alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5653e9ad9478682a158b456e/tips-cerdas-mengatur-waktu-yang-perlu-dicoba
Cool 
Tips Cerdas Mengatur Waktu yang Perlu Dicoba
Hai Agan dan Sista!
emoticon-2 Jempol emoticon-I Love Indonesia emoticon-2 Jempol

Kembali lagi bareng ane, Maya Arvini. Buat yang pengen tahu siapa ane lebih jauh lagi, agan bisa baca profil ane di link ini ya. Ane penulis dari buku “Career First” yang membahas seputar karir dan dunia kerja. Ane juga udah nulis beberapa thread seputar tips berkarir di dunia kerja. Mau tau apa aja yang udah ane tulis? Cek langsung di kaskuser account ane @mayaarvini, disitu agan dan sista bisa nemuin thread-thread yang udah pernah ane tulis.


Sebelum kita mulai ane mau perjelas aturan sharing dan diskusi di thread ane ini :
1. Ane baca dan reply thread setiap hari jam 8 – 9 malem kecuali hari sabtu & minggu.
2. Untuk yg mau nanya boleh banget tapi ane ga akan jawab pertanyaan yg bersifat komplen, ber aura negatif, bikin semua yg baca jadi bete.
3. Ane ga melayani pertanyaan konsultasi seputar produk Microsoft, IBM dan pertanyaan-pertanyaan seputar pribadi ane.
4. Ane hanya akan jawab agan yg nanya dengan sopan. Sopan adalah syarat wajib kita berdiskusi. Kalau thread ane atau jawaban ane ga memuaskan ga perlu di hina apalagi sampai kasar menghina pekerjaan ane atau numpang nampang di thread ane. Kita harus menghargai orang lain supaya orang lain menghargai kita.

Sebelumnya ane udah bahas tentang “Ini Cara untuk Menjaga Semangat Bekerja“. Yang belum sempet baca, bisa klik link ini.

Tips Cerdas Mengatur Waktu yang Perlu Dicoba
sumber: www.bing.com
Pernah nggak sih agan ngerasa hari – hari agan berjalan dengan cepet banget,rasanya tuh barusan aja tidur tapi udah harus berangkat kerja lagi begitu dan seterusnya. Rasanya baru aja kemarin hari Senin mendadak sudah hari Jumat, hari berjalan begitu cepat dan terasa rutinitas yg bisa membosankan keseharian agan.
Hal itu bukan karena terbatasnya waktu tapi masalahnya ada pada bagaimana cara agan buat mengatur waktu 24 jam itu sebaik mungkin, terus apa dong yang harus dilakukan kalau sudah kaya gitu. Jawabannya adalah agan harus lebih cerdas dalam mengatur waktu. Di thread kali ini ane mau cerita tentang 6 Tips Cerdas Mengatur Waktu yang Patut di Coba.Cekidot !

emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax emoticon-Pertamax

Biasakan Membuat Jadwal Agenda Minimal Seminggu Kedepan
Tips Cerdas Mengatur Waktu yang Perlu Dicoba
sumber:www.technestreport.com

Ini adalah hal pertama yg wajib agan lakukan ketika mengatur waktu agan, yaitu biasakan membuat jadwal minimal seminggu kedepan. Agan bisa buat jadwal di fitur calendar di komputer/laptop/tablet agan atau yg paling mudah di gadget agan. Apalagi gadget selalu kita bawa kemana-mana. Nggak cuma buat sms, telpon sama browsing aja, ternyata agan bisa gunain gadget kesayangan buat ngebantu mengingatkan agan tentang jadwal-jadwal yang harus dilakuin. Caranya gampang banget agan masukin jawual agan di fitur calendar yg di sync dengan seluruh gadget yg agan punya. Jangan salah kalau agan juga nyaman nulis manual di kertas atau memo juga sah-sah aja. Yg penting jadwal dibuat detail dengan nama, tempat, waktu dan peserta kegiatan.
Bikin jadwal bisa dimulai dari yg bersifat rutin misalnya olahraga, kerja di kantor, meeting-meeting rutin atau hal lain misalnya les dan lain sebagainya. Jangan lupa dibiasakan juga untuk membbuat target waktu untuk menyelesaikan suatu aktivitas, pekerjaan seperti laporan meeting, bikin presentasi dan lain sebagainya. Hal ini pun wajib dimasukkan di calendar supaya agan ga kelewat deadline-nya. Plus to do list juga perlu di buat untuk hal-hal yg harus dilakukan setiap hari. Misalnya seperti ane, ane membiasakan untuk membaca email selalu di pagi hari sebelum memulai aktivitas pekerjaan.
Jangan lupa kalau pekerjaan kita adalah pekerjaan yg aktivitasnya banyak di luar kantor, mengingat sekarang macet dimana-mana apalagi buat yg kerja di Jakarta, jangan lupa buat jadual untuk travel time jika harus berpindah lokasi dari satu meeting ke meeting lain, makan siang, dan break jika perlu.

Quote:“Give me six hours to chop down a tree and I will spend the first four sharpening the axe.” – Abraham Lincoln
Bagi Kegiatan Kedalam 4 (empat) Kotak Prioritas
Tips Cerdas Mengatur Waktu yang Perlu Dicoba
sumber:www.wapannuri.com
Berikutnya untuk mengatur waktu lebih baik lagi, agan bisa membuat prioritas aktivitas agan berdasarkan tingkat kepentingan dan kegentingan. Agan harus put first think first terlebih dahulu untuk membuat kotak prioritas dari jadwal agan, maksudnya agan harus berpikir dulu kegiatan yang akan dilakukan kira – kira masuk ke golongan yang mana.
Kotak prioritas terdiri dari 4 (empat) bagian yaitu penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting mendesak dan tidak penting dan tidak mendesak. Agan harus bisa mendefinisikan aktivitas-aktivitas yang akan agan lakukan ke dalam 4 (empat) kotak prioritas dimana peletakan kegiatan harus benar- benar sesuai dengan sifat kegiatan itu sendiri.
Misalnya, agan punya rencana buat liburan akan tetapi ada laporan meeting yg harus diberikan ke bos agan. langkah pertama adalah membedakan mana lebih penting antara membuat laporan dan rekreasi. Anggap saja keduanya penting karena agan sudah mumet, stress karena pekerjaan sehingga liburan ini sudah merupakan hal yg ditunggu-tunggu agan sejak beberapa bulan lalu. Selanjutnya menentukan waktu yg dibutuhkan, jika membuat laporan dan mengirimkan laporan ke bos agan ada tenggat waktunya maka hal ini menjadi mendesak/genting, kecuali laporan baru akan dikirimkan tahun depan, ga mungkin kan gan..karena itu membuat dan mengumpulan laporan ke bos agan akan diletakkan di kotak penting dan genting, sedangkan liburan bisa dimasukkan di kotak penting dan tidak genting. Dan begitu seterusnya untuk seluruh aktivitas agan. Hal seperti ini termasuk dalam kemampuan (skills) karena ketika bekerja tidak pernah ada suatu kondisi bahwa satu kerjaan dilakukan satu-satu, ketika bekerja kita harus bisa mengatur pekerjaan dengan baik karena beberapa pekerjaan akan dikerjakan sekaligus dengan tenggat waktu masing-masing.

Quote:“Let our advance worrying become advance thinking and planning.” – Winston Churchill
Tahu Cara Terbaik untuk Menyelesaikan Suatu Pekerjaan
Yang namanya kerja kita akan banyak berinteraksi dengan banyak orang. Ga jarang sekitar kita menimbukan kegaduhan, berisik sehingga kita merasa ga bisa konsentrasi melakukan pekerjaan. Orang pun beda-beda, ada yg bisa konsentrasi penuh walau berada ditengah kebisingan akan tetapi banyak juga yg sebaiknya. Sebaiknya kita tahu cara terbaik untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
Tips ane, biasakan agan untuk mencari lokasi atau tempat yg tepat jika tidak ingin ada gangguan jika ingin menyelesaikan suatu pekerjaan. Ada juga beberapa rekan kerja ane yg biasa menyetel musik ketika bekerja yg terkadang mengganggu orang-orang sekitar. Saran ane sebaiknya agan melipir aja cari tempat yg lebih nyaman buat agan supaya bisa konsentrasi penuh terhadap pekerjaan.
Biasakan juga untuk disiplin untuk tidak melihat handphone dan angkat telepon ketika sedang mengerjakan suatu deadline, termasuk untuk tidak meilhat social media seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Tanpa kita sadari hal-hal seperti ini bisa mengurangi konsentrasi kita bekerja karena banyak gangguan.
Belajar untuk mengatakan tidak ke hal-hal yg bersifat dadakan dan tidak mendesak biasakan kita disiplin untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Jangan dibiasakan juga mengerjakan beberapa tugas sekaligus, mengerjakan beberapa hal sekaligus hanya bisa berlaku untuk kegiatan yg bersifat auto pilot/otomatis, misalnya karena ane sering sekali mobile meeting di luar kantor ketika dijalan lagi macet ane melakukan beberapa hal seperti menelpon beberapa orang untuk follow up pekerjaan.

Quote:“You can have it all. Just not all at once.” – Oprah Winfrey
Lakukan Hobimu Disela Sela Kesibukan Yang Ada
emoticon-Traveller emoticon-Kaskus Radio emoticon-Games emoticon-Bola
Setiap orang memiliki hobinya masing – masing, ada yang suka traveling dan olahraga seperti ane, ada juga yang suka masak, ada yang suka moto dan lain sebagainya.
Melakukan hobi kita di sela-sela kesibukan itu sangat penting. Kita ga sebaiknya hanya melakukan pekerjaan saja, kita juga harus punya hobi. Ada saja orang – orang yang addict banget dan seneng banget kalau disuruh kerja, tapi alangkah baiknya kita nggak cuma ngehabisin hidup kita dengan hal lain.
Kita juga harus sadar kita hidup bukan cuma buat kerja aja, kita juga punya hidup dan kesenangan, itu yg namanya work life balance. Kalau saran dari ane nih agan bisa banget tuh ngelakuin hobi agan disela sela kesibukan yang ada karena kalau kerja terus pasti otak bakal penat banget dan perlu refreshing biar nggak stress. Banyak duit tapi kalau stress kan useless juga iya nggak. Jadi buat yang suka traveling kaya ane di sela sela kesibukan bisa tuh ngeluangin waktu buat jalan – jalan ke suatu tempat yang dipinginin, nggak harus jauh yang penting agan bisa seneng ngelakuinnya, yang suka berkebun bisa banget ngeluangin waktu buat bercocok tanam di depan rumah itung – itung biar rumah keliatan asri dan seger karena tanaman yang agan tanam.

Ane sudah pernah menulis tentang “9 Cara Terapkan Work Life Balance”, cekidot di link ini
Say big NO to “Do it Later
Tips Cerdas Mengatur Waktu yang Perlu Dicoba
sumber: www.bing.com
Ini nih yang sering banget di anggap sepele bin enteng sama agan. Kalau ada tugas yang deadlinenya masih lama pasti bilangnya “ Ah entar dulu deh masih lama juga”, “Lagi males ngerjain nih nanti ajalah” dan lain sebagainya. Kalau agan bener-bener pengen hidup agan nggak dikejar – kejar deadline dan serba terburu – buru yuk mulai dari sekarang Say big NO to “Do it Later”. Maksudnya udah nggak zamannya lagi males – malesan dan menunda pekerjaan yang pada akhirnya bakal jadi bom waktu buat agan sendiri. Mulai dari sekarang agan perlu banget buat ngebiasain diri untuk menyicil tugas – tugas yang ada, masih ingatkan pribahasa sedikit sedikit lama lama menjadi bukit, nggak mau dong agan sedikit sedikit menunda pekerjaan dan tugas agan yang bakal berakibat tugas jadi numpuk menggunung dan alhasil semua serba tidak maksimal.
Menyicil pekerjaan memang cara yang paling aman buat mengantisipasi tugas yang bejibun, memang membiasakan diri buat menyicil tugas tuh susah – susah gampang namun asal agan bisa melakukannya secara konsisten kebiasaan menyicil bakal tumbuh dengan sendirinya kok di diri agan. Itung – itung juga melatih kedisiplinan agan buat selalu mengerjakan sesuatu jauh – jauh hari sehingga hasil yang bakal dicapai juga akan lebih optimal dibanding ngerjain tugas dengan perasaan cemas karena deadline udah mepet.

Lakukan Secara Konsisten
Tips yang satu ini perlu banget di ingat kalau perlu di catet. Konsisten, itu sangat penting banget kalau agan pingin bener – bener bisa mengatur waktu dengan baik. Konsisten sangat diperlukan dalam hal ini karena jika agan mencoba menerapkan tips- tips dari ane tapi nggak konsisten ya alhasil agan tetep aja nggak bakal bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Karena mengatur waktu itu perlu komitmen yang tinggi dari dalam diri sendiri dan perlu pembiasaan diri biar agan terbiasa ngelakuiinnya dan bisa enjoy dengan apa yang dikerjakan. Konsistensi juga berkaitan dengan niat yang agan miliki, kalau ente memang bener – bener pengen banget bisa mengatur waktu dengan baik maka ya harus melakukannya secara konsisten. Nggak mau dong diatur sama waktu, tapi kitalah yang seharusnya mengatur waktu itu sendiri.
Konsisten hanya bisa dicapai kalau kita mengerjakan hal yg sama secara terus menerus. Biasakan melakukan seluruh tips ane berulang-ulang. Jika kesulitan misalnya disiplin terhadap jadual yg sudah dibuat diusahakan untuk terus menerus dilakukan perbaikan.

Enjoy The Moment
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
“Enjoy the moment” menjadi tips terakhir dari ane, maksudnya enjoy disini bukan nyantai –nyantai ga ada juntrungan, tapi lebih ke menikmati momen yang ada, dan mensyukuri apa yang sudah agan capai selama ini. Kita harus bisa menikmati setiap momen yang ada, kadang ga mudah untuk ambil pelajaran dari kegagalan yg kita hadapi, tapi pasti itu adalah hal yg terbaik. Pelajaran yang diambil akan berguna suatu hari nanti ketika agan menemukan kesulitan yang serupa. Selain itu kalau kita nggak enjoy dengan apa yang dilakukan juga bakal berdampak sama hasil pekerjaan kita sendiri. Semakin kita enjoy dalam melakukan sesuatu akan semakin maksimal pula usaha yang kita keluarkan untuk menyelesaikan sutu pekerjaan.

So, enjoy aja ! Sekian tips dari ane. Semoga bermanfaat !


Tips Cerdas Mengatur Waktu yang Perlu Dicoba
Sumber : Dokumen Pribadi, foto di ambil di Toledo, Spanyol, tahun 2014.
Quote:In any moment of decision, the best thing you can do is the right thing, the next best thing is the wrong thing, and the worst thing you can do is nothing. – Theodore Roosevelt

Twitter & Instagram : @mayaarvini
Facebook : Maya Arvini & Career First

www.mayaarvini.com
emoticon-Toast emoticon-Shakehand2 emoticon-Toast
Nice trit emoticon-shakehand
wah keren nih threatnya cek kulkas gan emoticon-Cendol (S)
boleh nih buat jadi bahan bacaan
shappp. intinya konsisten
Thanks sharing nya. semoga bermanfaat