alexa-tracking

Arab Saudi Defisit Anggaran, Naikkan Harga BBM 50%

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5683521312e257fd508b4568/arab-saudi-defisit-anggaran-naikkan-harga-bbm-50
Arab Saudi Defisit Anggaran, Naikkan Harga BBM 50%
Arab Saudi Defisit Anggaran, Naikkan Harga BBM 50%

Pemerintah Arab Saudi menaikkan harga bensin dalam negeri sebanyak lebih dari 50 persen. Kenaikan ini dilakukan untuk mengatasi defisit anggaran yang hampir menyentuh angka US$98 miliar.

Menurut Arab News, selain menaikan harga bahan bakar minyak, pemerintah Saudi juga menaikkan harga air, listrik, dan minyak tanah dengan nilai yang signifikan. Harga bensin dengan mutu tinggi akan meningkat sebanyak 50 persen menjadi 0,90 riyal per liter sementara bensin bermutu rendah akan mengalami peningkatan harga sebesar 67 persen.

Aramco, perusahaan minyak milik negara, mengumumkan lewat akunnya di Twitter bahwa mereka telah menutup pompa bensin sampai tengah malam pada hari Senin kemarin untuk melakukan penyesuaian harga.

Negara Timur Tengah lainnya dilaporkan juga ikut menaikkan harga BBM, sementara Uni Emirat Arab dan Kuwait menaikkan jumlah anggaran mereka.
Sebelum Arab Saudi, Uni Emirat Arab telah lebih dulu melakukan liberalisasi pada harga minyaknya pada awal tahun ini. Kuwait juga mencabut subsidi solar dan minyak tanah pada awal tahun 2015. Sementara negara teluk lainnya sedang mempertimbangkan untuk melakukan langkah serupa.

Seperti dikutip dari Gulf News, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan jika meningkatkan harga bahan bakar hingga ke tingkat negara lainnya, maka Arab Saudi akan menghemat sekitar AS $ 17 miliar per tahun.

sumber
TS syiah yah?
×