alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a1c19ea09a393a548b456a/jangan-terlena-dengan-ucapan-bangun-kereta-cepat-tanpa-apbn
Jangan terlena dengan ucapan bangun kereta cepat tanpa APBN
Quote:
Merdeka.com - Presiden Joko Widodo telah melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Peresmian dimulainya pembangunan dilakukan di kawasan kebun teh Madalawangi Maswati, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (21/1) siang.

Dalam acara ini, Jokowi kembali menegaskan bahwa pembangunan kereta cepat tidak akan menggunakan dana APBN. Menurut Jokowi, dana APBN akan digunakan untuk membangun infrastruktur di luar pulau Jawa.

Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Darmaningtyas menyangsikan ucapan Jokowi yang menyebut proyek kereta cepat Jakarta-Bandung bisa lepas dari APBN.

"Jangan ternina bobokan bahwa ini akan dibangun oleh swasta, tidak ada dana APBN. Adakah di dunia ini swasta maupun negara yang dengan baik hati membangunkan infrastruktur negara lain triliunan rupiah tanpa berharap pengembalian atau keuntungan? Sudah pasti mereka akan menuntut konsesi-konsesi tertentu yang pada dasarnya tidak ada makan siang/malam gratis," ucap Darmaningtyas di Jakarta, Jumat (22/1).

Selain itu, dalam pengoperasian nanti, kereta cepat Jakarta-Bandung juga kemungkinan akan menggerus APBN dengan meminta subsidi. Tarif kereta cepat yang ditawarkan China sebesar Rp 200.000 dengan asumsi jumlah penumpang mencapai 44.000 per hari di tahun pertama dan meningkat menjadi 68.000 penumpang di 2030. Pada 2050, mereka mengasumsikan penumpang bisa mencapai 148.000.

"Bagaimana jika ternyata target penumpang tersebut tidak terpenuhi? Apakah perusahaan mau menanggung kerugian tersebut? Dapat dipastikan, ketika target penumpang tidak tercapai dan kemudian operasional Kereta Api cepat mengalami kerugian, Pemerintah tidak akan mungkin tinggal diam membiarkan infrastruktur yang sudah jadi itu tidak berfungsi, terpaksalah mengeluarkan subsidi," katanya.

Melihat kondisi tersebut, Darmaningtyas menyebut kereta api cepat tak terelakkan akan membebani APBN seumur hidup. "Pemerintah perlu belajar dari pengoperasian KA Cepat di Taiwan, Belanda, dan Spanyol yang pada akhirnya membuat pemerintah harus keluar subsidi untuk operasional."
Sumber


Ntar kalau rugi kan yang nanggung pemerintahan selanjutnya, jadi ya "bukan urusan saya" emoticon-Traveller

Quote:Original Posted By serie..c
4 BUMN nyumbang 19T juga buat proyek kereta cepat ini.
WIKA, KAI, PTPN8, sama JASA MARGA emang selama ini cemana perbandingan PMN sama penerimaan negara nya?
Bikin mega projek pencitraan yang gak jelas manfaatnya, mending itu duit kalo bisa dicari bumn dipake buat pembangunan yang jauh lebih jelas manfaatnya.

Quote:Original Posted By tukangbecak1




perkiraan brapa lama utang bisa lunas? emoticon-Big Grin

UTANG = 75% x 5,5 miliar usd = ........................

klo gagal bayar, melayang donk aset2 BUMN emoticon-Ngakak (S)



Jum'at, 16 Oktober 2015 - 12:24 wib
Aset BUMN Jadi Jaminan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

http://economy.okezone.com/read/2015...akarta-bandung

JAKARTA - Chairman PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) Sahala Lumban Gaol mengatakan, aset-aset perusahaan BUMN yang tergabung dalam konsorsium pekerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung akan jadi jaminan ketika proyek itu gagal dibangun.
PT PSBI terdiri dari PT Wijaya Karya (Persero), PT Jasa Marga (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Perkebunan Nusantara VIII. Konsorsium sendiri telah resmi melakukan joint venture dengan China Railway Corporation Co.Ltd.

"Aset dijaminkan dari joint venture," kata Sahala di Pullman Indonesia, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Sahala menyebutkan, untuk investasi pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung ditaksir sekitar USD5,5 miliar dengan skema pendanaan 75 persen dari China Development Bank (CDB) dan 25 persen dari ekuitas konsorsium BUMN.

"Sudah dibicarakan sejak awal, tidak ada jaminan dari pemerintah, guarantee pun tidak ada, proyek perusahaan yang dijaminkan," tambahnya.

Lanjut Sahala, Staff Khusus Menteri BUMN ini juga menyebutkan, ekuitas yang akan dibayarkan oleh konsorsium jika proyek kereta cepat Jakarta-Bandung gagal terealisasi akan dibayarkan dengan tanah dan juga cash.

"PTPN VIII tidak punya duit dia kasih tanah, di value independet di appraisal, kalau kalian lihat PMN pun tidak ada masuk. Mereka tidak boleh gunakan PMN untuk digunakan ekuitas pariditpasi," tutupnya.


pengalihan subsidi?
Nah katanya banyak investor , kalo okupansi gak memenuhi target tapi biaya operasional tercukupi dari dana inves ya ga masalah
Ane gelar tiker dolo
kok ya asumsi sumber jadi berita/bahan diskusi/kritik?
makanya pak Jonan gak hadir saat ground breaking kemarin....,

Kapasitas angkut 40rb penumpang/hari.
1. Apakah saat ini total penumpang transportasi dari semua moda bandung-jakarta ada 40rb orang SETIAP HARI?
2. harga tiket PP Bandung-Jakarta berarti 400rb/penumpang. Untuk 1 keluarga (suami istri plus 2 anak) berarti membutuhkan 1.6jt belum transportasi di dalam kotanya. Bandingkan dengan sewa mobil yg cuma 400rb/hari
3. ngapain perlu cepat2 dari bandung ke jakarta dan sebaliknya toh di dalam kotanya macet...

siap2 bakal jadi kasus mirip century gate lagi kalo rezim banteng kalah taun di pemilu depan
Bdg-jkt pke kereta cpt bwt apa?ada pesawat tuh, blm lg ada travel, sewa mobil bhkn klo mw sewa gojek dr bdg ke jkt jg bs emoticon-Matabelo
Dari dulu ane juga sudah gak setuju dengan kereta cepat ini, lebih baik gak punya HST tapi seluruh pulau besar di Indonesia memiliki jaringan KA yang bagus
nyantai aja brooo.....

lah yang katanya mo pake tenaga pribumi ternyata denger kabar malah nggak ada tenaga pribumi....

di rejim hohohihi mending iyain aja dah ....

daripada dikerumunin ama kecebong.... emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By fr91


Ntar kalau rugi kan yang nanggung pemerintahan selanjutnya, jadi ya "bukan urusan saya" emoticon-Traveller


jika rugi, nastak-nastak idiot siap menjual ginjalnya demi junjungan kitak-kitak emoticon-Traveller
Sudah tanpa apbn pun masih dibilang jangan terlena...mendingan gak usah pake kereta cepat kali ya...tapi kalo gak ada kereta cepat, nanti2 ada lagi yg komentar indonesia ketinggalan dalam teknologi kereta...

Kereta cepat buat apa?
Quote:Original Posted By autoplays

ngawur emoticon-Bata (S)
dinegri nya mereka pribumi loh emoticon-Mad (S)


pake tanda kutip bro.... di "negeri" nya....

lebih berasa.... emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By Darpox
Sudah tanpa apbn pun masih dibilang jangan terlena...mendingan gak usah pake kereta cepat kali ya...tapi kalo gak ada kereta cepat, nanti2 ada lagi yg komentar indonesia ketinggalan dalam teknologi kereta...


HST memang gak diperlukan kok menurut ane

memang teknologi tinggi hanya bisa dilihat di kereta cepat?

di USA & Australia kereta barangnya hi-tech semua lho
Quote:Original Posted By hendra98
makanya pak Jonan gak hadir saat ground breaking kemarin....,

Kapasitas angkut 40rb penumpang/hari.
1. Apakah saat ini total penumpang transportasi dari semua moda bandung-jakarta ada 40rb orang SETIAP HARI?
2. harga tiket PP Bandung-Jakarta berarti 400rb/penumpang. Untuk 1 keluarga (suami istri plus 2 anak) berarti membutuhkan 1.6jt belum transportasi di dalam kotanya. Bandingkan dengan sewa mobil yg cuma 400rb/hari
3. ngapain perlu cepat2 dari bandung ke jakarta dan sebaliknya toh di dalam kotanya macet...

siap2 bakal jadi kasus mirip century gate lagi kalo rezim banteng kalah taun di pemilu depan


dari awal ane udah aneh sm proyek ini...jepang ga jadi ..dibatalkan..dikasih ke china..

dari awal ane bilang ...yg butuh kereta cepet jkt bandung cuma orang yg lg mules di jkt pengen buang air di bandung aja ..dengan jarak tempuh cuma 3 jam (kadang 2,5 jam ane kalo ngebut n lancar) , pebisnis2 ga akan keberatan dalam hal waktu , apalagi moda transportasi udah banyak bgt jkt - bdg

ujung2nya spt tagline " Hmm ..sudah kuduga" nih ntar proyek emoticon-Malu (S)
44rb penumpang perhari emoticon-Motret
paling juga cuma jumat sore sama minggu pagi ramenya emoticon-Traveller
Masih pertanyaan tapi sudah coba dijawab.... Bagusnya tanyakan langsung ke pemerintah dan investornya biar jelas..... Bagaimana jika tidak memenuhi target?????
Kok belum jalan sudah dipastikan pakai APBN......

Terkadang sesuatu yang diawali dari keraguan akan berakhir dengan kepastian... Dan yang diawali dengan kepastian akan berakhir dengan keraguan......
Quote:Original Posted By Darpox
Sudah tanpa apbn pun masih dibilang jangan terlena...mendingan gak usah pake kereta cepat kali ya...tapi kalo gak ada kereta cepat, nanti2 ada lagi yg komentar indonesia ketinggalan dalam teknologi kereta...


teknologi punya orang lain kok ngiler
anak kecil mikirnya temen punya barang bagus, dia ngiri, pingin punya juga
orang dewasa mikir beli barang sesuai kebutuhan
Quote:Original Posted By sabil.haq
Masih pertanyaan tapi sudah coba dijawab.... Bagusnya tanyakan langsung ke pemerintah dan investornya biar jelas..... Bagaimana jika tidak memenuhi target?????
Kok belum jalan sudah dipastikan pakai APBN......

Terkadang sesuatu yang diawali dari keraguan akan berakhir dengan kepastian... Dan yang diawali dengan kepastian akan berakhir dengan keraguan......



kalau jaman sekarang semua serba pasti
emoticon-shakehand

















































































pasti meragukan

itukan udah dikasih contoh negara lain pakai subsidi
skemanya sama seperti MRT jakarta, ada batas minimal penumpang yang harus diangkut perjam. kalo kurang ya APBD yang nombokin tiketnyaemoticon-Ngakak (S)