alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a24a9456e6af0e5b8b4573/jakarta-krisis-air-13-air-sungai-tak-layak-minum
Jakarta Krisis Air, 13 Air Sungai Tak Layak Minum
Ahli hidrologi dari Universitas Indonesia Firdaus Ali mengatakan Jakarta mengalami krisis ketahanan air. Alasannya, tak ada satu pun dari 13 sungai yang mengalir di wilayah Ibu Kota yang layak diminum.

"Pemerintah lambat menentukan solusi kekurangan air," kata dia dalam diskusi di kawasan Puncak, Jawa Barat, Kamis (21/1/106).

Di Jakarta, Firdaus menjelaskan, air permukaan hanya tiga persen dari total yang ditampung perairan. Dari tiga persen itu, hanya dua persen air sungai.

Dengan kata lain, Jakarta tak mempunyai sumber air permukaan yang layak diubah menjadi air baku. Sebagai contoh, PT PAM Lyonnaise Jaya sebagai pemasok air bersih di bagian barat dan utara Jakarta memperoleh sumber air baku justru dari luar Jakarta.

Sebanyak 62,5 persen air yang diolah berasal dari Waduk Jatiluhur dan 31,8 persen berasal dari Water Treatment Plant Serpong dan Cikokol, Tangerang. Hanya 5,7 persen yang diambil dari Kali Krukut di Jakarta Selatan dan Cengkareng Drain di Jakarta Barat. “Itu pun kualitasnya tak baik,” kata dia.

Menurut Firdaus, pemerintah harus menyiapkan fasilitas dan sumber daya pengelolaan air yang canggih. Indonesia tertinggal dari negara tetangga seperti Singapura yang bahkan sudah mengolah air laut menjadi air minum. Ketiadaan fasilitas ini membuat Jakarta kekeringan saat musim kemarau dan kebanjiran saat musim penghujan.

Minimnya sumber air baku, menurut Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum Jaya Erlan Hidayat, juga bertambah parah saat rumitnya perizinan untuk mengelola air sungai. Setidaknya ada 15 lembaga dan badan yang harus dilewati sebelum mengolah air baku.

 "Sedangkan jumlah airnya tak pernah bertambah."

Erlan menambahkan, kebutuhan air di Jakarta dalam sehari mencapai 26.100 liter per detik. Sedangkan jumlah yang dapat dipasok dua operator air minum 17.000 liter per detik. Artinya, masih ada kekurangan air 9.100 liter per detik.

http://m.bisnis.com/jakarta/read/201...bhFFvI.twitter



Gapapa..yg penting pemimpinnya gak korupsi...
miskiners siap siap minum air kobokan emoticon-Recommended Sellerl
kata gubernur nyah ciliwung layak konsumsi ?
lahh waktu itu bilang ciliwung airnya bisa diminum.emoticon-Bingung (S)
kemarin bisa langsung diminum? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Ini sungai emang udah kritis banget...perlu upaya serius dan berkelanjutan agar airnya bisa benar benar steril.
Bikin undang undang khusus tentang pengelolaan sungai mungkin bisa jadi solusinya.
Quote:Original Posted By harlemshock
Ini sungai emang udah kritis banget...perlu upaya serius dan berkelanjutan agar airnya bisa benar benar steril.
Bikin undang undang khusus tentang pengelolaan sungai mungkin bisa jadi solusinya.



kata ahok bisa diminum langsung kok
Pake pure it bro
keinginan ahok yang belum tercapai, tapi masyarakat buang limbah di sungai tempat mereka sendiri


emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By fee.max
keinginan ahok yang belum tercapai, tapi masyarakat buang limbah di sungai tempat mereka sendiri


emoticon-Traveller



lah ahok kan punya kuasa..... ga mampu ???
Quote:Original Posted By politicus



kata ahok bisa diminum langsung kok

Kan udah dijelasin ama jokowi,sungai nya ada,air nya ada.Sekarang tergantung kita mau minum apa engga emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By politicus



lah ahok kan punya kuasa..... ga mampu ???


Ada baiknya kesadaran masyarakat gan. Cintai lingkungan masing masing.






Loe kira ane pendukung ahok? Bukan gan. Ane seneng kalo lingkungan kita nyaman
Rezeki nya orang yg jual air mineral..emoticon-Ngakak
Air ciliwung bisa langsung diminum lohh..
Bisa membuat anda goblok seketika emoticon-Angkat Beer
Nastak cuman minum aer kobokan gan emoticon-Ngakak , ga butuh aer kaliemoticon-Traveller
Quote:Original Posted By escendol2000
Air ciliwung bisa langsung diminum lohh..
Bisa membuat anda goblok seketika emoticon-Angkat Beer



emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Recommended Seller
Di Medan juga sudah 1 minggu lebih tidak dapat air, walaupun bangun tengah malam tampung.
kebanyakan manusia terus pola pikirnya jga taunya ngerusak alam doang emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By thelittleidiot
kebanyakan manusia terus pola pikirnya jga taunya ngerusak alam doang emoticon-No Hope



ahok emang ga punya kuasa ???? emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By politicus



ahok emang ga punya kuasa ???? emoticon-Traveller


maksud nya bray emoticon-Bingung
×