alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a101be947868d5188b456c/aktivis-lingkungan-kecam-usul-ahok-menghapus-amdal-di-jakarta
Aktivis Lingkungan Kecam Usul Ahok Menghapus Amdal di Jakarta
Quote:Aktivis Lingkungan Kecam Usul Ahok Menghapus Amdal di Jakarta
Jakarta, GATRAnews - Aktivis lingkungan mengecam usulan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama men‎ghapus izin analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) di Ibu Kota. Usulan tersebut disampaikan Basuki di rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (20/1) kemarin.

"Itu pastinya sebuah itikad yang tidak baik untuk perbaikan lingkungan di Jakarta. Bayangkan jika tidak Amdal di Jakarta. Ada Amdal saja carut marut, enggak kebayang (DKI) mengusulkan seperti itu," ujar Direktur Walhi Jakarta Puput TD Putra saat dihubungi, Kamis (21/1) siang.

Puput mengaku belum mengetahui pasti isi usulan deregulasi izin lingkungan yang diusulkan Basuki ke presiden. Walhi mengkritik kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang selalu tertutup terkait lingkungan, seperti izin reklamasi pulau.

Walhi menyebut tanpa Amdal pengusaha bisa seenaknya melakukan pembangunan. Karena selama ini meski ada Amdal pengusaha kerap mengabaikan dampak lingkungan.

"Justru kami mengusulkan izin prinsip itu harus dihilangkan, selama ini kan izinnya berjalan Amdal-nya dinomorduakan. Jadi pengusaha seenaknya, jadi tanpa dasar, pengusaha belum tahu dampak lingkungan seperti apa tapi izinnya sudah ada," pungkas Puput.

Diberitakan, Basuki mengusulkan deregulasi izin lingkungan kepada pemerintah pusat. Pemprov DKI menilai tidak perlu Amdal, cukup dengan Upaya Pengelola Lingkungan-Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL) khusus di DKI Jakarta.

Pemprov DKI telah berkirim surat kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait usulan tersebut. Usul menghapus Amdal disampaikan Basuki di rapat terbatas mengenai kemudahan berbisnis di Jakarta.

http://www.gatra.com/nusantara/jabod...dal-di-jakarta


gimana si malah minta amdal dihapus emoticon-Cape d... (S)
serius tuh??

jadi inget urusan reklamasi jakarta yg masih bermasalah emoticon-Big Grin
Quote: Puput mengaku belum mengetahui pasti isi usulan deregulasi izin lingkungan yang diusulkan Basuki ke presiden.

belum tahu pasti tapi udah ngecam dan protes !!!

gonlok tuh orang !!!
waduhhh......nunggu counter dari fansnye pak ahox dulu deh.emoticon-Bingung (S)
Quote:Ahok Usulkan Penghapusan Izin Amdal di DKI Jakarta, Ini Alasannya
Aktivis Lingkungan Kecam Usul Ahok Menghapus Amdal di Jakarta
JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengusulkan penghapusan izin analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) di DKI Jakarta kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Usulan ini merupakan salah satu poin yang diusulkan Basuki kepada Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas, Rabu (20/1/2016) kemarin.

Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) DKI Edy Junaedi Harahap membenarkan hal tersebut.

"Gubernur itu kirim surat (pengusulan penghapusan izin amdal) sekitar Agustus atau September. (Surat dari Pemprov DKI) baru dijawab akhir-akhir ini bulan Desember dan ditolak," kata Edi saat dihubungi wartawan, Kamis (21/1/2016).

Pemprov DKI, kata dia, tidak memerlukan izin amdal karena telah memiliki Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 mengenai Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Pengaturan Zonasi.

Perda ini dinilai sudah lengkap mengatur tata ruang Ibu Kota. (Baca: LBH Jakarta Nilai Ahok Lampaui Kewenangannya dengan Mengizinkan Reklamasi)

Adapun di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan, daerah yang memiliki Perda RDTR mendapat pengecualian tidak memerlukan izin amdal.

Alternatifnya ialah penerbitan dokumen UKL-UPL (upaya pengelolaan lingkungan-upaya pemantauan lingkungan).

Namun, penghapusan izin amdal di DKI Jakarta terganjal belum terbitnya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (Permen LH).

Edy menjelaskan, Permen LH ini akan mengatur ketentuan detail terkait penghapusan izin amdal.

"Ya (usulan penghapusan izin amdal) tidak bisa dilaksanakan, tetap pakai amdal. Tetapi, kan masa kita mau menunggu permennya (terbit), mau sampai kapan? Padahal PP-nya sudah lama sekali," kata Edy. (Baca: Basuki Klaim Kantongi Izin Amdal Dua Ruas Tol Dalam Kota )

http://megapolitan.kompas.com/read/2....Ini.Alasannya


jadi apakah fungsi amdal bisa digantian oleh rdtr dan pengaturan zonasi?
demi hoktod, hapuskan amdal..
Quote:Original Posted By toruwijaya

jadi apakah fungsi amdal bisa digantian oleh rdtr dan pengaturan zonasi?


RTDR dan Zonasi bisa dikeluarkan oleh Gubernur tanpa analisis. Contohnya zonasi reklamasi teluk Jakarta.

Makin sinting aja ini Pak Gubernur
oh jadi gitu, menurut ahok amdal ga ngaruh karena telah memiliki Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 mengenai Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Pengaturan Zonasi hmmm...

emoticon-Traveller
saking stresnya krn diteken sm grup podo spy proyek reklamasi jalan jd begini emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By ideotlogi


RTDR dan Zonasi bisa dikeluarkan oleh Gubernur tanpa analisis. Contohnya zonasi reklamasi teluk Jakarta.

Makin sinting aja ini Pak Gubernur


jadi semestinya peraturan amdal ditegakkan bukan malah dihapus
Quote:Original Posted By toruwijaya


jadi apakah fungsi amdal bisa digantian oleh rdtr dan pengaturan zonasi?


harusnya bs.. kan zona tsb sdh ada amdal sebelumnya..
Quote:Original Posted By SENSORpan


harusnya bs.. kan zona tsb sdh ada amdal sebelumnya..


hmm jadi fungsi amdal bisa digantikan sepenuhnya? atau ada bagian yg dikorbankan?
Begitulah kalo banyak yang menerbitkan aturan, sehingga banyak yang nabrak sana sini.. emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By SENSORpan
harusnya bs.. kan zona tsb sdh ada amdal sebelumnya..



Betul gan zona dibentuk memang sdh ada amdal nya.
Ane rasa kalau memang sdh diatur perdagangan, dihapus ga masalah toh tinggal diawasi pelaksanaannya
Jadi perizinan2 satu pintu akan semakin cepat
terlepas dari AMDAL indonesia yg carut marut dan sering dimuluskan tidak sesuai AMDAL, ane tidak setuju AMDAL dihapuskan
lebih bagus kalau AMDAL itu di atur sehingga gak ada lagi istilah kasih uang atau tidak mengikuti rekomendasi AMDAL.
AMDAL dilakukan oleeh pihak ke 3 kok
ini ahok udah melanggar peraturan pemerintah
satu satunya yg bisa menghapus ya presiden karena amdal diatur oleh undang undang
bahkan kalau pakai dana international harus mengikuti amdal yang berlaku international
semoga yang terbaik aja deh emoticon-Traveller
wah gak ngerti nih amdal apaan, duduk tenang dan liat aja deh perkembangan hasilnya gimana, kalo ahok gak bener nanti jgn dipilih lagi next periode... emoticon-Coblos
Quote:Original Posted By Yoseklie
Begitulah kalo banyak yang menerbitkan aturan, sehingga banyak yang nabrak sana sini.. emoticon-Ngakak (S)


salah satu kelemahan indonesia

birokrasi dan peraturan yang tumpang tindih emoticon-Hammer2
Emang gak perlu...klo ada amdal dan ternyata tidak lolos toh tetep jalan juga karena di sogok pake duit biar lolos, klopun lolos toh nantinya pas dibangun gak sesuai sama rancang bangun yg sesuai buntutnya cincay juga...buktinya? PIK dulu pernah geger masalah amdal dan akhirnya lolos, trus sekarang bijimane? Dievaluasi kagak? Sesuai amdal kagak?
Quote:Original Posted By adhiantowahyu
Emang gak perlu...klo ada amdal dan ternyata tidak lolos toh tetep jalan juga karena di sogok pake duit biar lolos, klopun lolos toh nantinya pas dibangun gak sesuai sama rancang bangun yg sesuai buntutnya cincay juga...buktinya? PIK dulu pernah geger masalah amdal dan akhirnya lolos, trus sekarang bijimane? Dievaluasi kagak? Sesuai amdal kagak?


Ya makanya ada AMDAL aja bisa diterobos, apalagi tidak ada.

Contoh: Reklamasi Teluk Jakarta yang ga jelas fungsi, tujuan, dan peruntukannya. The Jakarta Post pernah bahas di sini.

×