alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a030ce9252338b658b4568/pasokan-pakan-susah-harga-daging-ayam-naik-tak-wajar
Pasokan Pakan Susah, Harga Daging Ayam Naik tak Wajar
Pasokan Pakan Susah, Harga Daging Ayam Naik tak Wajar

YOGYAKARTA, (PRLM).- Kenaikan harga daging ayam di Bantul melonjak drastis. Dalam dua hari harga ayam naik Rp6.000. “Baru dua hari lalu harganya Rp34.000 satu kilo sekarang sudah Rp 40.000,” tutur Ramdan (43), salah satu penjual di Pasar Bantul, Selasa (12/1/2016).

Krisis daging ayam, kata dia, diduga pemicu melonjaknya permintaan daging ayam sata musim libur beberapa waktu lalu, melainkan karena pasokan di peternak ayam berkurang. “Harga pakan itu naik dari Rp 7.000 jadi Rp 8.500 per kilogram,” ujarnya.

Selain disebabkan kenaikan harga pakan, perubahan iklim saat ini diduga menjadi pemicu munculnya wabah penyakit unggas dan mengakibatkan produksi ayam terganggu. “Kami kan punya relasi, saya cek untuk luar daerah masih normal, ini hanya terjadi di DIY,” tuturnya.

Meskipun demikian, Ramdan mengaku masih beruntung. Pasalnya, perusahaan pemotongan ayam masih memberinya setoran daging sampai sekarang meski jumlahnya berkurang drastis. Bila biasanya sehari ia mendapat pasokan hingga 200 kilogram kini hanya 100 kilogram.

Ramdan berharap pemerintah segera turun tangan menstabilkan harga pakan agar usaha peternakan ayam tidak terpuruk. Kondisi ini menurut dia tidak hanya merugikan peternak dan pedagang ayam, melainkan juga konsumen yang harus membeli daging dengan harga tinggi.

Sementara itu, pengelola Rumah Pemotongan Ayam di wilayah Kabupaten Bantul, Yogyakarta, kesulitan mendapatkan pasokan hewan unggas tersebut sejak beberapa pekan terakhir.

"Sudah beberapa pekan ini sulit, saya cari ke mana-mana sampai saya bela-belain (paksakan) tidur di kandang untuk cari ayam," kata Pengelola Rumah Pemotongan Ayam (RPA) Dusun Keongan, Desa Sabdodadi, Bantul, Sukiswanto (48).

Menurut dia, sulitnya mencari pasokan ayam dari peternak sejak akhir 2015 tersebut mengakibatkan jumlah ayam yang mereka potong berkurang dibanding sebelumnya atau pada saat kondisi normal. Jika pada hari biasa bisa memotong sekitar satu ton daging ayam, namun saat ini pemotongan ayam sangat tidak menentu dan bisa berkurang hingga separuhnya atau rata-rata lima kuintal daging.

"Namun itu masih mending, karena kami (RPA) masih bisa beroperasi meskipun stok ayam sedikit, saya dengar ada beberapa rumah potong ayam yang tutup sementara karena kesulitan mendapat ayam," katanya. (Wilujeng Kharisma/A-88)***

Sumur Apa2 Meroket:

http://www.pikiran-rakyat.com/ekonom...naik-tak-wajar

Daging meroket, ayam+telur meroket, sembako meroket, utang meroket, harga bbm selalu meroket, listrik meroket, pengangguran meroket... Benar2 jaman ini jaman ISIS= Ini Susah Itu Susah.
emoticon-Big Grin

Kabinet profesional, manajemen kuontrol menit ke menit pale lo peyang emoticon-Blue Guy Bata (S)


Pasokan Pakan Susah, Harga Daging Ayam Naik tak Wajar
gile bener serba naiknya
ayam saja , sudah mulai gak wajar
Kecepret
Anjrit mentri perdagangan ucup ne .. Inflasi di semua harga sembako .. Ditambah ekonomi melambat . siap2 chaos aja ne lama2
Makan tempe aja dah.

Sebenarnya dananya ada...
loh betul kan meroket.. brarti gak bohong kan ... prestasi itu
gaji kapan meroketnya...
Quote:Original Posted By jeki_brauns
Makan tempe aja dah.

Sebenarnya dananya ada...



Tempe lagi tempe lagi, lama2 beneran kita jd bangsa tempe emoticon-Hammer2 (itu jg klo tempe tahu g ikutan naik )

Kayak malaysia dong, harga daging cuma 60ribuan/kg, setiap hari tiap keluarga rata2 beli 1/2 kg daging. Makanya tambah cerdas2 org malay, tambah maju negaranya. Nah kita tambah enak + maju gak sejak 2014 ga? Apa2 salah urus... emoticon-Cape d...
Jangan makan ayam, boikot daging ayam mulai sekarang..
Mending makan tahu..bulat..digoreng..dadakan..anget anget..500 an..gurih gurih enyoy..
Ikan mahal, ayam mahal, daging sapi mahal

Nikmat jokita mana lagi yang kau dustakan?
Quote:Original Posted By kinnikumann
Jangan makan ayam, boikot daging ayam mulai sekarang..
Mending makan tahu..bulat..digoreng..dadakan..anget anget..500 an..gurih gurih enyoy..


Gorengan pinggir jln dkt rmh gw di bandung baru aj kmarin naik dr 500/biji jd 2000 3. Sbnarnya di jkt dr dulu uda 2000 3 disini msh murah emoticon-Big Grin
coba ditanya ama produsen ayam terbesar di indo.. emoticon-Malu (S)
dia kan nguasain dari hulu sampe hilir ayam emoticon-Big Grin
ayam kampus masi stabil di pangkuan, emoticon-Malu (S)
ane adalah pdagang ayam di pasar kecil, normalnya daging ayam disini 29k-30k tp sekarang naik 33k-34k.
pembeli sepi gan, yah tp mau gimana lagi harga daging mahal cz harga jagung mahal. disatu sisi petani diuntungkan krn harga jagung mahal di sisi lain pedagang susah karena harga daging mahal
Quote:Original Posted By anggajbr
ane adalah pdagang ayam di pasar kecil, normalnya daging ayam disini 29k-30k tp sekarang naik 33k-34k.
pembeli sepi gan, yah tp mau gimana lagi harga daging mahal cz harga jagung mahal. disatu sisi petani diuntungkan krn harga jagung mahal di sisi lain pedagang susah karena harga daging mahal


Wuih mantrap pedagang lgsg yg komeng.
Smalem ane makan di pecel ayam/lele, sambil nunggu pesenan ane nanya ke yg jualan beli ayam seekor brp, dia blg 40. Biasanya brp klo g naik? Kmrin2 sih 32 katanya.

Iya gan kasihan yg jualan ayam dan daging, plg pd beralih ke ikan, tahutempe. Tapi ga tau deh pd naik jg ga tuh emoticon-Bingung (S)

cuman di jogja yah??
disolo masih wajar2 aja harganya
Ulah KMP nih.. Tinggal Gerindong doang yah yang di KMP.. emoticon-Ngakak
jangankan manusia...Hewan pun kesulitan pakan di jaman Jokowi emoticon-Toast
Ini gara2 teroris sarinah apa gara2 kopi vietnam?