alexa-tracking

18 Perempuan Saudi Menangkan Pemilu Lokal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/566f698ee05227ed388b4568/18-perempuan-saudi-menangkan-pemilu-lokal
18 Perempuan Saudi Menangkan Pemilu Lokal
18 Perempuan Saudi Menangkan Pemilu Lokal

http://www.islamicgeo.com/2015/12/18...an-pemilu.html

RIYADH, ISLAMICGEO.COM-- Perhitungan sementara pemilu Arab Saudi menyebutkan 18 perempuan Saudi berhasil memenangkan kursi pada pemilu dewan daerah yang dilaksanakan hari Sabtu lalu, dan untuk pertama kalinya mengikut sertakan kandidat dari perempuan serta memberikan suara dalam pemilu kali ini.

Menurut surat kabar setempat bahwa 18 perempuan terpilih untuk mengisi kursi di dewan daerah yang tersebar di berbagai wilayah Arab Saudi.

Hasil pemilu sebelumnya menunjukkan bahwa tiga perempuan menang di daerah Al-Ahsa dan Qatif bagian timur Arab Saudi, hasil pemilu di Jeddah juga menunjukkan 4 perempuan mendapatkan kursi dari 20 kursi dalam pemilu dewan Daerah, 3 perempuan juga mendapat kursi di daerah Al-Jawf, dan satu kursi di Mekkah, Riyadh dan Al-Babtain.

Pemilih memberikan suara untuk memilih anggota dewan daerah di tengah keberadaan perempuan yang mulai mendapatkan perhatian, untuk pertama kalinya perempuan ikut berpartisipasi sebagai kandidat calon ataupun sebagai pemilih.

Pemilu diadakan menyusul ditambahnya jumlah anggota dewan daerah terpilih di Saudi dari dua pertiga menjadi setengah, dan menurunkan batasan usia untuk pemilih menjadi 18 tahun,dari sbelumnya 21 tahun.

Sekitar seribu wanita bersaing dengan enam ribu laki laki untuk memilih 284 anggota dewan daerah di seluruh daerah Saudi.

Komisi pemilu menyediakan 424 TPS khusus perempuan dari total keseluruhan 1.263 TPS di Saudi.

Menurut data statistik komisi pemilihan umum, jumlah pemilih berjumlah sekitar 1,5 juta orang, 119 ribu diantaranya adalah wanita dan persentase pemilih perempuan berjumlah sekitar 10%.

perempuan melihat pemilu kali ini dianggap suatu kemajuan terlepas akan menang ataupun kalah dalam pemilu, sedangkan Human Rights Watch menyambut baik diperbolehkannya perempuan mengikuti pemilihan umum,baik sebagai pemilih maupun kandidat calon. (Aljazeera.net/Ulumuddin)
subanaowlloohh !!!
×