alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a171e3947868246d8b456b/nih-dampak-pembangunan-kereta-cepat-jakarta-bandung
Nih Dampak Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Quote:Nih Dampak Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pembangunan infrastruktur, selalu membawa dampak terhadap perubahan dan perkembangan kawasan di sekitarnya.

Tidak terkecuali dengan pembangunan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung yang baru saja diresmikan pembangunannya (ground breaking) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (21/1/2016).

"Perubahan dan perkembangan di kawasan sekitarnya itu sudah pasti. Implikasi terhadap daerah yang dilewati apalagi di stasiun perhentian, menghasilkan pertumbuhan yang signifikan," ujar Wakil Ketua Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Elkana Catur Hardiansah kepada Kompas.com, Kamis malam (21/1/2016).

Ia menuturkan, banyak perubahan dan perkembangan kawasan yang positif bagi lingkungan dan warga sekitarnya saat dan pasca infrastruktur dibangun.

Contohnya, pada kasus Kabupaten Purwakarta. Daerah ini melejit pertumbuhannya karena dilintasi Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang). Kehadiran tol ini meningkatkan pertumbuhan arus Bandung dan Jakarta.

Demikian halnya dengan pembangunan jalur kereta cepat beserta stasiun-stasiunnya. Kemungkinan besar akan memberi dampak pertumbuhan.

Namun, meski membawa manfaat, kata Elkana, tetap ada dampak negatif akibat dari pengembangan infrastruktur ini.

Ada wilayah-wilayah yang "terhambat" kelak setelah jalur kereta cepat terbangun. Wilayah-wilayah ini terhambat karena tidak dilewati lintasan kereta cepat.

Menurut Elkana, ada cara untuk mengantisipasi hal tersebut yaitu dengan memikirkan perencanaan pembangunnan proyek infrastruktur secara lebi komprehensif.

"Pembangunan infrastruktur juga pasti ada negatifnya, meski di satu sisi membangkitkan pergerakan ekonomi macam gerai-gerai komersial di stasiun yang tumbuh pesat," tutur dia.

Maksudnya, pemerintah memang membangun kereta cepat dengan tujuan membangun kawasan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan pemerintah luput memprediksi dampak pembangunan tersebut.

Padahal, dalam pembangunan, pemerintah harus bisa merespon secara cepat dengan meninjau kembali rencana tata ruang untuk mengantisipasi kemunculan outlet atau stasiun yang berpotensi menjadi kawasan pertumbuhan baru.

Misalnya, apakah geografi, air tanah, dan kelabilan tanah kawasan yang berpotensi ini mampu mendukung pertumbuhan baru. Dengan kata lain, lingkungan yang tidak mendukung justru bisa rusak dengan adanya proyek tersebut.

"Apakah daya dukungnya cocok untuk permukiman dan kota baru. Dari sisi penataan ruangnya juga harus dipertimbangkan," jelas Elkana.

http://properti.kompas.com/read/2016...campaign=Kknwp


terimakasih jokowi emoticon-Cool
ngueng....
Semoga aja dampak positif lebih banyak dari dampak negatifnya...
dan semoga ga ada mangkrak2an.
Biasanya sih kita mah jarang memperhatikan secara detil dampak buruk dari dibangunnya infrastuktur baru. Setelah pertumbuhannya sampai pada kondisi parah, baru heboh. Sedangkan kondisinya sdh tdk banyak bisa diperbaiki.
Harusnya kereta cepat jakarta-banyuwangi yg dibuat, tapi berhubung peresmiannya ingin di 2019 menjelang pemilu. Ya lumayan buat bahan kampanye tuh barang emoticon-Embarrassment
Pertanyaannya apakah Bandung mampu mengimbangi arus kedatangan. Pengguna kereta cepat juga harusnya keliling kota dengan kendaraan umum juga.
Quote:Original Posted By stenis
Harusnya kereta cepat jakarta-banyuwangi yg dibuat, tapi berhubung peresmiannya ingin di 2019 menjelang pemilu. Ya lumayan buat bahan kampanye tuh barang emoticon-Embarrassment



yup gan...dr ujung ke ujung
Dulu bokap ane beli tanah daerah cikalong wetan cuma Rp.15000 permeter, berharap dengan adanya jalur kereta cepat ini harga tanah disitu melonjak jadi 15jt permeter...jd milyuner deh ane...hahaha....




NGIMPI...emoticon-Hammer2