alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a118c214088dc1098b4568/tokoh-gafatar-quotkami-tak-membom-mengapa-kami-diusirquot
Tokoh Gafatar: "Kami tak membom, mengapa kami diusir?"
Quote:Tokoh Gafatar: "Kami tak membom, mengapa kami diusir?"
Heyder Affan
Wartawan BBC di Jakarta
20 Januari 2016

Tokoh Gafatar: "Kami tak membom, mengapa kami diusir?"
Sekelompok orang melakukan pembakaran dan pengusiran terhadap sedikitnya 1,000 orang anggota eks ormas Gerakan Fajar Nusantara alias Gafatar.

Juru bicara yang mengaku mewakili semua bekas anggota organisasi Gerakan Fajar Nusantara alias Gafatar -yang sudah dibubarkan- menanggapi semua tuduhan yang dialamatkan kepada mereka.

Dalam wawancara khusus dengan BBC Indonesia, Wisnu Windhani menanggapi soal pengusiran sekitar 1.000 mantan anggota Gafatar dari Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, maupun tuduhan pihaknya telah melakukan penculikan hingga kaitan sosok Ahmad Moshaddeq dengan organisasi Gafatar.

Hari Selasa (19/01), sekelompok orang melakukan pembakaran rumah-rumah milik orang-orang eks anggota Gafatar di dua desa di Kabupaten Mempawah, Kalbar.

Aksi pembakaran diawali tuntutan agar para mantan anggota Gafatar meninggalkan lokasi tempatnya tinggalnya karena dianggap 'menganggu'.

Dikawal aparat keamanan, sedikitnya 1.000 orang warga eks anggota Gafatar kemudian dievakuasi dari kediamannya untuk ditampung di kompleks Perbekalan dan Angkutan (Bekangdam) Kodam XII/ Tanjungpura di Pontianak, Kalimantan Barat.

Menurut otoritas terkait di Kalbar, mereka akan dikembalikan ke daerah asalnya di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Menurut Wisnu, kehadiran mereka di Kalimantan Barat hanya untuk bertani setelah aktivitas mereka ditolak di berbagai wilayah lainnya.

"Kami di sini (Kalimantan Barat) hanya ingin bertani, kami ingin menjadikan Borneo ini lumbung pangan nasional, lumbung pangan bagi bangsa, kami menanam padi, menanam sayur-mayur, melakukan kegiatan untuk kedaulatan pangan, tapi kelihatannya di Kalimantan pun kami tidak bisa diterima," jelasnya.

Meminta suaka

Di sinilah, dia merasa seperti kebingungan. "Kami sekarang ini tidak tahu mau bagaimana. Kami kembali ke tempat asal kami, kami tidak diterima, Tapi di sini (Kalimantan Barat) pun kami tidak diterima."

"Kami tidak tahu negeri mana lagi yang mau menerima kami."

Tokoh Gafatar: "Kami tak membom, mengapa kami diusir?"
Juru bicara eks Gafatar, Wisnu mengatakan, awalnya jumlah anggotanya mernacapi 50,000 orang.

Karena itulah, lanjutnya, apabila ada negara lain yang mau menampung mereka, maka dia meminta agar 'dibantu ke luar' dari Indonesia.

"Tolong kami. Kami membutuhkan suaka hari ini," kata Wisnu berulang-ulang. Dia mengaku telah mengirim surat elektronik (email) kepada perwakilan sejumlah negara untuk meminta suaka.

Sebagai warga Indonesia, Wisnu dkk mengaku haknya telah diinjak-injak. "Kami tidak boleh bersuara, kami tidak bisa menentukan pilihan, bahkan bertempat tinggal pun kami tidak diinginkan."

Sosok Ahmad Moshaddeq


Ditanya apakah organisasi bernama organisasi masyarakat Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) merupakan penjelmaan organisasi Al-Qiyadah Al-Islamiyah yang dipimpin oleh Ahmad Moshaddeq, Wisnu membenarkannya.

"Betul, tetapi bukan beliau (Ahmad Moshaddeq) yang mendirikan," katanya.

Menurutnya, dia dan orang-orang yang tergabung dalam organisasi Gafatar (yang sudah dibubarkan), 'dulunya memang pengikut atau jamaah yang dipimpin oleh beliau.'

Ketika Ahmad Moshaddeq diadili dan divonis hukuman empat tahun penjara pada 2008 karena dianggap terbukti melakukan "perbuatan penodaan agama", para pengikutnya kemudian mendirikan organisasi baru, kata Wisnu.

"Karena kami umatnya banyak, kami tidak tahu bagaimana, akhirnya kami membuat organisasi yang menampung orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama yaitu tentang bagaimana mengabdi kepada Tuhan," jelasnya.

Tokoh Gafatar: "Kami tak membom, mengapa kami diusir?"
Organisasi Gafatar, yang telah resmi dibubarkan pada April 2015 lalu, lebih banyak bergerak di bidang sosial. "Kami bukan organisasi agama," kata Wisnu.

Ketika BBC Indonesia menanyakan apakah pendirian organisasi didirikan atas sepengetahuan atau izin dari Ahmad Moshaddeq, Wisnu tidak menjawab secara tegas. Dia hanya mengatakan bahwa Moshaddeq adalah 'guru spiritual'

Namun demikian, lanjutnya, organisasi Gerakan Fajar Nusantara -yang kemudian mereka bubarkan pada April 2015 lalu- adalah semata-mata organisasi sosial, dan bukan organisasi agama.

"Tetapi (Gafatar) tidak diterima masyarakat di sini (Indonesia), saya tidak paham kenapa itu terjadi," ujarnya.

Membantah tuduhan menculik

"Enggak benar tuduhan kami menculik," kata Wisnu ketika ditanya tentang tudingan bahwa kelompoknya melakukan penculikan terkait sangkaan kepolisian terhadap 'hilangnya' seorang ibu bernama Rica dan anaknya di Yogyakarta.

"Kalau menculik itu 'kan istilahnya orang tidak berdaya. Kalau dia sudah dewasa, dia sudah bisa menentukan nasib hidupnya. Itu namanya tidak menculik," kata Wisnu.

Menurut Wisnu, kasus yang menimpa seorang ibu bernama Rica dan anaknya di Yogyakarta, merupakan alasan untuk mengusir kelompoknya. Dia kemudian menyebut media massa 'yang memanas-manasi' sehingga mereka terusir.

"Kenapa enggak mikirin ISIS yang ngebom, kenapa mikirin kami yang hari ini bercocok tanam, kenapa ini yang dimasalahkan," katanya dengan nada bergetar.
Tokoh Gafatar: "Kami tak membom, mengapa kami diusir?"
“Masalah keagamaan bukanlah menjadi ranah kerja Gafatar. Urusan agama kita serahkan kepada ahlinya dan pribadi masing-masing,” kata Ketua Umum Gafatar, Mahful M. Tumanurung, dalam sebuah acara.

'Kami cuma menanam padi, tidak bikin bom. Kenapa ISIS saja yang diusir. Enggak berani ngusir ISIS?" tambahnya.

Menanggapi fatwa Majelis Ulama Indonesia, MUI, yang menyatakan ajaran Ahmad Moshaddeq adalah 'sesat', Wisnu tidak mau mengomentarinya secara langsung.

"Kami bukan organisasi agama. Warga kami tidak hanya beragama Islam. Dan ini organisasi, bukan agama," katanya.

Ditanya kenapa sejauh ini pihaknya tidak mau 'bersuara', Wisnu mengaku sudah menanggapi berbagai tuduhan terhadap kelompoknya melalui media, tetapi sebagian media menyikapinya secara 'tidak fair'.

"Hak kami bersuara dicut (dipotong), diedit," katanya.


http://www.bbc.com/indonesia/berita_..._jubir_gafatar

bukan organiasi berbasis islam dan memiliki anggota yang bukan beragama islam tapi kok MUI ikut campur emoticon-Bingung (S)
Sebenanrnya gafatar ini sesat gimana sih?
Salahmu gak ngebom ... kalau loe ngebom, minimal loe dibelain sama orang2 sekelas jonru..
Quote:Original Posted By hadji.lulungan


http://www.bbc.com/indonesia/berita_..._jubir_gafatar

bukan organiasi berbasis islam dan memiliki anggota yang bukan beragama islam tapi kok MUI ikut campur emoticon-Bingung (S)


Takut jadi makin banyak yang tertarik dan kehilangan

Ya gitu deh kalau lebih mentingin kuantitas dibanding kualitas emoticon-Malu (S)
Brainwash otak orang lebih berbahaya dibanding ISIS, Brigade Manguni dan GIDI
Kok mui kesannya spt mengekang kebebasan berserikat dan berkumpul ya dg fatwa haram halalnya . Untuk menggiring opini publik pula , udah kaya tuhan aja emoticon-Big Grin
ini yayasan yang bikin orang2 pada ngilang itu ya?

kalau gak salah ada dokter cantik (Dr. Rica?) gitu yang ilang gara2 ikutan kelompok ini..?

gimana sih cara brain washing mereka, kok sampai ada orang2 yang bersedia jadi pengikut dan rela mninggalkan keluarganya????!!?

emoticon-Cool
yg jelas meresahkan masyarakat... emoticon-Traveller
Paham sesat
Pemerintah sudah melarang GAFATAR dengan dikeluarkannya surat Ditjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri RI Nomor 220/3657/D/III/2012 tanggal 20 November 2012.
.
Semua ibadah yang menjadi “pondasi” dasar Islam tidak di wajibkan.
Syahadat dalam Islam diganti,
shalat tidak wajib,
puasa bulan Ramadhan juga tidak wajib,
pergi Haji ke Mekkah juga tidak wajib,
anehnya Zakat masih diwajibkan, mungkin untuk Gaji Nabi barunya... emoticon-Big Grin

Mereka menyebut tuhan dengan Tuan Semesta Alam....
Orang" di luar Gafatar mereka anggap Najis dan Haram,
Nabi mereka bernama Ahmad Musadek, orang Indonesia,
Mereka mencampur Alquran, Injil, Zabur dan Taurat jadi satu ditambah pemikiran mereka sendiri , hebat bener kan... emoticon-Big Grin
Mereka gak mengakui Tafsir dan Hadist, mereka menyadur langsung ayat" suci AlQuran dan di analisa sendiri menurut pemikiran sendiri.
Kegiatan mereka berbentuk kegiatan Sosial, seperti Donor darah, bantuan kemanusiaan dll, merupakan Kedok yang bertujuan hanya untuk merekrut anggota baru.....
orang" yg terekrut akan di Brainwash dan lama kelamaan akan menjauhi keluarga sendiri.....

ane tau banyak, karena tmn dkt SMA ane kena paham ini, dan skrang udah 1 tahun lost contact
terakhir katanya ada di Palu ..... kasihan bapak ibunya di Jakarta, selalu nangis klo ane main ke rumahnya....
Adakah ormas di indonesia yg membatasi anggotanya menjalankan ibadah sesuai agamanya?
Adakah ormas di indonesia yg mempengaruhi anggotanya dalam keyakinan agamanya
denger2 pahamnya rada2 ke komunis nih gafatar emoticon-Cool
Penyakit kronis anak2 jaman skrg yg membuat mereka malas.

Ga Pa nTar dulu.
Berserikat dan berkumpul juga ada aturannya
Dah gitu aja...
emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By kodok.istana
Paham sesat
Pemerintah sudah melarang GAFATAR dengan dikeluarkannya surat Ditjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri RI Nomor 220/3657/D/III/2012 tanggal 20 November 2012.
.
Semua ibadah yang menjadi “pondasi” dasar Islam tidak di wajibkan.
Syahadat dalam Islam diganti,
shalat tidak wajib,
puasa bulan Ramadhan juga tidak wajib,
pergi Haji ke Mekkah juga tidak wajib,
anehnya Zakat masih diwajibkan, mungkin untuk Gaji Nabi barunya... emoticon-Big Grin

Mereka menyebut tuhan dengan Tuan Semesta Alam....
Orang" di luar Gafatar mereka anggap Najis dan Haram,
Nabi mereka bernama Ahmad Musadek, orang Indonesia,
Mereka mencampur Alquran, Injil, Zabur dan Taurat jadi satu ditambah pemikiran mereka sendiri , hebat bener kan... emoticon-Big Grin
Mereka gak mengakui Tafsir dan Hadist, mereka menyadur langsung ayat" suci AlQuran dan di analisa sendiri menurut pemikiran sendiri.
Kegiatan mereka berbentuk kegiatan Sosial, seperti Donor darah, bantuan kemanusiaan dll, merupakan Kedok yang bertujuan hanya untuk merekrut anggota baru.....
orang" yg terekrut akan di Brainwash dan lama kelamaan akan menjauhi keluarga sendiri.....

ane tau banyak, karena tmn dkt SMA ane kena paham ini, dan skrang udah 1 tahun lost contact
terakhir katanya ada di Palu ..... kasihan bapak ibunya di Jakarta, selalu nangis klo ane main ke rumahnya....


serem juga tuh, pantesan MUI juga turun fatwa.

mungkin mau nyaingin lia eden emoticon-Takut (S)

mungkin bisa menjadi catatan tuh bagi yang pingin bikin agama baru atau modif2 agama, sebaiknya jangan coba utak atik agama uclim, mending utak atik agama lain yang gak ada "MUI"nya,
contoh di US tuh, ada sekitar 35 sekte kristen yang bisa besar

tambah : 35 largest sects
Quote:Original Posted By klonengan.pengu
Sebenanrnya gafatar ini sesat gimana sih?


Ga meras, ga gaya preman, ga sweeping, ga sara, ga ngebom, ga anarkis, makanya dilabel sesat, karena ga sesuai dgn budaya bangsa
setelah Gavatar dilarang sebentar lagi ada aliran baru lagi yang bisa bikin heboh panastak dan panasbung emoticon-Wkwkwk


Tokoh Gafatar: "Kami tak membom, mengapa kami diusir?"
agama custom
Gafatar == menyembah orang yang mengaku nabi
Lia Eden == menyembah orang yang mengaku jibril
pilih aje bray lu masuk mana emoticon-Gila
Quote:Original Posted By klonengan.pengu
Sebenanrnya gafatar ini sesat gimana sih?


bikin istri / anak orang kabur dr rumah tnp pamit...emoticon-Big Grin
ya salahnya disitu.....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Selama tdk membuat onar no problem