alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/567edaea9e7404336a8b4569/perempuan-inspiratif-itu-mengembangkan-kemandirian-masyarakat
Inspiratif 
Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat
emoticon-Hai emoticon-Peluk
Perempuan Ini Menginspirasi Kita Gan & Sista...

"Ibu-ibu yang membeli tas hingga jutaan rupiah, mereka sebenarnya telah melakukan dosa sosial tanpa disadari. Karena masih banyak orang-orang yang hidup dalam kemiskinan dan menderita kelaparan di penjuru negeri."
—Tri Mumpuni Dalam acara Kick Andy

Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat

Perempuan tidak cuma berperan sebagai ibu rumah tangga atau sebagai perempuan karier saja. Mereka, kita, juga bisa menjadi panutan atau sosok yang bisa menginspirasi orang lain, baik laki-laki maupun perempuan.

Tidak mudah bagi seorang perempuan yang menginspirasi orang lain. Karena sebelum bisa menginspirasi orang lain, kita harus bisa menjadikan diri kita berguna dan punya karakter yang kuat, serta bisa menginspirasi diri sendiri. Perempuan Indonesia punya kekuatan dan kelebihan yang bisa membangun kebaikan tidak hanya untuk dirinya sendiri, melainkan juga bagi lingkungan dan bangsa.
Perempuan bernama Tri Mumpuni bukti yang nyata.

Siapakah Ibu Tri Mumpuni ?

Tri Mumpuni Wiyatno (lahir di Semarang, Jawa Tengah, 6 Agustus 1964; umur 51 tahun) adalah seorang pemberdaya listrik di lebih dari 60 lokasi terpencil di Indonesia yang mendapat penghargaan Ashden Awards 2012.
Tri Mumpuni lahir di Semarang pada tanggal 6 Agustus 1964. Ia merupakan anak dari pasangan Wiyatno (alm.) dan Gemiarsih. Kedua orang tuanya mengajarkan untuk berbagi dan memberi. Bahkan, pada kelas 4 SD ia sudah ikut ibunya keliling ke kampung-kampung mengobati orang yang kena penyakit koreng. Dari pengalaman itulah, ia mendapat pelajaran bahwa dari proses hubungan manusia itu uang bukan segala-galanya.
Sewaktu masih muda, ia sudah terbiasa melihat dan membantu ibunya yang aktif dalam kegiatan sosial. Ia juga bercita-cita sebagai dokter, bidang yang sama sekali bertolak belakang dengan keadaannya sekarang ini.

Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat

Kenapa Beliau Inspiratif ?

Quote:Berkontribusi

Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat

Ia dikenal sebagai tokoh yang mengembangkan mengembangkan kemandirian masyarakat di kawasan terpencil melalui pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) telah diakui baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dirinya tidak jarang berhari-hari tinggal di satu desa yang jauh dari akses infrastruktur dan informasi, hanya untuk memastikan kesiapan masyarakat membangun listrik mikro hidro.


Quote:Berinovasi

Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat

Ide awal pembangunan PLTMH berawal dari seringnya Tri Mumpuni bersama suaminya, Iskandar Budisaroso Kuntoadji berkeliling ke desa-desa dan melihat sumber air yang melimpah namum belum ada kabel distribusi listrik dilokasi tersebut, barulah ia melakukan tindakan.

Sebelum diadakan pembangunan, ia dan suami bicarakan kepada kepala desa setempat untuk kemungkinan untuk membangun pembangkit listrik dengan memanfaatkan aliran sungai untuk menghasilkan listrik dari sebuah turbin.

Langkah selanjutnya Tri Mumpuni adalah mengumpulkan data untuk melihat kemungkinannya secara teknis serta menghitung rencana anggaran biaya kemudian mencari sumber dana untuk pembangunan pembangkit.

Setelah itu, ia bersama IBEKA mengirimkan tim sosial untuk membangun komunitas yang baik beberapa minggu dengan masyarakat agar terjalin hubungan yang baik. Langkah awal yang didekati adalah tokoh agama atau tokoh adat setempat. Barulah kemudian masyarakat membentuk organisasi yang akan mengurus turbin, dengan menentukan ketua hingga operator yang tahu bongkar pasang mesin dan organisasi tersebut harus diberi pengetahuan tentang pengoperasian mesin hingga perawatannya.

Selanjutnya, agar pembangkit listrik tenaga air itu dapat menjalankan fungsinya terus-menerus maka daerah tangkapan air di hulu harus dipertahankan seluas 30 kilometer persegi. Tidak boleh ada penebangan hutan dan vegetasi.


Quote:Bermanfaat Bagi Semua

Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat

Hingga sekarang Tri Mumpuni dan suaminya sudah menerangi 65 lokasi dengan tenaga mikrohidronya. Bagi alumnus IPB ini listrik bukan tujuan utamanya, tetapi bagaimana membangun potensi desa supaya mereka berdaya secara ekonomi dan lainnya. Dengan begitu, mereka bisa mengenali peradabannya dan membangun peradabannya.

Bahkan, tak sedikit orang yang menawarinya untuk masuk partai politik dalam negeri. Namun, ia dengan tegas menolak tawara itu karena di Indonesia belum pernah ada anggota dewan yang dipuji oleh rakyat. Kini, di luar negeri, aktivitasnya semakin luas. Filipina menjadi satu negara yang memasuki tahap implementasi pengembangan listrik mikrohidro, sedangkan Rwanda dan Kenya masih dalam tahap pelatihan.

Sekarang, ia banyak mendapat pembiayaan dari pihak dalam maupun luar negeri.


Quote:Berprestasi

Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat

Berikut Prestasi Beliau :
- Ashden Award 2012 dan ia mendapat bantuan sebanyak £20.000 atau sekitar Rp300 juta.
- Climate Hero 2005 dari World Wildlife Fund for Nature.
- Penghargaan Ramon Magsaysay 2011, penghargaan ini ia dapat bersama Hasanain Junaini.
- Ia pun juga mendapat pujian dari Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dalam acara pertemuan Presidential Summit on Entrepreneurship:
"Kita mendapatkan seorang wirausahawan sosial seperti Tri Mumpuni, yang telah membantu masyarakat desa di Indonesia mendapatkan listrik dan pendapatan dari pembangkit listrik tenaga air."
—Barack Obama

Berikut Cuplikan video nya buffer dikit :

youtube-thumbnail


Yups, itu lah beberapa alasan kenapa Ibu Tri Mumpuni bisa jadi salah satu perempuan inspiratif. Ilmunya bermnfaat bagi lingkungan masyarakat bahkan dunia. Semoga kita bisa bermanfaat seperti Beliau yaa gan & sista...

sumber : Google dan Wikipedia


Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat
inspiratif gan,,, bukan masalah dimana kita kerja,, tetapi kita kerja untuk apa dan siapa emoticon-Cool
emoticon-2 Jempol
Inspiratif kang :mangstab
Idaman yg kyk gni
Gw adalah inspiratip para perempuan bray, hidup gw bermakna karena gw ganteng dan keren
2 detik yang lalu • Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat Suka • Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat Tambahkan Sebagai teman
mirip tetangga ane,
apa jangan2 emang iya
emoticon-Ngakak (S)
gw banget donk emoticon-Malu (S)
Masih pejwan coy emoticon-Cool
mirip bu Risma emoticon-Betty


Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian MasyarakatPerempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian MasyarakatPerempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian MasyarakatPerempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat
Bu Airin Inspiratif cakep & kuat emoticon-Malu
salute emoticon-Matabelo
Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat luar biasa
kalo yg aga gahar dikit seperti yg berkasus kmaren di bandara,. emoticon-Ngacir
inspiratifnya aga beda sih emoticon-Malu
Keren nih emoticon-Jempol

Perempuan sekarang banyak yang fenomenal emoticon-Rate 5 Star
Ini baru sosok inspiratif yg di cari2 banyak orang emoticon-Malu (S)
ibu itu hebat sekali....
emoticon-Matabelo emoticon-Wow:

semoga ane bisa meniru jejak beliau...., amin
beliau sangat inspiratif gan emoticon-2 Jempol
semoga beliau makin sukses
Quote:Original Posted By ibalmaulana9
inspiratif gan,,, bukan masalah dimana kita kerja,, tetapi kita kerja untuk apa dan siapa emoticon-Cool
emoticon-2 Jempol

yup bermanfaat untuk sesama gan..
emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By elnuan7
Inspiratif kang :mangstab
Idaman yg kyk gni

yup gan inspiratif..
kemana ni kabar..?
emoticon-Sundul
Quote:Original Posted By dsturridge15
Gw adalah inspiratip para perempuan bray, hidup gw bermakna karena gw ganteng dan keren
2 detik yang lalu • Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat Suka • Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat Tambahkan Sebagai teman

yg bener bray..?
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By rdycate.id
mirip tetangga ane,
apa jangan2 emang iya
emoticon-Ngakak (S)

masa sih gan..?
agan daerah mana..?
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By mozz.elle
gw banget donk emoticon-Malu (S)

mantab dund agan..
emoticon-Kaskus Banget
Quote:Original Posted By PutriElizabeth
Masih pejwan coy emoticon-Cool

sipp selamat menikmati pejwan ums..
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By rendyprasetyyo
mirip bu Risma emoticon-Betty


Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian MasyarakatPerempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian MasyarakatPerempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian MasyarakatPerempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat

mirip bu risma ya gan...
emoticon-Malu
Quote:Original Posted By radenshit
Bu Airin Inspiratif cakep & kuat emoticon-Malu

yup mantab inspiratif gan..
emoticon-Kaskus Banget
Quote:Original Posted By joejoe97
salute emoticon-Matabelo

yup salut buat beliau..
emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By seleb.dumay
Perempuan Inspiratif Itu: Mengembangkan Kemandirian Masyarakat luar biasa

mangstab pokoke gan..
emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By boeghill
kalo yg aga gahar dikit seperti yg berkasus kmaren di bandara,. emoticon-Ngacir
inspiratifnya aga beda sih emoticon-Malu

tu keg itu gan..
emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By TouPecca
Keren nih emoticon-Jempol
Perempuan sekarang banyak yang fenomenal emoticon-Rate 5 Star

iya gan wanita skrg fenomenal..
emoticon-Baby Girl
Quote:Original Posted By thoriqhdyt
Ini baru sosok inspiratif yg di cari2 banyak orang emoticon-Malu (S)

yup gan ini yg diinginkan rakyat..
emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By whennibeckham
ibu itu hebat sekali....
emoticon-Matabelo emoticon-Wow:
semoga ane bisa meniru jejak beliau...., amin

yup semoga bisa mengikuti beliau gan..
emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By rozerblack
beliau sangat inspiratif gan emoticon-2 Jempol
semoga beliau makin sukses

amin semoga beliau dan kita semua sukses gan..
emoticon-2 Jempol
ini trit sejak kapan nih kaka.....
--------

mumpung masih pejwan..... emoticon-Big Grin
sekarang saya sudah memahami apa yang dimaksud dengan Tri Mumpuni emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By whennibeckham
ini trit sejak kapan nih kaka.....
--------
mumpung masih pejwan..... emoticon-Big Grin

ntabs agan dapat pejwan..
emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By rihsanindah
sekarang saya sudah memahami apa yang dimaksud dengan Tri Mumpuni emoticon-thumbsup

ntabs sist dah mengerti..
semoga bisa seperti beliau sist..
sorry gembok buat TS..
emoticon-Leh Uga