alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a444ecde2cf2e91a8b4569/ahli-ungkap-kejanggalan-lengan-robot-iron-man-dari-bali
Ahli Ungkap Kejanggalan Lengan Robot ‘Iron Man’ dari Bali
VIVA.co.id - Publik nasional dihebohkan dengan publikasi media massa tentang sosok I Wayan Sumardana, pria warga Kabupaten Karangasem, Bali, yang memodifikasi lengannya dengan perangkat robot. I Wayan Sumardana alias Tawan belakangan dijuluki manusia robot dan sebagian yang lain menyebut Iron Man dari Bali.

Sejumlah pakar melihat beberapa kejanggalan pada lengan robot kreasi Tawan. Di antaranya, Syamsiar Kautsar, Dosen Teknik Otomasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Dia sebelumnya juga menciptakan tangan robotik.

Salah satu kejanggalan lengan robot kreasi Tawan, kata Syamsiar, proses pembacaan sensor yang ada pada otak. Untuk membaca sensor pada otak manusia tidaklah semudah itu.

“Prosesnya tentulah akan sangat sulit, dan tidak bisa semudah itu,” kata Syamsiar kepada VIVA.co.id di Surabaya pada Jumat, 22 Januari 2016.

Selain itu, berdasarkan foto yang dilihatnya pada sejumlah media massa tentang lengan robot kreasi Tawan, siku penggerak pada tangan robot itu, Syamsiar tidak menemukan motor penggerak. Dia mengatakan, sejauh foto dan video yang dia amati, hanya menemukan gear box pada tangan robot itu.

“Kalau berdasarkan bidang yang selama ini saya pelajari, akan sangat sulit siku penggerak itu bisa berfungsi tanpa adanya motor,” ujarnya.

Ahli Ungkap Kejanggalan Lengan Robot ‘Iron Man’ dari Bali
Syamsiar juga menyoroti keberadaan piston yang pada lengan robot milik Tawan. Dia mengaku bingung dengan sumber kompresi udara yang seharusnya ada pada piston.

Sedangkan mengenai gerakan yang dibuat robot itu, menurut Syamsiar, hal itu akan sangat mustahil dilakukan secara langsung, dan mendekati sempurna. Alasannya, untuk penemuan awal biasanya gerakan sebuah robot akan sangat kaku atau terkesan patah-patah.

“Misalnya, dalam robot yang sebelumnya saya ciptakan bersama mahasiswa-mahasiswa saya, itu gerakannya hanya berbentuk siku atau sudut 90 derajat saja,” ujar Syamsiar.

Hal terakhir yang menurut Syamsiar aneh adalah seputar wiring atau perkabelan. Sampai sekarang dia belum menemukan foto atau gambar yang menunjukkan tangan robot itu dihubungkan dengan sumber listrik.

“Padahal, kan, ada colokan untuk USB, lalu fungsinya untuk apa. Sedangkan, kalau tidak disambungkan, maka sumber tenaganya dari mana,” Syamsiar mempertanyakan.



Yang paling ngakak pas doi megang pala buat gerakin tangannya~
Para fanboy ditunggu komennya. Rekan sesama akademisi saya sudah bicara di media nih.
widih
Quote:Original Posted By ortilla
Para fanboy ditunggu komennya. Rekan sesama akademisi saya sudah bicara di media nih.


bakar menyan manggil adukan dan kawan2nya
emoticon-Big Grin
youtube-thumbnail



nih pernyataan dia yg bener yg mana ya ? katanya pake gelombak otak eh di video diatas bilangnya sama kyk alat deteksi kebohongan.
binggung deh... walau uda tau ini hoax, tp bli tawan ternyata orangnya plin plan nga konsisten @_@
Quote:Original Posted By ichsanelf
youtube-thumbnail



nih pernyataan dia yg bener yg mana ya ? katanya pake gelombak otak eh di video diatas bilangnya sama kyk alat deteksi kebohongan.
binggung deh... walau uda tau ini hoax, tp bli tawan ternyata orangnya plin plan nga konsisten @_@


Itu selang buat apacoba. Jarinya diimpus ?
nah loh,,,, ntar ada yg bilang si ahli ini sirik karena gak bisa bikin kaya si tawan,,,

Quote:Original Posted By hantupuskom


bakar menyan manggil adukan dan kawan2nya
emoticon-Big Grin


menyan nya kurang ngebul....
Quote:Original Posted By noshade
nah loh,,,, ntar ada yg bilang si ahli ini sirik karena gak bisa bikin kaya si tawan,,,



menyan nya kurang ngebul....


ntar ane campur daun kering biar makin ngebul emoticon-Hammer2
Uang 50 juta yg diberikan Gub Bali itu dari mana sumbernya? Kalo beneran ini Hoax terus gimana tu? Heboh banget di Bali beritanya, kebanyakan mendukung
belom ada kabar dr kemenristek dan dikti yah??
Quote:Original Posted By botaksekur


Itu selang buat apacoba. Jarinya diimpus ?


maklum gan kan dia kena stroke jd butuh cairan impus emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By mbahmomon
belom ada kabar dr kemenristek dan dikti yah??


mungkin mereka males karna gak mau ngelakuin hal yg sia2
berita hiburan. beneran ya syukur. klo bo'ongan,ya gak kaget. sdh biasa dibohongi
bisa di pake ama orang lain gak alatnya ..
Simple aja pembuktiaannya. Taroh lengan robotnya di atas meja. bisa berfungsi ga itu lengan. Rekam lake video.
Gini aja pake pembuktiannya kok jelimet ga keruan.
sebenarnya bukan iron man, stark gak ilang bagian tubuhnya kok, mungkin lebih tepatnya cybog.
tapi gw jd penasran, kon tol nya cybog cemana ya ?
Quote:Original Posted By iban55
bisa di pake ama orang lain gak alatnya ..



Cuma bli tawan yang bisa gan, gerakin pake leak soalnya
Quote:Original Posted By iban55
bisa di pake ama orang lain gak alatnya ..


udah dicoba dan tidak berhasil
cuman si tawan doang yg bisa mungkin dibantu yg gaib2 emoticon-Takut
sbnrnya simple, klo memang bner2 fungsi, tanganya gak usah di masukin, ckup alat yg nempel di kpla aja, klo bs gerak berarti ya bner...
Dasar dosen HATERS pak tawan ini ,BSH ini emoticon-Mad:
Makanya pak tawan ngga mau beritanya diblowup tar bakal bikin banyak pakar yang sakit hati,Bayangkan 1 tahun pak tawan bisa hasilkan penemuan Tangan robot emoticon-Recommended Seller:

Sedangkan professor2 dosen2 itu 32+10 tahun lom.bisa bikin tangan robot kaya pa tawan,Sungguh kesia siaan emoticon-Cape deeehh