alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a07f83c1cb17bf1d8b456d/proyek-kereta-cepat-jakarta-bandung-diresmikan-hari-ini
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diresmikan Hari Ini
Kabar mengenai proyek kereta cepat yang menghubungkan Jakarta-Bandung sudah beredar lama, sampai akhirnya pemerintah memilih kereta cepat ini untuk dikerjakan bersama China. Ground breakingnya dimulai hari ini Gan.

Quote:Hari Ini, Jokowi "Tekan Tombol" Dimulainya Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan meletakkan batu pertama (ground breaking) proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, pada Kamis (21/1/2016) siang. Peletakan batu pertama dilakukan di KM 95 Walini, Bandung Barat, Jawa Barat.

"Seperti yang direncanakan, ground breaking tanggal 21 (Januari), di Walini," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Pramono menuturkan, izin dari Kementerian Perhubungan serta Kementerian Lingkungan Hidupdan Kedutanan telah diperoleh.

Izin pembangunan dari gubernur, bupati dan wali kota yang daerahnya dilintasi jalur kereta tersebut juga telah diselesaikan. Pramono memastikan amdal proyek kereta cepat Jakarta-Bandung juga telah diselesaikan.

Adapun rencana pengelolaan lingkungan dan rencana pemantauan lingkungan akan segera diselesaikan sambil menunggu masukan dari masyarakat yang dilintasi jalur kereta.

"Masyarakat boleh memberikan masukan, dan izin prinsip dasar sudah diberikan (diperoleh)," ungkap Pramono.

kereta cepat Jakarta-Bandung dikerjakan oleh China bersama konsorsium BUMN dengan mekanisme bussiness to bussiness. Dalam proyek ini, tidak ada aliran dana APBN maupun jaminan dari pemerintah Indonesia.

Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung akan dimulai dari Halim (Jakarta) sampai ke Gedebage atau Tegaluar (Bandung).

Dari stasiun di Bandung, akses menuju pusat kota akan diintegrasikan menggunakan Light Rapid Transit (LRT) yang melayani perjalanan sampai ke Bandung Raya.

Proyek ini ditargetkan selesai akhir 2018 dan mulai beroperasi semester pertama 2019. Total investasinya mencapai 5,5 miliar dollar AS.
sumber



ya proyeknya akan jalan, meski ada aja yang meragukan kualitasnya

Quote:Kualitas Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diragukan, Ini Kata Dubes China

Jakarta -Masih banyak pihak meragukan kualitas dan keselamatan kereta cepat (High Speed Train/HST) rute Jakarta-Bandung sepanjang 142 kilometer (km), yang dikerjakan secara keroyokan oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dan China.

Menjawab keraguan tersebut, Dubes China untuk Indonesia, Xie Feng angkat suara. China yang telah berpengalaman membangun HST, akan memberikan produk terbaik, mulai dari rolling stock, persinyalan hingga konstruksi.

"Kereta cepat ini merupakan teknologi transportasi tingkat tinggi. Secara teknis dan teknologi, kita sudah membuktikan dengan sistem dan standar yang mengikuti standar dunia," kata Xie saat berbicang di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (19/1/2016).

Otoritas China, lanjut Xie, melakukan pengawasan ketat terhadap standar keselamatan pada layanan kereta cepat. "Kita punya sistem, setiap hari ada lokomotif pergi ke jalur kereta cepat untuk periksa secara otomatis keselamatan kereta," sebutnya.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung juga telah mengikuti standar keamanan dan keselamatan kereta cepat yang disyaratkan oleh regulator transportasi Indonesia, yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Xie mengaku. Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, juga sangat ketat terhadap standar keamanan dan keselamatan transportasi. Kereta Cepat Jakarta-Bandung sendiri telah mengantongi berbagai izin, termasuk izin dari Kemenhub.

"Menhub (Jonan) sangat strick (ketat terhadap keamanan dan keselamatan). Ini yang membuat kami confident (kereta cepat aman)," sebutnya.

Meski berpengalaman mengoperasikan HST dan telah memperoleh izin, Xie tak bisa menjamin bahwa tak ada kecelakaan 100%. Namun, China tetap optimistis, kereta cepat negeri tirai bambu ini memiliki standar keamanan dan keselamatan tinggi. Karena China tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki angka kecelakaan perjalanan kereta cepat terendah di dunia.

"Saya mengaku tidak mungkin zero accident, tapi tingkat kecelakaan kereta cepat di China masuk terendah di dunia," tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan TOD, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwi Windarto menjawab keraguan kualitas dan keselamatan HST buatan China.

Lanjut Dwi, produk kereta cepat (Electric Multiple Unit) termasuk sinyal buatan China, ternyata mengadopsi teknologi di Eropa. Tak hanya itu, sarana kereta buatan China memiliki level keselamatan transportasi tertinggi yang dimiliki Uni Eropa, yakni Safety Integrity Level (SIL) 4.

"Di Eropa masih ada kereta cepat yang level 3 dan 4, kalau China sudah level 4. Setara SIL tertinggi di Eropa. China belajar sistem sinyal dari Eropa," kata Dwi.
(feb/dnl)
sumber


katanya sih, bakal jadi kereta cepat pertama di ASEAN gan!

Dubes China: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pertama di ASEAN

Quote:Jakarta -Proyek kereta cepat (High Speed Train/HST) Jakarta-Bandung direncanakan bisa groundbreaking pada 21 Januari 2016.

Bila proyek ini berhasil dimulai, HST rute Jakarta-Bandung menjadi proyek kereta cepat berteknologi tinggi pertama di Indonesia bahkan di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Hal ini disampaikan oleh Dubes China untuk Indonesia, Xie Feng, saat berbincang di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, seperti dikutip Rabu (20/1/2016).

"Kereta cepat ini (Jakarta-Bandung) yang pertama di Indonesia dan bahkan di seluruh Asia Tenggara akan mulai dibangun pada tanggal 21 Januari," kata Xie.

Selain menjadi pertama di Asia Tenggara dan Indonesia, kereta yang bisa melesat 350 kilometer (km) per jam ini, bisa menjadi daya pikat bagi wisatawan lokal dan ASEAN untuk mencoba sensasi kereta cepat.

"Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung juga akan mendorong perkembangan industri pariwisata dengan kuat, dengan menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke kota Bandung yang terkenal dengan wisata sejarahnya dan tertarik mencoba kereta cepat pertama di Asia Tenggara," sebutnya.

Tak hanya rute Jakarta-Bandung, China tak menutup opsi untuk ikut lagi pada rencana pembangunan jaringan kereta cepat lanjutan yakni rute Jakarta-Surabaya.

"Kita tertarik, kita akan dorong meskipun itu nantinya adalah pembicaraan business to business," tambahnya.

Pengembangan dan pengorperasian HST rute Jakarta-Bandung dilakukan oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) China dan Indonesia yang tergabung di dalam PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Proses pembangunan ditargetkan rampung dalam 3 tahun ke depan. Artinya, HST yang memiliki 4 stasiun (Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar) akan beroperasi pada tahun 2019.

Saat pengoperasian di 2019, kereta cepat baru diizinkan meleset pada kecepatan 200 km per jam, namun kecepatan bisa ditingkatkan seiring evaluasi. Secara teknis, HST Jakarta-Bandung dirancang mampu melaju 350 km per jam.
sumber


penampakan rancangannya
Spoiler for keretaaa:


Spoiler for tkp:


Semoga aja deh, bisa jadi transportasi andalan Jakarta-Bandung, jadikan kita gak perlu macet-macetan lagi di tol cipularang emoticon-Hammer2

Tapi jangan mahal-mahal yaa harga tiketnya. trus pemerintah harus bener tuh perawatannya. Jangan kayak KRL yang bagus di awal aja, ke sini-sininya gak terawat. Gimana gan kereta Cina? Bakalan oke gak nih?
keren ane pulkam jadi lebih cepet dan gampang
by bye travel emoticon-Big Grin
asiiik bisa nyamperin mojang secara cepat!
gan ada yang model ny kayak thomas the train ga?
Quote:Original Posted By jodyfcuk
asiiik bisa nyamperin mojang secara cepat!


mayan ya gan, buat yg LDRan
kereta cepatnya nggak bisa yang keluar jawa aja? emoticon-Bingung (S)
cepetan mana nih gan sama argo bromo?
syukurlah, semoga gak molor dari waktu yg ditentukan.
sundul emoticon-Mad
Udah dicor kan?
mantap lah gan emoticon-Big Grin