alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a4603614088d3e668b4571/sepertiga-populasi-dunia-gunakan-bahasa-tionghoa
Sepertiga Populasi Dunia Gunakan Bahasa Tionghoa
PEKANBARU (RIAUPOS.CO)-Lomba Mengarang dan Menulis Kaligrafi Tionghoa sempena menyambut Imlek 2567/2016 di Kota Pekanbaru resmi dibuka di Mal SKA Pekanbaru, Ahad (24/1/2016).

Acara ini diikuti oleh sekitar 150 orang peserta yang terdiri dari siswa SD, SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi di Kota Pekanbaru. Peserta tidak hanya datang dari Kota Pekanbaru saja, melainkan juga dari Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Batam.

Acara dibuka dengan sambutan Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Pekanbaru, Kamin kemudian penampilan seni budaya barangsai, dan beladiri wushu yaitu kungfu ala Mandarin, dan memeragakan kebolehan alat musik gitar tradisional khas Tionghoa yakni Guzheng. Acara ini juga kerja sama PSMTI Kota Pekanbaru dengan Harian Pagi Metro Riau dan sejumlah sponsor.

Dalam sambutannya Ketua PSMTI Kota Pekanbaru Kamin menjelaskan bahwa sepertiga populasi dunia saat ini menggunakan bahasa Mandarin (Tionghoa). "Bahasa ini tidak sulit dipelajari tapi jika ada kemauan maka Bahasa Mandarin ini lambat laun bisa kita kuasai sedikit demi sedikit," kata Kamin.

Menurut Ketua PSMTI Kota Pekanbaru Kamin bahwa saat ini tak ada yang sulit, orang lain saja sudah bisa ke bulan. "Jadi kalau mau dipelajari bahasa mandarin itu bisa kita kuasai," ujar kamin.

Sementara menurut Panitia Bidang Media, Ket Tjing bahwa hampir seluruh siswa Tionghoa di Riau saat ini tak banyak bisa menguasai bahasa Mandarin itu.

"Diperkirakan hanya kurang dari 10 persen saja siswa yang bisa berbahasa Mandarin, yaitu bahasa nenek moyang orang Tionghoa. Untuk memperkaya bahasa internasional sekrang setelah Bahasa Inggris, dan Spanyol maka persaingan global saat ini menghendaki siswa harus menguasai Bahasa Mandarin. Sekarang di Pekanbaru di sekolah-sekolah tertentu sudah ada pelajaran muatan lokal Bahasa Mandarin, mudah-mudahan siswa tekun belajar," ujar Ket Tjing.

Laporan : Aznil Fajri
Editor : Aznil Fajri

http://www.riaupos.co/99021-berita-s...l#.VqRfl1LTbKg

bahasa tionghoa gan
karena populasinya paling banyak wajar saja
Bukannya bahasa mandarin...?
laose emoticon-Cape deeehh
emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By matt.gaper
karena populasinya paling banyak wajar saja



setuju gan emoticon-Recommended Seller
Sepertiga juga belajar bahasa arab(wannabe) dan inggris
×