alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Meski Dilarang, Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh Saat HUT GAM
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5662111b1ee5df89628b4567/meski-dilarang-bendera-bulan-bintang-berkibar-di-aceh-saat-hut-gam

Meski Dilarang, Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh Saat HUT GAM

Perayaan milad atau ulang tahun Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-39 diwarnai dengan pengibaran bendera bulan bintang di sejumlah daerah di Aceh. Pengibaran dilakukan dengan berbagai cara, padahal sudah dilarang.

Pantauan detikcom di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh yang menjadi pusat perayaan Milad GAM, selembar bendera bulan bintang diikat pada sejumlah balon. Setelah itu baru dilepas ke udara sambil mengumandangkan azan. Pekikan kata-kata 'Allahu Akbar' terdengar beberapa kali.

Tak lama berselang, datang lagi sekelompok orang sambil membawa selembar bendera lain. Di sana, mereka berfoto bersama. Kehadiran sejumlah pria yang membawa bendera mirip bendera yang pernah digunakan GAM saat Aceh masih konflik itu menyedot perhatian pengunjung. Tak sedikit di antara mereka berdiri sambil memegang bendera.
Foto: Agus Setyadi

Perayaan Milad di Taman Ratu Safiatuddin dimulai sekitar pukul 15.00 WIB, Jumat (4/12/2015). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat, Muzakir Manaf, Wali Nanggroe Malik Mahmud, dan sejumlah pejabat lainnya.

"Masalah bendera kita harus bersabar dulu. Sekarang kita masih lakukan pembahasan dengan Pemerintah Pusat. Tidak lama lagi, bendera akan berkibar di seluruh Aceh," kata Muzakir Manaf dalam sambutannya.

Selain itu, sejumlah foto dokumentasi pasukan GAM saat konflik dulu ikut dipamerkan di Taman Ratu. 10 Bingkai foto saat perang itu dipajang di depan panggung utama. Di antaranya, ada dokumentasi beberapa foto petinggi GAM dan juga foto Hasan Tiro.

Kegiatan di sana ditutup dengan zikir bersama yang dipimpin oleh Tengku Samunzir. Ratusan jamaah terlihat mengenakan pakaian serba putih. Mereka larut dalam zikir.

Tak hanya di Taman Ratu, perayaan Milad GAM juga digelar di seluruh Aceh. Bendera bulan bintang sempat berkibar dibeberapa tempat meski akhirnya diturunkan oleh pihak keamanan. Di Lhokseumawe, pengibaran bendera dilakukan dengan menggelar upacara di Desa Jambo Timu, Kecamatan Blang Mangat. Upacara itu dihadiri oleh ratusan warga.

Padahal, pengibaran bendera saat perayaan Milad GAM sudah sepakat dilarang. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh telah mengeluarkan seruan bersama yang berisi larangan pengibaran bendera bulan bintang saat perayaan Milad GAM.

Seruan tersebut ditandatangani oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Wakil Ketua DPR Aceh Sulaiman Abda, Pangdam Iskandar Muda Mayjen Agus Kriswanto, Kapolda Aceh Irjen Husein Hamidi, Kajati Aceh Tarmizi dan Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haythar.

Hingga kini, belum diketahui jumlah bendera yang diamankan polisi dari beberapa daerah di Aceh.
(mad/mad)
Atjehnistan

cek dompet dulu. ehhh KTP ane bukan penduduk atjehnistan
jadi ane mingkem aja dah
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di