alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a07e2656e6afc1528b456b/menristek-dikti-akan-cek-lengan-robot-tawan-siap-bantu-kembangkan
Menristek Dikti akan Cek Lengan Robot Tawan, Siap Bantu Kembangkan
Quote:Jakarta - Keterbatasan tidak menjadi hambatan bagi I Wayan Sumardana di Karangasem, Bali untuk berkreasi merakit 'tangan cyborg' ala Iron Man dari barang bekas. Mendengar itu Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) siap mendorong serta memfasilitasinya.

"Semua pengembangan teknologi, riset dan inovasi ini akan dorong terus," ujar Nasir usai menghadiri acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Menkum JAM tentang layanan pelajar dan student visa di Kemenkum HAM, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (21/1/2016).

Nasir menyebut apabila produk yang dihasilkan tidak berbasis riset maka pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Perindustrian. Ia mencontohkan belum lama ini ada pemuda lulusan SD yang berhasil menciptakan televisi di Karanganyar, Solo, Jawa Tengah.

Nasir pun ingin mengembangkan kemampuan pria itu dengan cara menjalin kerjasama dengan kementerian terkait. Hal ini dilakukan guna memberi semangat kepada generasi muda di seluruh Indonesia untuk tidak takut berkreasi dan berinovasi.

"Kalau itu bukan berbasis pada riset nanti kami akan bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja supaya nanti mereka bisa mengembangkan terhadap semua yang dihasilkan," sambungnya.

Nasir mengatakan, saat ini pihaknya bersama Menkum HAM Yasonna Laoly mematangkan konsep hak paten terhadap hasil penelitian (research) para akademisi sebelum diajukan kepada DPR RI. Hal ini dilakukan guna melindungi mereka.

"Kalau itu berkaitan dengan research maka kami akan mengurus bagaimana dia menciptakan paten yang kita bicarakan dengan Bapak Menkum HAM, sekarang lagi ada RUU tentang Paten. Kami akan bahas bersama Bapak Menkum HAM untuk dibahas dengan DPR," kata Nasir.

"Ini yang kami kembangkan terus. Jadi masalah Iron Man atau apapun itu kan bagian kecil, nanti harus kita kembangkan," pungkasnya.

http://news.detik.com/berita/3123717...ntu-kembangkan



kyk film elysium emoticon-Ngakak
Menristek Dikti akan Cek Lengan Robot Tawan, Siap Bantu Kembangkan



Update
habis googling ane nemu gambar ini
Menristek Dikti akan Cek Lengan Robot Tawan, Siap Bantu Kembangkan
jadi ragu ane sama tu tangan robot ,lihat aja komponen komputernya emoticon-Ngakak

1.katanya dipasang cpu ,tp gak keliatan kl itu -board computers, kl dari gambarnya di zoom
Menristek Dikti akan Cek Lengan Robot Tawan, Siap Bantu Kembangkan
gak ada tanda2 board computer, gak ada I/O port (serial, GPIO), trus display port mana?

2.Kabel putih itu USB connector type B, lihat housingnya ( masuknya gak pas) keliatan dipaksain
Menristek Dikti akan Cek Lengan Robot Tawan, Siap Bantu Kembangkan

3.ada HDD, dari konektornya keliatan seperti IDE, kabelnya konek ke board yang ijo
Menristek Dikti akan Cek Lengan Robot Tawan, Siap Bantu Kembangkan
makin aneh rangkaiannya, yang jelas board ijo itu bukan -board computers ato embedded system


komeng kaskuser :

Quote:Original Posted By Religional


1. Coba aja liat videonya. Itu kalopun bener pake EEG impor, EEG yang biasa dipake untuk mengecek abnormalitas dalam gelombang otak (yang harga 4 jutaan itu katanya), yang biasanya dipake untuk diagnosa epilepsi atau tumor otak atau gangguan otak lainnya, yang dihasilkan cuma rekaman gelombang otak mentah. Yang ada dia sebut gelombang alpha, beta, gamma, delta, theta.
2. Apa benar dia berhasil menulis aplikasi untuk menerjemahkan seluruh sinyal otaknya dan mengubahnya menjadi perintah gerak? Dengan apa?
3. Liat gerakannya pada video. Katakanlah dia berhasil menulis aplikasinya. Dia masih butuh supercomputer buat menerjemahkan data gelombang otak yang tidak berarti apa2 itu ke dalam gerakan exoskeletonnya, karena gerakannya halus sekali, sama sekali tidak terlihat ada delay. Di mana superkomputernya ditaro?

So, 100% bullshit.


Quote:Original Posted By bayuon00


gan klo boleh di taroh di page one lah.

Menristek Dikti akan Cek Lengan Robot Tawan, Siap Bantu Kembangkan

board pak tawan sebenernya adalah board tambahan buat SBC pentium 4 , dimana board itu berguna untuk port ethernet, PS/2, usb dll

kejanggalan rangkaian elektronik pak tawan :
1. kenapa USB type B dimasukan ke dalam port ethernet??
2. kenapa pada hardisk IDE tidak ada kabel buat aliran daya ???
3. dalam rangkaian elektronik pak tawan terlihat tidak adanya board untuk processor pentium 4, sehingga bagaimanakan cara memproses dari data brainwave menjadi intruksi gerak, kalau tidak ada processor ????

kalaupun ada processor pentium 4
- sebagai gambaran pentium 4 mempunyai daya antara 100-200 watt jadi sanggupkah AKI dan baterai pak tawan memasok daya sebesar itu ???
- processor pentium 4 suhunya bisa >60 C, yakin kah pak tawan bakal menggendong nya ???

bisa disimpulkan bahwa yang di gendong oleh pak tawan sebenernya adalah rangkaian elektronik yang tidak mempunyai fungsi sama sekali sebagai pendukung gerak dan bisa di bilang fungsinya hanya sekedar untuk cosplay.





kalo bener dapat ngebantu orang cacat, patut di apresiasi nih.
iya, dicek dulu aja sama menristek, lihat itu benar ga.. jgn prasangka negatif dlu.. kalo beneran tangan robot, kan keren ada orng indo bisa bikin begitu.
Ujung-ujungnya dibakar ntar gara2 ga memenuhi SNIemoticon-Wkwkwk
Kelakuan Menteri Nastak dan Presiden Kodok suka iri kalo ada yg kreatifemoticon-Wkwkwk


Quote:Menristek Dikti akan Cek Lengan Robot Tawan, Siap Bantu Kembangkan

Tak Ber-SNI, 116 Televisi Dibakar di Karanganyar - http://www.solopos.com/2016/01/11/pe...nganyar-679610
Moga2 bener ya...

Trus gmana kabar yg kasus televisi itu?

Memurut ane itu juga bagus, sayangnya polisi tinfakannya bwrlebihan, sampai2 ngehancurin...

Padahal itu bentuk kreativitas, trus apa bedanya dg bengkel2 motor jadul. Rata2 sparepartnya adalah kanibalan, itu ga memenuhi keselamatan juga lho
cikal bakal exoskeleton indonesia

kalau beneran asli bisa dipakai militer juga tuh
awas asemka jilid 2
Quote:Original Posted By antidistribusi3
KAYAKNYA HOAX SIH CUMAN YAH MUDAH - MUDAHAN BENERAN TUH ALATNYA BISA DIGUNAKAN BUAT ORANG LUMPUH


Ane sih curiganya juga HOAX... Apakah semudah itu nempel di kepala trus bisa gerakin lengan robotnya....

Soalnya utk ilmuwan indonesia aja kayaknya belum ada yg bisa bikin
Too good too be true...

Tp kalo ane salah, brarti memang kita ga bisa underestimate kehebatan bangsa sendiri
wow .. teknologi tingkat tinggi nich bisa menerjemahkan sinyal otak menjadi sinyal elektrik ..dan menerjemahkannya menjadi motorik anak s2 teknik elktro ajah belum tentu bisa bikin yang beginian .. perlu di tindak lanjuti dan di dukung jangan di musnahkan kalo memang bener ...............
HAK Paten nya mash di matangkan?
pantes aja BJ Habibie hak paten penemuannya di Jerman, mungkin kalo di indonesia sampe hari ini blom jadi hak patennya emoticon-Ngakak (S)
waktu tahun 2012/2013 gw pernah liat bule make tangan ini tapi lebih bagus gerakannya juga lebih luwes walau masih terkesan kaku, btw ga semuanya dari barang bekas ada yang dia beli online di us

Begini Canggihnya Tangan Cyborg Ciptaan Tawan, Ada Alat yang Beli dari AS

Jakarta - I Wayan Sumardana memang cerdas. Meski hanya lulusan SMK, dirinya bisa merakit "tangan cyborg"-nya dari barang bekas hingga bermanfaat dalam aktivitasnya. Alat ini diakuinya sangat menguras tenaga.

Ditemui detikcom di bengkelnya, di Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali, Rabu (20/1/2016), Tawan, demikian Sumardana akrab disapa, mulanya mengaku pusing saat awal memakainya.

"Saya harus konsentrasi di awal penggunaan alat supaya bisa sinkron dengan simpul saraf yang menggerakkan alat tersebut," tutur Tawan.

Bahkan, Tawan memilih tidak tidur siang karena dia tak mau memulai proses awal pemakaian alat itu lagi. "Kerasa capek, penat, tegang karena full pemakaian pukul 08.00-18.00 Wita atau disesuaikan dengan banyaknya garapan," imbuhnya.

Komponen alat buatan Tawan mulai dari besi penopang, tabung hidrolis, hingga beberapa kabel terlihat bekas. Sumardana merancang, merakit dan menyambung sendiri seluruh item tersebut. Tak hanya itu, Tawan itu juga menggunakan CPU komputer, dinamo, tuning potensio, sensor ultasonik, sensor infra merah dan sensor jumlah putaran dinamo.

"Alat ini saya ciptakan untuk aktivitas saya. Ada sebagian yang saya buat dan sebagian saya beli. Dan saya rangkai sendiri," ujarnya kepada detikcom, Rabu (20/1/2016).

Satu komponen kunci, yakni sensor EEG (Electro Encephalo Graphi) dibelinya online dari Amerika Serikat (AS) senilai Rp 4,7 juta. Ia menjelaskan, alat ini berfungsi melalui sensor otak yang dipasang di kepala yang mengendalikan arah gerak ke tangan kirinya melalui alat yang dipasang di punggung dan tangan kirinya.


Untuk memuluskan gerak alat tersebut, Tawan memasang satu unit CPU komputer pun dipasang di bagian belakang tubuhnya. Fungsinya sebagai penggerak dari sensor di kepala. Tuning potensio merupakan rangkaian pengolah input dan output mikro kontroler.

"Infra merah, sensor ultrasonik, dan sensor jumlah putaran dinamo ini adalah rangkaian penguat power. Ada pula EEG. Semuanya tersambung ke dinamo agar dapat bekerja secara maksimal," jelasnya.

"Lalu ada drone, elektroda dan lainnya. Posisinya ditempel di kepala sebagai penangkap sinyal, alpa, delta, beta dan teta," tambahnya.

Hanya saja, alat tersebut membuatnya harus mengeluarkan energi ekstra. Pasalnya, Tawan harus benar-benar fokus dan berkonsentrasi. Jika tidak, alat tersebut akan bekerja secara tak normal.

Untuk menggerakkan lengan robotnya itu, Tawan membutuhkan listrik 500 voltase. Ini didapat dari baterai litiumoin yang dipasangnya. Agar dapat terus digunakan, alat ini harus terus diisi daya baterainya. Memakan waktu cukup lama untuk mengisi ulangnya. Biasanya, jika tak digunakan Tawan menyempatkan diri untuk mengisi ulang dayanya.

"Kalau orang pegang ini ya kena setrum. Tapi kalau saya sendiri yang memakai alat ini tidak (tersetrum). Biasanya jam 12 malam saya charge sampai jam 7 pagi. Kalau kekuatannya tergantung pemakaian. Kalau angkat yang berat-berat bisa cepat habis. Kalau hanya mengelas bisa tahan lebih lama," pungkasnya.
(dra/dra)
Quote:Original Posted By Pro-Kontra
iya, dicek dulu aja sama menristek, lihat itu benar ga.. jgn prasangka negatif dlu.. kalo beneran tangan robot, kan keren ada orng indo bisa bikin begitu.


iya mending dicek dulu, dprd nuduh2
Quote:Original Posted By antokoplak


Ane sih curiganya juga HOAX... Apakah semudah itu nempel di kepala trus bisa gerakin lengan robotnya....

Soalnya utk ilmuwan indonesia aja kayaknya belum ada yg bisa bikin
Too good too be true...

Tp kalo ane salah, brarti memang kita ga bisa underestimate kehebatan bangsa sendiri


1. Coba aja liat videonya. Itu kalopun bener pake EEG impor, EEG yang biasa dipake untuk mengecek abnormalitas dalam gelombang otak (yang harga 4 jutaan itu katanya), yang biasanya dipake untuk diagnosa epilepsi atau tumor otak atau gangguan otak lainnya, yang dihasilkan cuma rekaman gelombang otak mentah. Yang ada dia sebut gelombang alpha, beta, gamma, delta, theta.
2. Apa benar dia berhasil menulis aplikasi untuk menerjemahkan seluruh sinyal otaknya dan mengubahnya menjadi perintah gerak? Dengan apa?
3. Liat gerakannya pada video. Katakanlah dia berhasil menulis aplikasinya. Dia masih butuh supercomputer buat menerjemahkan data gelombang otak yang tidak berarti apa2 itu ke dalam gerakan exoskeletonnya, karena gerakannya halus sekali, sama sekali tidak terlihat ada delay. Di mana superkomputernya ditaro?

So, 100% bullshit.
Quote:Original Posted By Religional


1. Coba aja liat videonya. Itu kalopun bener pake EEG impor, EEG yang biasa dipake untuk mengecek abnormalitas dalam gelombang otak (yang harga 4 jutaan itu katanya), yang biasanya dipake untuk diagnosa epilepsi atau tumor otak atau gangguan otak lainnya, yang dihasilkan cuma rekaman gelombang otak mentah. Yang ada dia sebut gelombang alpha, beta, gamma, delta, theta.
2. Apa benar dia berhasil menulis aplikasi untuk menerjemahkan seluruh sinyal otaknya dan mengubahnya menjadi perintah gerak? Dengan apa?
3. Liat gerakannya pada video. Katakanlah dia berhasil menulis aplikasinya. Dia masih butuh supercomputer buat menerjemahkan data gelombang otak yang tidak berarti apa2 itu ke dalam gerakan exoskeletonnya, karena gerakannya halus sekali, sama sekali tidak terlihat ada delay. Di mana superkomputernya ditaro?

So, 100% bullshit.

Ane mencoba positif thinking aja sih...

Tp.bgtu ane liat komem di trit satunya yg juga bhs ini, ada yg bilang stroke kan gara2 ada penyumbatan di otak, ga ada hubungannya sama anggota tubuh... Lha kalo stroke aja kena kepala, lha kenapa kudu di scan kepalanya...

Jadi nambah besar kecurigaan ane
Quote:Original Posted By antokoplak

Ane mencoba positif thinking aja sih...

Tp.bgtu ane liat komem di trit satunya yg juga bhs ini, ada yg bilang stroke kan gara2 ada penyumbatan di otak, ga ada hubungannya sama anggota tubuh... Lha kalo stroke aja kena kepala, lha kenapa kudu di scan kepalanya...

Jadi nambah besar kecurigaan ane


Eh, gue gak tau lho soal stroke itu. Logikanya sih emang gak bisa ya. Stroke adalah terputusnya aliran darah ke otak sehingga otak tidak mendapat supply oksigen. Terputusnya bisa dikarenakan banyak hal, salah satunya penyumbatan. Jadi ada bagian otak yang rusak. Jadi ya betul, mana mungkin masih bisa ngasih sinyal?

Ini video exoskeleton diaplikasikan ke orang yang lumpuh gara2 kecelakaan, bukan karena otak yang mengalami kerusakan. Liat aja gerakannya.

youtube-thumbnail
Semoga apapun hasilnya itu yang penting endingnya untuk kebaikan keluarga bli Wayan & keluarganya... emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By Religional


Eh, gue gak tau lho soal stroke itu. Logikanya sih emang gak bisa ya. Stroke adalah terputusnya aliran darah ke otak sehingga otak tidak mendapat supply oksigen. Terputusnya bisa dikarenakan banyak hal, salah satunya penyumbatan. Jadi ada bagian otak yang rusak. Jadi ya betul, mana mungkin masih bisa ngasih sinyal?

Ini video exoskeleton diaplikasikan ke orang yang lumpuh gara2 kecelakaan, bukan karena otak yang mengalami kerusakan. Liat aja gerakannya.

youtube-thumbnail

Wajar sih... Utk orang kecelakaan kan tidak berdampak pada otak, beda dg orang stroke... Seharusnya ga bisa... Ya sudahlah marilah kita lihat besoknya, gmana kejadiannya...

Ane baca beritanya "kalo orang lain yg make nanti tersetrum, beda jika yg memakai saya"

Terkesan janggal, seperti menutup2i. Seolah tdk ingin orang lain membuktikan kebenaran alat tsb...

Jd ingat kasus blue energi yg sampai2 presiden saat itu pak sby mengapresiasi besar2an...
Calon energi masa depan, eh swbulan dua bulan ternyata hoax...
Quote:Original Posted By Frios
HAK Paten nya mash di matangkan?
pantes aja BJ Habibie hak paten penemuannya di Jerman, mungkin kalo di indonesia sampe hari ini blom jadi hak patennya emoticon-Ngakak (S)

Setuju om...klo disini ntar malah dipolitisasi buat nyalon presiden...klo itu bukan hoax mending dipaten di luar negeri aja lebih dihargai n klo mau dikomersilkan fee lebih jelas n klo mau dikembangkan pasti didukung dana gede gedean...klo disini mah mau ngajukan dana penelitian mbulet, duit gak seberapa disunat pulak...paling proposal ditampung tapi di bak sampah
Quote:Original Posted By antokoplak
Moga2 bener ya...

Trus gmana kabar yg kasus televisi itu?

Memurut ane itu juga bagus, sayangnya polisi tinfakannya bwrlebihan, sampai2 ngehancurin...

Padahal itu bentuk kreativitas, trus apa bedanya dg bengkel2 motor jadul. Rata2 sparepartnya adalah kanibalan, itu ga memenuhi keselamatan juga lho


Jangan kan itu pistol polisi pun belum tentu ber SNI emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By antokoplak

Wajar sih... Utk orang kecelakaan kan tidak berdampak pada otak, beda dg orang stroke... Seharusnya ga bisa... Ya sudahlah marilah kita lihat besoknya, gmana kejadiannya...

Ane baca beritanya "kalo orang lain yg make nanti tersetrum, beda jika yg memakai saya"

Terkesan janggal, seperti menutup2i. Seolah tdk ingin orang lain membuktikan kebenaran alat tsb...

Jd ingat kasus blue energi yg sampai2 presiden saat itu pak sby mengapresiasi besar2an...
Calon energi masa depan, eh swbulan dua bulan ternyata hoax...


Iya. Btw, lebih tepatnya gue gak nyimak kenapa dia tangan kirinya paralyzed, yg gue fokus itu exoskeleton dan EEGnya.

Haha, bullshit lah beneran. Ini bukan janggal lagi. 100% bullshit.