alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56654e7dc2cb17d95d8b4567/gontagantihapecom-quick-review-xiaomi-redmi-note-3-hands-on-first-impression
Breaking News! 
[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression
Hi agan dan sista kaskuser, izin share sedikit soal Xiaomi Redmi Note 3 ya...

Sebagian gambar saya hilangkan supaya tidak memberatkan thread. Artikel lengkap dapat juga dibaca sekaligus berkunjung ke blog saya yang pasti sudah pada tahu alamatnya.

Spoiler for sumber:

------------------------------------------------------------------------------------------------------
[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression

Kali ini tulisan saya sebatas quick review dulu ya. Apa itu quick review? Pokoknya baca terus dulu deh sampai bawah biar tahu apa sih review yang diperquick itu he.. he..

Hegemoni smartphone non-plastik nampaknya sedang meningkat, pun begitu dengan penyematan fingerprint sensor pada sebuah smartphone. Biasanya, bahan metal dan fingerprint sensor dapat kita jumpai pada produk smartphone dengan level middle-to-high.

Tadinya saya sempat berfikir, buat apa sih pakai fingerprint sensor? Agak parno malah, takut data sidik jari kita dikumpulkan dan dipakai pihak-pihak yang punya kepentingan. Tapi sejak saya membelikan istri saya Samsung Galaxy A8, perlahan saya mulai merasakan kegunaan dari fitur yang satu ini.

Soalnya, sejak smartphone istri ganti ke Galaxy A8, ponakan-ponakan saya jadi tak bisa numpang maen game lagi di hape istri, ha... ha... Saya termasuk yang suka rada kesal apabila smartphone dianggap sebagai alat bermain game dan bisa dipinjam buat main game oleh anak-anak. Buat saya, smartphone adalah alat komunikasi dan hiburan yang bersifat pribadi. Berbeda dari tablet yang bagi saya memang buat menunjukkan sesuatu kepada orang lain, misalnya foto-foto dan video dari suatu kegiatan yang kita kerjakan bersama.

Saat sedang iseng browsing smartphone yang paling baru diunggah oleh seller-seller di marketplace lokal, sebuah item dagangan Fashion Market terasa membunyikan bel (haduh, begini nih kalo kebiasaan pake istilah asing, maksudnya sih rings a bell, terjemahannya terasa maksa ya). Smartphone apakah itu?

Jawabannya adalah Xiaomi Redmi Note 3!

Ya, Xiaomi Redmi Note 3 yang selalu dipertanyakan banyak orang di social media.

Xiaomi Redmi Note 3 yang juga waktu rilisnya sangat berdekatan dengan generasi sebelumnya, yang sampai sekarang belum jelas entah apa yang membuat Xiaomi merasa perlu segera merilis produk ini.

Xiaomi Redmi Note 3 yang merupakan keluarga Redmi yang (seharusnya) dijual dengan harga terjangkau.

Xiaomi Redmi Note 3 yang juga berbahan metal dan memiliki fingerprint sensor ala smartphone flasghip dari pabrikan lain!

Xiaomi Redmi Note 3 yang akhirnya saya masukkan juga ke keranjang dan dibayar memakai diskon Elevenia, meskipun saya sadar harganya terbilang masih tinggi. Tapi tentu saja ada harga yang harus dibayar untuk menjadi suami keempat Andhara Early Adopter.


Unboxing Xiaomi Redmi Note 3

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression

Hihaaa... Pesanan saya datang! Sebelumnya, pada hari di mana saya memesan barang ini, saya sempat berkirim e-mail dengan pemilik toko untuk menanyakan apakah barang dikirim pada hari itu juga. Jawaban pemilik toko pada hari Selasa itu adalah OK, yang saya artikan iya. Sayangnya, pada keesokan harinya kemudian pemilik toko menghubungi saya lagi dan mengatakan barang baru datang dan akan dikirim pada hari Kamis, dan menanyakan apakah mau yang warna hitam saja. Karena takut warna hitam akan membuat bahan metal tidak kentara secara kasat mata, saya memutuskan tetap bertahan dengan Silver.

Ditambah sedikit negosiasi, saya berhasil membuat pemilik toko memasukkan barang ke JNE pada Rabu malam hari dan sudah sampai di JNE Bandung pada hari Kamis siang. Sayangnya tetap saja barang diantarkan kurir JNE ke rumah pada hari Jumat, he.. he..

Sesampainya di rumah, saya segera melakukan unboxing. Kondisi box kemasan ternyata tanpa segel atau plastik pelindung, sehingga dapat dibuka tanpa butuh bantuan pisau cutter. Mungkin pihak distributor sampai gak sempat melakukan repackaging menggunakan plastik bening, saking sudah banyak peminat dari Xiaomi Redmi Note 3 ya.

Voila, beginilah penampakan Xiaomi Redmi Note 3. Keren yak...

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression

Tapi tunggu, sepertinya ada yang salah. Seingat saya, saya melakukan pemesanan atas Xiaomi Redmi Note 3 berwarna Silver (dengan warna bagian depan putih), tapi yang datang malah warna Dark Grey (dengan warna bagian depan hitam). Tapi kali ini saya tidak protes, karena menurut saya malah lebih keren dan macho warna Dark Grey ini, he.. he..



Hands-on dan First Impression dari Xiaomi Redmi Note 3

Begitu dikeluarkan dari box-nya, saya cukup takjub dengan Xiaomi Redmi Note 3 ini. Betapa tidak, membawa layar berdimensi panjang diagonal 5,5 inchi, berpenutup belakang metal, dengan kapasitas baterai jumbo 4.050 mAh, tapi masih terbilang ringan dalam genggaman. Dulu saya ikutan beli Xiaomi Redmi Note generasi pertama, tepat di kloter flash sale yang pertama, dan dalam hitungan minggu sudah saya lego kembali karena satu alasan: kelebihan bobot, masa hape dan pemiliknya sama-sama kelebihan bobot, ga asik dong! He.. he..

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression


Xiaomi Redmi Note 3 - Masuk Kubangan Lumpur (intermezzo)

Cerita bulan madu dengan Xiaomi Redmi Note 3 ini ternoda dengan tercemplung-nya sang pengantin ke dalam kubangan lumpur pada hari kedua.

Kebayang gak sih, lagi indah-indahnya menimang kesayangan, lalu dia masuk sumur? Ataukah kurang dramatis analogi yang saya pakai ini?

Jadi ceritanya begini, saya pergi membeli mie bakso langganan di komplek. Menggunakan celana pendek dan longgar (mohon tidak dibayangkan isi celananya ya), kedua saku terisi dua buah smartphone yang saat ini saya miliki. Saat saya hendak turun dari mobil, terdengar suara benda jatuh!

Seketika saya tersadar, bahwa saku celana saya kosong. Dalam kepanikan, saya pun mencari asal suara benda jatuh tersebut namun tidak menemukan apa-apa. Dari dalam mobil, kakak saya mengatakan bahwa ada satu hape saya yang jatuh ke dekat persneling, dan itu adalah Xiaomi Mi 4c saya, yang artinya benda yang jatuh keluar mobil adalah Xiaomi Redmi Note 3 yang umurnya baru dua hari saja di tangan saya.

Waktu itu sudah lewat Maghrib, jadi suasana agak gelap, namun kali ini saya lebih teliti memerika ke bagian kolong mobil. Nampak ada kubangan di situ, kubangan bekas galian yang tidak sempurna ditutup. Galian yang akan banyak kita temui di akhir tahun, di mana sisa anggaran harus dihabiskan dengan cara bikin pekerjaan di jalan raya. Sigh...

Di kubangan berlumpur itu pula, saya melihat sedikit bagian layar Xiaomi Redmi Note 3 saya menyembul. Segera saya angkat Xiaomi Redmi Note 3 malang itu. Kalo dihitung-hitung ada sekitar tiga puluh (30) detik waktu yang dihabiskan oleh Xiaomi Redmi Note 3 saya berendam di sana.

Dalam kondisi penuh kecemasan, saya lap bersih Xiaomi Redmi Note 3 saya. Saya cek masih bisa nyala, dan langsung saja segera saya matikan biar aman. Sesampainya di rumah, saya bersihkan port audio dan micro-USB dan nampak noda tanah keluar. Setelah yakin sudah kering bekas sunatnya, saya pun coba nyalakan kembali dengan perlahan. Syukurlah masih mampu menyala tanpa masalah. Saya ingat saat mengambil dari kubangan lumpur itu, saya nyalakan Xiaomi Redmi Note 3 ini menggunakan fingerprint sensor-nya dan berhasil.

Saya bersyukur smartphone yang begitu banyak diincar para followers akun tekno/gadget ini masih bisa terselamatkan, walau penuh luka memar di sana-sini. Bahkan luka lama akibat ditinggal kimpoi Gista Putri pun muncul kembali. Apa sih, ahahaha...

Satu lagi yang saya syukuri, plastik buram yang melindungi layar belum saya copot, sehingga bagian layar masih nampak sempurna.

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression


Pertanyaannya, apakah Xiaomi Redmi Note 3 ini memang waterproof? Karena terendam dalam kubangan lumpur dalam waktu yang cukup lama menurut saya. Satu yang pasti, akibat musibah ini, terpaksa Xiaomi Mi 4c saya yang harus mengucapkan selamat tinggal karena tereliminasi malam ini. Ya, buat saya lebih baik menjual Xiaomi Mi 4c saya daripada harus sakit hati menjual Xiaomi Redmi Note 3 dengan kondisi seperti anak yang disiksa ibu tirinya, pasti harganya jatuh gak karuan.

Xiaomi Redmi Note 3 - Benchmark dan Info Hardware

Xiaomi Redmi Note 3 yang saya beli merupakan varian dengan RAM sebesar 3 GB dan ROM 32 GB. Beginilah info hardware yang muncul saat saya menggunakan aplikasi CPU-Z pada Xiaomi Redmi Note 3 saya.

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression

Dan menggunakan aplikasi Sensor Box for Android, inilah hasil penelusuran sensor yang disematkan pada Xiaomi Redmi Note 3, cukup lengkap ya!

[GontaGantiHape.com] Quick Review Xiaomi Redmi Note 3: Hands-on, First Impression

Save the best for last, skor Antutu Benchmark ini sengaja saya tampilkan di bagian akhir. Walaupun tidak bisa mutlak dijadikan ukuran performa, namun masih banyak yang berpatokan pada hasil benchmark sintetis seperti ini. Di sini, saya menemukan keanehan pada Xiaomi Redmi Note 3. Pada saat akan menguji performa dengan Antutu Benchmark ini, kita akan ditawarkan apakah menggunakan mode daya performance atau balanced. Hasilnya justru lebih tinggi pada mode balanced. Silakan cek skornya di blog ya emoticon-Smilie

Kesimpulan Sementara tentang Xiaomi Redmi Note 3

Sangat sulit menyimpulkan apakah Xiaomi Redmi Note 3 ini layak dipinang atau tidak. Hal ini dikarenakan harga jualnya di tanah air masih sangat tinggi. Para seller online memanfaatkan momen di mana demand tinggi untuk memasang harga. Seandainya harga jualnya sama dengan harga jual di Tiongkok sana, menurut saya Xiaomi Redmi Note 3 sangat menarik untuk dipinang.

Kembali ke kebutuhan masing-masing, Xiaomi Redmi Note 3 justru mendapat saingan berat dari generasi pendahulunya, Xiaomi Redmi Note 2. Dengan harga yang terus menukik, Xiaomi Redmi Note 2 menjadi sangat tinggi nilainya secara price-to-value comparison. Maka saran saya saat ini, jika budget Anda terbatas, dan sangat membutuhkan memori tambahan dari micro-SD, maka pilihlah angka 2 daripada 3.

Banyak pula yang menanyakan perbandingan antara Xiaomi Redmi Note 3 dengan Xiaomi Mi 4c yang saya miliki. Baiklah kita bahas kelebihan ketiganya sedikit saja ya, Anda tinggal memutuskan kelebihan yang mana yang Anda perlukan, OK?

Nilai lebih dari Xiaomi Redmi Note 3:
  • Body metal
  • Baterai jumbo di 4.050 mAh
  • Sudah punya fingerprint sensor
  • Helio X10, processor yang digunakannya, digunakan juga oleh smartphone merk lain dengan harga yang mahal: HTC One E9+ dan Sony Xperia M5


Nilai lebih dari Xiaomi Redmi Note 2 (Prime):
  • Punya slot micro-SD
  • Khusus varian Prime, clockspeed Processornya lebih tinggi (2.2 GHz)
  • Harga sudah turun jauh


Nilai lebih dari Xiaomi Mi 4c:
  • Kamera lebih jernih
  • Layar lebih vivid
  • Bentuk lebih kompak
  • Processor lebih berkapabilitas


Nantikan hasil kamera Xiaomi Redmi Note 3, beserta review-nya yang lebih dalam (setelah penggunaan sehari-hari) pada artikel berikutnya ya. Target saya sebelum Natal sudah selesai saya tuliskan di blog saya ini. Jangan lupa cek ya! emoticon-Smilie
beli nya dimana gan? ane juga minat sama ni hp.kalo buat main game ngelag ngga gan?
tanya dong om..
mau pinang ini sebenernya cuma bingung dia udah unlock bootloader blom ya?
katanya pake rom china soalnya gan..... bukan global rom
Quote:Original Posted By Mr.fvck
beli nya dimana gan? ane juga minat sama ni hp.kalo buat main game ngelag ngga gan?


saya beli di marketplace sini, yg punyanya XL sama punyanya Telkomsel juga ada emoticon-Smilie
buat game saya coba dulu, nanti di review lebih dalam saya bahas emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By jevanjoe
tanya dong om..
mau pinang ini sebenernya cuma bingung dia udah unlock bootloader blom ya?
katanya pake rom china soalnya gan..... bukan global rom

belom oprek ke bootloader, pake ROM China memang... tapi biasanya xiaomi bisa dioprek.

apalagi kalo cuma ganti ROM yg sama-sama MIUI, ga perlu unlock bootloader atau flash recovery segala biasanya emoticon-Smilie
yang bikin ane ngakak :
si distributor nyantumin nomer sertifikat postel / sdppi yang invalid (36078/SDPPI/2014) di bagian belakang box (liat di blognya).
nomer sertifikatnya beneran ada sih, tapi bukan buat produk ini.
lagian ini produk 2015 kok tahun sertifikatnya 2014 ??

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By bm040814
yang bikin ane ngakak :
si distributor nyantumin nomer sertifikat postel / sdppi yang invalid (36078/SDPPI/2014) di bagian belakang box (liat di blognya).
nomer sertifikatnya beneran ada sih, tapi bukan buat produk ini.
lagian ini produk 2015 kok tahun sertifikatnya 2014 ??

emoticon-Ngakak



waduh jadi pengaruh nya apaan gan?
Quote:Original Posted By Mr.fvck
waduh jadi pengaruh nya apaan gan?

dari sisi produk sih gak ngaruh gan
cuma dari sisi konsumen yang kurang paham mungkin akan mengira kalo ini produk resmi, karena ada sertifikat postel-nya
maksud ane kalo emang bukan produk resmi, gak usah pake nyantumin nomer sertifikat postel segala
Quote:Original Posted By bm040814
dari sisi produk sih gak ngaruh gan
cuma dari sisi konsumen yang kurang paham mungkin akan mengira kalo ini produk resmi, karena ada sertifikat postel-nya
maksud ane kalo emang bukan produk resmi, gak usah pake nyantumin nomer sertifikat postel segala



oo gitu ya gan,thanks ya gan sangat membantu buat newbie kayak ane emoticon-Smilie
Nungguin hasil foto sama performance buat main game,kok lama ni ts hehe
ane juga baru beli redmi note 3,
warna hitam
dapet harga murah dari flash sale blibli,
kotak redmi ane juga gak di plastikin gan emoticon-Big Grin
kira2 dibandingin ZTE A711 mending mana ya.
Quote:Original Posted By Mr.fvck
Nungguin hasil foto sama performance buat main game,kok lama ni ts hehe

biar mendalam bro hehehe... maklum lagi sibuk rebutan barang murah di harbolnas xixixi

Quote:Original Posted By blemm
ane juga baru beli redmi note 3,
warna hitam
dapet harga murah dari flash sale blibli,
kotak redmi ane juga gak di plastikin gan emoticon-Big Grin

emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By vixs
kira2 dibandingin ZTE A711 mending mana ya.

nanti kita bandingkan gan emoticon-Smilie
eh...yang banyak versi TDD ya....yang FDD belum ada kah?
yang review pake TDD apa FDD ya
Quote:Original Posted By hardchoper
eh...yang banyak versi TDD ya....yang FDD belum ada kah?
yang review pake TDD apa FDD ya


FDD koq, pake 4G XL lancar...
xiaomi untuk versi note lumayan .. tp ane masi lebih tertarik sama oneplus..
Ada info reno 2 resmi kapan masuk?
Maaf gan kalo boleh tanya, apa benar ada slot micro SD nya?
Soalnya untuk reno 2 yang banyak dibahas gak ada slot micro nya malahan ada, soalnya saya sudah HO. Pengen ganti ke reno 3 takutnya gak ada slot micro SD nya.
Quote:Original Posted By minleung91
xiaomi untuk versi note lumayan .. tp ane masi lebih tertarik sama oneplus..

wah barisan OPX menyerbu emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Julz2010
Ada info reno 2 resmi kapan masuk?

belum tahu

Quote:Original Posted By Zimitpo
Maaf gan kalo boleh tanya, apa benar ada slot micro SD nya?
Soalnya untuk reno 2 yang banyak dibahas gak ada slot micro nya malahan ada, soalnya saya sudah HO. Pengen ganti ke reno 3 takutnya gak ada slot micro SD nya.

Redmi Note 3 tidak ada slot micro SD emoticon-Smilie
barusan beli xiaomi redmi note 3 , performance mode panas gila bener luancar jaya tapi battery juga deres abisnya , balance mode irit sih cuman kalau buat main game harus graphic low tergantung gamenya juga , antara seneng ama gak seneng soalnya di performance modenya bener2x panas dan battery cepet abis , semoga ada medium setting jadi anget+battery mendingan ROM udah paling update Stable China v7.0.22.0 emoticon-Blue Guy Peace
berapa bulan lagi ya masuk Indo? 2 bulan?