alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/569f56821a9975784c8b4568/struktur-tidak-kuat-jalan-pluit-permai-ambles
Struktur Tidak Kuat, Jalan Pluit Permai Ambles
Quote:

Struktur Tidak Kuat, Jalan Pluit Permai Ambles

[JAKARTA] Banyaknya kendaraan berat yang melintas di Jalan Pluit Permai, Rukun Warga (RW) 05 Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara membuat jalan yang lokasinya berdekatan dengan Waduk Pluit amblas pada Selasa (19/1).

Selain itu keberadaan pengerjaan proyek pembangunan pipa gas yang melintasi jalan tersebut semakin membuat struktur jalan semakin labil dan tidak kuat menahan tonase dari truk kontainer maupun truk pengangkut pasir.

Dari hasil pemantauan di lokasi, Jalan Pluit Permai yang menghubungkan Jalan Pluit Timur Raya dengan Jalan Jalan Pluit Barat Raya mengalami patahan dengan ukuran 5x3 meter dan kedalaman hingga satu meter yang lokasi persisnya berada di pertigaan depan Pos Pantau Polisi Sub-Sektor Waduk Pluit.

Wandi (45), warga Bekasi yang sedang melintasi di jalan tersebut mengatakan ‎amblesnya jalan tersebut sangat membahayakan pengguna jalan baik sepeda motor maupun mobil yang melintas.

"Kalau gak hati-hati bisa terjadi kecelakaan ini mas, harusnya pihak terkait langsung tanggap memperbaiki jalan ini, jangan hanya saling melempar tanggung jawab," ujar Wandi, Selasa (19/1).

Akibat jalan yang tiba-tiba ambles sekitar Pukul 10.00 WIB tersebut, pengendara motor sempat memperlambat kendaraannya bahkan adapula yang menghentikan kendaraan mereka sehingga membuat kepadatan arus lalu lintas.

Barulah pada sekitar Pukul 15.00 WIB, para pekerja kontraktor dari proyek gas mulai memasangi pagar seng di area jalan yang amblas dan memperbaiki jalan yang amblas tersebut menggunakan alat berat.

Berbagai perlengkapan perbaikan jalan seperti tulang besi cor-coran, batu bata, maupun semen dan pasir sudah mulai ditempatkan di area sekitar jalan yang amblas itu‎.

Adang (29), mengatakan amblasnya jalan disebabkan tidak ada penahan yang kuat di bagian dalam jalan sehingga saluran air dari permukiman warga menuju Waduk Pluit terganggu alirannya.

"Pondasi di bawah jalan ini kopong atau tidak berisi, makanya gak kuat saat dilintasi truk berat," ujar Adang.

Ia mengaku sudah diperintahkan oleh mandornya untuk segera memperbaiki jalan tersebut dalam waktu secepatnya agar kondisi jalan tersebut kembali seperti sediakala.

Sementara itu, Saefudin (32), salah satu petugas keamanan internal di wilayah tersebut, menuturkan seringnya kendaraan berat seperti truk kontainer dan truk bak terbuka yang melintas di lokasi itu.

"‎Soalnya disinikan memang sedang banyak proyek pembangunan dan reklamasi, jadi kendaraan berat sering lewat jalan ini, apalagi jalan disini juga sempat kena proyek pemasangan pipa gas juga, jadi makin labil tanahnya," jelasnya. [C-7/L-8]




http://sp.beritasatu.com/metropolita...-ambles/106519



weladalah....

Karakteristik tanahnya disana memang labil.
Makanya ada beberapa titik yg sering kejadian ambles. Terutama yg dekat dg rawa atau sumber air.
Diliat dr longsorannta emang keliatan tanahnya labil, mungkin gara2 tiap malem nonton balap liar bareng alay...