alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a035fdde2cf222668b4569/harga-minyak-terus-anjlok-pertamina-tahan-penurunan-harga-bbm--ini-alasannya
Harga Minyak Terus Anjlok Pertamina Tahan Penurunan Harga BBM, Ini Alasannya
Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menahan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) meski harga minyak dunia terus merosot. Hal tersebut dilakukan untuk menutupi kerugian.

Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, ‎Pertamina melakukan subsidi silang dari sektor hulu dan hilir minyaknya ketika harga minyak dunia mengalami penurunan.

Yaitu keuntungan sektor hilir dalam penjualan BBM digunakan untuk menutupi kekurangan sektor hulunya, dengan cara menahan harga BBM.


"Tentu kami berharap ada subsidi antara stream dan down stream," kata Dwi, di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Dwi menuturkan, saat harga minyak menurun hingga US$ 27 per barel, biaya produksi minyak pertamina sekitar US$ 22-US$ 24 per barel. Namun biaya tersebut belum ditambah dengan biaya transportasi.

"Masih sekitar US$ 22- US$ 24. Tapi masih ada biaya untuk pendistribusian. Jadi perlu biaya transportasi lagi," ujar Dwi.

Dwi menuturkan, selain menerapkan subsidi silang, Pertamina juga melakukan efisiensi dengan memotong biaya produksi hingga 30 persen pada sektor hulu.‎


"Sekarang yang jelas kita terpukul di up stream. Up stream tidak rugi saja kita harus potong cost of production 30 persen," ujar Dwi. (Pew/Ahm)



http://bisnis.liputan6.com/read/2416...unan-harga-bbm





kalimat sakti nya keluar emoticon-Ngakak
kenapa rakyat cuma diam?
Quote:Original Posted By mobil.bergoyang
kenapa rakyat cuma diam?


yg tukang demo dan rusuh udah dapet kursi empuk emoticon-Ngakak
loh bukannya bbm yg dijual di spbu itu import semua?
kagak ada hubungannya dengan sektor hulu hilir donkemoticon-Wakaka
ini perusahaan dagelan apa dari dulu mencla mencle mulu kalo udah bicara harga bbm terutama setahun terakhir di rezim koowi yg sekarang mencla mencle nya makin kelihatanemoticon-Wkwkwk
pertamina itu sebaiknya bubar saja cuma jadi beban rakyat karena menjual harga bbm diatas harga pasaran.
perlu dicatat selama ini harga bbm dimonopoli pertamina. bisa dikatakan pertamina ini salah satu biang kerok penyebab kenaikan harga kebutuhan bahan pokok di indonesia.
perusahaan vampir parasit penghisap darah rakyat iniemoticon-Najis
ron92 shell udah 8350, pertamax masih aja 8500...hell yeah
emang nya 100 % import tuh minyak mentah nya ?
yg hasil produksi di dalem negri jatah pemerintah kok ga ada itungannya ? kan mestinya cuma bayar biaya aja
mekanisme pasar kampret..

baru di rezim ini rakyat mensubsidi pegawai pertamina biar bisa tetep hepi2 emoticon-Sorry
kata siapa nggak mengikuti harga pasar
PREMIUM ngikut harga pasar gembrong
PERTAMAX ngikut harga pasar senen
PERTADEX ngikut harga pasar santa
SOLAR ngikut harga pasar cipinang
jadi jangan pada protes dah
Udah lah dibuka aja keran BBM biar pasar yang nentuin. Kalo masih kek sekarang, inefisiensi di pertamina, bakal kecover terus sama kebijakan harga.
Alesan mulu... emoticon-Traveller
Harusnya pas harga tinggi subsidi silang juga dunk pak
yang hulu subsidi yang hilir

Giliran rugi hulunya subsidi
giliran untung hulunya dimakan sendiri

emoticon-Hammer2
hell yeah...................Pertamina Strong....Harga naik buru-buru bikin harga baru...harga turun ,buru-buru bikin alasan Pertamina rugi.
Quote:Original Posted By onxafn
Harusnya pas harga tinggi subsidi silang juga dunk pak
yang hulu subsidi yang hilir

Giliran rugi hulunya subsidi
giliran untung hulunya dimakan sendiri

emoticon-Hammer2


Semua untung BUMN itu kembali ke pemerintah gan...
LTrrus rakyat yg harus nanggung gitu?
USD 27 + USD 24 = USD 51

USD 51 x Rp 14000 = Rp 714.000

Rp 714000 / 159 = Rp 4.491 / liter

Rp 4.491 + 2% (biaya distribusi, dapet dari thread lain) : Rp 4.581

Rp 4.581 x 10% ppn = Rp 458,1

Rp 4.581 x 5% PBBKB = Rp 229,05

Rp 4.581 + Rp 458,1 + Rp 229,05 = Rp 5.268,15 / liter (ini blm tau Ron berapa hitungannya)

CMIIW yah..semua pasti ada salahnya dan mohon di koreksi..

bila Rp 5.268,15 nya itu adalah Ron 95, brapa dong ron 88? dan berapa harga Ron 95 sekarang? emoticon-Big Grin
perusahaan kalau rugi kenapa dipertahankan seharusnya sudah ditutup.
Logika nya : kalau perusahaan rugi atau tidak ada keuntungan kenapa masih tetap jalan
sudah ketahuan itu korup nya dan mafia nya besar disana.
Minyak dunia naik cepet banget naiknya...

Giliran turun.. gak turun2 pake banyak alasan..emoticon-Cape d... (S)
Rezim tipu tipu.
Quote:Original Posted By mobil.bergoyang
kenapa rakyat cuma diam?


Rakyat yg skrg goblok2
Klo dulu pinter2 sampe bisa bikin buku putih