tsnya


Baca berita nya emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By politicus
KA cepat bisa jadi skandal baru pengadaan proyek infrastruktur


Direktur Eksekutif WALHI Jawa Barat, Dadang Ramdhan menyebut proyek kereta cepat (High Speed Train) Jakarta-Bandung sebagai skandal baru setelah kasus 'Papa minta saham'. Dia menyebut banyak hal-hal yang dilanggar dan luput dari perhatian pemerintah.

"Jadi ini saya melihatnya skandal baru, skandal baru dalam pengadaan proyek infrastruktur, kalau ada papa minta saham, kalau ini 'papa minta cepat'. Satu level skandal karena luar biasa, regulasi dilanggar, daerah ditekan, lingkungan mau dirusak, kemudian rakyat dijual," ujar Dadang di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (23/1).

Dadang mengklaim pihaknya telah melakukan survei ke beberapa lokasi yang berkaitan dengan proyek kereta cepat. Dari hasil survey tersebut, kata dia, mayoritas masyarakat saat ini tidak membutuhkan kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Jadi begini, kereta cepat ini bukan kebutuhan, saya melakukan survei kecil-kecilan soal kereta cepat, warga Bandung tidak butuh, warga Purwakarta tidak butuh, kemudian warga biasa di Jakarta juga tidak butuh, yang butuh ini sebenarnya siapa? Dengan moda transport yang ada dengan kereta api biasa dan juga dengan bisa atau travel saya kira bagi warga Bandung sudah cukup untuk ke Jakarta," jelas dia.

Dadang menambahkan Peraturan Presiden nomor 107 tahun 2015 tentang percepatan penyelenggaraan prasarana dan sarana kereta cepat antara Jakarta dan Bandung begitu dipaksakan.

"Ini jelas-jelas sangat dipaksakan, presiden senang bikin perpres, mau (waduk) Jatigede cepat (pakai) Perpres, mau kereta cepat dibangun perpres lagi dan banyak perpres lain," tegas Dadang.

Selain itu, kata Dadang, pemerintah tidak bisa menyamakan daerah di Pulau Jawa seperti kota Beijing atau Tokyo. Alasannya, struktur tanah dan kondisi lingkungan masih tidak dimungkinkan untuk dilintasi kereta cepat.

"Pulau Jawa dengan Beijing, Tokyo, itu beda. Kita memiliki struktur morfogeologi yang memang sangat rentan, bayangkan nanti akan menerobos terowongan dengan kecepatan 150 km per jam, 30 menit sampai Bandung, bagaimana dampak yang akan terjadi?," pungkas dia.


http://m.merdeka.com/uang/ka-cepat-b...astruktur.html


KA Cepat Jakarta-Bandung yang berjarak sekitar 150 km, dengan 6 stasiun pemberhentian. Logis sebagai KA Cepat nggak?

Klaim pemerintah perjalanan Jakarta-Bandung ditempuh selama 30 menit.

Menurut ilmu fisika dasar kelas 1 SMP : kecepatan rerata dinyatakan dengan v = s/t.

Kecepatan maksimum KCBC diklaim 300 km/jam.

Jika v = 300 km/jam dan s = 150 km, maka waktu tempuh kereta t = s/v = 150 km/300 km/jam = 1/2 jam = 30 menit.

Jika ada 6 stasiun perhentian dan masing-masing stasiun berhenti selama 4 menit saja, maka waktu yang diperlukan untuk berhenti adalah 6 stasiun x 4 menit/stasiun = 24 menit.

Sehingga jika tanpa mempertimbangkan percepatan dalam gerak lurus berubah beraturan (GLBB), artinya ketika mulai bergerak KCBC langsung kecepatan penuh hingga berhenti, maka waktu yang diperlukan dari stasiun Bandung menuju stasiun Jakarta adalah:

Waktu di jalan + Waktu di perhentian stasiun = 30 menit + 24 menit = 54 menit atau hampir mendekati satu jam untuk perjalanan dari Bandung ke Jakarta.

Masih layak disebut kereta cepat? Pake travel Baraya atau Cipaganti saja cuma butuh waktu sekitar 2 jam atau setengahnya.

Saya koq ndak begitu yakin kereta cepat ini akan digemari kecuali pada awal-awal beroperasi. Itu pun karena karakter masyarakat Indonesia yang demen euforia. Suka coba hal baru, menggebu-gebu, kemudian biasa saja, bahkan melupakan. Persis seperti ketika euforia memilih presiden yang menandatangani prasasti typo KCBC ini.

*Catatan: KCBC = Kereta Cepat Buatan Cina.


yang ane bold..
2 jam atau setengahnya? setengahnya itu 1 jam maksudnya?

yang bener nih..
Quote:Original Posted By Losername
Baca berita nya KA cepat bisa jadi skandal baru pengadaan proyek infrastruktur



haha, bingung bree skandalnya dimana.
"Jadi ini saya melihatnya skandal baru, skandal baru dalam pengadaan proyek infrastruktur, kalau ada papa minta saham, kalau ini 'papa minta cepat'. Satu level skandal karena luar biasa, regulasi dilanggar, daerah ditekan, lingkungan mau dirusak, kemudian rakyat dijual," ujar Dadang di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (23/1).

regulasi dibuat cepat, bagus
daerah ditekan, harap maklum demi kemajuan
lingkungan mau dirusak, tiap ngebangun infrastruktur sudah pasti lingkungan dikorbankan
rakyat dijual, apa yang dijual?
Quote:Original Posted By ghostnewbie



haha, bingung bree skandalnya dimana.
"Jadi ini saya melihatnya skandal baru, skandal baru dalam pengadaan proyek infrastruktur, kalau ada papa minta saham, kalau ini 'papa minta cepat'. Satu level skandal karena luar biasa, regulasi dilanggar, daerah ditekan, lingkungan mau dirusak, kemudian rakyat dijual," ujar Dadang di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (23/1).

regulasi dibuat cepat, bagus
daerah ditekan, harap maklum demi kemajuan
lingkungan mau dirusak, tiap ngebangun infrastruktur sudah pasti lingkungan dikorbankan
rakyat dijual, apa yang dijual?


Regulasi dilanggar, bukan dibuat cepat... kalo asal jadi tp tabrak2, bukan cepat namanya...
Daerah ditekan, no komen...perbedaan perspektif, jatohnya subjektif...
Lingkungan mau dirusak, biasa? Lingkungan biasa dikorbankan? Wah, lu ga tau HSE proyek berarti...
Rakyat dijual, no komen... tafsiran abstrak
6 stasiun atau empat sie?
Klo jalur bandung mending kereta uap aja...sebari bernostalgia lewatin terowongan & kebon teh...i
Jokowi harus belajar dari kasus pengadaan bus Trans Jakarta yang juga dibeli dari Cina yang menimbulkan masalah hukum dan juga yang kemudian menimbulkan masalah ketika dirinya masih menjadi gubernur DKI Jakarta. Jangan sampai hal itu diulang lagi dengan kasus kereta cepat



Quote:Original Posted By logitech2007
ada kereta kuda emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)



Quote:Original Posted By ghostnewbie
skandal opo toh, emang make apbn?



Quote:Original Posted By setan..gila
Kereta cepat 6 pemberhentian stasiun? Asumsilit apa lagi ini hahahahahahahahahahahahahahahahaha. Kereta biasa saja ga ada yg pemberhentian lbh dr 3 stasiun untuk 1 wilayah tujuan ini 6 stasiun hahahahahhaha. Gobloknya memang luaaar biar pengamat goblok numpang tenar di buat oleh wartawan goblok di media online di muat lagi sm kaskuser goblok di bp hahahahah



Quote:Original Posted By fachrin.aulia
sudah waktunya komnas perlindungan anak turun tangan nh emoticon-Mad



Quote:Original Posted By Nambi
Trus menurut ente masalah pengadaannya dimane bray, solusinya gmn?? emoticon-Embarrassment



Quote:Original Posted By Losername
Minta saham pripot make apbn?



Quote:Original Posted By setan..gila
Berapa stasiun blok? Hahahahahaha 6 ya hahahahahha. Goblok.



Quote:Original Posted By ghostnewbie
beda kasus bree, ni ngomongin pengadaan proyek, baca post tsnya



Quote:Original Posted By Losername
Baca berita nya emoticon-Cape d...



Quote:Original Posted By awake4
yang ane bold..
2 jam atau setengahnya? setengahnya itu 1 jam maksudnya?

yang bener nih..



Quote:Original Posted By ghostnewbie
haha, bingung bree skandalnya dimana.
"Jadi ini saya melihatnya skandal baru, skandal baru dalam pengadaan proyek infrastruktur, kalau ada papa minta saham, kalau ini 'papa minta cepat'. Satu level skandal karena luar biasa, regulasi dilanggar, daerah ditekan, lingkungan mau dirusak, kemudian rakyat dijual," ujar Dadang di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (23/1).

regulasi dibuat cepat, bagus
daerah ditekan, harap maklum demi kemajuan
lingkungan mau dirusak, tiap ngebangun infrastruktur sudah pasti lingkungan dikorbankan
rakyat dijual, apa yang dijual?



Quote:Original Posted By stubandtala
6 stasiun atau empat sie?



Quote:Original Posted By goerandil
Klo jalur bandung mending kereta uap aja...sebari bernostalgia lewatin terowongan & kebon teh...i
Jangan ghibah dan su'udzon. emoticon-Salamanemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganwati