alexa-tracking

VPS 512MB 1 Core muat berapa web ya ?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56655a1e60e24bee3a8b4568/vps-512mb-1-core-muat-berapa-web-ya
VPS 512MB 1 Core muat berapa web ya ?
Hello rekan - rekan sejawat,

saya mau host sekitar 6 web yang saya kelola di 1 vps ( Ram 512 , cpu 1 Core , DigitalOcean ) .

4 Web , web prof company yang isinya profil galeri,listing produknya yang dibangun make Laravel , hitsnya perbulan rata2 sekitar 10 ribuan .

2 web sisanya dibangun pake Wordpress histnya rata rata 300 ribuan ( nah ini satu web yang segini, yang satu lagi baru aja jalan web nya jadi belum tinggi hits nya ) .

nah kira - kira muat gak ya di satu VPS ini ? rencana juga saya mau makai webuzo untuk panel domain . Kalo gak muat sarannya make spek yang brp ya minimal nya ?
DO kan hitungannya per jam. Dicoba dulu aja, kuat ngga.

Hit 300 ribuan untuk halaman html murni, tentunya berbeda dengan yang iisinya web kompleks. Kriteriany sangat banyak, tidak bisa hanya dengan 'berapa web' saja
Saya mau host sekitar 6 web yang saya kelola di 1 vps ( Ram 512 , cpu 1 Core , DigitalOcean ) .
DO terkenal sama servernya yang tangguh gan, kalem aja kalo masalah spesifikasi, tapi harus lihat dulu 6 web itu apa aja emoticon-Big Grin

4 Web , web prof company yang isinya profil galeri,listing produknya yang dibangun make Laravel , hitsnya perbulan rata2 sekitar 10 ribuan .
Hits per bulan 10 ribu ? kayaknya nggak masalah , asal agan bisa mengoptimasi kan load nya dari sisi backend dan frontend, misalkan cache control, untuk frontend mungkin lebih di kecilkan lagi ukuran2 gambar, perkecil javascript, css, optimalkan saja seminimal mungkin biar load cepat dan resource yang dipakai pun nggak terlalu meledak..

2 web sisanya dibangun pake Wordpress histnya rata rata 300 ribuan ( nah ini satu web yang segini, yang satu lagi baru aja jalan web nya jadi belum tinggi hits nya ) .
Tapi kalo 2 web lagi wordpress, kayaknya agan perlu lebih dari 512mb gan, minimal 1GB aman lah, lebih bagus lagi 2GB, meskipun datacenternya singapura dengan provider Digital Ocean, tetep aja server load nya tinggi.

nah kira - kira muat gak ya di satu VPS ini ? rencana juga saya mau makai webuzo untuk panel domain . Kalo gak muat sarannya make spek yang brp ya minimal nya ?
Kalo ane kasih saran sih mending ambil 1GB atau mungkin 2GB, karena disk udah SSD, processornya lumayan kenceng kalo DO, trus nanti bayar per jam dulu aja gan, siapa tau nanti kalo nggak cocok atau banyak kendala bisa stop kapan saja kan ? emoticon-Big Grin
yg ngelapak, report sent emoticon-army
Quote:


Maaf gan, newbie. Panel ini maksudnya seperti cpanel dan webmin kan? Bisa infokan yang lebih detail, kenapa penggunaan panel bikin berat?
Quote:


Sama gan, newbie. Yang saya maksud benar web administrator panel.

Pastinya bukan tanpa alasan dong tiap panel punya minimum requirment sendiri, semisal kalo agan masuk ke https://documentation.cpanel.net/dis...m+Requirements , agan bisa lihat kalo contoh panel tersebut udah di set minimum requirmentnya.

Kira-kira kenapa ya gan? Analisa saya (lagi-lagi sebagai awam, dan agan musti buktikan sendiri) mengatakan begini.

Banyak plugin dan module web server yang secara default akan diaktifasi.
Ketika kita install (katakanlah sebagai contoh) LAMP secara manual, pasti akan berbeda hasilnya dengan installasi yang dimanage dengan panel. Nah kenapa ya kok bisa beda? Oh karena banyak fitur-fitur yang secara default bakal diaktifin si panel tersebut. Ambil contoh apache, ketika kita install secara default banyak mod yang didisable, katakanlah rewrite module biasanya saya aktifkan manual dengan a2enmod rewrite, tapi ketika di manage dengan (kebanyakan) panel ya secara default udah aktif. Dan udah pasti sih yang kayak begini makan resource. Mungkin bakal ada plugin dan module yang bisa dinonaktifin, tapi kalo plugin dan module yang sifatnya udah di 'require' atau gak boleh dinonaktifin sama cpanelnya sendiri? Atau yang sifatnya memaksa supaya web bisa berjalan baik? Karena andai kata jika saya adalah developer sebuah panel, saya gak akan biarin panel saya terlihat buruk. Dan saya akan maksa si user untuk ngeenable beberapa plugin/module yang menurut saya wajib diaktifin supaya panel bisa kelihatan sangat powerful. Yah alasannya jelas, karena nama baik panel buatan saya dipertaruhkan.

Juga banyak management yang sebenarnya gak kita butuhin ketika server hanya kita gunakan untuk keperluan pribadi. Semisal DNS management sementara kita bisa pake DNS manager dari ihak ketiga, mail server dan antivirus serta jajarannya, backup, dll.

Juga banyak proses yang akan dirunning, apalagi yang sifatnya trigger atau cron. Misal autobackup, auto scan mail oleh av, logging/monitoring yang juga ngeproses data secara berkala. Logging/Monitoring ini juga udah pasti menduplikasi untuk tiap web yang dikelola. Beda dengan log standar pada installasi manual, semua site tertuju di satu file log, dan ga pake lagi yang namanya analisa-analisa seperti di panel.

Dan banyak hal-hal lainnya (baik yang saya lupa, tidak tahu dan agan-agan dibawah ini tahu).
Relatif sih gan.. coba muat aja dulu, kalo load average tinggi, CPU 100% terus tinggal di flexible upgrade ke spek yang lebih tinggi.. emoticon-Big Grin