alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/568a26f6507410c12c8b4567/foto-prewedding-jogja
Foto Prewedding Jogja
Hello guys, pasti banyak donk dari kalian yang suka travelling, atau juga kalian yang pencinta senja atau penikmat dari keindahan dari sunrise atau sunset. Nah, pastinya gak mau donk ketinggalan moment indah sunrise dan sunset, dan juga sebagaian dari kalian pasti juga suka mengabadikan kedua moment indah itu. (cek tempat sunset terbaik di jogja)

Sekarang ini titikfokus mau ngeshare kekalian-kalian para pemula dan siapapun penggemar fotografi tips-tips mengabadikan sunset dan sunrise, so check it out.

1. prepare semua alat tempur/ list semua barang bawaan.

Sunset dan sunrise hanya berlangsung sekitar setengah jam. Untuk itu kita harus melakukan persiapan matang sebelumnya. Pastikan datang lebih awal dan pastikan anda sudah tahu dari titik sebelah mana anda akan memotret. Agar komposisi akhir foto keren, lakukan observasi tempat sebelumnya. Untuk memastikan anda tidak terlambat , usahakan anda tahu jam berapa sunset atau sunrise akan tiba (karena jam sunset / sunrise berbeda dari lokasi ke lokasi). Juga pastikan peralatan sudah siap: kamera – lensa – tripod (jika ada) serta aksesoris lainnya sudah terpasang & disetel dengan baik, sehingga saatnya tiba kita bisa sibuk memotret bukan sibuk mengeset alat. Cek harga sewa lensa disini

2. gunakan banyak lensa

Memotret sunset dan sunrise menggunakan lensa sudut lebar (wide angle) merupakan hal yang biasa, namun jangan terpaku hanya menggunakan lensa tersebut (kalau anda memang punya pilihan lain). Manfaatkan rentang lensa yang lain, misalnya lensa tele. Jangan lupa sewa lensa-lensanya di titikfokuskamera yaaa.

3. mempertajam pengambilan siluet

Hal yang menambah daya tarik foto sunset dan sunrise adalah siluet. Siluet memberi kesan yang kuat serta memberi cerita dalam foto anda, apalagi jika anda memotret sunset atau sunrise di lokasi yang memiliki identitas kuat

4. jangan lupa membawa tripod

Tripod selain digunakan untuk membuat hasil lebih stabil, digunakan juga untuk kamu yang suka memamakai teknik long shutter, membuat HDR dan panorama.

5. berteman dengan manual fokus.

Sunset dan sunrise memiliki kualitas cahaya yang lumaya ekstrim. Dan juga waktu yang tidak bisa ditentukan. Hal ini menyebabkan kamera kesulitan dalam menemukan fokus. Nah, maka dari itu disarankan temen-temen untuk menggunakan mode manual focus agar tidak bisa mengambil moment yang tepat tanpa harus menunggu kamera menemukan fokus.

6. manfaatkan Preset White Balance Cloudly

Ubahlah setting white balance anda ke cloudy (biasanya dilambangkan dengan ikon mendung). Setting white balance ini akan membuat foto sunset atau sunrise lebih hangat dan warnanya lebih “menggigit”, dibandingkan kalau menggunakan setting white balance auto. Atau jika anda suka bereksperimen, cobalah setting white balance lainnya


7. Spot Metering (DSLR dan Prosumer) atau Sunset Scene (Untuk Kamera Saku)

Untuk memperoleh eksposur yang tepat, gunakan mode metering spot jika anda memiliki kamera DSLR dan prosumer , atau gunakan mode scene sunset/ sunrise jika anda menggunakan kamera saku pemula. Untuk pengukuran menggunakan spot meter, arahkan titik fokus ke area sekitar matahari (jangan tepat di matahari – nya lalu lakukan metering dengan memencet separuh shutter, lalu kunci eksposur anda. Untuk kamera saku (dengan mode scene), tinggal arahkan dan jepret.

8. jangan pernah bosan dan mudah putus asa.

Memotret sunset dan sunrise membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang lebih, mulai dari waktu serta setting alatnya. Nah sembari temen-temen nungguin moment yang pas temen-temen bisa menikmati keindahan alam yang ada. Selamat mencoba

Foto Prewedding Jogja