alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/569f20a6529a45db5b8b4569/revisi-uu-terorisme-disiapkan-setuju-enggak-gan
Poll: Setuju Atau Enggak Sama Revisi UU Terorisme?
Setuju 82.32% (312 votes)
Enggak Setuju 17.41% (66 votes)
icon-hot-thread
Revisi UU Terorisme Disiapkan! (Setuju Enggak, Gan?)
Setelah terjadinya ledakan di Jakarta beberapa hari lalu, kini pemerintah beserta lembaga tinggi negara lainnya berupaya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan aksi teror dan keamanan negara. Maka dari itu, Revisi Undang-Undang Terorisme kini disiapkan.

Quote:Payung hukum tengah dipersiapkan oleh pemerintah agar aparat keamanan dapat mengambil tindakan lebih awal kepada mereka ayng diduga akan akan melakukan aksi teror. Dengan demikian aksi teror dapat dicegah tanpa mengabaikan aspek hak asasi manusia. Rencana pemerintah ini dilakukan melalui revisi Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dan UU No 9/2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme, atau dengan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti UU.

Semua pemimpin lembaga negara sepakat memperbarui Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Kesepakatan ini muncul dalam rapat konsultasi pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (19/1) siang.


Pemerintah pun bergerak untuk mempersiapkan Revisi UU Terorisme ini gan..

Quote:Revisi UU Terorisme Disiapkan! (Setuju Enggak, Gan?)
Setelah disepakati para pemimpin negara, Pemerintah pun mulai mengambil langkah untuk merevisi UU Terorisme ini. Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengungkapkan langkah itu antara lain mempersiapkan poin-poin revisi untuk segera dimasukkan ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2016. Substansi utama yang bakal diusulkan untuk direvisi adalah perluasan kewenangan kepolisian untuk mencegah serangan terorisme.


DPR juga ikut mendukung terjadinya Revisi ini..

Quote:Revisi UU Terorisme Disiapkan! (Setuju Enggak, Gan?)
Lembaga tinggi DPR telah menyetujui Revisi UU Terorisme ini. Melalui ketuanya, Ade Komarudin, DPR mengungkapkan bahwa mereka menyetujui usulan revisi UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Menurut Ade, DPR sudah menggelar rapat khusus membahas revisi UU Terorisme tersebut.

Walau mungkin Revisi Undang-Undang ini baik untuk menjaga keamanan negara, Namun hal ini tidak lepas dari Pro dan Kontra.

Quote:Perhimpunan Advokat Indonesia melalui ketuanya Fauzi Yusuf Hasibuan mengungkapkan, Peradi sendiri mendukung upaya pemerintah untuk melakukan pemberantasan tindakan terorisme sehingga stabilitas keamanan di Indonesia tetap terjaga. Meski demikian, dalam revisi UU terorisme pemerintah juga harus membuat klasifikasi bentuk ancaman dan pihak yang melakukan ancaman tersebut.

Tetapi Setara Institute melalui ketuanya Hendardi menyatakan menilai revisi UU tentang terorisme hanya akan memanjakan aparat keamanan, khususnya Badan Intelijen Negara (BIN). Berbagai kekhususan penindakan, kategori alat bukti dan mekanisme kerja yang disediakan oleh UU 15 nomor 2003 telah menyediakan kemewahan bagi aparat untuk mengatasi terorisme.



Dan Ini gan poin-poin penting yang menjadi usulan Revisi Undang-Undang
Quote:1. Perlu memasukkan aturan kegiatan pembinaan, pencegahan dan deradikalisasi.
2. Definisi Perluasan makar.
3. Aparat keamanan bisa menindak orang atau organisasi kemasyarakatan yang menyatakan bergabung dengan kelompok radikal, apalagi jika kelompok itu telah melaksanakan pelatihan sebagai persiapan aksi teror.
4. Perlu aturan jelas untuk menindak kegiatan kelompok teroris di dunia maya atau internet.
5. Perlu diatur tindakan hukum terhadap hasutan untuk melakukan tindakan terorisme, seperti seruan berupa tulisan, ceramah, dan video



Tapi Kalau menurut ane sih, kayaknya pemerintah agak telat sih untuk melakukan deradikalisasi ini. Kayaknya harusnya udah ada sejak lama sih penyuluhan sama sosialisasi buat masyarakat ini gan.. hehehe emoticon-Peace

Nah itu dia gan mengenai Revisi Undang-Undang Terorisme yang sudah disetujui oleh para petinggi negara ini.. Ane sih setuju gan kalau nantinya Undang-Undang ini jadi direvisi, setidaknya bisa menambah keamanan di negara kita ini dan juga bisa membuat kita-kita ini hidup lebih tenang dan damai. Ane sih enggak mau kayak kemaren lagi gan, masa mau pulang aja ane was-was dan merasa enggak aman.. emoticon-Peace emoticon-I Love Indonesia

Nah Kalau menurut agan sendiri gimana gan?? Setuju enggak sama Revisi Undang-Undang Terorisme ini?

Sumur
Sumur 1
Sumur 2
Sumur 3
Sumur 4
Sumur dari Koran Kompas dan Media Indonesia 20 Januari 2016
Quote:1 SUARA UNTUK UU-SUBVERSIF
Gak..
gue ga setuju BIN dikasih kewenangan nangkap. sebaiknya jyga benahi sistem per-lapas-an teroris yg masih busuk (boleh ditengok sama hampir siapa saja, bisa komunikasi dgn dunia luar, dsb).
Baru gw yang isi pollingnya. emoticon-Hammer2
setuju! kl perlu korek keterangan siapa jaringannya udh puas dor
Mungkin di mulai dgn dilarang memakai busana yg menunjukkan doktrin delusional tertentu secara berlebihan.
Kayak ditutup seluruh badan sampe tinggal mata segaris, khan bahaya gak tahu dia nyimpan apaan di balik kostum haloweennya ..
silahkan revisi,.. asal pelaksaannaannya juga bener,....
Dengar dari wawancara di radio apa saya lupa tempo hari, orde lama dan orde baru Indonesia aman dari kasus terorisme bahkan teramat aman karena adanya uu subversif ini, Tetapi di orde reformasi,uu ini malah dihilangkan sehingga bibit radikal dan terorisme berkembang subur di Indonesia. Negara tetangga seperti Malaysia dan singapura mengikuti sistem uu subversif Indonesia dengan ISA nya menjadi aman dari kasus2 teroris walaupun diprotes PBB / UN soal menyangkut HAM, mereka cuek bebek aja.
PM Lee dulu pernah melontarkan kalau Indonesia itu bakal jadi sarang teroris waktu zaman orba tapi dibantah keras sama Din Syamsudin,Hasyim Muzadi dan 1 orang lagi saya lupa juga, kenyataan sekarang memang seperti itu gan. Protes tapi tidak mau tau lagi dengan kondisi yang terjadi,ujung2nya pakai ilmu ngeles tingkat tinggi.
setuju dengan UU Subversif diberlakukan lagi
nggak setuju bray
berantas aja brayyy sampe ke akar-akarnyaaa emoticon-I Love Indonesia
Buat yg lebih baik ya setuju2 aja
kalo ane:
terserah si boy aja dah...
kalo semua serba HAM ya gak tegas
Ane rasa gak setuju
komen sedikit bisa jadi HT ?
wew banget
Setuju
Setubuh ane gan.....
kebanyakan uu gk juga ditegakkan taek emoticon-Hammer2