alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a311d398e31b9d6d8b4568/10-keanehan-tangan-robot-milik-tawan-si-iron-man-bali
10 Keanehan Tangan Robot Milik Tawan Si Iron Man Bali
Quote:10 Keanehan Tangan Robot Milik Tawan Si Iron Man Bali


Tawan sempat membuat kehebohan karena berhasil membuat tangan robot untuk dirinya. Pria asal Bali itu tak hanya mencengangkan warga Indonesia, tetapi juga publik dunia.

Namun, tangan robot milik pria yang dijuluki Iron Man Bali itu kini mengundang kontroversi. Adalah blogger I Wayan Sutawan yang menaruh curiga terhadap tangan robot Tawan..

Pemilik situs KOPiAPP.com itu tak yakin tangan robot yang dibuat Tawan asli.

Dalam laman yang dikelola Muhammad Akram tersebut ditulis sepuluh argumen untuk memastikan bahwa tangan robot dan sistem sensor yang dibuat Tawan masih perlu dipertanyakan lagi.

Berikut argumentasinya:

1. Persendian lengannya masih bisa dibilang longgar, keliatan waktu dia lagi masang lengannya, tapi lucunya respon ke pergerakan tangannya cepat + pasti (ga salah2 gerak). Ini ga mungkin. Ibarat tarikan motor yang rantainya kendor sama yang pas. Pasti ngertilah maksud saya.

2. Gear nya banyak di luar, bisa dibongkar pasang. Ajaib, gerakannya cepat + leluasa. Yang lebih ajaib lagi, gear nya ga lepas.

3. Pergerakan tangannya terlalu biologis. Sedangkan dimana2 yang namanya benda mekanis itu gerakannya masih kaku. Banyak jeda pergerakan walaupun cuma beberapa milidetik. Bahkan asimo yang didevelop langsung oleh orang2 ahli dengan sarana mendukung pun, gerakannya juga masih bener2 terasa kayak robot kan? Nah dia saya lihat di bagian2 akhir video, gerakannya leluasa banget persis tangan asli.

4. Sensor otak? HAHAHA bahkan perusahaan2 teknologi besar aja, dengan sarana yang benar2 mendukung untuk riset ke teknologi ini, masih belum mampu. Bahkan untuk teknologi sensor-sensoran kaya gini ini ruang lingkupnya udah nanotech. Ga bakalan bisa dibikin secara DIY. Gak akan pernah bisa… Apalagi pake rongsokan.

5. Dan ngomong masalah sensor, sensor yang udah ada di seluruh smartphone sekarang: accelerometer, masih butuh waktu untuk baca sinyal bhwa hpnya dipake secara landscape (dari sebelumnya: portrait). Padahal ini sensor sederhana, ga pake sinyal2 frekuensi tertentu. Asli sensor untuk baca fenomena alam, masih butuh waktu beberapa mili detik untuk ganti mode ke landscape setelah hapenya diputar. Bahkan teknologi ini pun udah dikembangkan langsung sama ahlinya, sarananya mendukung, duitnya mendukung. Lah ini duit ga ada, sarana ga ada, pengetahuan mendalam tentang ini juga ga ada. Eh udah bisa nangkep “sinyal otak” tanpa lag? Inilah Bukti kalo “Iron Man Indonesia”di Bali adalah HOAX

6. Itu katanya tangannya lumpuh dari lengan atas. Berarti seharusnya gear2 nya udah dimulai dari bahu. Dan disana kayanya hampir ga ada gear persendian sama sekali. Padahal di sana bagian paling vital. Persendian di bahu ke lengan atas itu perputarannya hampir 180 derjat secara 3D (ga cuma 2 arah). Lah, kok dia di bagian sana kosong? Ga keliatan ada susunan gear yang rumit? Padahal lengan atasnya leluasa banget lho itu…

7. Ini bisa dibilang exoskeleton. Tapi ga ada batang besi/logam bener kuat yang menopang lengan atas + lengan bawah dengan kuat yang berfungsi sebagai tulang seperti namanya.

8. Ternyata jarinya juga bisa gerak! Bisa genggam batang logam! Tapi masih ga ditemukan tulang2 mekanis buat diikat ke jari2nya. Malah cuma ada sarung tangan longgar yang ga tau itu dalamnya kayak apa.

9. Kayaknya ga ada baterai atau semacamnya. Anggap deh “sinyal otak” ini beneran berfungsi, tapi itu cuma buat kontrol, bukan sebagai power supply. Nah itu kok bisa hidup? Bisa gerak? Dispenser yang fungsi nya buat panasin air aja masih harus dicolok ke listrik kan?

10. Saya bukannya gak mendukung kreatifitss, saya cuma nggak mau terbawa eforia tapi ternyata semu. Ini beda sama mobil listrik kmrn, yang itu dia emang punya ilmu di bidang itu, karya nya pun sesuai sama siapa dia sebenernya. Tapi ini terlalu banyak kejanggalan. Lagian teknologi kayak gini udah banyak di luar negeri kok. Tapi kalo ga salah sumber sensornya ke saraf, bukan ke otak.

Gimanapun juga, lengan “robot” ini terlalu fantasi untuk jadi realita. Bahkan kalo boleh jujur, JARVIS nya Iron Man terasa jauh lebih masuk akal, karena JARVIS itu basic teknologinya AI, armor ironman pun berfungsi berdasarkan gerakan tangan si Stark, sensor gerakan di setiap kaki sama tangan untuk nambah kekuatan + daya tahan, tapi roket laser, missile dan segalanya itu emang masih jauh dari logika hahaha (LOL).


SUMBER



IRON MAN ABAL-ABAL NIH ..... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
jir pak tawan merajalela emoticon-Takut
Ane tambahin biar rame, nih alat u/ pemeriksaan EEG yg ga mirip bandoemoticon-Embarrassment

10 Keanehan Tangan Robot Milik Tawan Si Iron Man Bali
sempet baca komen di 9gag....ada yang ga terima kalau tawan itu orang bali, malah menuduh tawan pendatang dari jawa emoticon-Big Grin
sebenarnya kreatip jg bisa bikin gituan.
klo berfungsi apa ndaknya kita tunggu aja laporan kemenristek dan dikti yg katanya mo lihat tu penemuan.
Itu kacamata nya ada sistem yg sma kyk HMD tuh..bisa tampilin HUD..ada retinal scan nya emoticon-Ngakak (S)
Buat yg heran kenapa ada komponen audio di alatnya..sebenarnya itu buat kacamatanya..jdi dri sistem yg ada di kacamata itu terhubung dengan audio..biar si jarvis bisa nyapa tawan emoticon-Ngakak (S)
"Good Morning,Sir"
ane ngeliat berita ini cuma karya wartawan yg mencoba cari sensasi. Coba aja, nanti selama beberapa hari akan penuh dengan berita tsb, gak perduli kebenarannya spt apa, yg penting ada narasumbernya (si Tawan tsb). Nanti belakangan akan muncul lagi selama berhari2 sangahan dr beberapa pihak. Lumayan, slot berita terpenuhi selama bbrp hari dengan mudah....Inget berita Mr Bean main film indonesia? Dr awal semua juga tau (termasuk si wartawan) kalau orangnya palsu. Tp krn ada narasumber yg bilang itu Mr Bean, yah gak salah kalau si wartawan cuma memberitakan. Berhari2 beritanya....Banyak contoh lain juga....
Quote:Original Posted By baratayudha17
Ane tambahin biar rame, nih alat u/ pemeriksaan EEG yg ga mirip bandoemoticon-Embarrassment

10 Keanehan Tangan Robot Milik Tawan Si Iron Man Bali


WAH..... INI YANG BENERAN YAA GAN emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By easy101st
Itu kacamata nya ada sistem yg sma kyk HMD tuh..bisa tampilin HUD..ada retinal scan nya emoticon-Ngakak (S)
Buat yg heran kenapa ada komponen audio di alatnya..sebenarnya itu buat kacamatanya..jdi dri sistem yg ada di kacamata itu terhubung dengan audio..biar si jarvis bisa nyapa tawan emoticon-Ngakak (S)
"Good Morning,Sir"



pengen punya kaya gtu ane gan emoticon-Matabelo
Ada dosen teknik UNUD yg test lo

http://bali.tribunnews.com/tag/robot/?url=2016/01/23/akademisi-dari-universitas-terkemuka-berdatangan-coba-tangan-robot-iron-man

Nah?? Gimana ini??
Percuma dijelasin panjang lebar ke kebanyakan orang indon yang goblog2 tapi merasa pinter. emoticon-Cape d... (S) Dilihat secara visual aja udah keliatan tipunya, tapi yah sebenernya bisa dimaklumi karena kebanyakan orang indo sekolah aja kagak, tapi lagaknya selangit, macem2 yang di kaskus ini yang masih aja ngedukung lengan robot buat cosplay ini.. emoticon-Malu (S)
10 Keanehan Tangan Robot Milik Tawan Si Iron Man Bali

Karyanya menuai sanggahan dari orang-orang pintar. "Kok bisa seorang tukang las membuat robot yang dibuat dari barang bekas?"

Segudang teori-teori dari ahli/ yang katanya tahu elektropun ramai-ramai keluar ,saling mengumbar asumsi.

Benarkah robot penemuan alumni SMK ini benar-benar berfungsi di luar nalar orang-orang pintar?

Kalau tidak benar... Setidaknya ada kemauan keras untuk "mencipta"
Kalau benar... Dialah yang pantas jadi guru/dosen untuk anda emoticon-shakehand

*Dhany Irfan
Quote:Original Posted By locongbabi
Ada dosen teknik UNUD yg test lo

http://bali.tribunnews.com/tag/robot...robot-iron-man

Nah?? Gimana ini??


Betul, ditantangin tuh sama yg punya. Dosen Unud sudah coba dan ga menemukan adanya Hoax.
Quote:Original Posted By mantanjablay
10 Keanehan Tangan Robot Milik Tawan Si Iron Man Bali

Karyanya menuai sanggahan dari orang-orang pintar. "Kok bisa seorang tukang las membuat robot yang dibuat dari barang bekas?"

Segudang teori-teori dari ahli/ yang katanya tahu elektropun ramai-ramai keluar ,saling mengumbar asumsi.

Benarkah robot penemuan alumni SMK ini benar-benar berfungsi di luar nalar orang-orang pintar?

Kalau tidak benar... Setidaknya ada kemauan keras untuk "mencipta"
Kalau benar... Dialah yang pantas jadi guru/dosen untuk anda emoticon-shakehand

*Dhany Irfan


menciptakan hoax memang mudah bray emoticon-Recommended Seller
Pak Tawan harusnya mikir. Kalo emang alatnya bener2 berfungsi, bagikan ilmunya. Di asadar gak sih, kalo temuannya itu bener, bisa membantu banyak manusia lainnya. Masalah paten2 gampang itu, kalo emang bisa berfungsi, gak usah jadi tukang las lagi dah. Bisa kaya dari royalti, karena bisa jg dijual ke luar negeri. Jangan pelit ilmu pak Tawan...

Sekali lagi, kalo itu alatnya bener2 bisa berfungsi...
Quote:Original Posted By green.martian
Pak Tawan harusnya mikir. Kalo emang alatnya bener2 berfungsi, bagikan ilmunya. Di asadar gak sih, kalo temuannya itu bener, bisa membantu banyak manusia lainnya. Masalah paten2 gampang itu, kalo emang bisa berfungsi, gak usah jadi tukang las lagi dah. Bisa kaya dari royalti, karena bisa jg dijual ke luar negeri. Jangan pelit ilmu pak Tawan...

Sekali lagi, kalo itu alatnya bener2 bisa berfungsi...


ya bisa dibilang kalo gt pak Tawan udah sejajar sama habibi, thidup dari royaltinya (kalo itu beneran), tapi yang paling aneh itu katanya jarinya butuh 3 jt supaya bisa gerak, tapi kok udah pegang batangan besi ? blm lagi katanya lumpuh dari atas tapi kenapa malah semua gear terpaku pada siku ?
kan emang cosplay, media aja yang bego mo cari berita sensasi
masih inget kan kasus ponari, airmata berlian, kakek telur, blue energy, tuna netra musisi nitendo semua cuman sensasi akhirnya.
please stop making stupid people famous!!
Quote:Original Posted By rodojr


menciptakan hoax memang mudah bray emoticon-Recommended Seller


Silahkan anda ciptakan yang lebih hoax lagi kalo itu memang mudah emoticon-shakehand
http://bali.tribunnews.com/2016/01/2...a-robot?page=2
Quote:Original Posted By mantanjablay


Silahkan anda ciptakan yang lebih hoax lagi kalo itu memang mudah emoticon-shakehand
http://bali.tribunnews.com/2016/01/2...a-robot?page=2


nastak udah membuktikan gampangnya bikin yang hoax hoax bray
Reserved