alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a2df045c77989f108b456c/penjelasan-atasan-polisi-mengenai-kasus-penilangan-supir-taksi-berhenti--parkir
Poll: Siapakah yang benar?

This poll is closed - 28 Voters

View Poll
Sopir taksi 82% (23 votes)
polisi yang menilang 4% (1 votes)
atasan polisi 14% (4 votes)
Penjelasan atasan polisi mengenai kasus penilangan supir taksi, berhenti/ parkir
Quote:JAKARTA, KOMPAS.com — Seorang sopir taksi terekam tengah diberhentikan oleh seorang polisi lalu lintas sambil beradu argumen tentang berhenti dan parkir.

Peristiwa tersebut ada dalam sebuah tayangan yang diunggah ke YouTube dengan judul "Polisi Tegas Masuk TV VS Supir Mengerti Undang-Undang, Berhenti Atau Parkir?"

Polisi menilang sopir taksi karena mobilnya berada di pinggir jalan. Tidak jauh dari lokasi taksi, ada rambu dilarang parkir. Mendengar alasan polisi menilangnya, sopir taksi keberatan.

Menurut sang sopir, dia tidak sedang parkir, tetapi sedang berhenti sehingga tidak relevan jika harus ditilang karena melanggar rambu dilarang parkir. Sopir taksi beranggapan ada perbedaan antara berhenti dan parkir.

Adapun dalam tayangan itu, muncul penjelasan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam peraturan tersebut, disebutkan, parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya. Sementara itu, berhenti adalah keadaan kendaraan tidak bergerak untuk sementara dan tidak ditinggalkan pengemudinya.

Meski demikian, polisi tersebut tetap menilang sopir taksi itu. Berkaca dari kejadian itu, Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Agustin Susilowati menyebutkan, polisi memiliki wewenang tertentu ketika sedang bertugas dan menghadapi situasi seperti cerita di atas.

"Dalam situasi tertentu, untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas, petugas kepolisian dapat memerintahkan pengguna jalan untuk berhenti, jalan terus, mempercepat arus, memperlambat arus, atau mengalihkan arus," kata Agustin kepada Kompas.com, Jumat (22/1/2016).

Menurut Agustin, kewenangan polisi wajib diutamakan ketimbang perintah yang diberikan oleh aparatur sipil, rambu lalu lintas, dan marka jalan. (Baca: Beredar, Video Polisi Tilang Sopir Taksi, Adu Argumen soal Berhenti dan Parkir)

Salah satu contohnya jika ada polisi lalu lintas yang mengarahkan kendaraan di lampu merah untuk maju meski lampu lalu lintas masih merah, menandakan berhenti.

"Jadi, pengguna jalan wajib mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas kepolisian yang dimaksud," tutur Agustin.

Namun, jika tetap merasa keberatan, pengguna jalan bisa memberikan argumennya saat sidang tilang di pengadilan negeri (PN) setempat.

"Argumen tersebut bisa disampaikan di depan sidang," ujar dia.

Penulis: Andri Donnal Putera
Editor: Fidel Ali


Link:http://megapolitan.kompas.com/read/2...paign=related&
Polisi berhak, polisi mempunyai wewenang

Jika berdebat di pengadilan bakal rugi waktu dan rugi tenaga, ga cuma sekali sidang kelar

Ah ngeles

pas sidang juga langsung maen getok aja
Sopir taksinya lbh ngerti undang2 drpd ..... ah sudah lah
emang bisa adu argumen oas sidang tilang??
bukannya cuman ngasih tau kesalahan, denda trus ketok palu.
abis tu bayar denda.
harusnya sih gag langsung tilang bisa minta supirmya buat mindahin mobilnya dulu klo emang tugasnya kayak yg disampein pak atasan.
tapi tetep ajalah pulisi selalu bener.
Tai lah tuh plokis knp gak nyuruh tukang taksi jalan terus tp maen tilang aja, klo scr rambu2 kan tuh tukang taksi udah benar tp secara kewenangan plokis punya wewenang. Dmn ungkapan plokis pengayom masyarakat klo selalu arogan dlm melakukan tindakan emoticon-fuck
pak pulisi yang benar emoticon-Big Grin
gosipnya video aslinya dinet sudah dihapus gan

menandakan polisi mau cuci tangan case ini, you know lah polishit di Indonesia ini full of shit


gak ada yang namanya oknum, semua bobrok. oknum itu polisi yg baik
pasal 1, plokis selalu bener
pasal 2, kalo salah pasti dibelain atasannya macam berita ini

cari2 alasan aja emoticon-Stick Out Tongue
itu kan lagi di shooting NET , mungkin aja dia "kepepet" buat bahan acara ato kesepakatan dengan tim "kreatif" ato gimana
orang kalo lagi di shooting kan beda CMIIW
Quote:Original Posted By mbahmomon
emang bisa adu argumen oas sidang tilang??
bukannya cuman ngasih tau kesalahan, denda trus ketok palu.
abis tu bayar denda.
harusnya sih gag langsung tilang bisa minta supirmya buat mindahin mobilnya dulu klo emang tugasnya kayak yg disampein pak atasan.
tapi tetep ajalah pulisi selalu bener.


haha, bener gan, kata temen ane, pas disidang, nama kita dipanggil, trus langsung dikasih tau nominal yang didenda
Quote:Original Posted By mbahmomon
emang bisa adu argumen oas sidang tilang??
bukannya cuman ngasih tau kesalahan, denda trus ketok palu.
abis tu bayar denda.
harusnya sih gag langsung tilang bisa minta supirmya buat mindahin mobilnya dulu klo emang tugasnya kayak yg disampein pak atasan.
tapi tetep ajalah pulisi selalu bener.



Quote:Original Posted By Cikklancang


haha, bener gan, kata temen ane, pas disidang, nama kita dipanggil, trus langsung dikasih tau nominal yang didenda


Iya. Ane pernah ditilang dan ikut sidang, jd nama dipanggil secara kolektif pak A, B, C,D,E.. anda melanggar pasal ini denda ini.
Ada yg keberatan? Tidak ada (palu diketok)
Misal pak supir mengajukan keberatan, pastinya makan waktu lbh lama, dan kayaknya mengambil alokasi waktu lainnya, bukan hari itu juga...

Kan juga memanggil pihak polisi yg melakukan tilang... (ingat kasus kaskuser yg kena tilang di malaysia gara2 polisi dsana ga tau peraturan baru kalo sim indonesia bisa dipakai se asia tenggara).

Ga cuma sekali aja sidang...

Menurut ane sih, pak sopir taxi bakal ngalah, byr denda tilang drpd harus bolak balik pengadilan.. (lbhbberharga utk cr setoran ketimbang berdebat di meja hijau)

Ini ane angkut pengalaman kaskuser di malaysia pas kena sidang dpt dr serba serbi sim di forum kepolisian...

Quote:Original Posted By demut1
adalah bener gan emoticon-shakehand, sedikit pengalaman ane emoticon-Big Grin

ane pernah ditilang dimalaysia, kebetulan ane make sepeda motor dan tidak memiliki SIM international

sempat terjadi perdebatan gitu awalnya sama tuh polisi, ane ngotot jelasin kalo SIM indonesia bisa dipake diMalaysia

Eh Polisinya ngotot juga, "kalo awak tak punya lesen jangan lah awak naek moto, naek bas ja emoticon-Mad:" emoticon-Hammer (S)

neh polisi ngajak ribut dalam hati ane emoticon-Mad:

padahal ane dah tunjukin juga surat pengantar dari KBRI, bahwa SIM ane bersifat bisa dipake di Malaysia

nah kebetulan juga waktu perdebatan itu ane belum download agreement ASEAN, jadi ane g bisa tunjuk ke polisi itu kalo ane ada dasar hukumnya emoticon-Malu (S)

nah akhirnya ane dikasih surat tilang jugah.. well g pa lah dalam hati ane.. sekalian ngerasa sidang ntar gimana.. walo mangkal sih emoticon-Bata (S)

===============================================

Nah akhirnya sesuai dengan tanggal yg ditetapin ane ikut tuh sidang.. walo ane telat beberapa hari, dan sempat renew tanggal sidang dulu emoticon-Hammer2

sempat 3 kali sidang baru kasus ane ini selese emoticon-Embarrassment

Alhamd proses menuju sidang lancar.. dan g da istilah calo, smua info bisa didapat dengan mudah di loket informasi emoticon-Big Grin

sidang yg pertama ane ditanyain sama hakim "kamu mengaku bersalah ato tidak" ane jawab aja "tidak tuan" emoticon-Big Grin

sidangnya g sampe lima menit gan.. hanya ditanya itu doank. dan ane disuruh lagi sidang kedua sesuai dg tanggal yg ditetapin emoticon-Big Grin

panjang amat cerita ane emoticon-Hammer

okey lanjut sidang kedua.. pertanyaan masih sama dengan hakim yang sama emoticon-Big Grin

Hakim : "kamu masih mengaku tidak bersalah"
Ane : "tidak tuan"
Hakim : Okey, kamu sidang lagi untuk yang ketiga. mau di dampingi peguam (pengacara) ato tidak
Ane : Tidak tuan.
Hakim : Kamu fight sendiri???
Ane : Busyet dalam hati ane dah kaya tempur aja ini emoticon-Hammer ane jawab aja ya tuan. fight by myself emoticon-Cool

habis itu dikasih lagi tenggang waktu kira2 3 minggu untuk sidang ke 3

nah pada sidang ini lah penentuannya

kalo pada 2 sidang sebelumnya ane g dikasih hak bicara dan pembelaan, pada sidang ini ane dikasih kesempatan emoticon-army:

ane dah persiapin smua dokumen yang bersangkutan. ketika tuh hakim dan jaksa penuntutnya nanya, ane jelasin aja reason ane kenapa g ngaku bersalah emoticon-Cool

well, setelah ane serahkan dokumen tersebut (akta 333 ASEAN agreement) dan setelah Hakim dan jaksa meneliti dan membaca dg seksama akhirnya kasus ane dibebaskan emoticon-Cool dalam artian ane g bersalah donk emoticon-army:

yang unik dan buat puas hati ane, waktu sidang terakhir ini polisi yang nilang ane juga sekalian ikut dipanggil sebagai saksi

nah sipolisi yg nilang ane ini bingung kenapa ane bisa dibebaskan, yah ane bilang aja, tuan khan tadi liat sendiri sidangnya, ane tunjukin lagi tuh aktenya ke dy emoticon-Big Grin, he. akhirnya dy sendiri yg menggerutu sama pihak polis mereka, kenapa hal beginian g disosialisasikan kesemua JPJ Malaysia, puas ane gan emoticon-Big Grin
karena tuh polisi yang nilang ane juga hadir waktu sidang. akhirnya perdebatan ane waktu ditilang tuntas semua. dan tentunya ane sebagai pemenang donk emoticon-Cool. tuh polisi yg nilang sampe ane pulang berwajah muram aja dan tetap aja g terima kalo ane dibebasin emoticon-Ngakak (S)


N/B tidak smua polis Malaysia tahu peraturan ini gan, makanya ente siapin aja dokument tersebut, dan bawa deh print out nya kemana ente pergi, dan satu lagi polis disana juga sering cari kesempatan untuk minta duit untuk beli teh tarik.. emoticon-Big Grin



itu aja pengalaman ane gan.. maaf belepotan. tengah malam ngetiknya..sambil nahan rasa kantuk emoticon-Malu (S)

terserah TS mau dipajang di pekiwan apa tidak emoticon-Big Grin


sudahlah memang begitu aturanya
polisi selalu benar
polisi yang berwenang
jdi ingat kejadian dlu yg polisi ngwal moge dicegat pesepeda tu jg dri dvisi humas polri membela polisi dg brbagai dalih dan argumen
budaya peninggalan orde baru yg subversif...jago ngeles emoticon-Ngakak (S)
Kalo begitu ane sangat setuju polkis jadi sasaran bom & tembakan teroris emoticon-Big Grin
dan sampai sekarang pun masih 3 polisi yang emang bener - bener bisa dipercaya emoticon-Embarrassment
Lah bener kan
Udah gw duga
Kita ini cuma d anggep orang" goblok yg ga ngerti aturan
Dan walopun kita ngerti aturan, tetep kita yg salah
Kenapa? Seragam coyyyy
Kita ga pake seragam itu tuh
Pokok nya kalo beda sama peraturan, ttp yg bener mereka, kita ttep salah, malah aturan nya yg salah, UU boleh dilanggar dengan alasan berwenang berhak
Heran
Padahal tugas mereka itu untuk menjalankan UU!! Bukan membuat UU!!
Menjalankan doang lho inget
penjelasan yg baik sekali
berarti case closed ye emoticon-Ngacir
heh...saya berwenang emoticon-Marah
Kita mah apa atuh
polisi selalu berhak gan
emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Ngakak (S)