alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a23a301cbfaa92758b456b/argumen-sopir-taksi-soal-berhenti-dan-parkir-ini-penjelasan-polisi
Argumen Sopir Taksi soal Berhenti dan Parkir, Ini Penjelasan Polisi
JAKARTA, KOMPAS.com — Seorang sopir taksi terekam tengah diberhentikan oleh seorang polisi lalu lintas sambil beradu argumen tentang berhenti dan parkir.

Peristiwa tersebut ada dalam sebuah tayangan yang diunggah ke YouTube dengan judul "Polisi Tegas Masuk TV VS Supir Mengerti Undang-Undang, Berhenti Atau Parkir?"

Polisi menilang sopir taksi karena mobilnya berada di pinggir jalan. Tidak jauh dari lokasi taksi, ada rambu dilarang parkir. Mendengar alasan polisi menilangnya, sopir taksi keberatan.

Menurut sang sopir, dia tidak sedang parkir, tetapi sedang berhenti sehingga tidak relevan jika harus ditilang karena melanggar rambu dilarang parkir. Sopir taksi beranggapan ada perbedaan antara berhenti dan parkir.

Adapun dalam tayangan itu, muncul penjelasan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam peraturan tersebut, disebutkan, parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya. Sementara itu, berhenti adalah keadaan kendaraan tidak bergerak untuk sementara dan tidak ditinggalkan pengemudinya.

Meski demikian, polisi tersebut tetap menilang sopir taksi itu. Berkaca dari kejadian itu, Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Agustin Susilowati menyebutkan, polisi memiliki wewenang tertentu ketika sedang bertugas dan menghadapi situasi seperti cerita di atas.

"Dalam situasi tertentu, untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas, petugas kepolisian dapat memerintahkan pengguna jalan untuk berhenti, jalan terus, mempercepat arus, memperlambat arus, atau mengalihkan arus," kata Agustin kepadaKompas.com, Jumat (22/1/2016).

Menurut Agustin, kewenangan polisi wajib diutamakan ketimbang perintah yang diberikan oleh aparatur sipil, rambu lalu lintas, dan marka jalan. (Baca: Beredar, Video Polisi Tilang Sopir Taksi, Adu Argumen soal Berhenti dan Parkir)

Salah satu contohnya jika ada polisi lalu lintas yang mengarahkan kendaraan di lampu merah untuk maju meski lampu lalu lintas masih merah, menandakan berhenti.

"Jadi, pengguna jalan wajib mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas kepolisian yang dimaksud," tutur Agustin.

Namun, jika tetap merasa keberatan, pengguna jalan bisa memberikan argumennya saat sidang tilang di pengadilan negeri (PN) setempat.

"Argumen tersebut bisa disampaikan di depan sidang," ujar dia.


http://megapolitan.kompas.com/read/2...jelasan.Polisi

Jawabannya nggak nyambung banget. Argumen GOBLOG. Menganggap polisi bisa mengangkangi undang undang.
Reserved
nah ini yg makin seru emoticon-Big Grin


Quote:"Jadi, pengguna jalan wajib mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas kepolisian yang dimaksud," tutur Agustin.
polis kasi jawaban tolol, jelas2 di video tsb ga ada arahan dari polis.melainkan lgsg nilang emoticon-Big Grin
setuju sama ts.

kasus yg sama terjadi ketika rombongan moge dihentikan pesepeda di jogja dulu.
mau salah nggak salah bodoamat, pokoknya tilang dulu, gak terima silaken protes di pengadilan, plokis berkuasa

emoticon-Ngakak (S)
Taxi singapore aja mantap emoticon-Big Grin

Sopir taxi singapore aja bisa bahasa inggris masa kalah sama horang kaya yg ngakunya singaporean citizen emoticon-Big Grin
Polisi guobloook memang.
Nyamain suruh jalan di lampu merah kog sama nilang.
Kalau mau nyamain, ya itu supir taksi disuruh jalan, bukan ditilang.
Malu sama pangkat.
Penjelasannya malah bikin keliatan arogansi polisi.
Ciri khas polisi saat ada anak buahnya yg blunder emoticon-Ngakak (S)
kalo ini namanya apa gip?
Argumen Sopir Taksi soal Berhenti dan Parkir, Ini Penjelasan Polisi
emoticon-Ngakak

udah parkir.. di pedestrian pula.. geblek
Kalo emang supir taksinya keberatan, ya tinggal melakukan pembelaan di sidang tilang.
Gitu aja kok repot
Emang dasar supir tolol sialan udah salah ngotot lagi, tangkep aja pak mobilnya kandangin..!!emosi gua bacanya bro..!!
Quote:"Dalam situasi tertentu, untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas, petugas kepolisian dapat memerintahkan pengguna jalan untuk berhenti, jalan terus, mempercepat arus, memperlambat arus, atau mengalihkan arus," kata Agustin kepadaKompas.com, Jumat

klo alasannya kyk gt harusnya polisi trsbt hanya bisa memerintahkan untuk taksi itu jalan, polisi trsbt malah salah klo nilang krn gak sesuai peraturan yg berlaku. klo ada bawahan yg salah kyk gini harusnya diberi sangsi atau ditegur jangan malah dibela mulu.
klo argumennya seperti itu, harusnya sopir disuruh maju aja untuk memperlancar arus, bukannya ditilang dgn undang" yg ga relevan....

:cpds
Harusnya itu polis ngehe suru taksinya jalan, bukannya malah langsung nilang.
Lagian di pidio, jalanannya lancar-lancar aja, kagak macet.
Ini yg di tayangin di 86 yak..sopir taxi tua..yg lawan argunen sama polkis..

Beda rambu dilarang stop sama dilarang parkir..
Quote:Original Posted By turbotwin2020
Penjelasannya malah bikin keliatan arogansi polisi.


klo polri masih kyk gini, gw yakin emosi rakyat ke polisi lama2 bakal sampe puncaknya . bisa2 instasi polisi bakal hancur. udah pasti tentara juga gak akan bantu polisi, krn udah eneg juga sama polisi2.
sombong sekali. merasa selalu benar dan tidak mau salah. anda kira anda Tuhan berjalan di muka bumi apapun yang anda lakukan pasti benar sesuai kehendak anda? Negara Indonesia itu negara hukum. Dalam undang-undang no 22 tahun 2009 sudah jelas dijabarkan definisi parkir dan berhenti, sehingga berdasarkan undang-undang bapak itu tidak parkir. Sudah jelas juga dalam video bapak polisi itu menilang berdasarkan rambu dilarang parkir, bukan melakukan rekayasa lalu lintas atau apapun itu yang berdasarkan "kewenangan polisi". Undang-undang anda tabrak? terus kalau bukan undang-undang apa yang anda tegakkan? ego dan rasa berkuasa anda?emoticon-I Love Indonesia (S)

Pak Kompol itu kalo ditanya wartawan ya mbok mikir dulu sebelum menjawab. perkataan anda mewakili 300.000 polisi di Indonesia. pertanggung jawabannya berat pak.
ini kasusnya polkis nya salah prosedur lgs maen tilang. bisa buat pembelajaran polkis lainnya jangan sembarangan mengeluarkan surat tilang!
ingat kalian itu digaji pake duit masyarakat, kok kalian memperlakukan masyarakat seenak kalian?
banyak oknum polkis dilapangan bukan memberi contoh yg baik untuk masyarakat.
kalian juga yg membuat masyarakat jd bebal.
mungkin ada baiknya lah disekolah diberikan kurikulum pendidikan hukum dan lalulintas.
mungkin gurunya lgs saja dari kepolisian, dengan seperti itu sejak anak2 polisi sudah bisa makin dekat dengan masyarakat sipil.
jadi kalo gurunya mengajarkan yg salah jangan muridnya yg dihukum tapi gurunya yg diberikan sanksi.
ga ada gunanya aroganlah. polisi itu bagian dari masyarakat sipil.
kalo mau dihargai masyarakat maka belajarlah menghargai masyarakat juga.
pulisi ga pernah salah.emoticon-Ngakak (S)