alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a2274f1cbfaad3718b456e/video-polisi-tegas-masuk-tv-vs-supir-mengerti-undang-undang-berhenti-atau-parkir
Poll: Jadi Menurut Agan Siapa yang Benar?

This poll is closed - 32 Voters

View Poll
Pak Polisi? 3% (1 votes)
Supir Taxi? 97% (31 votes)
Video Polisi Tegas Masuk TV VS Supir Mengerti Undang-Undang, Berhenti Atau Parkir ?
Video Polisi Tegas Masuk TV VS Supir Mengerti Undang-Undang, Berhenti Atau Parkir ?


JAKARTA, KOMPAS.com — Kerja kepolisian kembali menjadi sorotan publik. Kali ini, yang menjadi perhatian adalah langkah polisi lalu lintas menilang seorang sopir taksi.

Aksi polisi itu direkam untuk tayangan acara terkait Polri di salah satu televisi swasta. Tayangan itu kemudian diunggah ke YouTube dengan judul Polisi Tegas Masuk TV VS Supir Mengerti Undang-Undang, Berhenti Atau Parkir?

Namun, video yang diunggah ke YouTube tersebut sudah ditambah dengan editan tulisan.

Hal yang dipermasalahkan adalah argumentasi polisi untuk menilang sopir itu.

Ketika itu, polisi lalu lintas, Inspektur Satu Abd Aziz, menilang sang sopir lantaran mobilnya berada di pinggir jalan. Tak jauh dari lokasi taksi, ada rambu dilarang parkir.

"Tempat tersebut jelas-jelas terdapat rambu dilarang parkir," kata Aziz dalam wawancara di suatu studio.

Dalam video tersebut, pengunggah memasukkan penjabaran Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam Bab I yang berisi ketentuan umum, pada angka 15 disebutkan, "Parkir adalah keadaan Kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya."

Adapun pada angka 16 disebutkan, "Berhenti adalah keadaan Kendaraan tidak bergerak untuk sementara dan tidak ditinggalkan pengemudinya."

Sang sopir menolak jika dirinya dituduh melanggar rambu dilarang parkir.

"Saya enggak parkir. Berhenti, tetapi enggak parkir, Pak," jawab sang sopir.

"Kalau berhenti itu saya di atas (jok mobil), Pak. Setahu saya, itu tidak melanggar. Kalau mobilnya diparkir, baru melanggar, Pak," tambah sang sopir.

"Iya, enggak boleh, Pak," jawab Aziz yang ketika itu ditemani seorang polisi lain.

Polisi kemudian meminta surat-surat izin milik sopir.

"Bapak itu ngeyel. Namun, bagaimanapun juga, posisi kendaraan dia di area tersebut, yang notabene dilarang untuk parkir," kata Aziz memberi narasi di dalam studio.

Sang sopir kemudian meminta untuk tidak ditilang. Sang sopir beralasan, ia terpaksa berhenti karena ingin melihat kompresor mobil. Sang sopir tetap merasa tidak bersalah.

Menjawab argumen sopir taksi itu, kedua polisi tersebut menyampaikan bahwa sopir mobil lain juga ditilang karena kesalahan yang sama.

Video Polisi Tegas Masuk TV VS Supir Mengerti Undang-Undang, Berhenti Atau Parkir ?

Polisi pun tetap memberikan tilang meskipun sang sopir berkali-kali menyampaikan argumennya. Sopir itu tetap berpendapat bahwa berhenti dan parkir adalah hal yang berbeda seperti di dalam UU.

"Bapak parkir, tetapi (bapak) di dalam mobil juga bisa. Enggak ada aturan parkir (pengemudi) harus di luar mobil," kata Aziz kepada sopir.

"Setelah saya cek, surat-suratnya memang lengkap. Namun, saya tetap melaksanakan penindakan sesuai pelanggaran rambu yang sudah dilakukan," kata Aziz di dalam studio.

Netizen pun mengomentari peristiwa itu. "Ternyata dugaan gw bener kalau ternyata Pak Polisi Lalu Lintas ga pernah baca UU Lalulintas. Semua hanya tamplate," kata pengguna Facebook dengan akun Agus Sarwono Tile.

"Pemilik kuasa selalu benar, kalau salah pasti ada benarnya," kata netizen lain.

Berikut video yang diunggah oleh netizen dengan akun Muhammad Mulyo Malik:
"Seorang supir yang ditilang karena berhenti di area rambu dilarang parkir. Dengan ketegasan polisi, supir pun ditilang, direkam dan masuk tv. Bangga memiliki supir yang mengerti undang-undang dan bangga juga memiliki polisi yang tegas tetap menilang, maha benar dan masuk tv."

youtube-thumbnail


Jadi, argumen siapa yang benar?

Komen yang bikin ane ngakak emoticon-Ngakak (S) :

Video Polisi Tegas Masuk TV VS Supir Mengerti Undang-Undang, Berhenti Atau Parkir ?
sudah lazim emoticon-Smilie
laen kali pengendara maupun sopir jangan segan2 googling ketika ditilang
parkir berarti berhenti

berhenti bukan berarti parkir

emoticon-Cool
walah polisi lalu lintas lagi, petugas selalu benar
Polisi yang bener mengusir bapak itu untuk meninggalkan tempat, kan begitu ?
Polisi indonesia gak pernah ditantang sama sipil di pengadilan jadi gak pernah salah, kalau gak pernah salah ngapain ngikutin UU ?
Jadi kalo parkir pengemudi gak usah turun, jangan mau bayar parkir, kan gak parkir cuma berhenti doang emoticon-cystg
Udah kesebar ya emoticon-Ngakak

Bener kata komen netizen, "ini baru yang masuk tv.. Yang engga masuk tv?"
Sip, namanya si pol pasti bener
wah gokil..... ini yang ahli hukum.... ini bener yang mana ane bingung.........


emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung
pulisi ga pernah salah. itu sudah.emoticon-Hammer (S)
goblok, itu sudah emoticon-Cape d... (S)
Yang benar supirnya, coba aja ditelaah UU No 22 tahun 2009
oalah kalo mobil diem ya parkir toh.. ko ribet amat jadinya emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

menurut KBBI

parkir : menghentikan atau menaruh (kendaraan bermotor) untuk beberapa saat di tempat yang sudah disediakan.
rambunya P atau S dicoret?
adu argumen sama polisi mah kayak ngomong ama tembok...
meskipun kita benar, mana mau polisi ngaku salah.
konyol lah pokonya
Quote:Original Posted By titto
rambunya P atau S dicoret?
P coret alias dilarang parkir bukan dilarang Berhenti emoticon-Ngakak (S)

CONTOH PLG KECIL DARI YG NAMANYA KRIMINALISASI

contoh plg kecil dr yg dg konyolnya selalu bilang:
KALAU BENAR NGAPAIN TAKUT???


ini Indonesia bung. elu mau bener melintir, tetep aja sangat bisa menjadi salah.
mau mati konyol loe, cm dg ngandelin: Kalo Benar Ngapain Takut ???
Rambunya itu P pak polisi lalu lintas yang ngak ngerti peraturan lalu lintassss.emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By musamus
P coret alias dilarang parkir bukan dilarang Berhenti emoticon-Ngakak (S)



ane gak lihat yutup-nya gan. Kalo bener spt yg agan bilang, berarti pak plokis yg salah.
Ayo balikin duit tilangnya emoticon-Ngakak (S)