alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5680172dde2cf25e0e8b4570/perempuan-inspiratif-itu-mengabdi-tak-kenal-kondisi
Perempuan Inspiratif itu... Mengabdi Tak Kenal Kondisi
emoticon-Maaf Aganwati emoticon-Maaf Aganwati

Permisi, gan, sis. Sebelumnya ane mau ngucapin selamat Hari Ibu! Maaf telat (banget). emoticon-Ngakak (S)
Izinkan ane berpartisipasi dalam membuat thread bertema "Perempuan Inspiratif Itu...", sebagai wujud memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember lalu. Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menginspirasi agan dan sista di manapun Anda berada. emoticon-Kiss (S)


Quote:Sebenarnya waktu ane membaca temanya, sempet kepikiran untuk membuat thread dengan judul "Perempuan Inspiratif itu... yang Menginspirasi", karena inspiratif adalah ajektiva yang berarti menginspirasi. emoticon-Hammer (S)emoticon-Ngakak (S)
*skipskip* emoticon-Peace

Quote:Melihat judul thread ini, "... Mengabdi Tak Kenal Kondisi", sebenarnya banyak perempuan inspiratif yang mengabdi tak kenal kondisi. Dalam kehidupan pribadi ane, perempuan itu adalah mama ane. Mama ane mengabdi kepada keluarga ane, dalam setiap kondisi selalu ada, selalu peduli dengan kami. Sosok yang inspiratif, bijaksana, tak kenal lelah, bahkan dalam kondisi sakit pun masih tetap memperhatikan dan mengingatkan kami untuk makan dan kepentingan kami lainnya. Terima kasih, mama. emoticon-Kiss (S)

Namun, pada thread ini, ane khusus mengangkat Bu Een Sukaesih. Masih ada yang belum tahu sosok guru inspiratif ini? emoticon-Big GrinQuote:
Spoiler for Bu Een:

Een Sukaesih adalah guru asal Sumedang, Jawa Barat, yang tetap mengajar dalam keadaan lumpuh, yang disebabkan oleh penyakit Rheumathoid Artitis yang dideritanya. Beliau adalah lulusan IKIP Bandung (Jurusan Bimbingan dan Konseling) angkatan tahun 1982.


Quote:Rheumatoid arthritis, lecet punggung, serta infeksi mata tak membuatnya menyerah
Spoiler for Bu Een:

Awalnya Bu Een merasakan lengan kirinya tak bisa diangkat dan digerakkan. Sakitnya pun luar biasa, seperti ditusuk-tusuk. Setelah berobat ke dokter, beliau bukannya membaik, malah memburuk. Penyakitnya terus berkembang, dari lengan kiri, ke lengan kanan, beralih ke lutut kiri dan kanan, dan berkembang ke semua sendi dari kepala hingga ujung kaki. Hingga akhirnya beliau didiagonis terkena Rheumatoid arthritis. Tak lama kemudian, beliau terkena infeksi usus akibat terlalu banyak mengonsumsi obat rematik. Saat sakit infeksi usus itu, Bu Een sempat divonis dokter kalau usianya hanya sampai 1 minggu. Dan diagonis dokter tak terbukti, infeksi ususnya sembuh.

Tak hanya itu saja, akibat terlalu lama berbaring di ranjang, tubuh Bu Een memar dan lecet. Pengobatan alternatif mencari akal dengan memakan ban dalam Vespa yang diletakkan di bawah pinggulnya, sehingga punggungnya tak menekan ke kasur.

Penyakit Bu Een bertambah lagi pada pertengahan Juli 2013. Mata kirinya tiba-tiba sakit. Setelah diperiksa dan diobati, sakitnya agak mendingan. Namun, mata kirinya akhirnya tak bisa melihat lagi. Awalnya, beliau mengira itu katarak, ternyata matanya terkena infeksi yang mungkin akibat dari penyakit yang dideritanya. Namun, Bu Een menolak untuk menjalani pengobatan.

Quote:Penyakitnya tak menghalangi cita-citanya menjadi guru
Quote:Di ruang kamarnya yang hanya berukuran 2,5 X 3 meter dan dalam kondisi berbaring di atas tempat tidurnya, beliau setiap hari mengajar dan mendidik siswa-siswi yang bersekolah di berbagai tingkatan. Berbagai mata pelajaran yang beliau ajarkan pada para siswanya, mulai dari Pendidikan Agama Islam, Matematika, Bahasa Inggris hingga pengenalan komputer. Para siswa yang belajar di tempat beliau juga tidak dikenakan atau diwajibkan membayar biaya sepeser pun, bahkan beliau rela membelikan alat tulis, buku tulis hingga LKS untuk para siswanya.

Awal mula Bu Een memberikan bimbingan belajar adalah ketika ada seorang anak tetangga yang betanya kepadanya tentang soal PR yang tidak bisa dikerjakan. Lama-lama, makin banyak anak-anak yang datang berkonsultasi materi peljaran sekolah. Akhirnya kamar tidur Bu Een menjadi tempat bimbingan belajar. Een menerangkan pelajaran sambil berbaring di atas dipan. Tangannya tidak bisa digerakkan, jadi dia menjelaskan secara lisan. Dari belajar otodidak melalui berbagai buku, hampir semua pelajaran SD hingga SMA mampu dijelaskan oleh Een, termasuk pelajaran Fisika yang dulu tidak dia sukai.

Quote:Sumber kekuatannya adalah anak-anak yang diajarnya
Quote:"Anak-anak jadi penghiburku. Pernah suatu hari dadaku sakit dipakai untuk bernapas, tapi begitu anak-anak datang, lalu berceloteh riang di kamarku, aku ikut larut dalam suasana hati mereka. Tahu-tahu nyeri itu hilang. Ya, anak-anak ini telah menjadi obat untukku. Apalagi ketika dikabari kalau mereka mendapat nilai bagus di sekolah. Aku ikut puas, meski itu bukan hasil kerjaku sendiri."

Quote:"Selain memberi anak-anak bekal ilmu pengetahuan, aku ingin mereka menjadi pribadi yang cerdas secara emosional dan spiritual. Tidak cengeng atau manja. Aku ingin mereka tegar dan berani menghadapi kehidupan, lengkap dengan duri atau onaknya. Harapanku mereka jadi pribadi yang kuat, mencintai kemajuan, dan selamat di dunia dan akhirat."


Quote:Yap. Bu Een, di tengah penyakit parah yang dideritanya, beliau tetap berusaha mencerdaskan anak bangsa, melalui pengajaran lisan di kamarnya. Luar biasa.
Terima kasih, Bu Een, engkau telah mengajarkan kami pengabdian yang sesungguhnya, pantang menyerah, membawa dampak positif bagi sesama, serta senantiasa bersyukur dalam kondisi apa pun.

Spoiler for sumber:


Sekian dari ane. Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Maaf Aganwati



Sedikit pilu
2 detik yang lalu • Perempuan Inspiratif itu... Mengabdi Tak Kenal Kondisi Suka • Perempuan Inspiratif itu... Mengabdi Tak Kenal Kondisi Tambahkan Sebagai teman
Doain ane istiqomah yaaa buat ngajak adik2 di daerah ane kuliah. Ane akuin beraaat bgt tapi entah kenapa semakin hari semakin kepingin
baru tau ane ada subforum sista emoticon-Genit
bener gan, jd inget ibu ane emoticon-Frown
Beliau tak kenal kondisi walau cape ttp ada untuk keluarganya emoticon-Frown
kasihan sekali orang itu, saya yang tampan dari yang tertampan hanya bisa membantu Do'a agar ibu itu lekas sembuh. . . . AAMIIN

mohon katakan aamiin agar kalian tampan, dan yang jomblo cepat mendapatkan jodoh



salam TAMPAN
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By bagobo
kasihan sekali orang itu, saya yang tampan dari yang tertampan hanya bisa membantu Do'a agar ibu itu lekas sembuh. . . . AAMIIN

mohon katakan aamiin agar kalian tampan, dan yang jomblo cepat mendapatkan jodoh



salam TAMPAN
emoticon-Cool


kamu lagi kamu lagi emoticon-Cape d... (S) mau jadi cewe apa post di sini terus Perempuan Inspiratif itu... Mengabdi Tak Kenal Kondisi
gw nagis terharu saat melihat bu een di kick andy
salut ama perjuangan dan kegigihan beliau untuk pendidikan indonesia
sedih klo ada trit gini ada alien tampar yang komen ala ala sok tampan
emoticon-Sorry

sosok ibu yang baik yang memberikan ilmu ny dngan ikhlas emoticon-Mewek

emoticon-Angel
wanita lebih tangguh dari pria
itulah wanita2 hebat...