alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a04777507410544c8b4567/kakek-renta-menang-rp-1-m-begini-represifnya-presiden-soeharto-ke-wimanjaya
Kakek Renta Menang Rp 1 M, Begini Represifnya Presiden Soeharto ke Wimanjaya
Kakek Renta Menang Rp 1 M, Begini Represifnya Presiden Soeharto ke Wimanjaya

Quote:Kakek Renta Menang Rp 1 M, Begini Represifnya Presiden Soeharto ke Wimanjaya

Jakarta -
Rezim otoriter Orde Baru ternyata bukan mitos. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) memutuskan Presiden Soeharto melakukan abuse of power terhadap Wimanjaya sehingga negara wajib memberikan ganti rugi Rp 1 miliar kepadanya.

Pemilik nama Prof Dr Wimanjaya Keeper Liotohe itu mulai melakukan serangkaian kritikan terhadap rezim Orde Baru pada tahun 90-an. Di mulai dengan meluncurkan buku Primadusta di Balai Kota Diemen, Amsterdam, Belanda pada Oktober 1993. Di buku ini, Wimanjaya membeberkan kejahatan HAM yang dilakan Soeharto pada tahun 1965. Buku ini membuat telinga Soeharto merah padam.

Sepulangnya dari Belanda, Wimanjaya langsung diciduk aparat. Ia mendapat intrograsi dari Kejaksaan Agung sebanyak tiga kali, kepolisian lima kali, Kejaksaan Tinggi satu kali dan menghadapi 12 jenderal untuk menjelaskan tentang buku tersebut.

Sejak Januari 1994, ia mulai mengantongi status sebagai tahanan politik. Seluruh bukunya dihilangkan, dirinya dicekal ke luar negeri. Rezim kala itu telah melakukan serangkaian tindakan discrepenacy of law (cacat hukum). Pencejalan ini dikeluarkan lewat SK Jaksa Agung Nomor KEP-068/D/Dp.2/10/1997 tertanggal 23 Oktober 1997.

Akibat kekritisannya kepada rezim, Wimanjaya harus meringkuk di penjara selama 2 tahun tanpa dosa. Tidak hanya Wimanjaya, rezim otoriter kala itu juga melakukan serangkaian teror kepada keluarganya, baik secara fisik maupun mental.

Pencekalan dirinya baru dicabut dengan keluarnya SK Jaksa Agung Nomor B.970/D.2/Dp.2/11/1998 tertanggal 20 November 1998 atau beberapa bulan setelah Soeharto tumbang. Kala itu, ia tidak mau menjadi penonton di belakang layar televisi dan ia memilih ikut menduduki Gedung DPR selama tiga hari tiga malam hingga Soeharto berhenti.

Quote:Kakek Renta Menang Rp 1 M, Begini Represifnya Presiden Soeharto ke Wimanjaya

Atas proses hukum yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah HAM ini, Wimanjaya lalu mengajukan ikhtiar hukum. Salah satunya meminta ganti rugi ke ke negara atas apa yang dialaminya. Gugatan pun dilayangkan ke PN Jaksel yang meminta ganti rugi sebesar Rp 126 miliar.

Dalam jawabannya, negara yang diwakili Kejaksaan Agung menyatakan tuntutan tersebut sudah kedaluwarsa. Selain itu, Kejaksaan Agung menilai gugatan tersebut tidak memenuhi unsur perbuatan melawan hukum. Wimanjaya juga dinilai tidak bisa membuktikan adanya hubungan sebab akibat antara apa yang dialaminya dengan kerugian yang dituntutnya.

Namun siapa nyana, PN Jaksel mempunyai keyakinan lain.

"Bahwa rangkaian tindakan Tergugat tersebut adalah perbuatan melawan hukum (melakukan penahanan, perpanjangan penahanan, mengajukan tuntutan, pencekalan, melarang beredarnya buku penggugat, selama menjalani tindakan tersebut penggugat beserta keluarganya mengalami tekanan/teror baik fisiklahiriah maupun mental batiniah)," ujar majelis hakim PN Jaksel yang dikutip detikcom dari website Mahkamah Agung (MA), Kamis (21/1/2016).

Menurut majelis, akibat perbuatan itu, maka Wimanjaya mengalami kerugian besar baik pribadi maupun keluarganya, secara materil dan imateril sebagaimana diatur Pasal 1365 KUHPerdata. Perbuatan yang dilakukan pemerintah kala itu merupakan tindakan yang tidak bisa dibenarkan secara hukum.

"Situasi tersebut merupakan abuse of power yang dilakukan oleh pemerintah atau adanya penyalahgunaan kewenangan penguasa," ujar majelis dengan suara bulat.

Untuk memberikan putusan yang seadil-adilnya, PN Jaksel menilai perlu ganti rugi yang sesuai dengan apa yang dialami oleh Wimanjaya. Mengingat perjuangan penggugat dalam memperjuangkan haknya selaku warga negara untuk tetap hidup layak, walaupun sumber nafkah hidup terbelenggu oleh pemerintah.

"Mengingat situasi dan kondisi saat ini maka majelis berpendapat adalah adil jika Tergugat (Pemerintah cs Kejaksaan Agung) membayar ganti rugi atas apa yang dilakukan pemerintah terhadap penggugat sebesar Rp 1 miliar," ucap majelis yang terdiri dari Ahmad Yunus, Yuningtyas Upiek Kartikawati dan Nelson Sianturi.

Quote:Kakek Renta Menang Rp 1 M, Begini Represifnya Presiden Soeharto ke Wimanjaya

"Perhitungan mana didasarkan pada kelayakan, kepantasan, keadilan serta kemanfaatan bagi penggugat," sambung majelis dalam putusan yang diketok pada 4 Agustus 2015 lalu.

Kasus ini belum berkekuatan hukum tetap karena jaksa masih mengajukan banding.

Kini kakek yang menapak usia 82 tahun itu hidup sederhana di sebuah rumah kecil di sebuah gang di Jakarta Selatan. Ia tinggal bersama istrinya yang mulai sakit-sakitan. Selain menggugat atas tindakan represif ke PN Jaksel, ia juga tengah menggugat penyerobotan tanah miliknya oleh rezim Soeharto di Bogor ke Pengadilan Negeri (PN) Cibinong.


http://news.detik.com/berita/3123360...o-ke-wimanjaya

buat nambah wawasan ABG alay-ers yg suka ngomong zaman soeharto lbh baik dr yg skrg.. emoticon-Matabelo
reserved
ya biar rasain aja balik ke jaman mbah, biar tau rasanya identitas dimatikan, dan diperlakukan kek wimanjaya itu emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By kopiluwak123
ya biar rasain aja balik ke jaman mbah, biar tau rasanya identitas dimatikan, dan diperlakukan kek wimanjaya itu emoticon-Nohope


Untuk sekarang sepertinya masih perlu jaman itu di jalankan lagi. Liat aja seperti di BP ini, saling hujat.
pencitraan pemerintahaan jaman jokowi utk menjelek jelekkan suharto dan logo "penak" nya.









ya gak takbung?
Jangan puas hati dulu ya prof,,, perjalanan masih panjang.... coz masih ada episode lainnya....
Kalo kgak salah dulu habis prima dusta beredar kartu remi bergambar ncang ato sebagai jawaban dari legalnya judi (sdsb/porkas) emoticon-Embarrassment

Edit: noh siridwan saidi juga harusnye dapet duit jga ,muke gile juga ntuh aki2 sama ncang ato wkwkwk emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By kopiluwak123
ya biar rasain aja balik ke jaman mbah, biar tau rasanya identitas dimatikan, dan diperlakukan kek wimanjaya itu emoticon-Nohope


masi banyak tokoh2 yg diperlakukan seperti ini..
bahkan ada yg sampe dipenjara kayak A.M Fatwa
Quote:Original Posted By maya.asar


Untuk sekarang sepertinya masih perlu jaman itu di jalankan lagi. Liat aja seperti di BP ini, saling hujat.

tindakan tegesnya perlu, tapi sisanya ? jangan ah emoticon-Ngacir
Yang komplen orba gak enak itu orang kaya yang gak dapat kebagian remahan roti proyek negara.

Klo rakyat jelata PASTI bilang enakan orba. Coba adain survey nasional gih, dengan peserta usia 30 tahun ke atas.
Quote:Original Posted By wenastracy
Yang komplen orba gak enak itu orang kaya yang gak dapat kebagian remahan roti proyek negara.

Klo rakyat jelata PASTI bilang enakan orba. Coba adain survey nasional gih, dengan peserta usia 30 tahun ke atas.


Setuju gan. Jaman si mbah dulu, masih smp sma nongkrong jalan malem dikampung kagak takut begal. Beda sama sekarang
bapa gw mpe g bisa lulus dr ui gara2 orba
Quote:Original Posted By SENSORpan


masi banyak tokoh2 yg diperlakukan seperti ini..
bahkan ada yg sampe dipenjara kayak A.M Fatwa

banyak gan, etnis minoritas dulu diperlakukan kek apa pas jaman orba emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By wenastracy
Yang komplen orba gak enak itu orang kaya yang gak dapat kebagian remahan roti proyek negara.

Klo rakyat jelata PASTI bilang enakan orba. Coba adain survey nasional gih, dengan peserta usia 30 tahun ke atas.

sempit banget ya mikirnya emoticon-Cape d...
berarti gw juga bisa bilang ddonk yang bilang jaman orba enak dapet remahan roti proyek cendana ya emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By SENSORpan


masi banyak tokoh2 yg diperlakukan seperti ini..
bahkan ada yg sampe dipenjara kayak A.M Fatwa


Doel sumbang jga "kangen ke kodim" sering kluar masuk penjara tuh iwan fals kgak ada apa2nye sama doel sumbang ,album sono ka kodim sempet ditarik buat ngapus beberapa lagu baru boleh diedarin lagi tapi si sumbang kgak ade kapoknye wkwkw kacaw dulu dagh emoticon-Ngakak (S)
Ps: kaset sisumbang lebih mahal harganye dibanding band luar emoticon-Peace
Belom lagi band luar negeri yg ngamuk2 ditoko kaset dia sobek2 pita kaset dia injek2 semua kaset yg ada dintuh toko (ps band ini terkenal bangat) jakarta,dulu pembajakan legal gegara kjadian itu band dunia internasional rame2 pantang manggung diindo,baru dah kaset2 mulai diprodiksi secara legal (bayar royalti) tuh sejarah permusikan bro sayang gw dah lupa2 inget segaka sisi dilarang duli,,udaah aah ntar gua dikarungin lagi emoticon-Ngacir
Tuh teror pasti dalangnya termasuk prabowo.
Uda berperan besar ikut ngancurin negara jaman suharto, nyulik dan bunuh rakyat, masih aja ngimpi jd presiden
Nilai ganti rugi ga seberapa, tapi kemenangan moral itu yg penting emoticon-Traveller
hanya org gila yg bilang rezim harto lebih baik
Quote:Original Posted By maya.asar


Setuju gan. Jaman si mbah dulu, masih smp sma nongkrong jalan malem dikampung kagak takut begal. Beda sama sekarang


yakin? atau cuma krn gak ada masuk berita? emoticon-Big Grin

lu aman dr penjahat, tapi ente tau gak penjahat sebenarnya? emoticon-Big Grin

jaman dulu lu ribut sama penjahat tp penjahatnya keluarga aparat, maka dipastikan lu yg selesai. jaman sekarang media yg berperan penting melawan tindakan abuse of power. jaman dulu media ibaratnya mesti ijin dulu ke rejim buat bikin berita. apalagi yg urusannya ke pemerintah emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By ryzkey2187
hanya org gila yg bilang rezim harto lebih baik


Saya masih "waras" sehat jasmani dan rohani
dan menurut saya over all dengan plus minusnya orba masih lebih baik emoticon-Malu (S)
bagus dah.
bisa jd angin segar buat yg senasib sama beliau.
×