alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a1a792902cfe29618b456b/proyek-kereta-cepat-jakarta-bandung-tak-libatkan-pekerja-lokal
Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tak libatkan pekerja lokal
Quote:Merdeka.com - Dinas Sosial, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bandung Barat menyebut proyek pembangunan Kereta Cepat di wilayah Bandung Barat, Jawa Barat, tidak melibatkan tenaga kerja terampil masyarakat lokal.

"Seharusnya proyek pembangunan kereta cepat tersebut melibatkan tenaga kerja lokal," kata Kepala Seksi Perluasan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Kabupaten Bandung Barat, Sutrisno seperti ditulis Antara, Jumat (22/1).

Kabupaten Bandung Barat sendiri menjadi daerah perlintasan jalur Kereta Cepat Bandung- Jakarta, bahkan terdapat sebuah stasiun di kawasan Perkebunan Walini, Kecamatan Cikalong Wetan. Namun proyek kerjasama Indonesia-China di wilayah Bandung Barat itu, kata dia, sementara belum ada permintaan dari perusahaan terkait untuk menyerap tenaga kerja lokal.

"Sampai sekarang belum ada permintaan dari Direktur PT Kereta Cepat terhadap tenaga kerja di Kabupaten Bandung Barat," katanya.

Menurut Sutrisno, Bandung Barat memiliki sejumlah tenaga kerja terampil seperti dari teknik sipil yang dapat dipekerjakan dalam proyek pembangunan tersebut.

Berbeda dengan pembangunan PLTA Upper Cisokan untuk memasok kebutuhan listrik Jawa dan Bali, banyak memberdayakan tenaga kerja terampil asal Bandung Barat.

"Direktur Cisokan sudah ada permintaan ke Pemda untuk merekrut tenaga kerja asal Kabupaten Bandung Barat, dan kami sudah siapkan itu," katanya.

Dia berharap setiap pembangunan dapat melibatkan tenaga kerja lokal sebagai upaya mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sutrisno menyebutkan jumlah angkatan kerja di Bandung Barat mencapai 60 ribu orang, sementara perusahaan skala kecil hingga besar sekitar 400 unit.

"Akibat krisis ekonomi, banyak yang tidak terserap, bahkan sepanjang 2015 saja sedikitnya 300 orang karyawan dirumahkan," katanya.

Upaya memberdayakan masyarakat agar memiliki pekerjaan, kata dia, pihaknya menggelar pelatihan kewirausahaan bagi mantan pekerja, pengangguran, bahkan purna Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

"Kami menggelar pelatihan seperti menjahit dan sudah banyak pesertanya," katanya.



http://www.merdeka.com/uang/proyek-k...rja-lokal.html



weladalah... tp sabar pak mungki lg di atur posisi untuk tenaga kerja lokalnya. kan harus the right man in the right place, biar pas.emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
loh loh loh......emoticon-Bingung (S)
CIN(t)A-ilah indonesia emoticon-Malu (S)
waduh....gmna sich kok ga rakyat indonesia...jgn jgn...ah sudahlah
cinailah ploduk ploduk endosesyaaa emoticon-I Love Indonesia (S)
Buruh Lokal skil minim suka nyolong matrial bagunan, kotraktor dah hapal tabiat Buruh kita makanya males make
Mereka gak ngerti bahasa Indonesia,apalagi bahasa sunda
Belum apa2 nih wartawan udah pesimis. Tar juga kebagian.. sabar dikit nape
Framming

- Yg ditanya khusus Bandung Barat, dari berita siapa yang tahu kalo ternyata Tenaga Kerja diambil dari wilayah bandung/jawabarat lainnya?

- Siapa tahu kalo dari pimpro memang belum mulai untuk tarik tenaga kerja?

- Yang di atas ane, darimana ambil kesimpulan kalo buruhnya dari China?


emoticon-Embarrassment
yang penting

INFRASTRUKTUR

INVESTASI



(perhatikan baik2 kata2 sakti tersebut)

emoticon-Cool
uda ada perjanjiannya kok klo tenaga kerja lokal jg dilibatkan.