alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Umat Kristen Irak Rayakan Natal di Tengah Ancaman Islamic State
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/567ce5821ee5dfd0028b4568/umat-kristen-irak-rayakan-natal-di-tengah-ancaman-islamic-state

Umat Kristen Irak Rayakan Natal di Tengah Ancaman Islamic State

Umat Kristen Irak Rayakan Natal di Tengah Ancaman Islamic State
Pohon Natal raksasa di Taman Zawraa, Kamp Zayuna, Baghdad, Irak.

BAGHDAD – Natal di Baghdad, Irak tahun ini tampak lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pihak berwenang di ibu kota Irak itu menunjukkan rasa solidaritasnya kepada umat minoritas Kristen dengan menggelar sebuah perayaan yang cukup meriah.

Kembang api telah menghiasi langit di atas Sungai Tigris setiap hari selama sepekan terakhir untuk menyambut datangnya Natal. Sebuah pohon Natal raksasa setinggi 25 meter, terbesar di Timur Tengah dipasang di tengah Taman Zawraa, Kamp Zayuna. Tidak ketinggalan nyanyian lagu-lagu Natal juga diperdengarkan, dengan Sinterklas yang menari bersama anak-anak.

Meski keceriaan dirasakan di Baghdad, tidak begitu juga adanya di beberapa wilayah lain di Irak, terutama Mosul yang dikuasai kelompok militan Islamic State. Umat minoritas Kristen merasa masa depan mereka di tanah airnya tersebut semakin suram dengan keberadaan Islamic State.

Umat Kristen Irak Rayakan Natal di Tengah Ancaman Islamic State

Saat ini umat Kristen di Irak merasakan diskriminasi, yang membuat mereka merindukan masa-masa saat diktator yang digulingkan Amerika Serikat (AS) pada 2003, Saddam Hussein, berkuasa.

“Tidak ada diskriminasi pada rezim sebelum ini, hal itu berubah setelahnya,” kata Abu Fadi, seorang penghuni kamp pengungsi Kristen Zayuna seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/12/2015).

“Digulingkannya rezim membuat kaum ekstremis yang sebelumnya ditekan, muncul ke permukaan, hal ini terlihat dari kedua sekte (Sunni, dan Syiah),” lanjut Abu Fadi.

Penganiayaan terhadap umat Kristen di Irak yang dilakukan oleh Islamic State merupakan yang terburuk dalam sejarah Irak modern. Namun, sejak 2004, telah terjadi sejumlah penculikan, pembunuhan dan pengeboman terhadap gereja-gereja yang memaksa penganut Kristen untuk meninggalkan rumah mereka dan mengungsi.

Tercatat, populasi umat Kristen Irak yang berjumlah 1,3 juta jiwa pada 1997 menurun drastis menjadi hanya 650.000 jiwa saat ini. Kebanyakan dari mereka memilih untuk meninggalkan Irak dan pergi ke Eropa yang memberikan kemudahan bagi umat Kristen dari Timur Tengah untuk mendapatkan visa dengan dasar hak asasi manusia.

“Natal selalu ada di hati kami secara religius, tapi saya sedih karena secara sosial ini sudah tidak sama lagi,” kata Said Jalal, seorang pekerja sosial di Kamp Zayuna.

“Sebagian besar keluarga dan kenalan saya telah pergi atau terpaksa mengungsi.”

sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Jangankan Kristen, sesama muslim yg ga sealiran aja dibantai sm ISIS.
emoticon-Ngakak
Met natal Aja deh
jadi apa aja yang di lakukan monyet2 isis, kok masih bisa natalan mereka.
Bravo Iraq..emoticon-Sundul Gan (S)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:


kristen parasit di irak?

dongok... irak dulu bernama asyur, kristen di irak sudah ada sebelum islam masuk, orang kristen di irak itu penduduk aslinya bukan pendatang seperti di negara negara barat para imigran dari ras parasit. emoticon-Wkwkwk


"Setelah kejatuhan Asyur (antara 612 SM dan 605 SM), Asyur tetap provinsi dan entitas geo-politik di bawah kerajaan Babilonia, Median, Achaemenid, Seleukus, Parthia, Romawi dan kekaisaran Sassanid sampai invasi Islam Arab dan penaklukan Mesopotamia pada pertengahan abad ke-7, ketika itu akhirnya kerajaan Asyur dibubarkan, setelah itu sisa-sisa orang Asyur (sekarang Kristen) secara bertahap menjadi minoritas di tanah air mereka."
Diubah oleh antiarab
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


Ane kasih semangat buat troopers nasional Iraq asli, bukan rebel nya...emoticon-Cape d... (S)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


ini dia orang kampung yg dah melek internet jadi modelnya kek gini. emoticon-Wkwkwk

awas gila. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di