alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a20dd5a09a392b398b4569/indonesia-raih-juara-dunia-12th-unwto-award
Indonesia Raih Juara Dunia 12th UNWTO Award
Sebuah kabar menggembirakan, Indonesia diwakili Banyuwangi berhasil meraih predikat Juara Dunia dalam ajang United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Awards for Excellence and Innovation in Tourism ke-12.

Banyuwangi keluar sebagai "The Winner of Re-Inventing Government in Tourism" dalam kategori UNWTO Awards for Innovation in Public Policy Governance” atau "Inovasi Kebijakan Publik dan Tata Kelola Pemerintahan".

Ajang internasional bergengsi yang diselenggarakan sejak 18 Januari 2016 tersebut merupakan penghargaan inovasi di sektor pariwisata yang diselenggarakan oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membidangi sektor Pariwisata dunia, yaitu UNWTO.

Banyuwangi menjadi pemenang setelah bersaing ketat dengan 3 negara lainnya dalam kategori yang sama yakni Kenya, Kolombia dan Puerto Rico. Indonesia menjadi satu-satunya negara dengan tiga nominasi sekaligus bersaing dengan 109 proyek lainnya yang digagas oleh berbagai negara, yaitu: Kolombia, Kenya, Puerto Rico, Lithuania, Spanyol, Swiss, Kamboja, Nepal, Afrika Selatan, Kroasia, dan Korea Selatan.

Banyuwangi sukses mempresentasikan tema besar strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan pada 18 Januari 2016 dalam event 12th UNWTO Awards Forum di Madrid, Spanyol. Program yang digadang Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, tersebut memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di bidang pariwisata.

Selain itu Banyuwangi juga memaparkan bagaimana daerahnya mengidentifikasi potensi wisata yang dimilikinya, menjaga kearifan lokalnya, hingga pengembangan pariwisata bersama stakeholder. Khusus yang menjadikan faktor penentu perkembangan pariwisata Banyuwangi adalah dicanangkannya program ekoturisme yang berpatokan pada dua hal, yaitu budaya dan keindahan alam.

Capaian Banyuwangi juara dalam 12th UNWTO Award menjadi hal istimewa mengingat sejak 2003 atau sejak awal bergulirnya ajang penghargaan tersebut, Indonesia tidak pernah sekalipun berhasil keluar sebagai juara. Indonesia menempatkan wakil di 3 kategori, 2 kategori menjadi The 1st Runner Up, dan menjadi juara 1. Dengan keberhasilan itu berhasil mengangkat pariwisata Indonesia dan semakin diakui dunia Internasional.

Bupati Banyuwangi Abdullah ...Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menerima penghargaan di United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Awards di Madrid, Spanyol. Kabupaten Banyuwang menjadi juara utama untuk kategori Inovasi Kebijakan Publik. (Didi Kaspi Kasim/National Geographic Indonesia)
Selain Banyuwangi, dua wakil Indonesia turut menjadi finalis di dua kategori lain. Garuda Indonesia berhasil mendapatkan nomine "Innovation in Enterprises" dengan program "Bali Beach Clean Up", dan Yayasan Karang Lestari melalui program "Coral Reef Reborn" dalam katregori "Innovation in Non-Governmental Organizations".

Ajang United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Awards for Excellence and Innovation in Tourism ke-12 memiliki 4 nominasi, yaitu: UNWTO Award for Innovation in Public Policy and Governance, UNWTO Award for Innovation in Enterprises, UNWTO Award for Innovation in Non-Governmental Organizations, dan UNWTO Award for Innovation in Research and Technology.

UNWTO sendiri adalah organisasi pariwisata dunia yang merupakan bagian dari PBB. UNWTO saat ini beranggotakan 157 negara, 6 anggota asosiasi, dan 480 anggota afiliasi dari sektor swasta, lembaga pendidikan, serta otoritas pariwisata. UNWTO menawarkan dukungan dalam memajukan pengetahuan tentang kebijakan pariwisata di seluruh dunia. Sebagai organisasi internasional terkemuka di bidang pariwisata, UNWTO bertugas mempromosikan pariwisata sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan yang inklusif dan kelestarian lingkungan.

Berikut rincian pemenang utama 12th UNWTO Award:

Inovasi kebijakan publik:
1. Indonesia (Banyuwangi)
2. Medellin, Colombia.
3. Puertorico

Kategori NGO:
1. Nepal
2. Indonesia (Bali)
3. Kamboja

Kategori enterprises:
1. Lithuania
2. Indonesia (Garuda)
3. Switzerland

(Sumber: Indonesia.Travel)
































emoticon-Ngakak (S)
Tetep aja bule nyarinya bali karena daerah non muslim
Daerah laen mah ogah, ngeri teroris
widiiih
bagus, pertahanin terus.emoticon-I Love Indonesia (S)
Bikin sumpek kalo turis ke Banyuwangi emoticon-Mad (S)
keren gan.. pariwisata indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
ai prod tu bi endonesah emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
Iyalah juga memajukan pariwisata bali sbg tmpt kelahiran iron man indonesia emoticon-Embarrassment