alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a0127614088d62688b4568/menjadi-penulis-profesional-tanpa-typo
Menjadi Penulis Profesional Tanpa Typo
Ijin Posting
Spoiler for :


Spoiler for :


Quote:Memang sangat sulit untuk menjadi penulis profesional, akan tetapi langkah awal yang bisa kita tempuh adalah dengan mengurangi typing error

Banyak sekali fenomena typo saat ini, terutama dalam ranah media seperti di dunia maya, maupun di layar televisi. Ini terjadi bukan sekali atau dua kali, bahkan terjadi berkali-kali hingga menjadi perbincangan atau bahan guyonan para masyarakat. Di dunia yang serba digital ini memang bukan hal yang mudah untuk menghindari dari kesalahan typo. Akan tetapi, bukan berarti kita harus pasrah dengan keadaan, minimal kita dapat menguranginya.

Saat kita membuat sebuah artikel, lalu kita publish saat itu. Alangkah senangnya apabila saat itu juga ada yang langsung merespon artikel kita, dengan memberikan komentar. Setelah kita cek pada komentar tersebut, bukannya tulisan yang mengomentari isi dari artikel tersebut, akan tetapi mengingatkan kita pada kesalahan typo kita. Njleb banget kan?

Pasti kalian pernah mengalami kejadian tersebut, mungkin di status anda, laporan anda dll. Sebagai penulis, biasanya kita lebih fokus kepada ide & isi apa yang ada dalam suatu konten, tanpa memperhatikan teknisnya. Serta kita sering juga mengesampingkan EYD yang merupakan aspek paling dasar pada tulisan.

Spoiler for :


Kenapa Typing Error Bisa Terjadi ?

Menurut hasil penelitian dari University of Sheffield di Inggris yang dilakukan oleh psikolog Tom Stafford menyatkan bahwa typing error terjadi saat kita berupaya untuk mengucurkan sebuah proses pemikiran pada level tinggi.

Maka, dengan fokus hal itu, kita lebih mengesampingkan apa yang kita tulis dan lebih berfokus pada isi konten tersebut. Sehingga banyak tulisan yang menjadi singkat/salah karena otak kita sudah tahu apa yang ingin kita sampaikan.

Ada beberapa hal yang bisa lakukan untuk mengurangi typing error. Dibawah ini ada beberapa tips untuk menguraninya.

Pahami Kekurangan Anda

Sebelum melakukan pengecekan, usahakan anda mengetahui letak dimana anda sering berbuat typo.

Cetak Hasil Tulisan

Ada baiknya kita mencetak hasil tulisan kita, lalu mengkoreksinya. Mata kita menjadi lebih ringan dengan tidak bertatap muka langsung dengan layar komputer.

Membaca Dengan Suara

Ini mungkin terdengar tidak begitu familiar, akan tetapi anda harus melihat lingkungan sekitar anda sebelum mencobanya.

Mintalah Yang Lain Untuk Mengkoreksi

Dari sekian banyak cara diatas mungkin ini cara yang lebih efektif. Kenapa? Karena pada dasarnya seseorang itu cenderung mencari kesalahan-kesalahan orang lain. Sifat inilah yang sangat berguna untuk kita manfaatkan dalam dunia penulisan. Teman anda tidak mau? Itu urusan lain.

Kesimpulan :

Penulisan yang baik tidak hanya terjadi pada kesempurnaan konten, tetapi juga dari menggunaan EYD yang baik dan benar. Typo mungkin tidak bisa kita hindari, tetapi minimal kita berusaha untuk menguranginya. Ada masukan yang lain? Saya tunggu ide dari anda pada kolom komentar.





Sumbere : here
Ane gak pernah kepo gan... emoticon-Cool
Ane pernah bikin trit tentang kesalahan dalam berbahasa Indonesia, eh judulnya kelupaan satu huruf.emoticon-Cape d...
Tapi untung sudah diperbaiki oleh momod funk.
Nice share gan emoticon-Big Grin
Typo tuh kuda nil yah?