alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a0654d94786874378b4569/jepang-indonesia-terlalu-pendiam-dalam-isu-laut-china-selatan
Jepang: Indonesia Terlalu Pendiam dalam Isu Laut China Selatan
Quote:Jepang: Indonesia Terlalu Pendiam dalam Isu Laut China Selatan



Jakarta - Pemerintah Jepang berharap Indonesia lewat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, bisa melakukan sesuatu yang lebih terkait isu Laut China Selatan (LCS) karena menyangkut kepentingan banyak negara ASEAN. Jepang menilai Indonesia terlalu pendiam terkait konflik tersebut, padahal Indonesia bisa memainkan peran penting untuk mengatur posisi ASEAN.

“Dua minggu lalu, Ibu Retno melakukan pidato kebijakan luar negeri. Dia dengan jelas mengatakan Pulau Natuna milik Indonesia. Itu saja, tidak lebih. Tidak ada pesan lagi terkait isu itu. Kami berharap ada lebih dari itu,” kata Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kozo Honsei, saat berkunjung ke kantor Berita Satu Media Holdings di Jakarta, Rabu (20/1).

Kozo mengatakan Indonesia memang bukan salah satu pihak yang bersengketa dalam LCS, tapi bukan tidak mungkin ekskalasi konflik meluas sampai Indonesia. Negara ASEAN yang terlibat langsung konflik itu antara lain Filipina dan Vietnam.

"Saya pikir, Indonesia tidak hanya punya sekretariat ASEAN di Jakarta, tapi juga kekuatan kebijakan luar negeri tradisional yang bisa dipakai untuk mengatur posisi kuat (ASEAN) dalam isu ini," kata Kozo, yang baru menempati jabatannya sebagai wakil dubes.

Dia menambahkan konflik LCS pertama kali didiskusikan di tataran ASEAN atas inisiatif Mantan Menlu RI Marty Natalegawa. Menurutnya, Marty kala itu bersikap lebih aktif untuk berkoordinasi dengan banyak bangsa ASEAN.

“Mungkin negara lain seperti Indonesia akan mengalami konflik seperti itu di masa depan jika mereka tidak melakukan apa pun,” katanya.

Kozo mengatakan Tiongkok sedang berusaha memperluas lautnya, sehingga nantinya kapal ikan Tiongkok pun bisa datang ke Indonesia. “Zona ekonomi eksklusif Indonesia bisa menjadi kawasan yang kontroversial,” ujarnya.

Jepang: Indonesia Terlalu Pendiam dalam Isu Laut China Selatan

Menurutnya, Jepang mungkin saja membawa perselisihan LCS ke pengadilan internasional seperti yang dilakukan oleh Filipina. “Kami harus melakukan sesuatu,” tambahnya.

Sekretaris Kedua Bidang Informasi dan Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Eriko Nakano, mengatakan Indonesia bisa memainkan peran penting untuk menjembatani ASEAN dan Tiongkok. Dia mengatakan isu LCS seharusnya tetap dibicarakan, meskipun hubungan ekonomi antara Indonesia dan Tiongkok sangat erat.

“Kami khawatir, Indonesia tetap pendiam tentang isu LCS ini. Tapi seharusnya melakukan sesuatu atau sikap lebih tegas, lebih jelas tentang isu ini,” kata Eriko, yang ikut mendampingi dalam kunjungan ke kantor Berita Satu

Jepang: Indonesia Terlalu Pendiam dalam Isu Laut China Selatan

http://www.beritasatu.com/dunia/3431...a-selatan.html


r̷a̷m̷b̷u̷t̷ ̷b̷o̷l̷e̷h̷ ̷s̷a̷m̷a̷ ̷s̷a̷m̷a̷ ̷h̷i̷t̷a̷m̷ ̷t̷a̷p̷i̷ ̷s̷o̷a̷l̷ ̷n̷y̷a̷l̷i̷ ̷b̷e̷l̷u̷m̷ ̷t̷e̷n̷t̷u̷ ̷s̷a̷m̷a̷ ̷ emoticon-Traveller
Jepang: Indonesia Terlalu Pendiam dalam Isu Laut China Selatan
tenang aja negara kita militernya setrong emoticon-Ngakak
trus banyak uclim yang bisa jihad ntar kalo perang emoticon-Ngakak
takut ama china emoticon-Ngakak
bicara nyali tapi gag punya nyali.
hmmmm...
tai ada si fez segala emoticon-Wakaka
diam itu takut jenderal emoticon-Cool
jepang lagi nyari kawan buat ngelawan tiongkok emoticon-Ngakak

Lha ini jepun menghina ketegasan jongoswi.
Ayoo nastak serbu jepun.
kalo indo perang yg susah malay sm singapor kn dampak eksodus...lain halnya jk sing dn malay yg perang indo msh byk tempat buat nampung....jd jepun jgn lempar isu lah...sejak jaman majapahit pun org indo doyan perang apalagi perang demi sepak bola udah bnyk lah korbanya....
cewek gitu, tp masih mending lah daripada yg cuma bisa bacod "bapakoe doeloe, bapakoe doeloe"

Natuna Diproyeksikan Jadi Pearl Harbour Indonesia

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna menginginkan agar Natuna menjadi Pearl Harbour bagi Indonesia dalam menjaga kedaulatan negara.

"Ya itu harus, Natuna harus diperkuat karena itu (penguatan Natuna) juga rencana saya. Bila perlu kita jadikan Pearl Harbour-nya Indonesia, untuk mengawasi wilayah kita yang begitu luas," ujarnya di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Menurut Agus, Natuna perlu dibangun pangkalan yang betul-betul sesuai untuk melaksanakan operasi Angkatan Udara (AU). Termasuk juga dermaga-dermaga lautnya juga harus diperkuat.

"Penempatan skuadron pesawat tempur tidak perlu di Natuna, sebab pesawat tempur dalam waktu singkat sudah bisa berada di sana. (Fasilitas atau sarana) itu yang dibutuhkan seperti, bunker-bunker, enggak bisa parkir biasa, nggak boleh harus bunker," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal Purn Ryamizard Ryacudu berencana meningkatkan pertahanan laut dan udara di Kepulauan Natuna, menyusul meningkatnya tensi di Laut China Selatan (LCS).

"Ya nanti bulan depan Natuna kita akan lengkapi, landasan kita perpanjang, ada pelabuhan besar paling tidak bisa menampung empat kapal kemudian pesawat-pesawat besar," ujarnya.‬


-----

Kalau trit di formil:
http://m.kaskus.co.id/thread/559fa850c1cb17185a8b4569/dimanakah-tni-akan-bangun-pangkalan-militer-baru-di-lcs/1
hmmm... penyajian berita yang sangat kreatif dan inspiratif emoticon-Cool
dobolll....
udah dapet duit dari cina ya makin melempem pemerintah emoticon-Big Grin
Kemarin ada yg congor nya bilang kita buat rame...

jepang lg ngomporin niy emoticon-Big Grin
meski Indonesia negara dgn segala.prestasi buruk
tp dengan pernyataan ini, Indonesia adalah negara yg cukup disegani
Kalo perlu Kita bikin rame emoticon-Mad
kata joko kan kalau dah rame baru ikutan emoticon-Ngakak (S)
kemaren jauh-jauh dateng ke timur tengah buat damaiin arab-iran
sekarang gimana ?
china vs negara asean + jepang
Tenang gan, emoticon-Betty (S)