alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a08bc31cbfaa5b728b456d/awas-timor-leste-akan-caplok-wilayah-ri-ini-buktinya
Awas, Timor Leste akan Caplok Wilayah RI, Ini Buktinya
Pemerintah mengakui persoalan batas wilayah RI-Timor Leste khususnya di Noelbesi-Citrana dan Bijaelsunan-Oben hingga kini belum tuntas. Penyelesaian soal batas wilayah tersebut masih terganjal perbedaan interpretasi hukum internasional setelah bekas provinsi ke-27 itu memisahkan diri dari NKRI.

"Setelah melalui negosiasi panjang, tinggal dua segmen yang belum dituntaskan yaitu Noelbesi dengan Citrana dan Bijaelsunan dengan Oben. Kendalanya, perbedaan interpretasi hukum internasional di antaranya soal traktat serta kenyataan di lapangan, termasuk aspek adat yang juga perlu diperhatikan," kata Direktur Kawasan, Perkotaan, dan Batas Negara Kemendagri Budiono Subambang di Jakarta, Rabu (20/1).

Menurut Budi, segmen wilayah yang masih dalam negoisasi itu seharusnya tetap steril. Kedua negara tidak boleh melakukan tindakan sepihak karena masih dalam status quo hingga ada kesepakatan kedua negara. Dia menginformasikan, permasalahan di Noelbesi-Citrana pernah mencuat beberapa tahun lalu. Saat itu, Pemerintah RI bertindak tegas membongkar sejumlah bangunan yang telah didirikan. "Di tempat yang sama, pada 2010 ada pembangunan kantor logistik dan pada 2012 dibangun kantor Imigrasi. Kedua bangunan itu kita bongkar karena di sana kan wilayah belum selesai yang seharusnya jangan ada kegiatan," ujarnya .

Dihubungi sedang berada di Jeddah, Arab Saudi, jelang pertemuan luar biasa para Menteri Luar Negeri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Menlu Retno L Marsudi mengatakan, "Jumat saya tiba di Tanah Air dan langsung ke Dili untuk kunjungan bilateral termasuk membahas persoalan perbatasan itu."


Deputi VII Menko Polhukam Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Marsda TNI Agus Barnas berpendapat, sebenarnya tak ada konflik RI-Timor Leste. Dia mengamini, ada wilayah yang seharusnya steril atau tak boleh didirikan bangunan oleh kedua negara. "Di perbatasan itu, banyak saudara kita kita juga. Mereka berpuluh tahun berada di situ, tiba-tiba saat kedua negara berpisah, terpotong begitu saja. Jadi, sebenarnya kita tak ada masalah dengan Timor Leste. Mungkin ada pihak lain yang coba mengadu domba," tuturnya.

Sumber: http://www.harnas.co/2016/01/21/ri-t...a-interpretasi

Timor Leste mulai berani gan

peratahankan walau cuma sejengkal tanah
NKRI Harga Mati emoticon-army
Mungkin bukan mau caplok
Tapi diam diam pengen balikan lagi